Keluyuran / Wisata Jawa Timur / Yuk, Cobain 10 Makanan Khas Madura yang Nagih Banget!

Yuk, Cobain 10 Makanan Khas Madura yang Nagih Banget!

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juli 2019

Apa sih yang populer dari Madura? Sudah pasti kamu akan menjawab: “Sate”. Ya, sate merupakan salah satu makanan khas Madura yang sangat terkenal. Bahkan, sate khas Madura disebut sebagai jenis sate yang paling enak di antara sate nusantara lainnya.

Makanan khas Madura tidak hanya terbatas pada sate saja, lho. Masih ada beberapa pilihan makanan enak lainnya dari Madura yang wajib kamu coba. Nah, kalau kamu sedang berencana untuk wisata kuliner di Madura, cobalah makanan khas yang Keluyuran rekomendasikan berikut ini.

1. Sate Madura

Sate Madura

* sumber: craftlog.com

Dari sekian banyak makanan khas Madura, sate adalah menu yang paling populer. Popularitas sate khas Madura tidak hanya di kota asalnya saja, tapi hampir di seluruh nusantara. Pasalnya, hal ini juga disebabkan oleh banyaknya masyarakat Madura yang merantau ke daerah lain untuk menjual sate.

Sate khas Madura bisa terbuat dari daging ayam, kambing, atau sapi. Bumbu kacang khas Madura memiliki cita rasa yang gurih dan manis. Yang membedakan bumbu Sate Madura dari bumbu kacang sate daerah lainnya adalah tekstur kacangnya yang masih terasa kasar.

Meskipun sate khas Madura sudah banyak dijual di berbagai daerah, tapi rasanya kurang afdol jika kamu tidak menyantap sate ini langsung di daerah asalnya.

2. Topak Ladeh

Topak Ladeh

* sumber: rampaknaongcathering.blogspot.com

Sepintas tampilan topak ladeh ini mirip banget dengan opor. Nah, cita rasa topak ladeh ini juga nyaris mirip dengan opor. Yang membedakan keduanya adalah kuah topak ladeh ini berwarna merah dan rasanya pun lebih pedas. Selain itu, persamaan keduanya adalah topak ladeh juga disajikan pada saat lebaran.

Apabila opor umumnya menggunakan isian daging ayam, topak ladeh justru menggunakan daging sapi. Semakin berlemak daging sapi yang digunakan, rasa makanan ini akan semakin nikmat. Aroma daging sapi berpadu dengan kuah santan akan terasa sangat kuat ketika kamu menyantap makanan ini.

3. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot

Siapa yang setuju jika makanan yang enak adalah makanan yang berlemak? Nah, jika kamu juga penyuka makanan berlemak, kamu wajib mencoba kaldu kokot. Kuliner khas dari Madura ini diolah dari kacang hijau dan kaldu sapi. Sementara untuk isiannya, biasanya akan ditambahkan sumsum atau kikil sapi yang masih melekat pada tulangnya.

Sambil menyantap daging dan lemak yang menempel pada tulangnya, kamu bisa menyeruput kuahnya yang sedap dan gurih. Apalagi jika kamu menyantapnya dengan sepiring nasi putih. Wah, lezatnya tiada tara deh!

4. Bebek Songkem

Bebek Songkem

* sumber: berita-bondowoso.blogspot.com

Bebek goreng dari Madura mungkin sudah biasa, namun bagaimana dengan bebek songkem? Ini adalah salah satu olahan bebek khas Madura yang sangat enak. Namun, bebek songkem tidak banyak dijual di daerah lain selain Madura. Jadi, kalau ingin mencicipi makanan ini sebaiknya kamu langsung menyantapnya saat sedang berada di Madura.

Bebek songkem terbuat dari bebek yang dibumbui dengan rempah-rempah, lalu dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus hingga matang. Olahan bebek yang satu ini benar-benar spesial karena bumbunya meresap hingga ke dalam daging saat proses pengukusan.

Makanan ini sangat enak jika disantap bersama dengan nasi putih hangat. Daging bebeknya pun terasa sangat empuk karena dimasak dengan metode kukus yang notabene mampu melunakkan daging.

5. Soto Madura

Soto Madura

* sumber: www.wisataku.id

Selain sate, ternyata Madura juga mempunyai soto yang khas. Soto Madura ini berbeda dengan soto-soto lain karena bumbunya lebih banyak menggunakan kemiri. Selain itu, Soto Madura juga dikenal dengan warna kuahnya yang kuning keruh.

Lauk untuk Soto Madura umumnya adalah daging sapi dan telur ayam rebus. Sebelum disajikan, biasanya soto akan diberi taburan bawang goreng dan perasan jeruk nipis agar rasanya lebih segar. Kalau kamu pecinta makanan pedas, jangan lupa menambahkan sambal pada Soto Madura sebelum dimakan.

6. Tajin Sobih

Tajin Sobih

* sumber: masakgembira.blogspot.com

Madura tidak hanya memiliki makanan yang gurih dan pedas saja, lho. Ada juga makanan manis yang bisa dijadikan dessert setelah kamu puas menyantap makanan utama khas Madura. Salah satu makanan manis yang harus dicoba saat di Madura adalah tajin sobih. Kuliner khas Bangkalan ini bisa ditemukan hampir di setiap pasar tradisional yang berada di Madura.

Jika dilihat sekilas tajin sobih ini nampak seperti bubur sumsum. Makanan ini terbuat dari olahan tepung beras dan tepung ketan. Sebagai pemanis, tajin sobih akan disiram dengan gula merah cair yang menambah legit rasa makanan ini. Agar aromanya lebih harum biasanya para pedagang akan meletakkan tajin sobih ini di atas daun pisang.

7. Nasi Serpang

Nasi Serpang

* sumber: jempoltangan.com

Yang satu ini merupakan nasi campur ala Madura dengan lauk yang variatif. Ya, nasi serpang merupakan makanan utama yang bakal mengenyangkan perutmu. Dalam satu porsi nasi serpang terdapat beberapa macam lauk, mulai dari suwiran daging sapi atau daging ayam, tumis kerang, pepes ikan tongkol, soun goreng, sambel goreng kentang dan tahu krecek, serta sambal.

Akan tetapi, tidak semua pedagang nasi serpang menjual nasi dengan lauk yang lengkap dan sama persis seperti yang kami sebutkan tadi. Meskipun demikian, lauk di dalam nasi serpang terbilang cukup banyak dibanding nasi campur dari daerah lainnya. Yang paling penting biasanya nasi ini disajikan dalam porsi yang cukup besar.

8. Nasi Petis

Nasi Petis

*Sumber: https://www.instagram.com/nonaaling/?hl=id

Nasi petis bukan berarti nasi putih yang disajikan bersama dengan petis udang, ya! Ini merupakan nasi campur khas Bangkalan yang rasanya sedap banget. Makanan ini berisi nasi putih dengan lauk telur rebus yang dimasak dengan kuah kari atau opor, dendeng sapi, dan jeroan (limpa, hati, atau paru). Lantas, dimana petisnya? Petisnya berupa dimasak dengan kuah santan yang disiram di atas nasinya.

Untuk menambah selera makan, nasi petis akan disajikan bersama dengan sambal yang pedas. Namun, meskipun tidak menambahkan sambal, cita rasa nasi petis khas Bangkalan ini tetap sedap dan nagih.

9. Lorjuk

Lorjuk

* sumber: travelingyuk.com

Suka makan kerang? Jenis kerang apa yang biasa kamu makan? Nah, kalau kamu sedang berkunjung ke Madura, sempatkan diri untuk mencoba lorjuk. Ini merupakan jenis kerang laut yang panjang tubuhnya sekitar 3cm. Kerang ini cukup langka, tetapi kamu bisa menemukan olahan lorjuk yang lezat di Madura.

Menariknya, masyarakat di Madura sangat pandai dalam mengolah lorjuk. Kerang ini bisa dijadikan rengginang, ditumis dengan bumbu-bumbu, atau dimasak dengan kuah seperti soto. Penasaran dengan keunikan rasa lorjuk? Yuk, segera coba makanan ini ketika kamu tiba di Madura.

10. Soto Mata Sapi

* sumber: ksmtour.com

“Mata sapi” yang dimaksud di sini bukan telur ceplok, melainkan memang mata sapi sungguhan. Ya, memang terdengar sedikit ekstrem, tetapi makanan khas Madura ini memiliki rasa yang gurih. Sekali coba, kamu pasti bakal ketagihan.

Mata sapi dimasak bersama dengan tulang belulang sapi yang masih disertai dengan lemak. Kuahnya menggunakan banyak rempah-rempah agar tidak terasa amis. Soto mata sapi ini bisa disantap bersama dengan lontong atau nasi putih. Agar rasanya lebih sedap, jangan lupa menambahkan sambal, ya!

10 makanan khas Madura ini memang menarik untuk dicoba. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan-makanan ini jika kamu sedang berada di Madura. Kalau kamu sedang berada di Surabaya, kunjungi artikel makanan khas Surabaya ini sebagai referensi kulinermu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar