10 Menu HDL Cilaki Paling Enak untuk Para Pencinta Seafood

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 31 Agustus 2021

HDL 293 Cilaki adalah sebuah tempat makan di Bandung yang menyajikan hidangan laut. Tempat makan yang sudah beroperasi sejak tahun 1994 ini merupakan salah satu tempat makan yang jadi rekomendasi wargi Bandung yang gemar makan hidangan laut. Kota Kembang Bandung, meskipun jauh dari laut, tidak pernah kekurangan hidangan laut.

Kamu bisa melihat menu-menu di HDL Cilaki tak pernah kekurangan bahan mentahnya. Di tempat makan ini terdapat banyak pilihan menu yang tersedia seperti kepiting, ikan, cumi, kerang dan lain-lain dengan bumbu-bumbu khas Nusantara. Tempat makan ini selalu bisa menyajikan banyak menu yang lezat.

Nah, inilah beberapa menu HDL yang paling enak versi Keluyuran yang mesti kamu coba. Simak informasinya berikut ini yuk!

1. Kepiting Saus Padang

Siapa yang rela melewatkan hidangan kepiting dengan baluran saus padang yang kental dengan asap yang masih mengepul? Apalagi aroma bumbu yang langsung menyeruak bikin air liur menetes. Tak heran jika menu kepiting saus padang dari dapur HDL 293 Cilaki jadi menu favorit.

Ukuran kepitingnya besar dan mudah dikelupas. Lalu, dagingnya pun empuk dan terasa lebih nikmat karena bumbu yang meresap. Dan yang lebih penting adalah, HDL Cilaki tidak pelit dalam membumbui menu ini.

Rempah dan bumbu saus padang yang digunakan sangat terasa di lidah ketika menu ini mulai masuk ke mulut. Rasanya indera pengecap langsung dimanjakan oleh bumbu yang kaya rasa dari HDL Cilaki. Untuk harga, menu ini harganya sekitar Rp160.000.

2. Kerang Dara Saus Lada Hitam

Kerang Dara Saus Lada HitamSumber: instagram.com

Yang menarik dari menu ini adalah kerang yang masih mengepulkan asap beraroma harum disajikan di atas alas daun pisang yang bikin aroma masakan lebih sedap.

Nah, untuk kamu yang menyukai sajian bercita rasa pedas, pilihan menu kerang dara saus lada hitam bisa jadi rekomendasi yang pas. Bumbu lada hitamnya terasa pas dan tidak meninggalkan rasa pahit di lidah. Yang terpenting, kerangnya tidak berbau amis.

Satu porsi kerang dara saus lada hitam ini harganya sekitar Rp55.000. Kamu bisa lho berbagi dengan teman makanmu. Pasalnya kerang dara saus lada hitam dan rata-rata menu lainnya disajikan dalam porsi yang besar. Jadi, jangan khawatir masih lapar, ya.

3. Sapo Tahu Komplit

Sekilas menu ini mirip dengan capcay, namun tentu saja ini berbeda. Menu utama dari sajian ini adalah tahu sutra yang mempunyai tekstur yang lembut.

Nah, HDL Cilaki punya sajian Sapo Tahu Komplit di mana di dalamnya terdapat menu sayuran dan berbagai seafood, seperti udang, cumi, potongan kerang, telur puyuh, tahu sutra, daging ayam, sapi dan berbagai jenis sayuran pelengkap.

Rasanya sedap sebagai menu selingan saat tenggorokanmu kebanyakan menelan sajian laut yang berlemak. Menu yang satu ini dibanderol sekitar Rp65.000.

Menu sapo tahu di HDL Cilaki terdiri dari beberapa jenis, ada sapo tahu cumi, ayam, seafood dan lain-lain. Nah, kalau menu yang ini harganya sekitar Rp55.000.

4. Ikan Baronang Bakar

Ikan baronang merupakan jenis ikan laut yang termasuk dalam keluarga Siginidae. Ikan ini punya nama berbeda menurut daerah tinggal dan spesiesnya. Di Kepulauan Seribu, ikan baronang disebut kea-kea, sementara orang Jawa menyebut ikan ini dengan sebutan biawas.

Ikan baronang mempunyai daging yang manis gurih dan bertekstur lembut. Oleh sebab itu, banyak orang yang menyukai sajian ikan ini, termasuk pelanggan HDL Cilaki. Ikan baronang bakar adalah salah satu menu favoritnya.

Ikan ini dimasak dengan cara dibakar sambil diolesi dengan bumbu tertentu sampai daging bagian dalamnya matang merata. Dinikmati dengan cocolan kecap pedas, rasanya jadi lebih nikmat. Bisa-bisa kamu minta tambah nasi dua kali. Menu ini harganya kurang lebih Rp77.000.

5. Udang Goreng Tepung

Di antara jenis-jenis seafood, udang merupakan salah satu primadonanya. Hewan yang termasuk crustacea ini memiliki banyak penggemar. Dibuat masakan apa saja juga enak.

Namun, udang goreng tepung atau dikenal dengan nama udang pletok dari racikan HDL Cilaki adalah salah satu yang paling enak. Rasa tepungnya gurih dan sangat renyah.  Udang pletok dicocol dengan saos sambal, kenikmatannya jadi meningkat. Coba tambahkan dengan nasi hangat. Seporsi udang pletok yang diharga sekitar Rp95.000 ini bikin kita lahap.

6. Kerang Kapak Rica-Rica

Menu keran-kerangan masih jadi menu favorit di HDL Cilaki. Selain kerang dara, kerang kapak juga punya banyak penggemarnya. Kerang yang berbentuk bersegi panjang ini mempunyai ukuran daging yang besar dan empuk. Ukuran daging di dalamnya bisa dilihat dari seberapa besar ukuran cangkangnya.

Penikmat kerang pasti akan dimanjakan dengan sajian kerang kapak ini. Coba deh pilih menu yang menggunakan bumbu sambal rica-rica. Rasa pedas dan gurihnya membalut kerang sampai ke dalam daging. Kerang kapak disajikan dalam porsi besar yang dihargai mulai dari Rp45.000 – Rp55.000.

7. Cah Kangkung Komplit

Nah, menu ini bisa dibilang menu keroyokan. Coba tengok komposisi bahan dan porsinya. Memang pas untuk disantap keroyokan, ‘kan? Selain itu, ada banyak bahan di dalamnya dan bisa dibagi pada siapa saja yang menyukainya.

Selain kangkung sebagai bahan utama, di dalamnya terdapat telur puyuh, potongan udang, potongan cumi, sapo tahu, dan kerang. Menu ini termasuk menu yang hemat pula lho. Pasalnya kamu tidak perlu lagi memesan sajian cumi sebab di dalamnya sudah ada banyak potongan cumi.

Hemat, ‘kan? Harganya hanya berkisar Rp75.000 dan bisa disantap ramai-ramai tanpa perlu rebutan. Kamu tinggal menambahkan nasi putih dan menu pilihan lainnya sebagai pelengkap.

8. Tom Yum Seafood

Ada yang kangen tom yum khas Thailand? Di HDL Cilaki terdapat sajian tom yum dengan seafood sebagai bahan utamanya. Menu tom yum seafood ala HDL Cilaki memiliki cita rasa asam pedas yang menyegarkan.

Untuk kamu yang alergi seafood, kamu bisa mengganti seafood-nya dengan daging ayam atau telur puyuh. Selain, kedua bahan tersebut masih ada kok sajian tom yum lainnya yang tidak kalah sedap. Semua sajian tom yum dibanderol mulai dari Rp35.000 – Rp90.000.

9. Nasi Goreng Seafood

Menu nasi goreng dari HDL Cilaki ini jangan sampai terlewat. Menu yang ada di hampir seluruh tempat makan ini adalah menu yang sederhana tapi banyak yang suka. Pasalnya nasi goreng adalah sajian yang bisa dikombinasikan dengan bahan makanan apa saja.

Misalnya saja dengan seafood. Nasi goreng seafood merupakan nasi goreng yang gurih dan beraroma rempah. Ada potongan cumi dan udang segar membuat nasih goreng ini nikmat.

Tambahkan cabe rawit jika kamu ingin sajian nasi goreng yang lebih pedas ya. Menu ini dibanderol dengan harga yang relatif murah, yakni mulai dari Rp35.000 – Rp50.000.

10. Cumi Saus Padang

Saus padang merupakan saus popular dalam kuliner Indonesia. Saus berwarna merah yang kaya akan bumbu ini menjadi saus yang menghasilkan sajian nikmat. Dalam hidangan seafood, saus padang memang bumbu yang sering digunakan.

Selain rasanya yang nikmat, aroma saus ini membuat rasa amis seafood berkurang. Hidangan cumi saus padang adalah salah satunya menu yang sering tersedia di rumah makan seafood. Sausnya membuat daging cumi semakin lezat.  Untuk menu ini, HDL Cilaki membanderolnya dengan harga sekitar Rp85.000.

Tunggu apalagi? Sepertinya tidak ada alasan untuk menunda-nunda makan di HDL Cilaki. Tempat makan yang memiliki cabang di beberapa daerah di kota Bandung dan Cimahi ini mempunyai banyak menu.

Makanan non-seafood pun tersedia, kamu bisa memesan menu berbahan daging ayam dan daging sapi dengan aneka pilihan bumbu menjadi sajian alternatif bagi kamu yang tidak bisa makan seafood. Ajak teman dan keluargamu, ya kalau ke sini. Pasalnya menu di sini memang pas untuk dinikmati beramai-ramai alias keroyokan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram