keluyuran web banner

10 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Lezat dan Mendunia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Sebagai negara dengan beragam suku, tak mengherankan jika kita memiliki budaya yang banyak dan tak ketinggalan juga kulinernya. Jika ditanya apa makanan khas Indonesia, kita akan kebingungan karena makanan khas dari Indonesia itu banyak.

Dari Sabang sampai Merauke itu adalah makanan khas Indonesia. Jadi tidak bisa menunjuk satu makanan sebagai representasi makanan Indonesia. Tiap daerah memiliki makanan khasnya tersendiri dengan beragam bahan dan bumbu rempahnya.

Ada beberapa makanan khas Indonesia yang sudah dikenal oleh orang mancanegara dan bisa ditemui dijual di luar negeri. Makanan apa sajakah itu? Kalau penasaran, simak ulasan mengenai makanan khas Indonesia berikut ini.

1. Sate

Sate

Sate adalah makanan khas Indonesia yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Bahan yang digunakan untuk sate bermacam-macam, dari potongan daging sapi, ayam, kambing, rusa, kerbau, kerang dan kelinci. Bumbu yang digunakan pun beragam tak melulu bumbu kacang.

Diperkirakan sate muncul pada abad ke-19 dari pedagang jalanan di sekeliling Pulau Jawa. Dilihat dari faktanya, kuliner ini mulai terkenal bersamaan dengan datangnya para pedagang Gujarat India, Arab, serta para pedagang Muslim dari Pulau Jawa lainnya.

Kelezatan sate selain karena bahan yang digunakan juga bumbu yang ditambahkan. Saus kacang atau saus kuning khas Padang juga menjadi penambah cita rasa untuk sate. Di Indonesia ada jenis-jenis sate yang sudah sangat terkenal dan bisa ditemui diberbagai tempat tak hanya di tempat asalnya.

Sebut saja sate madura, sate lilit serta sate padang. Ketiga jenis sate ini sudah begitu populer di kalangan pecinta kuliner di Indonesia. Sate Madura dari Jawa Timur biasanya berbahan daging kambing atau ayam. Sate lilit dari Bali berbahan dasar daging cincang, dan sate padang yang bahannya jeroan.

2. Sop Buntut

Sop Buntut

Makanan khas Indonesia ini berbahan dasar buntut sapi yang direbus kemudian diberi rempah yang bermacam-macam. Sop buntut bisa ditemui di banyak restoran di Indonesia dan menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia juga mancanegara.

Proses pembuatan sop buntut memerlukan waktu yang sangat panjang supaya bisa menghasilkan rasa yang lezat dan gurih. Dimulai dari memberi bumbu rempah-rempah pada potongan ekor sapi kemudian dibakar dan setelahnya dimasukkanlah buntut tadi ke dalam kuah kaldu sapi.

Sop Buntut biasanya dihidangkan dengan kentang, irisan wortel, tomat, daun bawang seledri, dan tidak ketinggalan bawang goreng. Namun tahukah kamu, kalau kuliner khas Indonesia ini pernah dihidangkan di KBRI Madrid, Spanyol? Hasilnya, sop buntut menjadi favorit.

3. Nasi Goreng

Nasi Goreng

Jika kamu tanya pada orang-orang asing yang pernah ke Indonesia makanan apa yang mereka sukai atau pernah makan, jawabannya pasti nasi goreng. Mantan Presiden Amerika Serikat, Obama, saja ingat makanan ini. Artis-artis dari Korea pun menyenangi makanan khas Indonesia ini.

Makanan khas Indonesia ini memang tak hanya dikenal di negara kita tapi juga di mancanegara seperti halnya sate dan soto. Bahkan nasi goreng pernah ditetapkan sebagai salah satu ikon kuliner dari Indonesia oleh Menteri Pariwisata bersama dengan sate, rendang, dan gado-gado.

Nasi goreng juga terdapat banyak ragamnya. Ada nasi goreng jawa, nasi goreng kambing, nasi goreng ikan asin, nasi goreng sunda, nasi goreng seafood, nasi goreng mawut, dan nasi goreng babat. Semuanya memiliki bahan dasar yang sama tapi ada bahan tambahan lain yang khas dan berbeda-beda.

4. Soto

Soto

Soto merupakan salah satu makanan khas dari nusantara. Hidangan ini berupa makanan berkuah yang dibuat dari kaldu daging juga sayuran. Terdapat dua macam soto yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, yaitu soto daging atau ayam dan soto mie.

Selain itu, tiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya. Sebut saja soto madura, soto padang, soto medan, soto bandung, soto lamongan, soto banjar, soto mie bogor, soto betawi dan coto makassar. Nama soto tersebut biasanya merujuk pada daerah asal atau bahan yang digunakan.

Tak hanya bahan yang berbeda tapi juga cara penyajiannya bermacam-macam sesuai dengan kekhasan di tiap daerah. Soto bisa disajikan langsung disantap tanpa makanan pendamping lainnya atau diberi tambahan seperti lontong, nasi, bihun, ketupat, atau mie beserta lauk isiannya.

5. Gado-gado

Gado-gado

Makanan khas Indonesia lain yang juga tak kalah populernya di kalangan turis mancanegara adalah gado-gado. Mereka terkadang menyebutnya salad khas Indonesia. Makanan tradisional ini sudah ada dari dulu dan bertahan hingga sekarang. Gado-gado adalah makanan sehat karena berbahan sayuran.

Isi gado-gado adalah bermacam-macam jenis sayuran yang direbus, contohnya taoge, kacang panjang, kembang kol, nangka muda, kubis, selada, kentang rebus, dan sayuran lain seperti wortel, tomat, dan irisan mentimun. Bahan lain yang ditambahkan ada tahu, telur rebus, tempe, dan jagung pipil.

Untuk membuat gado-gado, pertama-tama dibuat dulu sausnya yang berupa saus kacang. Kacang tanah diulek di cobek atau wadah lainnya. Setelah selesai membuat sausnya kemudian ditambahkan sayuran rebus yang sudah disiapkan sebelumnya.

6. Rendang

Rendang

Makanan khas Indonesia dari Sumatera Barat ini pernah dinobatkan oleh CNN melalui pilihan suara dari pembacanya sebagai salah satu dari 50 makanan terlezat di dunia pada tahun 2011. Rendang Padang ini adalah makanan yang pembuatannya cukup sulit dan membutuhkan waktu lama.

Aneka bumbu yang ditambahkan, seperti santan dan rempah-rempah lain yang kemudian dihaluskan contohnya serai, cabai, kunyit, lengkuas, bawang putih, jahe serta bawang merah, takarannya harus pas. Rendang merupakan teknik mengawetkan daging dengan cara direndam dalam santan dan rempah.

Rendang diperkirakan usianya sudah ratusan tahun. Makanan asli Minangkabau ini memiliki arti yang cukup mendalam di kalangan masyarakatnya. Kuliner ini selalu dihidangkan pada acara upacara adat yang bernama Bajamba Gadang dalam rangka pengukuhan serta pengakuan seorang datuk.

7. Gudeg

Gudeg

Kalau berbicara soal Yogyakarta, pasti orang akan langsung teringat dengan kuliner khasnya yang bernama gudeg. Wisatawan yang berlibur ke kota Yogya pasti akan mencicipi gudegnya. Makanan khas Indonesia dari Yogya ini berbahan utama nangka muda. Gudeg Yogya biasanya dimasak pakai kuali.

Gudeg memiliki beberapa jenis, seperti gudeg basah, kering, khas Solo, khas Yogyakarta juga khas Jawa Timur. Untuk gudeg basah menggunakan santan yang lebih banyak. Ini kebalikannya dari gudeg kering. Gudeg solo lebih berair juga pekat dan santan serta warnanya lebih cerah.

Sementara gudeg yogya memiliki rasa yang lebih manis, berwarna lebih merah dan lebih kering. Gudeg Jawa Timur rasanya lebih pedas serta panas jika dibandingkan dengan gudeg-gudeg lainnya. Seperti halnya rendang, gudeg juga butuh waktu memasak yang lama.

8. Bakso

Bakso

Siapa yang tak kenal dengan makanan khas Indonesia yang satu ini? Bahkan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama saja sampai hafal suara abang-abang yang menjajakan bakso. Makanan ini sudah sangat akrab di kalangan masyarakat Indonesia dan bisa ditemui di berbagai daerah.

Orang-orang di Indonesia itu kreatif sekali jika membuat kreasi makanan termasuk bakso. Sekarang ini kamu bisa menemui beragam jenis baso dari mulai ukuran baksonya yang besar sekali sampai bahan yang digunakannya, ada bakso kikil, bakso urat, bakso cincang, bakso ikan, baso sapi dan lain-lain.

9. Nasi Padang

Nasi Padang

Masih ingat dengan orang dari Norwegia yang bernama Audun Kvitland? Dia ramai jadi perbincangan di Youtube karena menciptakan lagu berjudul "Nasi Padang". Saking cintanya dengan nasi padang, pria asal Norwegia itu sampai menumpahkannya dalam bentuk lirik dan jadilah sebuah lagu yang menghebohkan.

Nasi padang memiliki cita rasa yang sangat lezat dan umumnya dihidangkan bersama daging rendang serta bumbu juga sayuran berupa sayur nangka atau daun singkong rebus. Tak lupa ditambahkan pula  sambal ijo yang membuat orang selalu ketagihan untuk nambah.

Tak hanya rendang, menu lainnya seperti gulai kikil sapi, dendeng balado, ayam pop, gulai kepala ikan kakap, telur dadar khas rumah makan Padang, dan masih banyak yang lainnya, semuanya disukai penggemar nasi padang. Tak heran rumah makan Padang banyak dijumpai di mana-mana.

10. Pempek

Pempek

Makanan khas Indonesia yang berasal dari Palembang ini sudah terkenal hingga ke pulau-pulau lainnya di Nusantara. Selain di Palembang, kamu juga bisa menemukan pempek di Bangka dan daerah-daerah yang berada di Sumatera Selatan.

Pempek dibuat menggunakan bahan utama berupa daging ikan serta tepung kanji. Bahan lain yang digunakan adalah bawang putih, telur, garam, dan penyedap rasa. Ikan yang digunakan awalnya ikan belida. Namun karena sudah langka, maka diganti ikan sungai lainnya dan ikan laut seperti tenggiri.

Di kota Palembang kamu bisa dengan mudah menemukan penjual pempek karena jumlahnya banyak. Tak hanya dijual oleh para pedagang kecil, pempek juga sudah masuk ke restoran-restoran. Kelezatan pempek akan terasa lengkap jika disantap bersama kuah cuko pempek yang rasanya legit dan nendang.

Kekayaan Indonesia tak hanya alam dan budaya saja, tapi juga kulinernya. Beragam kuliner dimiliki oleh tiap daerah di Indonesia. Semua jenis bahan dan bumbu digunakan untuk menghasilkan makanan yang lezat hingga terkenal sampai mancanegara, seperti rendang dan nasi goreng. Kalau kamu, apa makanan khas Indonesia yang menjadi kesukaanmu?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram