keluyuran web banner

10 Museum Militer di Dunia yang Menyimpan Sejarah Peperangan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Februari 2021

Untuk kamu penggemar sejarah peperangan yang terjadi di dunia, pasti akan tertarik untuk mengunjungi museum militer karena ada banyak benda yang bisa kamu lihat dan cerita yang menarik untuk diketahui. Jika kamu tertarik mengetahui sejarah dunia, berikut ini adalah daftar museum militer di dunia yang disebut sebagai yang terbaik.

1. Imperial War Museum, London

Imperial War Museum, London

Imperial War Museum didirikan pada tahun 1917 ketika Perang Dunia I masih berlangsung. Museum ini dikenal juga sebagai IWM. Pada tahun 2017, museum ini berulang tahun yang keseratus. Museum ini merupakan salah satu museum militer di dunia yang berlokasi di London.

Museum ini memiliki koleksi yang berhasil memikat penggemar militer seperti, senjata angkatan laut yang besar, peninggalan dari kapal perang HMS Ramillies sampai reka ulang adegan PD I dan PD II yang imersif. 

Selain itu, di IWM lainnya di London terdapat Ruang Perang Churchill, pusat komando bawah tanah tempat upaya perang diarahkan, serta HMS Belfast, kapal penjelajah era PD II yang secara permanen berlabuh di sebelah Tower Bridge.

  • Alamat: Lambeth Rd, London SE1 6HZ, Inggris Raya
  • Jam buka: 10.00 hingga 18.00, Rabu - Minggu (tutup 23-26 Desember)
  • HTM: Gratis tapi harus booking terlebih dulu 
  • Telepon: +44 20 7416 5000

2. Museum of Military History, Dresden

Museum of Military History, Dresden

Saat berkunjung ke Museum of Military History  atau Museum Sejarah Militer di Dresden pengunjung akan ditawarkan tentang pandangan mendalam mengenai aspek perang, serta evolusi teknologi militer Jerman. 

Dibangun pada tahun 1873, bangunan asli museum ini berfungsi sebagai gudang senjata. Sebelum ditutup pada tahun 1989, museum ini merupakan museum Nazi, museum Soviet, dan museum Jerman Timur. 

Pada tahun 2011, museum ini dibuka kembali dengan penambahan logam yang mencolok pada fasadnya. Tujuannya supaya pengunjung mempertimbangkan kembali cara berpikir mereka tentang perang. 

Ruang pameran dibagi menjadi sembilan kategori, seperti agresi manusia, politik, dan seni berperang. Di tingkat atas, pengungjung bisa berjalan di sepanjang struktur modern yang menawarkan pemandangan Kota Dresden. 

  • Alamat: Olbrichtpl. 2, 01099 Dresden, Jerman
  • Jam buka: Senin 10.00 – 21.00, Kamis - Selasa 10.00 – 18.00, Rabu tutup
  • HTM: € 5 untuk koleksi permanen dan € 5 untuk pameran, atau € 7 untuk tiket kombinasi keduanya pada hari yang sama. Anak-anak di bawah 18 tahun gratis. Gratis untuk semua pada hari Senin setelah pukul 18:00
  • Telepon: +49351 8232803

3. National WWI Museum and Memorial, Kansas City, Missouri

National WWI Museum and Memorial, Kansas City, Missouri

Pada 11 November 1918 peperangan di Front Barat Perang Dunia Pertama berakhir. Pada peringatan 100 tahunnya, pada tahun 2014 National WWI Museum and Memorial ditunjuk oleh Kongres sebagai museum Perang Dunia I.

National WWI Museum and Memorial berakar pada tugu peringatan yang dibangun dari hasil sumbangan tepat setelah perang berakhir. Ini menjadikan museum ini tak hanya jadi museum Perang Dunia I tertua kedua di dunia, tapi juga yang benar-benar didanai oleh crowdfunding.

Pengunjung akan melintasi ladang opium simbolis untuk memperingati kematian perang sebelum memasuki galeri utama Museum Perang Dunia I. Koleksi yang dimiliki oleh museum ini lebih dari 75.000 di antaranya adalah dari mereka yang ikut berperang.

Area museum seluas 47 hektar yang terletak di pusat ini juga merupakan tempat untuk kegiatan dan acara sipil sepanjang tahun. Pengunjung juga bisa menikmati beberapa pemandangan terbaik Kansas City dari puncak Liberty Memorial Tower yang memiliki ketinggian 217 kaki.

  • Alamat: 2 Memorial Dr, Kansas City, MO 64108, Amerika Serikat
  • Jam buka: Selasa – Minggu 10.00 – 17.00, Senin Tutup
  • HTM: $ 10-18 
  • Telepon: +1 816-888-8100

4. The National Museum of the Air Force - Dekat Dayton, Ohio

The National Museum of the Air Force - Dekat Dayton, Ohio

The National Museum of the Air Force merupakan rumah bagi lebih dari 350 jenis pesawat dan rudal yang berbeda. Semua benda tersebut dipajang di bawah atap yang bagus dan aman. Museum ini terletak di Pangkalan Angkatan Udara Wright-Patterson. 

Ini merupakan museum tertua dan terbesar di dunia yang didedikasikan untuk penerbangan militer, dan koleksinya selalu diperbarui dengan peralatan militer terbaru, seperti pembom siluman F-117 dan B-2 terbaru. 

Museum ini mengklaim memiliki koleksi beberapa pesawat kepresidenan, seperti FDR, Dwight D. Eisenhower, dan Harry Truman. Lebih dari 1,3 juta pengunjung datang setiap tahun untuk melihat replika Flyer Militer 1909 milik Wright bersaudara. 

  • Alamat: 1100 Spaatz St, Dayton, OH 45431, Amerika Serikat
  • Jam buka : Setiap hari pukul 09.00 - 17.00
  • HTM: Gratis. Dikenakan tiket untuk Teater Museum Angkatan Udara dan simulator penerbangan.
  • Telepon: +1 937-255-3286

5. Les Invalides - Paris, Prancis

Les Invalides - Paris, Prancis

L'Hôtel national des Invalides merupakan kompleks bangunan besar di arondisemen ke-7 Paris. Semua bangunannya didedikasikan untuk sejarah militer Prancis. Di sini pengunjung akan menjumpai Musée des Plans-Reliefs, Musée d'Histoire Contemporaine, dan Musée de l 'Armée.

Di Musée de l 'Armée pengunjung akan menemukan makam Napoleon Bonaparte dan pahlawan perang Prancis. Museum ini juga memiliki bangunan berupa rumah sakit dan rumah jompo bagi para veteran perang, yang sebenarnya merupakan tujuan awal bangunan tersebut. 

  • Alamat: 129 Rue de Grenelle, 75007 Paris, Prancis
  • Jam buka: Musée de l'Armée buka setiap hari sepanjang tahun, mulai pukul 10.00 – 18.00. Tutup pada 1 Januari, 1 Mei juga 25 Desember. Buka larut malam sampai jam 21 pada hari Selasa, selama periode pameran.
  • HTM: € 14, Harga diskon: € 11, Harga grup: lihat harga khusus dan penawaran untuk grup
  • Telepon: +33 1 44 42 38 77

6. General George Patton Museum - Fort Knox, Kentucky

General George Patton Museum - Fort Knox, Kentucky

Museum Jenderal George Patton merupakan salah satu museum terbesar dalam sistem Angkatan Darat AS. Museum ini menawarkan mungkin koleksi kendaraan lapis baja terbesar di dunia. Koleksi ini tersebar baik di dalam maupun di luar museum. 

Namun, kendaraan itu bahkan bukan fokus utama museum. Selain jip, truk, dan tank, museum berspesialisasi dalam sejarah dan perkembangan peperangan bersenjata, museum ini juga memiliki koleksi barang pribadi Jenderal Patton, mulai dari barang-barang masa kecilnya sampai barang pribadi.

  • Alamat: 4554 Fayette Ave, Fort Knox, KY 40121, Amerika Serikat
  • Jam buka: Selasa – Sabtu 10.00 – 16.30, Minggu – Senin tutup
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +1 502-624-3391

7. Museum of Military History, Wina, Austria

Museum of Military History, Wina, Austria

Museum Heeresgeschichtliches atau Museum Sejarah Militer berawal dari mulai masa kekaisaran, saat Wina berada di pucuk pimpinan sebuah kerajaan multinasional yang besar. Museum ini didirikan atas perintah Kaisar Franz Joseph pada pertengahan abad ke-19.

Tujuan awal museum ini yaitu untuk menyoroti peran Austria sebagai negara adidaya militer. Namun koleksi museum ini sudah diperbarui secara berkala hingga mencakup dua Perang Dunia, periode antar-perang dan Perang Dingin. 

Mungkin salah satu barang paling luar biasa yang dipamerkan di museum ini adalah mobil tempat Archduke Franz Ferdinand dibunuh di Sarajevo. Peristiwa inilah yang memicu dimulainya Perang Dunia I.

  • Alamat: Arsenal 1, 1030 Wien, Austria
  • Jam buka: Setiap hari 09.00 – 17.00. Tutup 1 Jan, Minggu Paskah, 1 Mei, 1 November, 25 Desember, 31 Desember
  • HTM: Tiket dewasa € 7 atau satu kali masuk gratis dengan Vienna Pass. Tiket masuk gratis pada hari Minggu pertama setiap bulan
  • Telepon: +43 1 795610

8. Royal Museum of the Armed Forces and Military History, Brussels, Belgia

Royal Museum of the Armed Forces and Military History, Brussels, Belgia

Belgia, negara kecil ini menjadi medan perang selama dua Perang Dunia. Akibatnya, Belgia sekarang memiliki banyak situs perang serta museum militer kelas satu. Museum Kerajaan Angkatan Bersenjata dan Sejarah Militer terletak di Parc du Cinquantenaire di pusat kota Brussel.

Museum tersebut menjadi bagian dari War Heritage Institute, sebuah lembaga yang merawat situs sejarah militer lainnya di Belgia. Di sini disimpan banyak koleksi senjata dan baju besi yang membentang dari Abad Pertengahan sampai saat ini. Koleksi terbaru adalah jet tempur F-16.

  • Alamat: Parc du Cinquantenaire, 1000 Brussels, Belgia 
  • Jam buka: Selasa-Minggu 09: 00-17: 00
  • HTM: 19 tahun ke atas, 10,00 Euro dan 8, 00 Euro untuk yang memperlihatkan kartu: Anak-anak berusia 6 hingga 18 tahun, Mahasiswa, Gerakan pemuda, Guru, Anggota Pertahanan Belgia, Veteran, Anggota angkatan bersenjata asing, Grup (dari 15 pengunjung + maks 2 orang dewasa yang menyertai), Anggota masyarakat WHI, VIPO
  • Telepon: +32 2 737 78 11

9. Dutch Resistance Museum, Amsterdam, Belanda

Dutch Resistance Museum, Amsterdam, Belanda

Museum ini mungkin agak kecil, tapi sangat menarik. Terletak di sebelah pusat sejarah Amsterdam, museum ini agak aneh karena berkaitan dengan aspek perang yang biasanya tidak dilaporkan: hidup dan mati di belakang garis musuh.

Meskipun berfokus pada pengalaman Belanda selama pendudukan Belanda oleh Nazi Jerman di PD II, tema perlawanan dan pendudukan adalah sesuatu yang dapat dihubungkan dengan banyak negara di seluruh Eropa.

Museum ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang sangat imersif, dengan banyak objek nyata ditampilkan dalam konteks yang sesuai dan kisah pribadi mereka yang hidup selama periode ini. Ada pula Resistance Museum Junior yang membahas topik tersebut dari sudut pandang anak-anak.

  • Alamat: Plantage Kerklaan 61A, 1018 CX, Amsterdam, Belanda
  • Jam buka: Senin – Jumat 10.00 – 17.00 , Sabtu, Minggu & hari libur: 11.00 – 17.00,Tutup tanggal 1 Januari, 27 April & 25 Desember
  • HTM: Dewasa: € 12, Anak-anak 7 - 17: € 6,50, ISIC (kartu identitas pelajar internasional) / EYCA (European Youth Card): € 6,50. Gratis untuk anak-anak di bawah 7 tahun, Museumkaart, I amsterdam City Card, ICOM pass, Vrienden van het Verzetsmuseum
  • Telepon: +31 20620 2535

10. Museum of the Great Patriotic War, Moskow

Museum of the Great Patriotic War, Moskow

Arsitektur monumental dari Museum of the Great Patriotic War atau disebut juga Perang Dunia II di Rusia merupakan pengingat yang jelas tentang biaya material dan manusia yang sangat besar yang diakibatkan oleh perang terhadap rakyat bekas Uni Soviet.

Kompleks, yang berada di tengah-tengah Park Pobedy, di barat-tengah Moskow, diresmikan pada peringatan 50 tahun berakhirnya perang pada tahun 1995. Di antara fitur yang paling mengesankan dari museum ini adalah tiga aula peringatan besar. 

Yang juga luar biasa, dan melengkapi pameran museum ini yaitu beberapa lukisan realistik besar yang menggambarkan, dalam skala epik, beberapa pertempuran penting dalam perang.

  • Alamat: Ploshchad 'Pobedy, 3, Moskow, Rusia, 121170
  • Jam: Selasa – Minggu 10.00 – 22.00, Senin Tutup
  • HTM: RUB 200-300 
  • Telepon: +7 499 449-81-81

Selain menyisakan kesengsaraan, peperangan juga meninggalkan banyak cerita yang kemudian diabadikan baik sebagai pengingat dan pembelajaran. Museum militer di dunia ini menarik untuk dikunjungi agar bisa mengetahui sejarah peperangan yang pernah terjadi di dunia. Apakah kamu penggemar sejarah perang dunia?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram