Keluyuran / Solo / Inilah 10 Kolam Renang di Solo yang Asyik untuk Liburan

Inilah 10 Kolam Renang di Solo yang Asyik untuk Liburan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Jalan-jalan di suatu daerah tidak hanya bisa melihat budaya setempat, menikmati kekayaan alam, dan kuliner saja. Bagi sebagian orang, berenang juga merupakan salah satu yang patut dicoba ketika berlibur ke luar kota. Seperti halnya di Solo, terkenal dengan udara yang panas dan jika siang hari, suhu bisa mencapai 34o celcius. Salah satu cara ngademin diri, bisa dengan berenang.

Menikmati kota Solo yang rapi dan lekat dengan budaya Jawa yang kental, akan ada banyak aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan di sini. Kalau kamu suka dengan aktivitas berenang dan ingin berenang di Solo, simak informasi dari Keluyuran tentang 10 kolam renang di Solo  yang pastinya asyik dikunjungi saat liburan.

1. The Adhiwangsa Hotel

The Adhiwangsa Hotel (Copy)

Hotel dengan bangunan super mewah bergaya Eropa, The Adhiwangsa Hotel menyediakan beragam fasilitas yang bisa memudahkan kamu saat liburan. Kamar hotel yang mewah dan nyaman, terdapat outdoor area, ballroom, dan tentunya kolam renang yang merupakan kolam terbesar ke-2 di Kota Solo.

Kolam renang berbentuk letter “L” ini tidak hanya digunakan untuk tamu hotel, namun terbuka untuk umum. Kolam di sini sangat dijaga kebersihannya, karena setiap hari di-vacuum dan diberi obat. Kadar kaporit dalam kolam sedalam 1,2 hingga 2 meter ini pun sangat rendah. Jadi, kamu bisa bebas berenang tanpa perlu khawatir terkena penyakit.

  • Alamat : Jl. Adi Sucipto No. 146, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 10.00 dan 16.00 – 21.00
  • Harga Tiket Masuk : Dewasa Rp70.000, Anak Rp50.000
  • Kontak : (0271) 746 4999

2. The Alana Solo

The Alana Solo (Copy)

The Alana merupakan hotel bintang 4 di Kota Solo yang menyediakan fasilitas lengkap. Di sini, kamu bisa berenang di atas ketinggian, dan melihat pemandangan Solo dan Karanganyar. The Alana berada di lantai 2 dan menyediakan tiga kolam renang dengan ukuran yang berbeda, serta kedalaman yang berbeda pula. Jadi, kamu bisa memilih kolam yang kamu inginkan.

Jika kamu membawa anak kecil berlibur dan menginap di The Alana Solo, tak perlu khawatir untuk mengajak anak berenang. Di sini disediakan kolam kecil berbentuk bulat semacam jacuzzi dan dapat digunakan untuk anak-anak lho. Ada pula kolam dewasa dengan kedalaman maksimal 1.8 meter dan kolam air hangat yang bisa kamu gunakan sambil bersantai.

  • Alamat : Jl. Adi Sucipto, Blukukan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar
  • Waktu Operasional : 06.00 – 23.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp75.000
  • Kontak : (0271) 745 1555

3. Pandawa Water World

Pandawa Water World

Pandawa Water World merupakan salah satu wisata air di Solo yang menyediakan beragam fasilitas serta permainan yang lengkap untuk rekreasi. Di sini terdapat action river, wave pool, fantastic slides, aerated spa, sight tower, warm spa, hingga kolam renang untuk anak dan orang tua.

Hal unik dari waterpark ini adalah adanya patung-patung wayang di Indonesia yang sudah menjadi ciri khas budaya Solo, serta perosotan tinggi yang membuatmu serasa keluar dari mulut raksasa. Pandawa Water World menyediakan banyak kolam dengan kedalaman berbeda dan dilengkapi dengan penyewaan ban supaya liburanmu semakin seru!

  • Alamat : Komplek Pandawa, Jl. Cemara Raya Gedangan, Grogol, Solo Baru – Sukoharjo
  •  Waktu Operasional : Senin – Jumat, 10.00 – 18.00 dan Sabtu – Minggu, 08.00 – 18.00
  •  Harga Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp80.000 dan Sabtu – Minggu Rp100.000
  • Kontak : (0271) 626 955

4. Best Western Premier Solo Baru

Best Western Premier Solo Baru

Best Western Premier menjadi gedung tertinggi di Sukoharjo, yang terletak di Solo Baru dan merupakan batas antara Kota Solo dengan Kabupaten Sukoharjo. Hotel ini terletak di kawasan cukup elit dan dikelilingi dengan mall ternama seperti Hartono Lifestyle Mall Solo dan The Park Mall. Dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, kamu perlu coba datang ke sini.

Kolam renang Best Western Premier berada di lantai 3. Kamu akan melihat pemandangan Solo dari ketinggian tanpa batas. Terlebih jika kamu datang pada sore hari, bisa menyaksikan sunset yang cantik sambil merasakan sensasi berenang di atas awan. Di sini terdapat satu kolam dengan ukuran besar dan dapat digunakan untuk anak-anak pula.

  •  Alamat : Jl. Ir. Soekarno, Madegondo, Grogol, Solo Baru – Sukoharjo
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 20.00
  • Kontak : (0271) 623 123

5. Kolam Renang Muslimah Isyka

Kolam Renang Muslimah Isyka

Kamu perempuan dan ingin berenang tanpa disatukan dengan lawan jenis? Di Solo, terdapat kolam renang khusus wanita yaitu Kolam Renang Muslimat Isyka. Awal mulanya, tempat ini merupakan sebuah apotek dengan nama Isy Karima. Namun, kini sudah diubah menjadi kolam renang yang dikhususkan bagi wanita.

Kolam renang ini indoor, lho. Jadi, kamu tidak perlu takut kulitmu terbakar jika berenang pada siang hari. Tempatnya menjadi terkesan sangat private. Jika kamu tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir, karena kolamnya tidak terlalu dalam, hanya sekitar 1 meter sampai 1.5 meter saja. Cocok buat kamu muslimah yang ingin belajar berenang.

  • Alamat : Jl. Adi Sucipto No. 88A, Kerten, Laweyan, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Senin – Sabtu, 07.00 – 17.00, Minggu tutup
  • Harga Tiket Masuk : Rp15.000
  • Kontak : (0271) 710 531

6. Pools Paragon Hotel and Residences

Pools Paragon Hotel and Residences

Wisata ke Kota Solo, pasti sudah tidak asing dengan hotel yang satu ini. Paragon Hotel and Residences lokasinya sangat dekat dan terkoneksi dengan Solo Paragon Mall. Jika kamu menginap di sini, kamu perlu mencoba fasilitas kolam renang yang disediakan. Terdapat dua kolam dengan bentuk persegi panjang dan lingkaran.

Kolam renang ini disediakan juga tempat duduk untuk bersantai. Terletak di pusat Kota Solo, kamu yang merupakan tamu hotel ataupun pengunjung kolam renang, bisa sekaligus mencoba kuliner di Solo dan berbelanja di Solo Paragon Mall. Di sini, aktivitas menyenangkan saat rekreasi bisa kamu lakukan sekaligus.

  •  Alamat : Jl. Dr. Sutomo, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta
  •  Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 20.00
  •  Kontak : (0271) 7655 888

7. Kolam Renang Kora-Kora

Kolam Renang Kora-Kora

Terletak di selatan Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo memiliki tempat wisata air. Salah satunya adalah Wisata Kora-Kora. Destinasi wisata ini berada di tengah-tengah sawah yang kini menjadi pemukiman warga. Air kolam renang yang digunakan didapatkan dari sumur yang masih jernih dan tidak menggunakan kaporit.

Kolam Renang Kora-Kora dilengkapi fasilitas pendukung seperti tempat parkir, musholla, kamar mandi, hingga penginapan. Kamu bisa membawa anak kecil, karena kolam renang dirancang khusus untuk anak-anak yang dalamnya tidak sampai 1.5 meter. Dan disini juga anak-anak bisa bermain perosotan setinggi 3 meter. Seru!

  • Alamat : Jl. Bunga Raya, Dusun I, Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.30 – 17.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp12.000
  • Kontak : 0857-2834-0963

8. Kolam Renang Tirtomoyo Manahan

Kolam Renang Tirtomoyo Manahan

Kolam Renang Tirtomoyo merupakan fasilitas yang disediakan oleh PDAM Kota Surakarta. Terdapat di dua lokasi, yaitu Manahan, dan Jebres. Namun, Keluyuran hanya akan membahas Kolam Renang Tirtomoyo yang berlokasi di Manahan, karena fasilitas dan jenis kolamnya lebih lengkap. Kolam ini merupakan kolam yang biasa digunakan untuk kompetisi lho!

Bagi kamu yang ingin belajar berenang ataupun meningkatkan kemampuan berenang, bisa datang ke sini. Di Kolam Renang Tirtomoyo juga terdapat jasa instruktur renang dengan harga yang beragam, mulai dari Rp450.000 – Rp600.000. Di sini juga terdapat tempat duduk tribun untuk kamu menyimpan barang ataupun beristirahat.

  •  Alamat : Jl. Menteri Supeno No. 14, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 16.30
  • Harga Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp8.000 dan Sabtu –Minggu Rp12.000
  • Kontak : (0271) 717 802

9. Lorin Solo Hotel

Lorin Solo Hotel

Lorin atau Lor International Hotel merupakan hotel yang terdapat di beberapa kota di Indonesia, salah satunya Karanganyar, Solo. Di sini menyediakan layanan fasilitas yang bisa membantumu dalam liburan. Salah satunya, kolam renang yang dilengkapi dengan kursi-kursi untuk bersantai, air terjun kecil, serta rimbunnya pohon membuat suasana lebih teduh.

Kolam renang Lorin Hotel cukup berbeda dengan kolam renang di hotel lainnya. Di sini terdapat beberapa batu hiasan, pohon di tengah kolam, hingga patung berbentuk wajah yang ada di tengah kolam renang. Banyaknya pepohonan yang mengelilingi kolam, kamu tidak perlu lagi takut kepanasan saat berenang.

  • Alamat : Jl. Adi Sucipto No. 47, Kenaiban, Blulukan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 21.00
  • Kontak : (0271) 724 500

10. Bengawan Sport Centre

Bengawan Sport Centre

Satu lagi tempat olahraga renang di Solo yang sudah sangat terkenal. Bengawan Sport Centre, merupakan tempat renang yang menyediakan beragam fasilitas dan kamu pun bisa kursus berenang dengan instruktur yang ahli. Jika kamu belum memiliki baju renang, bisa membeli di toko yang sudah disediakan.

Bengawan Sport Centre dilengkapi pula dengan loker barang, sehingga barang-barangmu akan tetap aman meskipun ditinggal berenang cukup lama. Apabila membawa anak usia sekolah, kolam renang ini juga lengkap dengan perosotan pelangi yang berwarna-warni. Kamu bisa berenang mulai dari kedalaman 1,25 – 1,5 meter.

  •  Alamat : Jl. HOS Cokroaminoto No. 55, Pucangsawit, Jebres, Kota Surakarta
  •  Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 22.00
  •  Harga Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp 9.000 dan Sabtu – Minggu Rp12.000
  •  Kontak : 0816-670-988

Sekian informasi kolam renang di Solo dari Keluyuran. Liburan di Solo kali ini, kamu mau berenang di mana? Oh ya, kalau sedang ke Solo pastinya terasa kurang kalau ngga belanja oleh-oleh nih. Yuk, simak juga rekomendasi oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Solo.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar