12 Menu Ayam Geprek Pangeran Terenak yang Mesti Dicoba

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kira-kira selama empat tahun terakhir ini ayam geprek lagi hits. Menu daging ayam goreng yang dipukul sampai menjadi pipih ini disajikan satu paket dengan sambalnya. Nah, sambal inilah komposisi penting dari menu ayam geprek. Di bandung, Ayam Geprek Pangeran adalah salah satu restoran yang ayam geprek yang popular.

Sejak kemunculannya, ayam geprek menjadi menu yang disukai oleh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di bandung. Di resto ini terdapat beberapa menu sambal yang paling bisa dipilih untuk menu bersantap. Tapi apa sih sebenarnya ayam geprek itu?

Asal Usul Ayam Geprek

Asal Usul Ayam Geprek

Meskipun Ayam Geprek Pangeran adalah salah satu resto yang popular di bandung, namun ayam geprek bukanlah makanan asli tanah Parahyangan lho. Hidangan ayam geprek pertama kali muncul di Yogyakarta. Kata geprek itu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya dipukul, ditekan.

Dilansir dari Kompas.com, ide awal pembuatan ayam geprek lahir ketika seorang mahasiswa meminta menu ayam goreng tepungnya diulek sehingga tekstur daginngya hancur kemudian ditambahkan sambal.

Sejak saat itu, Bu Ruminah, pemilik warung langganan mahasiswa di Kawasan Papringan, Yogyakarta sering kali diminta untuk membuatkan menu yang dagingnya dihancurkan itu. Lalu, muncullah ide untuk menamai menu tersebut sebagai ayam geprek. 

Tak disangka ayam geprek pesanan mahasiswa itu diminati juga oleh orang lain. Ayam geprek pulalah yang membuat warung makan Bu Rum semakin ramai. Saat ini sudah ada enam cabang warung ayam geprek milik Bu Rum.

Salah satu faktor yang memicu meroketnya kepopularan ayam geprek adalah kemudahannya saat dimakan. Tak bisa kita pungkiri bahwa makan ayam goreng itu tidak mudah.

Dengan digeprek, daging ayam dan tulangnya akan terpisah sehingga mempermudah saat kita makan. Jangan lupakan sambalnya. Sambal dari ayam geprek sudah satu paket. Jadi tidak ada ayam geprek yang tidak pakai sambal.

Ayam Geprek Pangeran dan Menunya

Tak berapa lama setelah tenar di Yogyakarta, kota Bandung pun terkena demam ayam geprek. Coba perhatikan sekarang. Hampir semua tempat makan punya menu ayam geprek dan Ayam Geprek Pangeran adalah yang paling mudah kita temui.

Pasalnya outlet ayam geprek berlogo ayam berpakaian ala bangsawan ini ada di mana-mana. Kelebihan dari resto ayam geprek ini adalah variasi sambalnya. Ini nih yang menu sambal ayam geprek terenak yang wajib kamu coba. Penasaran ada menu enak apa saja yang ada di Ayam geprek Pangeran? Simak ulasannya berikut ini!


1. Ayam Geprek Sambal Korek

Ayam Geprek Sambal Korek

Ayam goreng tepung, nasi hangat dan sambal. Paduan sempurna untuk sebuah makanan sederhana yang nikmat. Sambal korek adalah sambal dengan bumbu sederhana.

Cocok untuk semua jenis gorengan. Ditambahkan pada ayam geprek jadi lebih sedap. Kalau di daerah Kartasura, Jawa Tengah, sambal korek dijadikan sebagai cocolan bebek goreng.

Sambal korek dibuat dengan menggunakan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garam dan minyak sayur. Simpel ya? Kamu bahkan bisa buat sendiri sambal ini di rumah. Kalau di Ayam Geprek Pangeran, satu porsi ayam geprek sambal korek harganya berkisar Rp19.000 saja.

2. Ayam Geprek Sambal Cikur

Ayam Geprek Sambal Cikur

Ternyata ayam geprek cocok lho diberi tambahan sambal cikur atau kencur. Rasa kencur yang pedas dan aromanya yang khas tidak membuat ayam geprek menjadi terasa aneh. Sebaliknya, makan ayam geprek dengan pedasnya sambal cikur bikin nagih.

Sambal cikur atau kencur adalah sambal yang berasal dari tanah Sunda. Pada sambal ini, rimpang kencur menjadi komposisi utamanya. Komposisi bahan lain yang digunakan adalah cabe keriting hijau, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, dan tomat.

Harga menu ayam geprek sambal cikur adalah kira-kira Rp19.000. Sama dengan harga ayam geprek sambal korek. Selain itu, membuat sambal ini tidaklah sulit.

3. Ayam Geprek Sambal Daun Jeruk

Berikutnya ada menu ayam geprek sambal daun jeruk yang termasuk ke dalam golongan menu terenak dari Ayam Geprek Pangeran. Sambal jeruk dengan nasi hangat dan ayam goreng tepung adalah kombinasi yang pas untuk menu makanmu.

Aroma segar yang berasal dari kandungan minyak atsiri ini membuat selera makan meningkat. Tidak hanya pada sambal, kamu bisa temukan irisan daun jeruk pada hidangan lain, misalnya pada rempeyek, soto ayam, bumbu mercon dan lain-lain.

Nah, Ayam Geprek Pangeran pun tidak kalah. Mereka punya menu sambal daun jeruk yang pas menjadi pendamping daging ayam tepungnya. Rasanya? Kamu wajib mencicipinya sendiri. Harganya relatif murah. Kira-kira hanya Rp19.000.

Atau jika kamu ingin membuatnya sendiri, kamu bisa kumpulkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan adalah bawang putih, cabe rawit, daun jeruk purut, garam, minyak goreng.

4. Ayam Goreng Sambal Matah

Ayam Goreng Sambal MatahSumber: genpi.co

Sambal matah adalah salah satu sambal terenak yang ada di dalam daftar kuliner Nusantara. Sayang kalau tidak dimasukan sebagai menu terenak dari Ayam Geprek Pangeran. Pasalnya rasanya yang pedas tapi segar ini memang pas dicampurkan pada ayam geprek.

Di antara deretan menu Ayam Geprek Pangeran, menu sambal matah adalah menu salah satu favorit pelanggan. Sudah banyak ulasan singkatnya di situ-situs kuliner. Di Bali sendiri sambal matah memang biasa dijadikan sebagai menu pendamping gorengan atau ikan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram