10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia

Ditulis oleh Okta Tri Umami - Diperbaharui 29 Juli 2020

Museum adalah tempat di mana seseorang dapat melihat, mempelajari, dan menikmati benda-benda, atau artefak-artefak peninggalan sejarah, baik sejarah peradaban, sejarah sosial, sejarah teknologi, dan lain sebagainya. Bukan hanya museum di Jakarta atau museum di Bandung, bahkan ada juga museum terseram di dunia.

Terdapat berbagai jenis museum di dunia mulai dari yang kecil hingga yang besar, dari yang biasa hingga yang viral, bahkan ada beberapa museum yang mengoleksi benda-benda yang tidak disangka-sangka bisa menjadi pajangan dan dapat menarik minat masyarak untuk melihatnya. Berikut ini adalah 10 museum tidak biasa dan paling unik di dunia.

1. The Museum of Bad Art

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 1

* sumber: www.pulse.ng

The museum of Bad Art (MOBA) adalah sebuah museum swasta yang memiliki tujuan untuk mengapresiasi kerja seniman yang karyanya tidak dipajang dan tidak dihargai di tempat atau forum lain. MOBA menjadi museum yang tidak biasa karena museum MOBA adalah satu-satunya tempat dimana lukisan-lukisan jelek ditampilkan secara umum kepada orang-orang.

MOBA didirikan pada tahun 1994, setelah pedagang barang antik, Scott Wilson, menunjukan lukisan yang awalnya adalah sebuah rongsokan kepada beberapa temannya. Kemudian pada akhirnya, lukisan-lukisan tersebut menjadi barang koleksinya.

MOBA awalnya terletak di Boston saja, namun sekarang MOBA telah memiliki beberapa cabang di Somerville, Brooklyn, dan South Weymouth di Massachusetts. Saat ini, MOBA memiliki koleksi lukisan sebanyak 500 seni yang terlalu buruk jika diabaikan, 25 sampai 35 di antaranya dipamerkan kepada pengunjung pada satu waktu.

2. The Dog Collar Museum

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 2

* sumber: id.pinterest.com

The Dog Collar Museum atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Museum Kalung Anjing. Sesuai dengan namanya, museum ini adalah tempat yang hanya menampilkan koleksi kalung anjing dengan berbagai bentuk dan jenis. Jumlah keseluruhan kalung anjing yang ada di The Dog Collar museum adalah 100 buah.

The Dog Collar menjadi museum yang tidak biasa karena hanya di tempat inilah Anda bisa melihat bentuk dan jenis kalung anjing yang tidak biasa. Koleksi kalung anjing yang dipamerkan, awalnya, dikumpulkan oleh John Hunt dan istrinya pada abad pertengahan.

Kemudian, pengumpulannya dilanjutkan oleh Leeds Puri Foundation. Koleksi-koleksi kalung anjing yang ada di The Dog Collar Museum terdiri dari kumpulan kalung anjing dari abad pertengahan hingga zaman Victoria. Museum ini berlokasi di Maidstone, London, Inggris.

3. The salt and Pepper Shaker Museum

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 3

* sumber: www.gatlinburg.com

The Salt and Pepper Shaker Museum adalah satu-satunya tempat di mana Anda bisa melihat lebih dari 20.000 set botol garam dan merica dari seluruh dunia dengan bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Botol-botol garam dan merica tersebut berasal dari abad 1500-an hingga hari ini. Hal inilah yang menjadikannya sebagai museum yang tidak biasa.

Museum Salt and Pepper Shaker didirikan dan dicetuskan oleh Andrea dan Rolf yang merupakan pemilik sekaligus pengelola museum ini. Andrea dan Rolf sangat tertarik dengan botol garam dan merica. Mereka telah mengumpulkan botol-botol tersebut selama kurang lebih 25 tahun.

Kemudian, mereka memutuskan untuk membuat sebuah museum dan dengan senang hati berbagi ilmu serta pengetahuan tentang garam dan merica. The Salt and Pepper Shaker Museum milik Andrea dan Rolf ini terletak di Gatlinburg, Amerika Serikat.

4. Museum of Burnt Food

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 4

*

Pernahkah Anda memasak? Jika pernah, apakah Anda pernah menggosongakan masakan anda? Mungkin Anda menganggap bahwa masakan gosong yang dibuat adalah sebuah kegagalan, namun tahukah Anda bahwa makanan gosong juga memiliki keindahan? Museum of Brunt Food adalah tempat di mana masakan dan makanan gosong dianggap memiliki keindahan.

Museum of Burnt Food menjadi tidak biasa karena museum ini adalah satu-satunya tepat di mana Anda bisa menemukan lebih dari 49.000 jenis makanan gosong, mulai dari kentang, roti, daging, cup cake, dan lain sebagainya. Selain itu, di museum ini juga Anda bisa menemukan buku-buku yang meneliti tentang makan gosong.

Pada Museum ini juga, para peneliti nutrisi melakukan analisa terhadap makanan gosong. Museum ini didirikan oleh Deborah Henson Conant seorang ahli sains yang sejak kecil memiliki daya tarik dengan segala sesuatu yang berbau kimia.

Ia mulai tertarik dengan makanan gosong sejak ia secara tidak sengaja melihat apel yang gosong pada tahun 1981. Museum of Burnt Food terletak di Arlington, Massachusetts.

5. Sulabh International Museum of Toilet

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 5

* sumber: www.sulabhinternational.org

Museum Toilet Sulabh adalah sebuah museum yang diisi dengan ribuan jenis furnitur toilet dari tahun 1145 hingga sekarang. Selain itu, di museum ini juga terdapat arsip-arsip mengenai fakta-fakta dan gambar merinci dari sejarah evolusi toilet dari 2500 sebelum masehi hingga saat ini.

Arsip-arsip tersebut memberikan informasi kronologis perkembangan teknologi toilet, dan lain sebagainya, yang berkaitan dengan toilet. Museum Toilet Sulabh juga memiliki koleksi puisi-puisi langka yang berkaitan dengan toilet yang pernah digunakan sebelumnya.

Hal inilah yang mendasari museum ini masuk ke dalam kategori museum yang tidak biasa. Pada Museum ini juga ditampilkan toilet yang terbuat dari emas dan silver, yang dulunya digunakan oleh kaisar Romawi. Sulabh Internasional Museum berada di kota Delhi, India.

6. International Cryptozoology Museum

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 6

* sumber: laughingsquid.com

Internasional Cryptozoology Museum adalah satu-satunya museum di dunia yang memberikan ilmu dan infromasi tentang keberadaan hewan-hewan yang dianggap ada namun belum ditemukan keberadaanya (Cryptids). Hal inilah yang mendasari museum Cryptozoology menjadi salah satu museum yang tidak biasa.

Jenis-jenis Cryptids di antaranya adalah Yeti, Bigfoot, Lake Monsters, Sea Serpents, Giant Panda, Coelacanth, Okapi, Megamouth Shark, dan lain sebagainya.

Cryptozoology Museum didirikan pada tanggal 1 November 2009 oleh seorang peneliti, Loren Coleman beserta rekan-rekannya. Museum ini dibagun dengan tujuan mendidik dan menginformasikan tentang Cryptids kepada masyarakat.

Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai koleksi artefak dan replika bukti-bukti keberadaan Cryptids berupa sempel rambut, bentuk tubuh, jejak kaki, dan lain sebagainya. Museum ini terletak di jalan Avon, Portland, Maine, Amerika Serikat.

7. Museum of Broken Relationship

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 7

* sumber: lisafindley.com

Seperti namanya, Museum of Broken Relationship adalah sebuah tempat yang didedikasikan untuk hubungan cinta yang kandas di tengah jalan atau gagal.

Benda-benda yang ada di Museum of Broken Relationship meliputi barang pribadi, pemberian mantan, atau yang berkaitan dengan mantan kekasih, yang disumbangkan dan dilengkapi dengan deskripsi singkat mengenai benda tersebut.

Museum ini didirikan oleh dua orang seniman bernama Olinka Vistica dan Drazen Grubisic. Keduanya, semula menjalin hubungan selama empat tahun, namun kemudian hubungan mereka putus begitu saja pada tahun 2003. Sejak saat itulah, mereka berdua memutuskan untuk membangun sebuah museum di mana mereka dapat meletakkan barang-barang ketika mereka masih bersama.

Kemudian, mereka meminta teman-teman mereka myumbangkan barang-barang peninggalan mantan. Benda-benda ini diperlihatkan secara umum pada tahun 2008. Museum tidak biasa ini dinobatkan sebagai museum paling inovatif di Eropa pada Kenneth Hudson Award tahun 2011. Museum of Broken relationship terletak di Los Angeles, California.

8. The International Banana Club and Museum

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 8

* sumber: onecoolthingeveryweekend.com

The International Banana Club Museum adalah rumah bagi 17.000 koleksi benda-benda berbentuk pisang yang dikumpukan dan disumbangkan dari anggota klub penyuka pisang di seluruh dunia. Awalnya, museum ini bersumber dari hobi seseorang bernama Bannister yang senang mengumpulkan benda-benda berbentuk pisang. Kemudian, ia membentuk klub penyuka pisang.

Pada tahun 1976, Bannister membuka museum pisang di Hesperia California. Saat ini, Banana Club and Museum sudah bukan lagi menjadi milik Bannister dan klub banana, namun telah berpindah kepemilikan menjadi Banana Internasional Museum pada 2010.

Museum tidak biasa ini adalah satu-satunya museum yang memegang Guinness Book of World Record untuk koleksi pisang terbanyak dan terbesar di dunia.

9. The Momofuku Ando Instant Ramen Museum

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 9

* sumber: thesweetspot.com.my

The Momofuku Ando Instant Ramen Museum adalah sebuah tempat yang didedikasikan untuk mie instan dan mie cup. Museum yang didirikan oleh Momofuku Ando ini memiliki ribuan koleksi bungkus dan cup mie instan dengan bentuk, rasa, dan jenis yang berbeda-beda. Di tempat ini juga menampilkan sejarah ramen instan.

The Momofuku Ando Instant Ramen Museum terletak di Ikeda, Osaka, Jepang. Selain menampilkan sejarah dan koleksi mie ramen instan, tempat ini juga mnyediakan sarana yang memungkinkan bagi pengunjung untuk membuat sendiri mie instan. Di sini juga terdapat pabrik mie cup yang bisa merakit mie cup sendiri sesuai selera masing-masing.

10. Marikina City Footwear Museum

10 Museum yang Paling Unik dan Tidak Biasa di Dunia 10

* sumber: www.thousandwonders.net

Marikina adalah sebuah kota kecil di Filipina, kota yang dijuluki sebagai kota sepatu. Hal ini dikarenakan, kota ini menjadi satu-satunya kota pembuat sepatu yang ada di Fillipina. Museum sepatu Marikina adalah bentuk apresiasi bagi sepatu-sepatu yang pernah diproduksi oleh penduduk kota Marikina.

Museum Marikina of Footwear Museum dibangun pada tahun 1998 dan dibuka pada tahun 2001. Didirikan oleh Imelda Marcos dan menjadi objek yang melambangkan semangat serta budaya rakyat Fillipina. Bangunan tempat museum ini dulunya merupakan sel tahanan selama perang antar Amerika dan Fillipina selama perang dunia ke II.

Selain menampilkan jutaan koleksi bentuk dan jenis sepatu, museum ini juga menampilkan cetakan-cetakan sepatu dan cetakan ukuran kaki. Selain itu pula, museum tidak biasa ini memiliki sejarah tersendiri sebelum akhirnya dijadikan sebuah museum.

Demikianlah informasi 10 museum tidak biasa di dunia dari Keluyuran. Jika Anda memiliki saran, masukan, serta informasi lain mengenai museum-museum tidak biasa lainya, bagikanlah dengan kami di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram