10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau berbicara mengenai kuliner khas Palembang, nama “pempek” pasti langsung terbesit dalam pikiran kita. Ya, pempek memang merupakan salah satu makanan dari Palembang yang sangat dikenal hingga ke seantero nusantara. Kelezatan makanan olahan ikan ini memang sangat pas di lidah masyarakat Indonesia.

Namun tahukah kamu bahwa pempek bukan satu-satunya makanan yang ada di Palembang. Kota ini memiliki sejumlah makanan khas yang jarang bisa ditemukan di daerah lain di Indonesia. Sebelum kamu berpelesir ke Palembang, simak dulu ulasan Keluyuran mengenai makanan khas Palembang berikut ini.

1. Pempek

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 1

* sumber: blog.reddoorz.com

Sejatinya, pempek tidak hanya bisa ditemukan di Palembang saja. Hampir semua kota-kota besar di Indonesia pasti memiliki tempat makan yang menjual pempek. Nah, pempek sendiri adalah makanan olahan tepung, daging ikan, dan sagu. Makanan ini nantinya disantap dengan kuah cuko dengan rasa asam manis dan sedikit pedas.

Varian pempek dari Palembang memang sangat beragam, mulai dari pempek kapal selam, lenjer, tahu, kulit, keriting, pistel, lenggang, dan masih banyak lagi. Tempat makan pempek di Palembang juga sangat beragam. Namun, kedai pempek yang paling favorit bagi wisatawan adalah Pempek Candy dengan alamat sebagai berikut:

  • Pempek Candy: Jl. Letjen Harun Sohar 99, Kebun Bunga, Sukarami, Palembang
  • Telepon: (0711) 417319
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 04:00 – 21:30
  • Harga: Mulai dari Rp 100.000/paket

2. Tekwan

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 2

* sumber: review.bukalapak.com

Bagi kamu yang tidak seberapa menyukai makanan asam, ada alternatif makanan Palembang lain yang mirip pempek tapi rasanya tidak asam, yaitu tekwan. Makanan ini dibuat dengan adonan yang mirip dengan pempek, hanya saja bentuknya bulat kecil seperti bakso ikan. Tekwan disajikan dengan kuah kaldu udang yang gurih dengan bihun, taburan bawang, jamur kuping, dan potongan bengkoang.

Tekwan bisa langsung disantap dengan kuah kaldu udang yang gurih atau bisa juga diberi tambahan jeruk nipis dan sambal agar rasanya lebih segar. Salah satu tempat yang menjual tekwan enak di Palembang adalah Pempek Lince yang beralamatkan di:

  • Pempek Lince: Jl. Tugumulyo No. 2398, 20 Ilir D II, Kec. Ilir Tim. I, Palembang
  • Telepon: 0812-7894-427
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08:00 – 18:00
  • Harga: Rp 90.000/4 porsi

3. Model

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 3

* sumber: wisatapalembang.com

“Model” yang satu ini bukan model iklan atau peraga busana. Yang dimaksud “model” adalah makanan khas Palembang yang wajib kamu coba. Ini juga merupakan salah satu makanan olahan ikan. Kuahnya juga terbuat dari kaldu udang seperti tekwan, hanya saja rasa keduanya memang sungguh berbeda.

Model bisa menjadi santapan yang lezat di setiap waktu. Makanan ini akan terasa lebih enak jika disajikan dengan bihun dan potongan mentimun. Kalau kamu berada di Palembang, kunjungi tempat ini untuk menyantap model:

  • Model H. Dowa: Jl. Srijaya Negara No. 136, Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang
  • Telepon: (0711) 314232
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09:00 – 21:00
  • Harga: Rp 15.000/porsi

4. Mie Celor

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 4

*

Belum ke Palembang kalau belum makan mie celor. Ini juga salah satu kuliner khas Palembang yang wajib kamu cicipi ketika berada di kota tersebut. Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang disiram dengan kuah santan dan kaldu udang. Di atas mie celor biasa diberi topping tauge dan telur rebus.

Mie celor sangat cocok dinikmati kapan saja. Semangkuk mie celor hangat dengan kuah yang harum dan gurih pasti akan membuatmu ketagihan. Kunjungi Mie Celor 26 Ilir jika kamu ingin menyantap mie celor paling enak di Palembang. Alamat lengkapnya bisa dilihat di sini:

  • Mie Celor 26 Ilir H. M. Syafei Z.: Jl. Merdeka No. 54, Talang Semut, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang
  • Telepon: (0711) 5630501
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06:00 – 17.00
  • Harga: Rp 15.000 – Rp 20.000/porsi

5. Laksan

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 5

* sumber: palembang.blog

Palembang memang terkenal jago dalam mengolah ikan. Terbukti ada banyak pilihan makanan olahan ikan yang tersedia di kota ini. Salah satu makanan olahan ikan yang harus kamu coba adalah laksan. Rasa dan tampilan laksan mirip sekali dengan pempek lenjer. Akan tetapi, laksan disajikan bukan dengan kuah cuko yang asam, melainkan dengan kuah santan yang gurih.

Sama seperti pempek, laksan adalah menu pengganjal perut yang bisa langsung dinikmati tanpa menggunakan nasi putih. Jika ingin menyantap laksan enak saat di Palembang, kunjungi tempat berikut ini:

  • Warung Aba: Jl. Dr. M. Isa No. 26 /15, Kuto Batu, Ilir Tim. II, Kota Palembang
  • Telepon: (0711) 713991
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 05:00 – 18:00
  • Harga: Mulai dari Rp 10.000/porsi

6. Burgo

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 6

* sumber: traveltodayindonesia.com

Bingung cari sarapan saat berada di Palembang? Yuk, sarapan pakai burgo! Ini adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan gabus. Burgo berbentuk gulungan panjang dan dipotong kecil-kecil ketika hendak disajikan. Kuah santan yang disajikan bersama burgo ini benar-benar gurih dan lezat.

Kalau ingin menyantap burgo, datang saja ke Pasar Tradisional Soak Bato 26 Ilir Palembang. Di pasar tersebut banyak pedagang makanan yang menjual burgo dengan harga mulai dari lima ribu rupiah, lho.

7. Martabak Har

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 7

* sumber: ksmtour.com

Ingin ngemil saat berada di Palembang? Beli saja Martabak Har. Ini merupakan kuliner khas Palembang yang sangat akrab dengan lidah masyarakat Indonesia.

Martabak ini sama seperti martabak telur pada umumnya, yang membedakan hanyalah Martabak Har tidak menggunakan tambahan daging atau topping lain di dalamnya. Terakhir, martabak ini akan disiram dengan kuah kari berisi potongan kentang dan daging.

Martabak Har banyak dijual di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, namun salah satu yang paling enak adalah:

  • Martabak HAR Simpang Sekip: Jl. Jend. Sudirman No. 1078, Sungai Pangeran, Kec. Ilir Tim. I, Palembang
  • Telepon: (0711) 351914
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 23:00
  • Harga: Sekitar Rp 30.000-an

8. Pindang Patin

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 8

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Sejumlah makanan khas Palembang, seperti pempek atau tekwan, memang lebih enak disantap langsung tanpa nasi. Akan tetapi, jika kamu ingin menyantap lauk dengan nasi putih, coba saja untuk mencicipi pindang patin. Pasalnya, ini juga merupakan kuliner khas Palembang.

Pindang patin adalah ikan patin yang dimasak dengan kuah asam pedas. Kuah ini diracik dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, daun salam, cabai, dan belimbing sayur. Rumah Makan Sri Melayu adalah tempat terbaik untuk menyantap hidangan ini. Berikut adalah keterangan tempatnya:

  • Rumah Makan Sri Melayu: Jl. Demang Lebar Daun No. 1, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Bar. I, Palembang
  • Telepon: (0711) 420468
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 10:00 – 22:00

9. Kue Delapan Jam

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 9

* sumber: travelingyuk.com

Kue yang satu ini diberi nama sesuai waktu proses pengolahannya. Ya, untuk mengolah kue khas Palembang ini memang dibutuhkan waktu 8 jam. Adonan kue ini berasal dari telur bebek, mentega, susu kental manis, dan gula pasir. Kemudian, adonan akan dikukus selama 8 jam sampai tekstur kuenya jadi lembut.

Kamu bisa menemukan kue ini dengan mudah di toko oleh-oleh yang ada di Palembang. Kue ini dibanderol mulai harga 100 – 300 ribu rupiah, tergantung dengan ukuran loyangnya.

10. Celimpungan

10 Makanan Khas Palembang yang Bikin Lidah Bergoyang 10

* sumber: zetizen.jawapos.com

Terakhir, ada celimpungan yang juga masih “saudara” dengan pempek dan tekwan. Bahan yang dipakai untuk mengolah makanan ini berasal dari ikan dan tepung sagu. Kuah celimpungan sendiri lebih mirip laksan. Hanya saja, kuah celimpungan berwarna kuning cerah sehingga nampak seperti kari.

Sama seperti burgo, celimpungan juga bisa ditemukan di berbagai pasar tradisional di Palembang. Namun, jika ingin menyantap celimpungan di tempat yang nyaman, kamu bisa mengunjungi tempat ini:

  • Warung Aba: Jl. Dr. M. Isa No. 26 /15, Kuto Batu, Ilir Tim. II, Kota Palembang
  • Telepon: (0711) 713991
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 05:00 – 18:00
  • Harga: Mulai dari Rp 10.000/porsi

Catat semua makanan khas Palembang yang kami rekomendasikan ini. Jangan lupa untuk mencoba satu persatu makanan ini saat kamu berkunjung ke Palembang. Jangan lupa untuk turut membaca artikel tempat makan enak di Palembang ini untuk menambah referensi kulinermu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *