Inilah 10 Pesantren Terbesar yang Ada di Indonesia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 1 Mei 2021

Mengajarkan pendidikan agama sejak dini adalah hal yang sangat penting. Salah satu institusi pendidikan yang cukup berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat adalah pondok pesantren. Jika dahulu pesantren identik dengan hal-hal yang tradisional, saat ini banyak pesantren unggulan yang telah berkembang baik dari segi arsitektur bangunan, hingga teknik mengajar para santrinya.

Nah, kali ini Keluyuran akan membahas 10 Pesantren terbesar di Indonesia yang mesti kamu ketahui. Simak daftar selengkapnya berikut ini!

1. Mahad Az zaytun (Indramayu)

Mahad Az zaytun (Indramayu)

Ma'had Al-Zaytun adalah sebuah Pondok pesantren yang terletak di desa Mekar Jaya, kecamatan Gantar, kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pesantren yang dibangun pada 13 Agustus 1996 ini menjadi pesantren terbesar yang ada di Indonesia, bahkan digadang-gadang terbesar se-Asia Tenggara menurut Washington Times.

Mahad Al-Zaytun sendiri diketahui memiliki luas pesantren lebih dari 2000 hektar. Pesantren ini diperkirakan mampu membina sekitar 10.000 santri, mulai dari tingkat sekolah dasar, hingga perguruan tinggi. Pesantren ini diketahui memiliki dua mesjid yang masing-masing mampu menampung sekitar 100.000 dan 7000 jemaah.

2. Pondok Pesantren Modern Gontor (Ponorogo)

Pondok Pesantren Modern Gontor (Ponorogo)

Pesantren yang terletak di Ponorogo, Jawa Timur ini adalah salah satu pesantren terbaik dan terbesar yang ada di Indonesia. Pondok pesantren modern Gontor telah berdiri sejak 10 April 1926 oleh tiga bersaudara dari putra Kiai Santoso Anom Besari, yaitu KH Zainudin Fananie, KH Ahmad Sahal, dan KH Imam Imam Zarkasy.

Pesantren yang dikenal dengan penerapan disiplin, penguasaan bahasa asing (Arab dan Inggris), kaderisasi dan jaringan alumni yang sangat kuat ini merupakan pelopor keberadaan pesantren modern, yang ada di tanah air. Ponpes Gontor diketahui memiliki jumlah santri sekitar 25.000 orang.

3. Pondok Pesantren Sidogiri (Pasuruan)

Pondok Pesantren Sidogiri (Pasuruan)

Pesantren selanjutnya yang juga dikenal sebagai pondok pesantren terbesar di Indonesia adalah pondok pesantren Sidogiri. Pesantren yang telah berdiri sejak tahun 1745 ini terletak di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Pondok pesantren yang didirikan oleh Sayyid Sulaiman dan Kyai Aminullah ini disebut-sebut sebagai pesantren tertua dan cukup bersejarah yang ada di pulau di Jawa.

Pesantren ini ketahui masih mempertahankan sistem pendidikan salaf murni, yang fokus pada ilmu akidah, syariah, dan akhlak ala Ahlussunnah wal Jamaah.

4. Pondok Pesantren Langitan (Tuban)

Pondok Pesantren Langitan (Tuban)

Sebelum dikenal sebagai salah satu pondok pesantren terbesar yang ada di Tanah air, pondok pesantren yang satu ini adalah surau kecil, dimana KH. Muhammad Nur mengajar keluarga dan tetangga. Pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 1852 di Langitan, Tuban, Jawa Timur ini memang cukup menarik.

Selain desain arsitektur bangunannya yang tampak menawan, pesantren yang telah berdiri lebih dari 200 tahun ini telah melahirkan sejumlah ulama karismatik. Beberapa diantaranya antara lain; KH Muhammad Kholil dari Bangkalan, KH Hasyim Asy’ari (Pendiri NU) di Madura, KH Wahab Hasbullah, Jombang dan KH Syamsul Arifi n (ayahanda KH As’ad Syamsul Arifi, Situbondo, sekaligus pendiri NU.)

5. Pondok Pesantren Lirboyo (Kediri)

Pondok Pesantren Lirboyo (Kediri)

Pesantren terbesar selanjutnya terletak di  Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh Kyai Sholeh sejak tahun 1910. Pondok pesantren Lirboyo adalah salah satu pesantren yang out dalam perjuangan pertempuran kemerdekaan pada 10 November 1945. Dari tahun ke tahun salah satu pesantren yang cukup terkenal di kota Kediri ini telah banyak mengalami perkembangan.

Pada tahun 2020, pesantren ini sempat berduka karena salah satu tokoh penting yang menjadi panutan para santri, yaitu Kyai Haji Ahmad Habibullah Zaini telah menghembuskan nafas terakhir.

6. Pondok Pesantren Tebuireng (Jombang)

Pondok Pesantren Tebuireng (Jombang)

Pondok pesantren Tebuireng merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Indonesia. Pesantren ini didirikan tahun 1899 oleh pendiri organisasi Ulama (NU), yaitu KH. Hasyim Asy’arie sekaligus kakek dari Presiden Indonesia yang keempat, yaitu KH Abdurahman Wahid atau sering disapa Gusdur.

Materi pelajaran yang dilaksanakan di pesantren ini antara lain pengetahuan agama Islam, ilmu syariat, dan bahasa Arab. Salah satu hal yang cukup menarik dari pesantren ini adalah struktur kurikulum pengajarannya, dimana pesantren ini memasukkan pelajaran umum untuk pembelajarannya.

7. Pondok Pesantren Al-Anwar (Sarang)

Pondok Pesantren Al-Anwar (Sarang)

Bermula dari kelompok pengajian yang didirikan oleh KH. Zubair Dahlan dan KH.Ahmad Syuaib. Pesantren yang berdiri sejak tahun 1967 oleh KH. Maimun Zubair. Pesantren Al-Anwar berada di desa Karangmangu, Sarang Rembang Jawa Tengah. Sistem yang digunakan di dalam pesantren ini adalah sistem salafiyah.

Sejak berdiri, hingga saat ini pesantren Al-Anwar memang terus mengalami perkembangan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah santri yang terus meningkat setiap tahunnya. Sampai saat ini, pesantren Al-Anwar diketahui telah memiliki jumlah santri hingga mencapai 8000 orang dan diperkirakan akan terus berkembang.

8. Pondok Pesantren Nur El Falah (Banten)

Pondok Pesantren Nur El Falah (Banten)

Bertempat di Kubang, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang Banten, penpres yang telah berdiri sejak tahun1943 oleh Almarhum KH. Abdul Kabier ini memang menjadi salah satu pusat pendidikan agama Islam terbesar yang ada di Banten.

Berbeda dengan sistem pendidikan yang ada di pesantren lain, untuk kegiatan pendidikan di pesantren ini dibagi menjadi empat tahapan, yaitu, Al-Mubtadi Tsanawi, Aliyah, dan Ulya. Pondok Pesantren Nur El Falah sendiri menjadi salah satu pesantren yang memiliki visi dan misi untuk membangun pesantren berbasis teknologi yang terus berkembang sesuai dengan kemajuan zaman.

9. Pondok Pesantren La Tansa (Banten)

Pondok Pesantren La Tansa (Banten)

Masih di daerah Banten, pesantren yang tidak  kalah menarik adalah Pondok Pesantren La Tansa. Pesantren yang didirikan oleh Drs. K.H. Ahmad Rifa’i Arief ini merupakan pesantren terbesar yang ada di Tanah air. LA Tansa sendiri terletak di Parakansantri, Cipanas, Lebak, Banten. Pesantren ini berdiri di sebuah lembah seluas ±13 hektar.

Salah satu hal yang cukup menarik dari pesantren ini adalah lokasinya yang berada di sebuah lembah, yang sangat menarik dan juga sejak. Suasana pesantren asri memang membuat sebagai besar orang merasa betah dan nyaman untuk menempuh pendidikan agama di pesantren ini.

10. Pondok Pesantren Daar El-Qolam (Banten)

Pondok Pesantren Daar El-Qolam (Banten)

Pesantren terakhir yang juga dikenal sebagai pesantren terbesar adalah Pondok Pesantren Daar El-Qolam, Banten. Pesantren yang didirikan oleh Qasad Mansyur serta Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief pada tahun 1968. Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief sendiri merupakan Ahmad Rifa'i Arief adalah seorang alumnus Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur pada tahun 1964.

Meskipun pada awal  awal pendidikan pondok harus dilaluinya dengan berbagai kesulitan dan keterbatasan sarana, tetapi pada akhirnya Pesantren Daar El-Qolam sendiri telah berhasil membuktikan perkembangannya. Hingga tahun 2012, tercatat jumlah santri di pesantren tersebut hampir mencapai 5000 orang.

Demikianlah 10 Pesantren terbesar di Indonesia yang bisa menjadi pilihan bagi anak yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Saat ini, pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan agama Islam yang cukup diminati dan juga bersaing. Nah, apakah kamu tertarik untuk menempuh pendidikan di pesantren? Tulis komentar di bawah, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram