keluyuran web banner

10 Makanan Khas Aceh yang Siap Menggoyang Lidah Anda

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 Juli 2020

Berada di ujung utara Pulau Sumatera, Aceh termasuk salah satu provinsi yang istimewa. Meskipun jarang dieksplor oleh wisatawan, kuliner dan wisata di Aceh benar-benar memesona. Apalagi jika Anda sudah duduk manis sambil mencoba makanan khas Aceh. Dijamin Anda pasti tidak mau pulang sebelum mencicipi semua makanan enak dari Aceh.

Jika Anda ingin mengunjungi Aceh tapi belum mengetahui jajaran makanan khas Aceh yang enak, Keluyuran akan memberikan daftar. Simak dan catat 10 hidangan khas Aceh yang lezatnya bikin ketagihan ini.

1. Mie Aceh

Mie Aceh 10 Makanan Khas Aceh

Tak hanya terkenal di daerah asalnya, makanan khas Aceh ini juga populer di kota-kota lain, seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Ya, kelezatan Mie Aceh memang sudah terkenal seantero Nusantara, apalagi kita bisa memilih ingin disajikan Mie Aceh yang digoreng atau berkuah.

Mie Aceh memiliki cita rasa yang pedas dibanding mie-mie lain yang biasa Anda konsumsi. Namun, kepedasan Mie Aceh ini tidak mengganggu di lidah Anda. Sementara untuk topping-nya, Mie Aceh menggunakan seafood atau daging cincang. Tak dapat dipungkiri bahwa kelezatan Mie Aceh ini benar-benar tak tertandingi.

2. Sate Matang

Sate Matang

Kalau yang satu ini bernama Sate Matang, apakah ada sate yang tidak matang? Sate Matang ini adalah makanan khas Aceh yang nikmatnya tiada tara. Semua kelezatan sate ini berasal dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur ke daging sebelum dibakar.

Ketika Anda menyantap Sate Matang ini, apakah rasanya benar-benar enak? Jika ya, berarti Anda tidak perlu khawatir satenya belum matang. Nama sate ini sejatinya berasal dari nama daerahnya, yaitu Matang Bireun. Sate ini berasal dari daging kambing atau daging sapi. Daging tersebut diungkep dengan bumbu khas Aceh kemudian dibakar sampai benar-benar matang dan siap untuk Anda nikmati.

3. Gulai Kambing

Gulai Kambing

Sebenarnya kita tidak perlu jauh-jauh ke Aceh untuk menyantap Gulai Kambing. Hampir di setiap daerah kita bisa menemukan tempat makan yang menjual gulai. Namun, perlu Anda ketahui bahwa Gulai Kambing khas Aceh memiliki cita rasa berbeda yang lezat banget.

Makanan khas Aceh yang satu ini dimasak dalam sebuah kuali besar dan sudah ditambahkan dengan rempah-rempah khas Aceh. Gulai Kambing paling enak jika disajikan dengan nasi hangat. Walaupun makanan ini nampak berminyak, tetapi rasanya sangat lezat dan dagingnya pun terasa empuk karena dimasak dalam waktu yang lama.

4. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U

Yang satu ini adalah makanan yang mirip banget dengan gulai. Ketika kita mencicipi rasanya, makanan ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan gulai. Kuah Pliek U berasal dari ampas sisa kelapa tua yang sudah diproses pemerasan minyak. Di dalam makanan ini terdapat daun melinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun pepaya, daun singkong, dan rebung kecombrang.

Meskipun bahan-bahan yang dipakai sederhana, ternyata Kuah Pliek U tetap menjadi idola bagi banyak orang. Apalagi makanan ini pasti semakin terasa lezat jika menggunakan topping berupa chu (sejenis siput) di atasnya.

5. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap

Bahan utama untuk membuat kuliner khas Aceh yang satu ini sebenarnya sangat mudah. Ya, Anda hanya perlu menyediakan satu ekor ayam saja (kalau bisa ayam kampung). Kemudian, ayam ini dibumbui dengan bumbu khusus. Setelah matang, baru warnanya coklat keemasan.

Uniknya, cara penyajian ayam tangkap ini terbilang cukup unik. Satu ekor ayam yang sudah dimasak itu akan dipotong kecil-kecil. Yang membuat terlihat unik, potongan ayam harus berukuran kecil. Potongan ayam ini nantinya disajikan dengan cara ditutupi dengan daun temuru.

6. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek

Satu lagi kuliner khas Aceh yang wajib Anda coba ketika berada di provinsi tersebut, yaitu Kuah Sie Itek. Perlu Anda ketahui bahwa “Itek” artinya bebek atau itek. Jadi, Kuah Sie Itek ini adalah makanan yang berbahan dasar ayam atau bebek.

Resep makanan Kuah Sie Itek ini dipercaya berasal dari para leluhur. Meskipun demikian, makanan ini sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat makan yang ada di Aceh. Kuahnya yang kental dan gurih ditambah dengan daging ayam atau bebek tentu rasanya maknyus banget dan bisa bikin kita ketagihan.

7. Kuah Masam Keu-eung

Kuah Masam Keu-eung

Kalau Anda pernah makan Garang Asem dari Surabaya, tentu saja Anda pasti akan menyukai Kuah Masam Keu-eung. Cita rasa makanan ini adalah manis, asin, asam, dan pedas, tetapi cita rasa yang paling kuat di lidah adalah asam dan pedas.

Lauk utama yang terdapat di dalam Kuah Masam Keu-eung ini adalah ikan. Sementara kuahnya yang asam pedas akan menghilangkan rasa dan bau amis ikan di dalamnya. Kuah Masam Keu-eung ini bisa dinikmati begitu saja atau disantap bersama dengan nasi putih.

8. Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah

Ada banyak makanan Aceh spesial yang belum pernah Anda temukan di daerah mana pun, salah satunya adalah Ungkot Kemamah. Bahan utama untuk membuat Ungkot Kemamah ini adalah ikan tuna. Namun, ikan tuna yang digunakan harus sudah dikeringkan dan dicincang.

Untuk memasak Ungkot Kemamah Anda memerlukan bumbu seperti santan kelapa, cabai hijau, dan kentang. Proses memasak Ungkot Kemamah ini juga cukup lama sehingga Anda harus bersabar menunggu jika memesan makanan ini di restoran yang tidak menyediakan menu ini secara langsung.

9. Kue Timphan

Kue Timphan

Makanan yang berasal dari Aceh tidak semua makanan berat. Kue timphan adalah salah satu makanan khas enak dari Aceh yang wajib dicoba. Bahan utama untuk membuat kue timphan adalah tepung ketan. Kemudian, untuk membuat rasa kue semakin menarik makan ditambahkan potongan buah nangka dan pisang.

Kue yang dibungkus dengan daun pisang ini merupakan hidangan wajib yang disuguhkan pada saat lebaran. Kue yang dibungkus dengan daun pisang ini bisa ditemukan dengan mudah di pedagang kue tradisional. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membuat kue ini sendiri.

10. Martabak Aceh

Martabak Aceh

Siapa yang bisa menolak kelezatan martabak? Apalagi jenis martabaknya belum pernah Anda coba sebelumnya. Martabak Aceh adalah martabak yang dibuat dari kulit roti cane, telur, daging sapi atau daging ayam. Kemudian, adonan tersebut digoreng sampai warnanya kuning keemasan.

Jika dilihat-lihat, tampilan Martabak Aceh ini mirip dengan martabak telur. Hanya saja rasa roti cane di luarnya membuat kedua martabak ini memiliki rasa yang berbeda.

10 makanan khas Aceh ini menanti untuk segera Anda cicipi. Apalagi semua makanan dari Aceh ini memiliki cita rasa yang pas dengan selera Nusantara. Beberapa makanan ini memang sudah dijual di berbagai kota di Indonesia, tapi tetap saja ada makanan yang hanya bisa ditemukan ketika kita berada di Aceh.

Jangan lewatkan informasi mengenai makanan khas Batam yang juga menggoyang lidah dengan membaca artikel makanan khas Batam.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram