7 Tempat Menyantap Nasi Jamblang yang Enak di Cirebon

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bila hendak ke Cirebon, jangan sampai tak sempat menyantap Nasi Jamblang. Makanan khas Cirebon tersebut merupakan sajian nasi yang disantap bersama dengan sejumlah lauk. Lauk-lauk tersebut biasanya berupa sambal goreng, tahu sayur, semur hating, perkedel, sate kentang, ari, dan telur dadar.

Selain lauknya yang beragam, ciri khas sajian nasi khas Cirebon tersebut adalah bungkusannya. Tak seperti sajian nasi lain yang dibungkus daun pisang, nasi jamblang justru dibungkus dengan daun singkong.

Ada beberapa tempat di Cirebon yang bisa kamu kunjungi, terutama bila hendak menyantap Nasi Jamblang yang enak. Beberapa tempat tersebut akan kami rekomendasikan di artikel ini. Penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Yuk, langsung saja simak di bawah ini:

1. Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi Jamblang Mang Dul (Copy)

* sumber: www.garnesia.com

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Nasi Jamblang Mang Dul. Bisa dibilang kalau tempat ini cukup legendaris di Cirebon. Bagaimana tidak, warung nasi jamblang ini sudah di Cirebon sejak 1970 silam.

Walau tempatnya kecil, tempat makan ini memiliki menu nasi jamblang lezat dengan lauk beragam. Adapun lauk-lauk tersebut adalah tahu, paru-paru sapi, semur daging, telur orak-arik, ikan asin, dan pepes udang. Pastikan untuk datang ke tempat ini sepagi mungkin. Sebab tempat ini selalu ramai, namun tempat duduknya terbatas.

Nasi Jamblang Mang Dul bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan DR. Cipto Mangunkusumo No. 8, Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Cirebon, Jawa Barat 45131.
  • No. Telepon : (0231) 206564.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 05.00 – 02.00.
  • Harga : Rp17.000/porsi.

2. Nasi Jamblang Pelabuhan

Nasi Jamblang Pelabuhan (Copy)

* sumber: www.klikhotel.com

Seperti warung Mang Dul, tempat ini pun juga tergolong legendaris. Ciri khas nasi jamblang pada tempat ini adalah aroma nasinya yang begitu harum. Aroma nasi tersebut tak lepas dari penggunaan bungkusannya yang berupa daun jati yang masih amat muda.

Penggunaan bumbu pada sajian nasinya pun tak biasa. Konon, bumbu yang dipakai di tempat ini diolah berdasarkan resep turun-temurun. Hal itu tentu membuat cita rasanya begitu khas. Mau tahu seperti apa rasanya? Langsung saja datang ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Yos Sudarso No. 1, Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat 45111.
  • No. Telepon : 0852-9539-2686.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 06.00 – 15.00.
  • Harga : Rp1.500/bungkus (nasi jamblang), Rp1.500 – Rp15.000/bungkus (lauk nasi jamblang).

3. Nasi Jamblang Ibad Otoy

Nasi Jamblang Ibad Otoy (Copy)

*

Tak jauh dari Nasi Jamblang Mang Dul, ada satu tempat lainnya yang harus kamu kunjungi. Nasi Jamblang Ibad Otoy adalah tempat tersebut. Seperti halnya di Mang Dul, lauk nasi jamblang pada warung ini juga beragam.

Tak hanya menyajikan nasi jamblang, warung satu ini juga menyediakan pedesan entog. Sebuah sajian daging entog dengan bumbu pedas. Tertarik mencoba menu tersebut beserta dengan sepiring nasi jamblang? Yuk, datang saja ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan DR Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Cirebon, Jawa Barat 45131.
  • No. Telepon : 0813-2407-7789.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 07.00 – 23.30.
  • Harga : Sekitar Rp20.000– Rp30.000/porsi.

4. Nasi Jamblang Bu Pitri

Nasi Jamblang Bu Pitri (Copy)

* sumber: www.pergidulu.com

Tempat nasi jamblang ini letaknya persis di depan Grage Mall. Tak seperti tempat-tempat sebelumnya, tempat nasi jamblang satu ini justru buka di waktu malam. Tepatnya, pada pukul tujuh malam. Dan seperti tempat-tempat sebelumnya, tempat satu ini juga punya lauk nasi jamblang yang banyak.

Beberapa di antaranya yang recommended adalah sate kentang, sate kerang, paru goreng, perkedel, semur tahu, dan sambal. Kalau kamu mau mencoba semua lauk tersebut beserta sepiring nasi jamblang, sila datang saja ke alamat berikut:

  • Alamat : Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Cirebon, Jawa Barat 45131.
  • Jam Buka : Setiap hari 19.30 – 00.00.
  • Harga : Rp4.000 – Rp7.000/porsi.

5. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur (Copy)

* sumber: travel.detik.com

Seperti tempat-tempat sebelumnya, tempat satu ini juga memiliki banyak lauk. Tercatat, ada puluhan lauk yang bisa kamu pilih di sini. Di antara semua lauk tersebut cumi bleketek dan perkedel jagung adalah dua lauk yang paling difavoritkan.

Hal tersebut tak lepas dari tekstur dari kedua lauk tersebut. Cumi bleketek memiliki tekstur yang empuk, tidak seperti cumi kebanyakan. Sementara perkedel jagung di warung ini memiliki tekstur yang begitu renyah. Tertarik mencoba keduanya? Yuk, datang saja ke alamat berikut ini:

  • Alamat : Jalan Cangkring 2 No. 34, Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Cirebon, Jawa Barat 45123.
  • No. Telepon : 0851-0178-5888.
  • Jam Buka : Senin s.d. Jumat pukul 07.00 – 21.00, Sabtu dan Minggu pukul 07.00 – 19.00.

6. Nasi Jamblang Tulen

Nasi Jamblang Tulen (Copy)

* sumber: empal-gentong-dan-nasi-jamblang-tulen.business.site

Nasi Jamblang Tulen adalah tempat nasi jamblang yang dimiliki keturunan pelopor nasi jamblang pertama di Cirebon. Dibukanya tempat ini sendiri dilakukan guna meluruskan keaslian nasi jamblang yang sempat melenceng.

Tapi seperti di tempat lainnya, nasi di tempat ini diolah dengan memakai kayu bakar. Hal itu tentu membuat cita rasa nasinya begitu khas. Lauk yang dipakainya pun tak seperti pada umumnya. Lauk nasi jamblang di tempat ini merupakan daging dendeng.

Selain daging dendeng, masih ada lauk-lauk lainnya yang tak kalah menarik dan enak. Penasaran bagaimana rasa nasi jamblang di tempat ini? sila datang saja ke alamat lengkapnya di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Jamblang No. 100, Kasugengan Lor, Kecamatan Depok, Cirebon, Jawa Barat 45155.
  • No. Telepon : (0231) 341510.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 07.00 – 23.00.
  • Harga : Kurang lebih sekitar Rp5.000 – Rp10.000/porsi.

7. Nasi Jamblang Kolektoran

Nasi Jamblang Kolektoran (Copy)

* sumber: m.medcom.id

Nasi Jamblang Kolektoran adalah tempat penjual nasi jamblang yang sudah ada sejak 1998. Nama Kolektoran pada tempat ini tak lepas dari alamat tempat ini berada. Ada beragam lauk yang tersaji di tempat ini, untuk menemani santap nasi jamblangmu nanti.

Tercatat, ada 27 jenis lauk bisa kamu temukan dan pesan di sini. Beberapa di antaranya adalah hati goreng, tempe goreng, perkedel, dan sambal. Kamu harus datang ke sini seawal mungkin soalnya nasi dan semua lauk di tempat ini selalu laris oleh pelanggan. Bagaimana kamu tertarik makan nasi jamblang di tempat ini? Bila ya, langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Kolektoran No. 25, Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat 45112.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 18.00 – 09.00.
  • Harga : Rp7.000/porsi.

Nasi jamblang merupakan salah satu makanan khas Cirebon. Ciri khas sajian nasi ini adalah lauknya yang banyak, serta nasinya yang dibungkus dengan daun jati. Ada beberapa tempat di Cirebon yang bisa kamu kunjungi, bila tertarik menyantap nasi jamblang di Cirebon. Beberapa di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Di antara semua tempat tersebut, mana yang bakal kamu kunjungi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *