Cari Makanan Halal di Jepang? Coba Saja 10 Makanan Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Bagi kita yang Muslim, makanan halal itu pasti dicari. Apalagi, jika kita tengah berwisata di luar negeri. Untungnya, sejumlah negara di luar negeri punya makanan-makanan halal di dalamnya. Ini tentu membuatmu tak pusing tatkala mencari makanan halal di negara-negara luar tersebut.

Jepang menjadi salah satu negara yang punya sejumlah makanan halal di dalamnya. Dan, di bawah ini, adalah beberapa makanan halal di Jepang yang bisa kamu santap tatkala kamu piknik di Jepang nanti.

1. Onigiri

Onigiri

* sumber: samuraimeetups.or.jp

Makanan satu ini pasti populer di telingamu. Bagaimana tidak, makanan ini sering kali muncul di beberapa anime atau film Jepang. Bahkan, di beberapa supermarket atau tempat makan di Indonesia, makanan ini pun bisa kita temui.

Namun, makanan ini tetap direkomendasikan jika ingin mencari makanan halal di Jepang, sekaligus Onigiri asli dari Jepang. Komposisi makanan ini sendiri berasal dari bahan-bahan yang halal, nasi, umeboshi (buah plum), rumput laut, dan salmon panggang. Tak usah bingung untuk mencari makanan ini, karena makanan ini mudah ditemukan di restoran atau supermarket di Jepang.

2. Soba

Soba

* sumber: travel.kompas.com

Kalau makanan halal ini merupakan mi khas Jepang yang dibuat dari bahan gandum hitam. Tekstur mi satu ini cukup kasar dan tebal. Tak seperti mi lainnya yang harus disajikan panas-panas, mi ini juga bisa disajikan secara dingin juga, lho.

Lazimnya, mi ini sering disajikan bersama saus Wasabi dan saus Tsuyu. Salah satu tempat makan yang menyajikan mi Soba sendiri adalah Narita-Ya (Halal Ramen). Restoran ini berada di salah satu sudut Tokyo, tepatnya di 2 Chome-7-13 Asakusa, Taito, Tokyo, Jepang.

Mi Soba di sini rasanya sangat enak. Selain menyajikan Mi Soba, restoran ini juga menyediakan menu lain khas Jepang yang dijamin halal. Dan kabar baiknya, tempat makan di Asakusa ini juga menyediakan tempat salat. Jadi, sehabis bersantap ria, kamu pun bisa menunaikan ibadah salat di tempat makan ini.

3. Udon

Udon

* sumber: matcha-jp.com

Sama seperti Soba, makanan ini juga bentuknya berupa sebuah mi. Hanya saja, mi satu ini bahan dasarnya adalah tepung gandum yang dicampur dengan sejumlah bahan lain. Bahan lain yang dicampurkan mi ini biasanya berupa garam, air, jahe, Nori (rumput laut), dan Sup Dashi (sup dari kaldu ikan). Makanan satu ini cukup populer dan mudah ditemukan. Jadi, kamu tak akan kesulitan untuk menemukan makanan halal ini.

4. Yakiniku

Yakiniku

* sumber: jpninfo.com

Selain Onigiri, Yakiniku adalah makanan Jepang lainnya yang cukup populer di Indonesia. Namun, untuk merasakan cita rasa yang lebih otentik, maka tak ada salahnya untuk mencicipi makanan ini saat di Jepang nanti.

Makanan ini lazimnya berbahan dasar daging sapi dan ayam yang diberi bumbu. Zerohachi Matsuyamachi Yakiniku Restaurant adalah salah satu tempat makan yang menyajikan makanan halal satu ini. Di tempat makan ini, Yakiniku disajikan dengan bahan daging sapi segar yang dibakar, lalu dilumuri bumbu khas nan lezat. Zerohachi sendiri letaknya persis di Osaka. Tepatnya di Matsuyamachi sumiyoshi, Chuo Ward, Osaka, Osaka Prefecture, Jepang.

5. Yakizakana

Yakizakana

* sumber: www.pinterest.com

Ini adalah versi lain Yakiniku dengan ikan sebagai bahan dasarnya. Ikan yang dipakai pada makanan ini diolah dengan cara dibakar, lalu dibumbui dengan saus lezat. Saus yang dipakai pun variatif, mulai dari Teriyaki, Shioyaki, hingga Kushiyaki. Tak sulit untuk menemukan makanan ini, karena sejumlah supermarket dan restoran Jepang menyajikan menu satu ini.

6. Shabu

Shabu

* sumber: travel.tribunnews.com

Sama seperti Yakiniku, Shabu juga berbahan dasar daging sapi. Hanya saja, daging sapi pada Shabu direbus ke dalam air kaldu yang mendidih. Di Jepang, daging yang dipakai Shabu direbus bersama dengan sayuran ataupun telur.

Matsugen Ebisu adalah salah satu restoran yang menyajikan makanan halal Jepang ini. Di restoran ini, Shabu yang disajikan tidaklah biasa. Shabu di sini disajikan dengan daging sapi sirloin yang berkualitas dan lezat. Untuk mencobanya, kamu datang saja ke 1 Chome-3-1, Hiroo, Shibuya, Tokyo, Jepang.

7. Sukiyaki

Sukiyaki

* sumber: www.foodrepublic.com

Ini adalah salah satu makanan khas Jepang yang populer. Kabar baiknya, masakan ini berbahan halal, dan tentu layak kamu coba. Cara memasak dan menyantap makanan ini unik. Semua bahan untuk makanan ini direbus ke dalam panci hingga matang. Setelah matang, kamu pun mesti mengonsumsinya langsung dari panci yang dipakai masakan ini.

Menu satu ini tak sulit ditemukan. Pasalnya, banyak restoran yang menyajikan makanan ini, salah satu di antaranya adalah Asakusa Imahan. Restoran ini sangat recommended lantaran di sini Sukiyakinya sangat khas dan enak. Bahkan, restoran dan Sukiyaki yang disajikan di sini sangat legendaris, karena sudah ada di Jepang sejak 120 tahun lalu. Tertarik? Datang saja ke 3-1-12 Nishiasakusa, Taito, Tokyo, Jepang.

8. Yakitori

Yakitori

* sumber: www.panningtheglobe.com

Bisa dibilang kalau ini adalah versi Jepang-nya sate ayam. Bahan dasar makanan ini adalah daging ayam yang ditusukkan ke tusukan kayu. Bedanya, daging ayam pada makanan ini ditusukkan bersama sayur-sayuran, dan kemudian dimasak serta dilumuri bumbu.

Birdland adalah restoran recommended untuk menikmati makanan ini. Di sini, rasa Yakitorinya lezat dan disajikan dengan cara berbeda. Yakitori di sini disajikan dengan daging ayam fillet yang dilumuri saus kemangi.

Di sini, Yakitorinya bisa disajikan dengan segelas Wine. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena kamu bisa memesan minuman lain yang jauh lebih halal tatkala makan di sini. Datang saja ke Tsukamoto Soyama Building B1Fm 4-2-15 Ginza, Cou-ku, Tokyo, untuk menikmati Yakitori di sini.

9. Tempura

Tempura

* sumber: www.merdeka.com

Kalau kamu nanti mampir ke Matsugen Ebisu, maka kamu bisa menyantap satu makanan halal Jepang lainnya. Makanan tersebut adalah Tempura. Adapun Tempura sendiri merupakan makanan berbahan dasar daging atau udang yang digoreng dengan tepung hingga matang dan crispy.

Di Matsugen Ebisu, Tempura yang disajikan diolah dengan cara unik. Di sini, daging udang yang merupakan bahan Tempuranya digoreng dengan minyak wijen berkualitas. Ini membuat Tempura yang disajikan crispy, berdaging tebal, dan tidak menyisakan minyak sedikit pun. Menarik, bukan?

10. Chanko Nabe

Chanko Nabe

* sumber: savorjapan.com

Makanan halal Jepang terakhir di daftar ini adalah versi lain dari Sukiyaki. Mengapa demikian? Karena bahan, cara memasak, dan cara makannya hampir sama dengan Sukiyaki. Bedanya, Chanko Nabe dimasak dengan kuantitas bahan yang lebih banyak dibanding Sukiyaki. Di Jepang, makanan ini adalah makanan wajib pesumo untuk mengisi tenaga dan menggemukkan badan mereka.

Chanko Tomoegata adalah salah satu restoran yang menyajikan makanan ini. Kalau kamu ingin menikmati Chanko Nabe di sana, datang saja ke 2-17-6 Ryogoku, Sumida, Prefektuf Tokyo, Tokyo, Jepang.

Itulah sejumlah makanan halal di Jepang, yang bisa kamu nikmati kala di Jepang nanti. Tapi, kalau kamu masih penasaran soal makanan halal di Jepang, yuk langsung kepoin artikel 10 Ramen Halal di Jepang ini. Semoga membantumu menemukan makanan halal di Jepang nanti, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *