Inilah 10 Makanan Khas Cirebon yang Wajib untuk Dicoba!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain dikenal sebagai pusat produsen terasi hingga sirup tjampolay, Kota Cirebon yang dijuluki Kota Udang ternyata punya ragam kuliner yang bisa memanjakan lidah. Nah, bagi Anda yang ingin tahu makanan apa saja yang hits dan wajib dicoba saat berkunjung ke Cirebon, kami telah membuat daftar 10 makanan khas Cirebon yang wajib untuk Anda coba. Penasaran, bukan? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

1. Nasi Jamblang

nasi jamblang

* sumber: www.pegipegi.com

Makanan khas Cirebon yang menempati urutan pertama adalah nasi jamblang. Nasi jamblang sendiri dulunya merupakan nasi yang khusus dibuat untuk mereka yang melakukan kerja paksa pada saat pembuatan jalur Anyer-Panarukan. Nasi jamblang sendiri dibungkus dengan menggunakan daun jati, supaya nasinya tetap pulen, lho.

Oh ya, nasi jamblang adalah makanan khas dari Cirebon yang terkenal dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Banyak sekali tempat makan nasi jamblang yang enak di Cirebon yang menyediakan beragam jenis lauk pauk seperti kentang, tahu, tempe, hingga perkedel. Mau?

2. Empal Gentong

makanan khas cirebon empal gentong

* sumber: www.batiqa.com

Selanjutnya, ada empal gentong yang tidak kalah populer, nih. Empal gentong adalah makanan khas dari Cirebon yang dimasak dengan menggunakan kayu bakar di dalam gentong.

Sajian lezat dengan kuah berwarna kuning ini biasanya dinikmati dengan lontong atau bahkan nasi. Makanan satu ini juga memakai daging, yakni daging sapi. Babat serta usus juga merupakan bahan yang digunakan untuk membuat empal gentong. Hayo, siapa di sini yang suka banget makan empal gentong?

3. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

* sumber: www.reseptina.com

Hmmm, kalau makanan yang satu ini juga nggak kalah terkenal dengan tiga makanan tadi. Yup, ada tahu gejrot. Makanan khas Cirebon yang terbuat dari tahu Sumedang yang telah digoreng, kemudian dinikmati dengan bumbu khas yang terdiri dari cabai, bawang merah, dan bawang putih serta gula. Tidak hanya di Cirebon saja, pedagang makanan satu ini dapat ditemui di luar Kota Cirebon, lho. Ada yang kangen sama tahu gejrot?

4. Nasi Lengko

nasi lengko

* sumber: www.inibaru.id

Nasi lengko adalah makanan khas Cirebon yang merupakan gabungan dari bahan-bahan makanan tertentu, seperti nasi putih, tahu, tempe goreng, daun kucai, tauge hingga timun yang masih segar dan mentah. Semua bahan tadi diberi saus kacang dan juga kecap manis.

Cara penyajian nasi lengko adalah dengan meletakkan potongan kecil tahu dan tempe di bagian bawah, lalu ditambah potongan timun dan tauge. Setelahnya, bumbu kacang, daun kucai dan kecap manis ditambahkan. Tak lupa, ada tambahan sate kambing yang disajikan agar makanan satu ini semakin terasa enak saat dinikmati.

5. Sate Kalong

Sate Kalong

* sumber: resepnusantara.id

Sate kalong juga adalah salah satu makanan khas dari Cirebon yang cukup populer dan wajib untuk Anda coba. Mengapa makanan ini dinamai sate kalong? Karena penjualnya menjajakan sate yang sudah ada sejak zaman dahulu ini pada malam hari, seperti kalong alias kelalawar yang keluar di malam hari juga.

Tapi tenang, sate ini tidak terbuat dari daging kelelawar, kok! Sate kalong ini dulunya terbuat dari daging kerbau, sebab pada saat itu terdapat banyak penduduk Cirebon yang beragama Hindu.

Dan untuk menghormati mereka yang menyucikan sapi, maka daging sapi diganti dengan daging kerbau. Sate kelelawar ini dinikmati dengan saus kacang serta oncom tumbuk yang disiram dengan kuah kaldu. Kini, penggunaan daging sapi untuk bahan dasar sate kalong sendiri sudah mulai banyak digunakan.

6. Mie Koclok

mie koclok

* sumber: travelingyuk.com

Selain keenam makanan di atas, ada juga mie koclok yang tentunya wajib untuk masuk ke dalam daftar. Mie koclok adalah mie kuning yang dibubuhi potongan telur, ayam yang telah disuwir dan taburan bawang goreng.

Kuah dari mie koclok ini juga terbilang unik karena kuahnya merupakan gabungan antara kuah kaldu dan santan yang dibubuhi tepung kanji dan tepung beras supaya menjadi kental, sehingga punya tampilan yang mirip dengan sup krim.

Tribunjabar juga menuturkan bahwa mie koclok punya cita rasa manis dan gurih. Nah, bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba mie koclok khas Cirebon ini?

7. Empal Asam

empalasem

* sumber: jabar.tribunnews.com

Satu lagi makanan khas Cirebon yang wajib Anda coba. Adalah empal asam yang merupakan alternatif bagi Anda yang kurang suka santan, namun tetap ingin menikmati enaknya empal gentong. Empal asam ini sama-sama menggunakan daging sapi seperti empal gentong.

Hanya saja, kuahnya tidak menggunakan santan dan kunyit, melainkan menggunakan ketumbar sebagai bahan pengganti. Kuah dari empal asam memiliki cita rasa asam yang segar, namun Kompas Travel juga menuturkan bahwa rasa asam yang dihasilkan tidak terlalu kentara, tidak sekuat rasa asam seperti pada sayur asam.

8. Kue Tapel

kue tapel

* sumber: www.ayocirebon.com

Selanjutnya, ada kue tapel yang tidak kalah unik dari kedelapan makanan khas Cirebon di atas. Kue tapel adalah kue tradisional dari Cirebon yang terbuat dari tepung beras, kelapa, ketan, pisang hingga gula merah. Kue tapel dibuat dengan cara mencampurkan kelapa parut tepung beras dengan air kelapa.

Adonan kemudian dibentuk bulat secara manual menggunakan daun pisang, lalu setelah lima menit, adonan dilapisi ketan agar bentuknya tidak hancur. Setelah itu, adonan tadi dibubuhi pisang raja serta gula merah sebelum akhirnya kedua bahan tersebut dihancurkan hingga menjadi satu dengan adonannya.

Liputan6 menuturkan, satu buah kue tapel dibanderol seharga enam ribu rupiah saja. Anda tertarik untuk mencoba penganan yang mirip dengan crepe ini?

9. Docang

docang

* sumber: www.pegipegi.com

Kalau bertandang ke Kota Udang, Anda juga wajib untuk mencoba docang. Docang adalah makanan yang memiliki kemiripan dengan lontong sayur karena memiliki kuah berwarna merah.

Anda dapat menikmati sajian yang terdiri dari lontong, oncom, tauge hingga daun singkong ini dengan mudah dan murah karena docang merupakan makanan khas cirebon yang banyak dijual di kaki lima. Eits, namun jangan salah, pegipegi juga menyampaikan bahwa makanan satu ini memiliki sejarah unik karena sudah ada sejak zaman Wali Songo. Hayo, Anda tertarik untuk menyantap makanan satu ini?

10. Kue Gapit

kue gapit

* sumber: sajiansedap.grid.id

Terakhir, ada kue gapit yang juga merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang cukup dikenal masyarakat. Kue gapit ini berbahan dasar tepung tapioka dan punya ragam bentuk juga rasa.

Nama ‘gapit’ pada kue tradisional khas Cirebon ini diambil dari cara pembuatannya. Ya, kue gapit dibentuk dengan cara digapit menggunakan dua buah lempeng besi di atas pembakaran.

Kue tradisional khas Kota Udang ini punya rasa gurih dan teksturnya juga renyah. Kini, kue gapit juga mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan varian rasa baru yang menarik. Liputan6 menuturkan, rasa ‘baru’ dari kue gapit yang ada saat ini adalah rasa keju, bawang hingga kacang.

Itulah kesepuluh makanan khas Cirebon yang wajib untuk Anda coba. Nah, kalau Anda berkunjung ke Kota Cirebon, jangan lupa untuk mencicipi semua makanan di atas, ya. Agar liburan atau perjalanan Anda ke Kota Udang semakin berkesan. Oh ya, Keluyuran punya rekomendasi tempat oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi di Cirebon. Selengkapnya, simak dalam artikel 6 Tempat Oleh-Oleh di Cirebon ini.

Jangan lupa juga untuk menyimak artikel 10 Makanan Khas Jawa Barat yang membahas tentang makanan khas Tatar Sunda lainnya yang tidak kalah lezat dari makanan-makanan di atas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *