Keluyuran / Kuliner Korea / 10 Minuman Khas Korea yang Paling Unik dan Menyegarkan

10 Minuman Khas Korea yang Paling Unik dan Menyegarkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Korea Selatan begitu kaya dengan makanan khasnya. Dan, beberapa di antaranya sudah populer di negara kita. Selain makanan, Korea Selatan juga punya sejumlah minumannya yang tak kalah khas. Mungkin beberapa di antaranya sudah kamu tahu, atau justru sudah ada di Indonesia. Di artikel ini, terdapat sejumlah list minuman khas Korea Selatan yang cukup recommended. Jadi, kalau kamu ke Korea, bisa cicipi 10 minuman khas ini.

1. Omija Tea

Omija Tea

* sumber: en.wikipedia.org

Kalau kamu meilihat tampilannya, kamu mungkin mengira kalau ini sirop stroberi atau sirop cocopandan karena warnanya yang kemerahan. Minuman ini sendiri punya bahan dasar buah ceri merah, makanya warnanya begitu kemerahan.

Ada perpaduan rasa yang unik saat meminum minuman ini. Dalam satu cangkir minuman ini, kamu bisa merasakan asam, manis, pahit, dan asin secara hampir bersamaan. Selain punya cita rasa unik, minuman ini juga punya sejumlah khasiat. Mengatasi gejala flu, pernapasan, dan menyegarkan badan, adalah beberapa khasiat minuman satu ini.

Sayangnya, minuman ini belum tersedia di Indonesia. Kalaupun kamu ingin mencicipi minuman ini, kamu bisa pesan via online, atau datang langsung ke Korea Selatan.

2. Sujeonggwa

Sujeonggwa

* sumber: korea.panduanwisata.id

Bisa dibilang kalau minuman ini adalah fruit punch ala kearifan Korea Selatan. Di Korea sana, minuman ini lazimnya disajikan saat liburan tahun baru, pesta barbeque, atau Korean Moon Festival. Bahan dasar minuman ini sendiri tak lain adalah jahe, kesemek kering, campuran kayu manis, dan kacang pinus.

Kabar baiknya, kamu bisa membuat minuman ini secara mandiri. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus semua bahan dasar minuman ini selama 40 menit. Setelah itu, saringlah hasil rebusan tersebut, dan kemudian tambahkan gula ke dalamnya, agar lebih manis rasanya.

3. Daechu Tea

Daechu Tea

* sumber: www.cermati.com

Ini adalah menu teh lainnya dari Negeri Ginseng, Korea. Secara tampilan, warna teh ini tak beda jauh dengan teh pada umumnya, merah gelap. Bedanya, teh satu ini tak dibuat dari daun teh biasa. Adapun bahan utama teh ini adalah jojoba atau buah kurma khas Korea.

Ada beberapa khasiat positif dari minuman Korea ini, yakni meningkatkan nafsu makan, mencegah penuaan diri, dan mengurangi anemia. Kabar baiknya, minuman satu ini sudah ada di Indonesia. Kalau kamu mau mencicipi minuman ini, kamu bisa memesannya di beberapa toko online di Indonesia.

4. Sikhye

Sikhye

* sumber: www.maangchi.com

Kalau diibaratkan, minuman satu ini adalah beras kencur versi Korea Selatan. Analogi ini muncul tak lepas dari bahan dan cara membuat Sikhye yang mirip dengan beras kencur. Bedanya, beras yang dipakai pada Sikhye tidak langsung direndam dalam air. Melainkan, dengan membentuknya terlebih dulu menjadi nasi, lalu kemudian difermentasikan dengan memakai tepung ragi. Setelah itu, nasi hasil fermentasi tersebut direndam bersama dengan gandum.

Di Korea sana, minuman ini banyak dijual di rumah spa ternama, Jimjilbang. Dan, kalau kamu ngeh, minuman ini sempat muncul di acara variety show Running Man, lho.

5. Banana Milk

Banana Milk

* sumber: www.misstawau.com

Seperti namanya, minuman satu ini punya bahan dasar susu dan pisang. Di Korea sana, minuman ini sering diminum oleh anak-anak. Walau begitu, minuman ini juga sering dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga sering dijadikan sebagai buah tangan khas dari Korea Selatan.

Belum ada produsen atau distributor khusus yang menjual minuman ini di Indonesia. Namun, minuman ini cukup populer di telinga masyarakat kita, utamanya para pecinta K-Pop. Ini tak lepas dari sering munculnya banana milk di sejumlah drama Korea. Tapi, kalau kamu memang penasaran dengan banana milk, minuman ini bisa dibeli di Bukalapak lewat link ini.

6. Yulmu-Cha

Yulmu-Cha

* sumber: en.wikipedia.org

Kalau kamu lihat bentuk minuman ini, kamu pasti menyangka kalau minuman ini adalah susu atau minuman sereal. Padahal, Yulmu-Cha termasuk jenis teh, lho. Adapun bahan dasar teh ini antara lain, kenari, gandum, almond, dan beberapa jenis kacang lainnya. Bahan-bahan tersebut kelak dicampur dan dibentuk seperti laiknya bubuk.

Untuk menyajikannya, kamu hanya perlu menyeduhnya dengan air panas saja. Di Korea sana, minuman ini biasanya dikemas dalam bentuk saset, dan bisa dijumpai di beberapa toko di Korea.

Beruntungnya, kamu nggak usah jauh-jauh ke Korea buat mendapatkan minuman ini. Pasalnya, minuman ini bisa kamu dapatkan di Korea Mart atau Lotte Mart yang ada di kotamu.

7. Corn Tea

Corn Tea

* sumber: www.hanyangmart.com

Korea ternyata menyimpan banyak minuman teh. Dan minuman satu ini, adalah minuman teh lainnya dari Negeri Ginseng. Sesuai namanya, teh ini dibuat dari jagung sebagai bahan dasarnya. Adapun jagung yang dipakai adalah jagung kering atau jagung bakar, yang bijinya diambil dan diolah. Selain enak, teh satu ini dipercaya punya khasiat yang kaya, salah satunya bisa mengecilkan rahang dan membentuknya seperti huruf V.

8. Nok Cha

Nok Cha

* sumber: www.flickr.com

Bisa dibilang kalau minuman ini adalah teh Ocha versi Korea. Bagaimana tidak, minuman teh satu ini berbahan dasar daun teh hijau, laiknya Ocha khas Jepang. Selain sebagai minuman, Nok Cha juga lazim dipakai untuk bahan dasar kue kering dan es krim. Selain itu, orang Korea juga sering memakainya untuk menghijaukan sayuran yang mereka masak atau untuk menghilangkan bau amis pada ikan/daging.

Sama seperti Ocha Jepang, Nok Cha juga kaya akan khasiat. Melawan sel kanker, mengurangi lemak tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol, adalah beberapa di antaranya. Kabar baiknya, minuman ini bisa kamu beli atau pesan di sejumlah toko online di Indonesia.

9. Mogwa Cha

Mogwa Cha

* sumber: en.wikipedia.org

Ini adalah minuman yang dibuat dari buah asli Korea, Quice. Quice sendiri merupakan buah pir ala Korea, yang memiliki bau yang harum, serta bercita rasa asam pahit. Untuk membuat Mogwa Cha, buah Quice yang dipakai biasanya diawetkan terlebih dulu hingga menjadi manisan, setelah itu baru diseduh dengan air panas. Sayangnya, minuman ini belum ada di Indonesia. Jadi, kamu harus membelinya di beberapa kedai di Korea sana.

10. Subak Hwachae

Subak Hwachae

* sumber: www.tastemade.com

Dalam bahasa Inggris, minuman ini biasa disebut Korean Watermelon Punch. Dari namanya saja kita bisa menebak, kalau minuman ini berbahan dasar semangka. Adapun cara membuat minuman ini adalah memasukkan semangka, melon, nanas, lemon, dan blueberry, ke dalam soda yang telah dicampur jus semangka serta es.

Belum diketahui pasti apakah minuman ini dijual di Indonesia. Namun, kamu bisa kok membuat minuman ini sendiri. pasalnya nih, resep untuk membuat minuman ini banyak berseliweran di page one-nya Google. Jadi, kamu tinggal bikin aja minuman ini dengan modal resep-resep yang ada.

Selain makanan, Korea juga kaya akan minuman yang khas. Beberapa di antaranya mungkin sudah familiar di negara kita. Dan beberapa di antaranya mungkin cukup tak populer di benak kita. Kalau kamu pecinta kuliner Korea, tak salah untuk mencoba sejumlah minuman khas Negeri Ginseng yang sudah kami sebutkan di list yang ada di atas.

Apakah kamu punya minuman Korea favoritmu? Atau, kamu punya rekomendasi minuman Korea lainnya? Yuk, share ke kami via komentar! Oh iya, bagi kamu yang penasaran dengan jajanan dan makanan khas Korea, bisa cari tahu selengkapnya di artikel Jajanan dan Makanan Khas Korea ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *