10 Museum Bersejarah di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Anggie Warsito

Jika kamu ingin berwisata ke Yogyakarta, kamu bisa coba berwisata ke museum-museum yang ada di kota ini. Yogyakarta sendiri memang punya sejumlah museum yang layak untuk dikunjungi.

Dengan mengunjungi museum-museum di sini, kamu jadi bisa berlibur sambil belajar, bersenang-senang, dan melihat sejumlah karya seni. Dengan begitu, liburanmu pun jadi berfaedah, deh. Lalu, apa saja sih museum-museum yang ada di Yogyakarta? Agar kamu tidak penasaran, yuk simak list-nya di bawah ini!

1. Museum Affandi

Museum Affandi (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Untuk kamu para pecinta seni lukis, museum ini wajib menjadi pilihan utama. Di sini, kamu bisa melihat berbagai karya lukis, khususnya dari Almarhum Affandi. Affandi sendiri merupakan salah seorang tokoh legendaris di dunia lukis Indonesia yang karya-karyanya bagus nan ikonik.

Semua lukisan karya Affandi bisa kamu lihat di galeri utama museum ini. Bukan hanya lukisan, di sini kamu pun bisa melihat sejumlah barang yang sering dipakai oleh Affandi semasa hidupnya. Sejumlah lukisan dari pelukis lain pun turut hadir mengisi area museum ini. Mau menyambangi museum ini? Langsung saja datang ke Jalan Laksda Adisucipto No. 167, Papringan, Caturnunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

2. Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monjali (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Museum yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar tentang sejarah Indonesia. Saat masuk ke museum ini, kamu bisa melihat nama-nama sejumlah pahlawan Nasional yang gugur pada masa Agresi Militer Belanda 2.

Masuk lebih ke dalam area museum ini, kamu akan menemukan sejumlah ornamen bersejarah lainnya. Mulai dari replika, dokumen, hingga jenis senjata bisa kamu temukan di area dalam museum ini. Satu di antaranya yang ikonik adalah tandu dan dokar yang diyakini pernah dipakai oleh Jendral Soedirman. Datang saja ke Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

3. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

* sumber: travelingyuk.com

Ingin mengenal lebih dekat budaya Jawa? Coba deh kamu datang ke Museum Sonobudoyo ini. Di sini, terdapat lebih dari 43 benda bersejarah dan penting yang berkaitan dengan budaya Jawa. Selain melihat berbagai koleksi yang ada di dalamnya, kamu juga bisa melihat pertunjukkan wayang kala menyambangi museum ini. Sayangnya, pertunjukkan wayang tersebut hanya bisa dilihat pada waktu-waktu tertentu saja.

Jika kamu tertarik, silakan datang ke Jalan Pangurakan No. 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Yogyakarta;

4. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Banyak sekali bangunan peninggalan Belanda di Indonesia yang kemudian dijadikan sebuah museum. Dan Museum Benteng Vredeburg adalah salah satunya. Sesuai namanya, museum ini pada awalnya merupakan sebuah benteng di kota Yogyakarta. Selepas Indonesia merdeka, benteng ini pun lalu dialihfungsikan menjadi museum hingga saat ini.

Saat memasuki museum ini, kamu bisa melihat berbagai foto, seragam, dan sejumlah peninggalan sejarah lainnya. Sejumlah peninggalan tersebut berasal dari para pahlawan nasional bahkan dari para penjajah. Museum ini letaknya persis di Jalan Margo Mulyo No. 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY.

5. Museum Keraton Ngayogyakarta

Museum Keraton (Copy)

* sumber: www.tribunnews.com

Menjadi salah satu museum paling ikonik nan bersejarah di Yogyakarta, Museum Keraton Ngayogyakarta merupakan tempat di mana tahta Mataram diwariskan turun-temurun. Kamu bisa melihat benda-benda peninggalan keraton kala itu di museum ini. Salah satu koleksi museum yang amat menarik perhatian pengunjung di sini adalah kereta kencana yang sering dipakai Sultan Ngayogyakarta di masa lalu.


Museum ini letaknya ada di dalam Kompleks Keraton Yogyakarta. Tepatnya, di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, DIY.

6. De Mata Trick Eye Museum

Museum Art Trick (Copy)

* sumber: jogja.tribunnews.com

Berbeda dengan museum-museum sebelumnya yang cenderung classy, museum satu ini konsepnya amat kekinian. Bagaimana tidak, di sini kamu akan menemukan sejumlah mural kekinian yang dibuat dalam format tiga dimensi. Mural-mural tersebut dibuat dari berbagai macam tema, mulai dari hewan hingga super hero. Datanglah ke dalam area XT Square Yogyakarta (Jalan Veteran No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY) untuk menyambangi museum ini.

7. Museum Biologi UGM

Museum Biologi (Copy)

* sumber: 2jogja.com

Untuk kamu yang ingin menambah wawasan di ranah biologi, jangan ragu untuk mengunjungi Museum Biologi UGM. Sesuai namanya, museum ini letaknya persis di dalam area Universitas Gajah Mada (UGM). Kendati demikian, museum ini dibuka untuk umum, sehingga siapa pun (termasuk kamu) bisa menyambangi museum ini.

Berbagai koleksi hewan dan tumbuhan bisa kamu temui di sini. Bahkan, sejumlah jenis hewan yang diawetkan pun ikut dipamerkan di sini. Kalau berminat ke museum ini, segeralah datang ke Jalan Sultan Agung No. 22, Wirogunan, Mergangsari, Kota Yogyakarta, DIY.

8. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik (Copy)

* sumber: jogja.tribunnews.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram