10 Tempat Romantis di Solo yang Cocok untuk Berkencan

Ditulis oleh Riastri Herliana

Traveling ke kota budaya, bukan tidak mungkin kamu bisa menemukan suasana romantis. Kota Solo, disebut sebagai kembaran Yogyakarta, memiliki banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan. Tidak hanya itu, di sini juga banyak lho, tempat romantis yang akan memberikan pengalaman baru kamu dan pasangan.

Meskipun Kota Solo tidak seramai kota lainnya, seperti Yogyakarta, Bandung, ataupun Malang, kamu tetap bisa menjadikan kota ini sebagai destinasi bersama pasangan. Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan tempat romantis di Kota Solo yang cocok untuk kamu. Kira-kira, apa saja sih?

1. D’Living

* sumber: insta-stalker.com

Tempat makan yang satu ini, sangat cocok dikunjungi bersama pasangan. Terdapat paket romantic dinner yang disajikan dengan menarik dan elegan. Kamu dan pasangan bisa mencoba makanan khas Solo dengan nuansa yang berbeda. Harga yang dipatok cukup terjangkau, rasa makanan yang enak, dan pelayanan ramah akan kamu dapatkan di sini.

Beralamat di Jalan Komodor Yos Sudarso No. 188, Gajahan Pasar Kliwon, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta. Terdapat tiga lantai dengan masing-masing fungsi. Lantai pertama dijadikan studio foto, lantai kedua dijadikan resto, dan di lantai tiga untuk prewedding dan butik pengantin. Tepat dikunjungi bersama pasangan yang sudah mempersiapkan pernikahan.

2. Epice Restaurant

Epice Restaurant

* sumber: travel.detik.com

Ingin makan malam mewah dan elegan? Epice Restaurant cocok untuk kamu dan pasangan. Menu makanan yang disediakan bervariasi, mulai dari makanan lokal khas Nusantara, hingga Western Food. Dengan kapasitas besar dan jarak antar satu meja dan lainnya cukup jauh, membuat kesan private lebih terasa.

Restoran ini beralamat di Jalan Slamet Riyadi No. 562, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta. Epice Restaurant berlokasi di Hotel Alila Solo, jadi sangat memungkinkan kamu kunjungi sambil berbulan madu bersama pasangan.

3. Ngasopuro Night Market

Ngasopuro Night Market

* sumber: www.sumber.com

Menikmati malam minggu bersama pasangan di Kota Solo, kamu bisa kunjungi Ngarsopuro Night Market. Sesuai dengan namanya, tempat ini hanya buka pada malam hari. Uniknya, Ngarsopuro Night Market hanya buka pada malam minggu saja, lho. Di sana, kamu bisa berwisata kuliner, berbelanja, dan menikmati musik etnik, jazz, dan karya seni lainnya.

Tempat ini berlokasi di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta. Kamu tidak akan kesulitan mencari tempat ini karena letaknya dekat pusat kota Solo. Menikmati malam bersama pasangan di Ngarsopuro Night Market, akan memberi suasana malam minggu yang berbeda.

4. Perkebunan Teh Kemuning

* sumber: ihategreenjello.com

Kalau kamu dan pasangan suka ke alam terbuka, tidak ada salahnya mengunjungi yang satu ini. Perkebunan Teh Kemuning menyajikan pemandangan yang indah. Di sini terdapat rumah teh Ndoro Dongker yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati ragam jenis teh yang ada di perkebunan ini.

Berlokasi di Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, perkebunan Teh Kemuning berada di kaki Gunung Lawu. Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Lawu sambil minum teh panas, dan makan pentol bakso yang dijual di sekitar sini. Menikmati keindahan alam bersama pasangan tentu akan menjadi hal yang tak terlupakan.


5. Paralayang Segoro Gunung

* sumber: extremeina.com

Tempat ini cocok kamu kunjungi jika kamu dan pasangan suka mencoba hal baru dan memacu adrenalin. Kamu bisa datang ke Paralayang Segoro Gunung. Dengan biaya Rp350 ribu - Rp400 ribu untuk sekali terbang, kamu bisa menikmati keindahan alam, dinginnya udara, hijaunya pemandangan lereng Gunung Lawu dari ketinggian.

Berlokasi di Segorogunung, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, tempat ini tidak jauh dari Perkebunan Teh Kemuning. Di sini kamu tidak hanya bisa mencoba paralayang, namun juga bisa berkemah bersama pasangan. Tempat yang tepat bagi kamu yang ingin mendapat pengalaman baru dan romantis.

6. Candi Cetho

Candi Cetho

Kencan romantis tidak melulu tentang candle light dinner, di Solo kamu bisa berwisata sejarah bersama pasangan. Memang terdengar asing, namun jika kamu atau pasanganmu suka dengan sejarah, tidak ada salahnya mengajak pasangan untuk menambah wawasan tentang sejarah candi di Solo.

Candi Cetho merupakan candi bercorak agama Hindu, yang di puncak candi terdapat pura yang biasa digunakan umat Hindu untuk beribadah. Uniknya, candi ini memiliki gapura yang jika dilihat dari dalam area candi, seperti sedang berada di negeri di atas awan. Selain itu, sunset di Candi Cetho tidak kalah indah dengan tempat lainnya, lho.

Berlokasi di Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, tempat ini merupakan salah satu jalur pendakian untuk menuju ke Gunung Lawu. Bisa jadi pilihan jika kamu ingin lanjut mendaki Gunung Lawu bersama pasangan. Jadi, selain berwisata sejarah, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke Gunung Lawu.

7. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

* sumber: www.jejakpiknik.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram