5 Museum di Dunia yang Sangat Sadis dan Mengerikan

Ditulis oleh Okta Tri Umami - Diperbaharui 29 Juli 2020

Seperti yang telah kita ketahui, museum merupakan pendidikan non-formal atau tempat di mana kita bisa menimba ilmu, mengetahui informasi-informasi baru juga lengkap dengan alat, replika, dan keterangan, serta praktik yang berkaitan dengan informasi yang ingin kita dapatkan.

Saat ini, ada berbagai macam-macam tema dan nama museum yang disesuaikan dengan informasi dan benda-benda yang ditampilkan oleh museum itu sendiri. Ada museum yang menakutkan, ada yang mengoleksi benda-benda aneh, hingga ada yang mengerikan.

Bahkan, ada yang dulunya merupakan bekas penjara, atau koleksi-koleksi yang berkaitan dengan sejarah peradaban. Berkaitan dengan hal-hal tersebut, berikut ini Keluyuran telah menyediakan beberapa informasi mengenai museum-museum mengerikan yang ada di dunia.

1. Parasitological Museum Meguro

5 Museum di Dunia yang Sangat Sadis dan Mengerikan 1

* sumber: www.anehtapinyata.net

Parasitological Museum Meguro atau museum parasit berada di Tokyo, Jepang. Sesuai dengan namanya, museum parasit ini berisi 60.000 sampel parasit yang hidup pada organisme, seperti pada manusia dan binatang. Parasit-parasit mengerikan ini dipamerkan pada toples-toples kaca yang tertata rapi di setiap ruangan.

Museum ini dibuka pada tahun 1953, dicetus oleh Satoru Kamegai yang peduli akan kesehatan manusia. Hingga hari ini, museum parasit menjadi salah satu museum kebanggaan Jepang. Museum ini adalah pusat riset penelitian tentang parasit.

Selain memamerkan ribuan jenis parasit, museum ini juga menerbitkan hasil penelitian. Sekarang ini, sudah ada kurang lebih 50.000 artikel dan 6.000 buku tentang parasit. Pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk memasuki Museum Parasitological Meguro.

2. The Museum of Medieval Torture

The Museum of Medieval Torture

* sumber: www.anehtapinyata.net

Museum of Medieval Torture adalah sebuah museum yang menampilkan 100 lebih perangkat penyiksaan yang mengerikan, memperlihatkan kesadisan dan kekejaman hukuman di penjara Devil’s Tower abad pertengahan atau sekitar abad ke 13. Pada museum ini diperlihatkan alat-alat penyiksaan bagi pelaku kejahatan dengan kesadisan yang sangat amat parah.

Berbagai alat mengerikan dapat ditemukan di sana, salah stunya adalah alat hukuman dengan menarik korbannya hingga memisahkan bagian tubuhnya. Ada alat bernama “Spanish Spider” yang digunakan untuk merobek payudara istri-istri yang berselingkuh. Benar-benar sadis dan mengerikan. Selain itu juga, ada alat “heretic’s fork” seperti garpu tajam yang diletakkan di bawah leher.

Museum of Medieval Torture terletak di San Gimignano, Italia. Selain di Italia, museum ini juga terdapat di Siena, Volterra, Lucca, dan Montepulciano. Sengaja dibangun untuk memberikan informasi mengenai masa-masa kelam di era medieval, pada abad pertengahan.

3. The Glore Psychiatric Museum

The Glore Psychiatric Museum

* sumber: www.anehtapinyata.net

The Glore Psychiatry Museum adalah museum yang menampilkan alat-alat “pengobatan” dari rumah sakit jiwa, seperti peralatan medis, seragam staff, foto, karya seni dan tulisan yang dibuat oleh pasien sakit jiwa. Selain itu, rumah sakit ini juga menginformasikan tentang sejarah rumah sakit jiwa selama 130 tahun. Museum ini masuk ke dalam 50 museum aneh yang ada di Amerika.

Peralatan-peralatan pengobatan yang diperlihatkan di museum ini lebih tepat disebut sebagai alat penyiksaan yang mengerikan. Pasalnya, ada alat yang akan menyetrum pasien hingga pingsan, alat tersebut disebut dengan “alat penenang.”

Ada pula “Bath of surprise”, pasien akan dicelupkan ke dalam sebuah tabung yang diisi dengan air es, dan masih banyak alat-alat lainnya yang mengerikan. Bukan malah menyembuhkan, justru menyiksa.

Museum Glore Psychiatry dibuka pada tahun 1967, bermula dari George Glore seorang karyawan di departemen kesehatan mental Missouri membangun sebuah perangkat yang digunakan untuk perangkat kesehatan mental dan dipajang selama hari kesehatan jiwa pada tahun 1966.

4. Seodaemun Prison History Museum

5 Museum di Dunia yang Sangat Sadis dan Mengerikan 2

* sumber: www.tripzilla.com

Seodaemun Prison History Museum adalah sebuah penjara yang digunakan Jepang untuk mengurung para aktivis kebebasan Korea. Museum ini dibangun pada awal tahun 1908 dengan nama Gyeongseong Gamok. Namun, namanya diubah menjadi Penjara Seodaemun pada tahun 1923. Kemudian, pada tahun 1992 penjara ini didedikasikan sebagai Museum Seodaemun Prison History.

Penjara ini digunakan selama masa kolonial Jepang untuk menyiksa dan memenjarakan warga Korea. Penjara ini dulunya bisa menampung 500 tawanan. Museum ini menjadi mengerikan karena diperlihatkan beberapa adegan penyiksaan yang dilakukan oleh bangsa koloni Jepang kepada pihak terkoloni Korea.

Warga Korea disiksa dan diperlakukan dengan sangat kejam dan mengerikan. Mereka dipukuli hingga babak belur dan berdarah-darah tanpa ampun hingga mereka berhenti berteriak tentang kebebasan dan kemerdekaan.

5. Correction Museum

Correction Museum

* sumber: palinganeh.com

Museum Correction adalah museum yang dulunya merupakan penjara. Museum ini memperlihatkan alat dan senjata penyiksaan narapidana di Thailand. Museum ini berada di Bangkok, Thailand. Penjara yang kemudian menjadi museum ini, dibangun pada tahun 1890.

Narapidana dihukum dengan cara yang sadis dan mengerikan. Meskipun mengerikan, museum memberikan pemahaman dan informasi kepada para pengunjung tentang penjara dan proses hukuman di masa lalu. Beberapa bentuk penyiksaan yang dilakukan oleh pemerintahan Thailand pada masa dahulu sangat mengerikan.

Narapidana tangan dan kakinya diikat dan pada dagunya terdapat pengait besi yang runcing, sehingga kepala narapidana harus terus mendongak ke atas. Selain itu, ada juga narapidana yang dihukum dengan cara dimasukan ke dalam rautan rotan berbentuk bola raksasa yang di dalamnya dipenuhi oleh paku, sehingga paku-paku tersebut akan menancap ke dalam tubuh narapidana.

Demikianlah informasi mengenai museum-museum mengerikan dari Keluyuran. Ternyata ada banyak museum-museum mengerikan yang ada di dunia. Apakah Anda tertaik untuk mnegunjungi museum-museum mengerikan ini? Jika Anda memiliki informasi lain tentang museum mengerikan lainnya, bagikanlah dengan kami pada kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram