10 Destinasi Wisata di Pamekasan yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kabupaten Pamekasan bukanlah salah satu wilayah kabupaten yang dikenal akan objek wisatanya. Tapi siapa sangka Pamekasan justru menyimpan pesona dan panorama alam tersembunyi yang mengagumkan. Selain berwisata kuliner, di Pamekasan juga banyak wisata alam seperti pantai, pegunungan, air terjun, goa hingga wisata sejarah dan religi.

Ada banyak objek wisata di Pamekasan yang wajib dan worth sekali untuk kamu datangi saat liburan. Kamu bisa mengunjungi masjid dan vihara hingga menikmati indah dan segarnya laut atau pegunungan sambil menyantap kuliner khas Pamekasan. Karena menikmati makan dan minuman khas Pamekasan tidak akan lengkap jika tidak dinikmati dengan indahnya panorama alam.

Kali ini kita akan mencari tahu kira-kira objek wisata apa saja yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Pamekasan. Informasi lebih lengkapnya, bisa kamu baca di artikel dibawah ini.

1. Monumen Nasional Arek Lancor

Monumen Nasional Arek Lancor

*

Saat datang ke berbagai kota, rasanya tidak akan lengkap dong kalau tidak mengunjungi ikon tempat tersebut. Ikon dari Kabupaten Pamekasan sendiri dinamakan Monumen Arek Lancor yang berada tepat di jantung kota Pamekasan, Madura. Monumen yang didirikan dengan tujuan sebagai penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan.

Nama “Arek Lancor” adalah nama dari dua senjata tajam Pamekasan dan memang khas Madura. Kedua senjata tersebut mengandung arti sebagai nilai etik masyarakat yang keras, tegas dan berani. Di Monumen ini juga terdapat taman kota yang cocok untuk bersantai dan nongkrong. Kamu juga bisa menikmati berbagai parade atau acara kebudayaan yang biasa diadakan di sekitar monument.

  • Alamat: Alun-alun Pamekasan, Jl. Mesigit, Rw. 03, Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69317
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: –
  • Kisaran Harga: Gratis

2. Masjid Agung Asy Syuhada Pamekasan

Masjid Agung Asy Syuhada Pamekasan

*

Jika kamu berkunjung ke Pamekasan, kamu wajib banget datang ke Masjid Agung Asy Syuhada. Dilihat dari luar saja kita sudah bisa melihat kemegahan dari bangunan dan arsitekturnya yang mencolok. Saat memasuki area Masjid, kita akan disambut dengan gapura dan dua menara di sampingnya. Terdapat dua kubah kecil dan satu kubah utama besar yang sangat mencolok dengan cat warna hijau dan putih.

Masjid megah ini adalah salah satu objek wisata religi tertua di Pamekasan yang sudah berdiri sejak abad ke 16. Masjid Agung Asy Syuhada menjadi saksi bisu dari gugurnya para pejuang atas kekejaman tentara NICA Belanda. Setidaknya ada 90 pejuang kemerdekaan yang terbakar dan dikubur massal di halaman Masjid Agung Asy Syuhada oleh tentara NICA Belanda.

  • Alamat: Jl. Mesigit No.23, Gladak Anyar, Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69317
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: (0324) 329850
  • Kisaran Harga: Gratis

3. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara

* sumber: www.harianinhuaonline.com

Selain bisa menikmati berbagai wisata alam dan wisata pantai yang ada di Kabupaten Pamekasan, jangan lupa dengan wisata religinya. Selain ada Masjid Agung Asy Syuhada, di Pamekasan ada juga Vihara Avalokitesvara yang merupakan rumah ibadah umat Budha. Vihara Avalokitesvara ini bukan vihara biasa loh, karena vihara ini sangat bersejarah dan sudah berdiri sejak abad ke 18.

Vihara Avalokitesvara memiliki luas bangunan sekitar 3 hektar dan bersebelahan dengan Pantai Talang Siring. Vihara ini memiliki arsitektur khas Cina, dimana vihara ini didominasi dengan warna merah dan gold. Terdapat patung Kwan in Po setinggi 1,5 meter dan ada juga Mushola dan Pura ditengah-tengah komplek vihara. Wujud toleransi beragama yang patut untuk di contoh di banyak tempat yah!

  • Alamat: Candi Pamekasan Madura, Jl. Teja Pamekasan, Montok, Larangan, Polagan, Candi Utara, Polagan, Galis, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69382
  • Jam Operasional: 07.00 WIB – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (0324) 326347
  • Kisaran Harga: Gratis

4. Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring

* sumber: melancongkuy.com

Pantai Talang Siring adalah salah satu pantai di Pamekasan yang sangat banyak dikunjungi wisatawan. Berjarak 15 km dari pusat Kota Pamekasan, kamu hanya butuh waktu 15 menit sampai ke pantai.

Alasan utama dari ramainya wisata Pantai Talang Siring ini karena pantai ini memiliki banyak fasilitas sehingga membuat Pantai Talang Siring menjadi lokasi wisata yang mudah dijangkau dengan fasilitas lengkap.

Di Pantai Talang Siring terdapat spot foto, pohon mangrove, gazebo, jembatan dan lainnya. Selain itu kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Pamekasan yang di jual di warung-warung. Sehingga sangat cocok untuk sekedar nongkrong menikmati indahnya panorama pantai sambil menunggu sunset.

  • Alamat: Pacanan, Montok, Larangan, Pamekasan Regency, East Java 69383
  • Jam Operasional: 07.00 WIB – 19.00 WIB
  • Nomor Telepon: –
  • Kisaran Harga: Rp3.000/orang

5. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang

* sumber: portalwisata.co.id

Satu lagi pantai di Pamekasan yang terkenal dan sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Pantai Jumiang. Pantai Jumian cukup berbeda dari pantai lainnya, karena pantai ini berada di dataran tinggi dan dia atas tebing. Selain itu paduan pasir putih yang lembut, tebing karang terjal dan panorama laut membuat Pantai Jumiang jadi favorit warga Pamekasan.

Terdapat berbagai fasilitas yang dapat kamu temukan di pantai ini, mulai dari gazebo, spot foto, ayunan yang semuanya menghadap ke laut. Sedangkan untuk daerah pantainya sendiri kamu bisa snorkeling, main banana boat, outbond dan menaiki kano. Objek wisata ini juga sangat mudah dijangkau karena banyak kendaraan yang mengarah pantai dan dekat dari pusat kota.

  • Alamat: Jl. Pantai Jumiang, Jumiang, Tanjung, Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69323
  • Jam Operasional: 05.00 WIB – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0819-3931-7092
  • Kisaran Harga: Rp3.000/orang

6. Goa Blaban

Goa Blaban

Berwisata alam seperti datang ke hutan lindung atau ke berbagai pantai dan danau sudah biasa yah. Di Pamekasan ada wisata alam yang jarang ditemui di daerah lainnya loh, yaitu wisata ke Goa Blaban. Wisata Goa Blaban ini termasuk tempat wisata baru di Pamekasan, dengan ciri khas goa yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit eksotis.

Goa Blaban ini ditemukan oleh salah satu warga Dusun Rojing saat berniat menggali sumur. Goa Blaban ini hingga sekarang masih dikelola oleh masyarakat secara swadaya, sehingga fasilitasnya masih minim. Meski begitu kita tidak bisa membiarkan kesempatan untuk melewati keindahan alam di Goa Blaban. Goa ini bener-benar menjadi surga untuk kamu yang hobi fotografi atau mencari suasana baru.

  • Alamat: Rojing Daya, Blaban, Batu Marmar, Pamekasan Regency, East Java 69354
  • Jam Operasional: 08.30 WIB – 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: –
  • Kisaran Harga: Rp20.000/orang

7. Api Tak Kunjung Padam

Api Tak Kunjung Padam

* sumber: narantau.com

“Api tak Kunjung Padam” jika mendengar nama dari objek wisata ini mungkin sedikit menyeramkan yah. Objek wisata yang berada di Desa Larangan ini termasuk objek wisata yang aman untuk dikunjungi. Fenomena alam dimana terdapat api yang tidak kunjung padam bahkan saat hujan sangatlah unik. Bahkan hingga kini para peneliti belum bisa menjelaskan apa penyebab dari fenomena satu ini.

Seperti tempat wisata lainnya, di sekitar api-api yang tidak kunjung pada mini terdapat banyak warung. Kamu bisa bersantai di warung-warung yang ada setelah melihat-lihat dan berfoto dengan api abadi.  Kamu bisa menikmati berbagai makanan dan minuman khas Pamekasan sambil melihat fenomena alam yang unik ini.

  • Alamat: Asemanis Satu, Larangan Tokol, Tlanakan, Pamekasan Regency, East Java 69371
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: –
  • Kisaran Harga: Rp2.000/orang

8. Air Terjun Bunyato

Air Terjun Bunyato

* sumber: tlontoraja-pmk.blogdesa.net

Pamekasan memang memiliki banyak sekali wisata alam yang harus kita kunjungi, salah satunya Air Terjun Bunyato. Kawasan Air Terjun Bunyato ini cukup luas dengan aliran air yang tidak terlalu tinggi dan sangat jernih.

Di bawah air terjun terdapat sebuah kubangan atau kedung yang bisa kamu pakai untuk sekedar berendam dan berenang. Kedalaman airnya juga hanya sekitar satu meter saja, meski begitu tetap saja menjaga keselamatan sangatlah penting.

Air Terjun Bunyato ini memang salah satu objek wisata tersembunyi yang belum diketahui banyak wisatawan. Selain itu ada satu mitos nih soal air terjun Bunyato, katanya jika pasangan datang ke air terjun ini mereka akan berakhir ke pelaminan. Bahkan masyarakat sekitar mengenal air terjun ini dengan nama air terjun pengantin, jadi jangan lupa ajak pasangan juga yah.

  • Alamat: Dusun Banlanjang, desa Tlonto Raja, kecamatan Pasean, Pamekasan
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: –
  • Kisaran Harga: Rp5.000/orang

9. Bukit Kampung Taron Samalem

Bukit Kampung Taron Samalem

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=59M-G109NhU

Satu lagi wisata alam yang unik dan ciamik di Pamekasan dan wajib kamu datangi yaitu Bukit Kampung Toron Samalem. Tempat wisata yang baru diresmikan tahun 2018 ini sangatlah indah karena terletak di atas bukti yang tinggi yang menyejukkan. Meski belum banyak fasilitas, tapi di bukti ini terdapat saung-saung beratapkan jerami dan kolam kecil yang terasa alami.

Pada awalnya Bukit ini adalah bekas penambangan batu bata yang sudah tidak beroperasi lagi. Maka dari itu kita bisa lihat banyak sekali kolam kecil, dimana kolam-kolam itu dulunya adalah bekas galian. Belum lagi tanaman dan pohon-pohon hijau disekitarnya membuat udara di bukti ini terasa alami dan segar.

  • Alamat: Kampoeng Toron Samalem, Tambak, Blumbungan, Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69383
  • Jam Operasional: 07.00 WIB – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: –
  • Kisaran Harga: Rp10.000/orang

10. Tebing Waru Pamekasan

Tebing Waru Pamekasan

Tebing Waru Pamekasan adalah salah satu objek wisata Pamekasan yang banyak dikunjungi lainnya. Sebenarnya Tebing Waru ini adalah salah satu tempat wisata ekstrim yang cocok untuk aktivitas panjat tebing. Sayangnya objek wisata ini belum memenuhi standar keselamatan, jadi kamu mungkin hanya bisa berswafoto di sekitar Tebing Waru.

Padahal di tahun 2019 lalu, Tebing Waru sempat dijadikan venue gathering pemanjat tebing se-Jawa Timur. Belum adanya pengelola yang bisa memenuhi fasilitas, peralatan, pendamping hingga guide untuk objek wisata ini. Padahal jika dilihat potensi wisata Tebing Waru ini sangatlah tinggi, karena semakin banyak masyarakat yang menyukai olahraga ekstrim panjat tebing.

  • Alamat: Tlangi 1, West Waru, Waru, Pamekasan Regency, East Java 69353
  • Jam Operasional: 07.00 WIB – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: –
  • Kisaran Harga: Gratis

Selain 10 objek wisata yang sudah kita bahas di atas, di Pamekasan masih banyak objek wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Terutama objek wisata alamnya, karena Pamekasan sendiri sangat kaya akan berbagai objek wisata alam.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *