keluyuran web banner

Inilah 10 Museum Teraneh Di Dunia dengan Koleksi Uniknya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 16 Februari 2021

Jika umumnya museum berisi barang-barang bersejarah atau hasil karya seni, deretan museum teraneh di dunia ini memiliki koleksi yang cukup aneh. Ada museum patah hati, museum parasit, museum kantong payung dan masih banyak lagi. Penasaran? Inilah deretan museum teraneh di dunia dengan koleksi-koleksi uniknya.

1. Umbrella Cover Museum (Portland, Maine)

Umbrella Cover Museum (Portland, Maine)

* sumber: www.centralmaine.com

Museum di Amerika Serikat ini masuk jajaran museum teraneh di dunia karena memang koleksi yang dimilikinya cukup aneh. Beberapa payung dijual dengan dilengkapi kantongnya, kan? Nah itulah koleksi museum ini, kantong payung yang dianggap biasa oleh kebanyakan orang.

Museum kecil ini lahir pada tahun 1996 ketika seorang warga Maine bernama Nancy 3. Hoffman menemukan antara 5-7 kantong payung yang tergeletak di lemarinya tanpa ada payungnya. Terinspirasi oleh sisa makanan, Hoffman mengumpulkan lebih banyak kantong payung dari teman dan keluarga.

Di awal pembukaan museum, koleksi kantong payungnya sekitar sekitar 80 kantong payung. Sejak didirikan, museum di daerah Portland, Maine itu pun yang ini terus berkembang, mengumpulkan kantong payung dari lebih 44 negara di seluruh dunia. Secara total, sekarang ada lebih dari 700 kantong.

  • Alamat: 62 Island Ave, Peaks Island, ME 04108, Amerika Serikat
  • Jam Buka: Saat ini museum tutup dan akan buka lagi di tahun 2021 pada waktu Memorial Day di akhir pekan
  • Telepon: +1 207-939-0301

2. Meguro Parasite Museum (Tokyo, Jepang)

Meguro Parasite Museum (Tokyo, Jepang)

* sumber: www.timeout.com

Banyak museum menampilkan pameran hewan, dari yang memamerkan tulang dinosaurus sampai mamalia darat buatan hingga serangga yang tidak biasa. Namun, jarang ada museum yang hanya berfokus pada parasit. Museum Meguro Parasite justru memilih parasit sebagai koleksinya.

Museum teraneh di dunia ini memberikan banyak informasi tentang masing-masing parasit. Moto museum ini mengajak para pengunjung untuk memikirkan tentang parasit tanpa harus merasa takut serta meminta mereka untuk meluangkan waktu untuk mempelajari tentang parasit.

  • Alamat: 4 Chome-1-1 Shimomeguro, Kota Meguro, Tokyo 153-0064, Jepang
  • Jam Buka: Selasa, Kamis - Minggu: 10.00 - 17.00, Senin dan Rabu tutup
  • Telepon: +81 3-3716-1264

3. Medieval Torture Devices Museum (Amsterdam, Belanda)

Medieval Torture Devices Museum (Amsterdam, Belanda)

Satu lagi museum dengan koleksi yang tak biasa hingga masuk dalam jajaran museum teraneh di dunia, yaitu Medieval Torture Devices Museum. Koleksi museum ini merupakan bagian pahit dari cerita perang, yaitu penyiksaan.

Menarik untuk melihat betapa kreatifnya orang-orang dulu ketika memikirkan berbagai cara untuk menimbulkan rasa sakit pada sesama manusia. Jika tertarik untuk mengetahui hal yang tidak wajar, datanglah ke Medieval Torture Devices Museum Museum.

Museum ini berisi perangkat penyiksaan abad Pertengahan di Amsterdam. Ada banyak alat penyiksaan yang aneh, lengkap dengan gambar dan bahkan patung, yang menggambarkan berbagai metode penyiksaan yang digunakan, dan staf yang sopan dengan senang hati menjawab pertanyaan apa pun.

  • Alamat: Singel 449, 1012 WP Amsterdam, Belanda
  • Jam Buka: Setiap hari 10.00 - 23.00
  • Telepon: +31 20320 6642

4. Human Disease Museum (Sydney, Australia)

Human Disease Museum (Sydney, Australia)

* sumber: medsydney.org

Pernah terpikir ada museum yang koleksinya berisi tentang semua jenis penyakit yang pernah menyerang manusia? Jika kamu berpikir itu tidak mungkin ada, kamu salah. Museum di Sidney, Australia ini merupakan museum teraneh di dunia yang memiliki koleksi berbagai penyakit.

Beberapa penyakit ada yang lebih serius daripada yang lain, tetapi masing-masing menarik dari sudut pandang ilmiah. Museum ini membuat katalog berbagai macam penyakit dan efeknya pada tubuh manusia, termasuk penyebab kematian yang paling umum.

Kamu dapat berpartisipasi dalam lokakarya pembedahan atau menjelajahi sejumlah besar organ vital yang dipamerkan. Museum ini benar-benar membuka mata dan sangat mendidik meskipun tidak wajar dan tidak biasa.

  • Alamat: Lantai Dasar Gedung Samuels UNSW, Sydney NSW 2052, Australia
  • Jam Buka: Senin - Jumat 10.00 - 16.00, Akhir pekan dan hari libur tutup
  • Telepon: +61 2 9385 1522

5. Avanos Hair Museum (Avanos, Turki)

Avanos Hair Museum (Avanos, Turki)

* sumber: theculturetrip.com

Pernah dengar daerah Cappadocia di Turki? Di kalangan wisatawan tempat ini sangat terkenal karena memiliki banyak hal yang indah, seperti wahana balon udara, Kastil Uchisar, Cerobong Peri, toko keramik dan tembikar, dan lain-lain.

Namun bukan itu yang membuat Avanos masuk dalam jajaran museum teraneh di dunia. Cobalah kunjungi museum rambut Avanos yang merupakan satu-satunya museum di dunia yang memamerkan koleksi eksklusif rambut manusia. Saat ini, museum ini memiliki lebih dari 16.000 helai rambut.

Meskipun ide untuk melihat dinding yang ditutupi rambut manusia mungkin membuat kamu merasa ngeri, kisah asal muasal tempat ini sebenarnya sangat manis. Pemilik koleksi ini, ahli tembikar lokal Galip Körükçü. Dia diberi seikat rambut oleh teman dekatnya sebagai kenang-kenangan sebelum pergi.

Körükçü menggantungkan seikat rambut itu di toko tembikarnya. Selama bertahun-tahun, ketika para pengunjung mendengar tentang kisah menyentuh di baliknya, mereka memotong dan memberikan kunci rambut mereka sendiri kepadanya sebagai tanda kebaikan.

  • Alamat: Yukarı, No: 24, 110. Sk., 50500 Avanos / Nevşehir, Turki
  • Jam Buka: Setiap hari 08.30–19.30
  • Telepon: +90384 511 42 40

6. Museum Phallological (Islandia)

Museum Phallological (Islandia)

Didedikasikan untuk studi falologi, museum ini dan memperlihatkan lebih dari 215 penis serta bagian penis mamalia laut dan darat. Bersama dengan koleksi seni falik eklektik di sini dipamerkan spesimen dari paus, gajah, walrus, dan homo sapiens.

Sigurður Hjartarson, pendiri museum ini, tertarik dengan falologi saat dia menerima penis banteng, alat yang digunakan sebagai cambuk untuk hewan ternak, ketika masih kecil. Ia mulai mengoleksi penis paus di tahun 1974 dan pada tahun 1990 membuka museum aslinya.

  • Alamat: Kalkofnsvegur 2, 101 Reykjavík, Islandia
  • Jam Buka: Setiap hari 10.00 - 19.00
  • Telepon: +354 561 6663

7. Dog Collar Museum (Inggris)

Dog Collar Museum (Inggris)

Sumber: https://twitter.com/leedscastleuk/status/627925726193430528

Memiliki banyak fungsi dari dekorasi hingga identitas, kalung anjing adalah benda kecil yang mengubah anjing dari hewan liar menjadi sahabat manusia. Di Dog Collar Museum yang ada di Leeds, pengunjung bisa melihat kalung anjing paling mewah dalam sejarah.

Koleksi unik ini terdiri dari hampir 100 kalung yang dikumpulkan oleh John Hunt, sarjana abad pertengahan Irlandia, dan istrinya, Gertrude. Diperluas oleh Yayasan Kastil Leeds, museum ini mempunyai kalung-kalung anjing yang bersejarah dari abad pertengahan hingga zaman Victoria.

  • Alamat: 2 Broomfield Rd, Broomfield, Maidstone ME17 1PL, Inggris Raya
  • Jam Buka: Setiap hari 10.00 - 16.30
  • Telepon: +44 1622 765400

8. Funeral Museum (Wina, Austria)

Funeral Museum (Wina, Austria)

Funeral Museum yang juga dikenal sebagai Museum Undertakers adalah museum teraneh di dunia lainnya. Berlokasi tepat di kota yang merupakan rumah bagi pemakaman terbesar kedua di Eropa, museum ini memiliki koleksi hampir 1.000 artefak yang berhubungan dengan tradisi pemakaman.

Di sini pengunjung akan menemukan benda-benda pameran seperti seragam yang dikenakan oleh para pengusung jenazah, karangan bunga, mobil jenazah kuno, pakaian berkabung, dan guci berbentuk bola. Bahkan ada peti mati yang bisa digunakan lagi dengan pintu jebakan di bawahnya dari tahun 1780-an.

Peti mati ini diperkenalkan oleh Kaisar Joseph II untuk menghemat kayu. Tapi benda paling aneh sekaligus menyeramkan adalah bel bersama dengan perangkat yang seharusnya dipasang ke tangan orang meninggal sehingga dia bisa membunyikan bel jika mereka hidup kembali.

  • Alamat: Simmeringer Hauptstraße 234, 1110 Wina, Austria
  • Jam Buka: Senin - Jumat 10.00 - 16.00, Sabtu 10.00 - 17.00, Minggu 12.00 - 17.00
  • Telepon: +43 1 76067
  • HTM: $ 7-10

9. Paris Sewers Museum (Paris, Prancis)

Paris Sewers Museum (Paris, Prancis)

* sumber: distantfrancophile.com

Kota-kota ikonik di dunia, seperti Paris, kota romansa dan seni, memiliki arsitektur megah. Yang jarang dilihat orang adalah labirin kompleks yang merupakan sistem saluran pembuangan di kota Paris. Sistem saluran pembuangan ini adalah keseluruhan jaringan terowongan sebesar kota itu sendiri.

Tak hanya itu saluran pembuangan tersebut juga merupakan museum yang dapat dikunjungi dan dijelajahi wisatawan, lengkap dengan pemandu wisata. Baunya tidak seburuk yang dikira orang. Jadi  bila sedang ada di Paris dan punya waktu sekitar satu jam untuk bersantai, museum ini pilihan yang menarik.

  • Alamat: 93 Quai d'Orsay, 75007 Paris, Prancis
  • Jam Buka: Buka setiap hari kecuali Kamis dan Jumat. Dari Mei hingga September, jam buka 11.00 - 17.00. Dari Oktober sampai Maret, jam 11.00 - 18.00
  • Telepon: +33 1 53 68 27 81
  • HTM: Pemegang Paris Museum Pass dapat masuk secara gratis

10. Museum Of Broken Relationships (Zagreb, Kroasia)

Museum Of Broken Relationships (Zagreb, Kroasia)

Mungkin nggak sih ada museum yang berhubungan dengan patah hati? Jawabannya mungkin dan kamu bisa menemukannya di Zagreb, Kroasia. Kebanyakan orang pernah mengalami patah hati di beberapa titik dalam hidup mereka dan ini menjadi ide yang menarik.

Museum of Broken Relationships alias Museum Patah Hati ini didedikasikan untuk benda-benda yang melambangkan hubungan yang hancur. Koleksi museum ini berkisar dari surat hingga hadiah yang diberikan oleh pasangan sebelum berakhir.

Ide untuk memanfaatkan benda-benda ini untuk dibuat jadi museum lebih masuk akal daripada membuangnya. Ada ratusan perpisahan yang terlibat dalam pameran yang dipamerkan di Museum of Broken Relationships.

  • Alamat: Ćirilometodska ul. 2, 10000, Zagreb, Kroasia
  • Jam Buka: 10.00 - 21.00
  • Telepon: +385 1 4851 021

Itulah jajaran museum teraneh di dunia dengan koleksi unik mereka. Koleksinya ada yang benar-benar aneh, unik sampai yang mengerikan. Sepertinya, tempat-tempat ini menarik untuk dikunjungi. Bagaimana menurutmu?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram