10 Tempat Makan Enak di Cirebon yang Siap Menggoyang Lidah

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kuliner di Cirebon memang takkan ada habisnya. Ada sejumlah tempat makan enak di Cirebon yang wajib Anda kunjungi jika Anda singgah di kota tersebut. Empal gentong, nasi jamblang, dan tahu gejrot menjadi menu yang wajib dicari ketika berada di Cirebon. Namun, adakah tempat makan enak yang menjual dua menu makanan tersebut?

Bagi Anda yang ingin mencari empal gentong dan tahu gejrot lezat di Cirebon, Keluyuran akan memberikan daftar tempatnya. Namun, kami tidak hanya membahas dua tempat itu saja, melainkan ada 10 tempat makan enak di Cirebon yang direkomendasikan oleh Keluyuran.

10 Tempat Makan Enak di Cirebon

1. Tahu Gejrot Wardi

Tahu Gejrot Wardi Tempat Makan Enak di Cirebon

* sumber: proleevo.wordpress.com

Membuka daftar tempat makan enak di Cirebon, Keluyuran ingin merekomendasikan sebuah warung kaki lima yang terkenal menjual tahu gejrot terenak di Cirebon. Adalah Tahu Gejrot Wardi yang merupakan warung sederhana yang menjual menu tahu gejrot. Lokasi warung ini berada di sudut Pasar Kanoman, Cirebon.

Kelezatan tahu gejrot di sini membuat warungnya tidak pernah sepi pengunjung. Anda pun harus rela mengantri untuk bisa merasakan tahu yang dihidangkan dengan kuah yang dihaluskan bersama cabai, bawang merah, dan bawang putih ini.

2. Empal Gentong Amarta

Empal Gentong Amarta

Ada banyak tempat makan empal gentong yang tersebar di Cirebon. Namun, kalau ingin mencari yang spesial, Anda bisa berkunjung ke Empal Gentong Amarta. Tempat makan ini pernah disinggahi oleh legenda wisata kuliner Indonesia, Alm. Bondan Winarno. Tak hanya itu saja, Presiden Joko Widodo juga pernah makan di Empal Gentong Amarta, lho.

Semangkuk empal gentong di sini pasti bikin Anda ketagihan. Kuahnya yang kaya rempah disajikan dengan daging sapi yang super empuk sehingga kita tidak perlu susah-susah menggigitnya. Penasaran dengan cita rasa Empal Gentong Amarta? Kunjungi tempatnya di Jalan Ir. H. Juanda No. 37.

3. Nasi Jamblang Ibad Otoy

Nasi Jamblang Ibad Otoy

* sumber: www.cirebonspot.com

Selain empal gentong dan tahu gejrot, kuliner lain yang wajib dicicipi ketika berada di Cirebon adalah nasi jamblang. Nah, Nasi Jamblang Ibad Otoy ini adalah salah satu tempat makanan enak di Cirebon yang selalu ramai pengunjung.

Pilihan lauk di tempat ini diklaim lebih banyak dibanding tempat makan nasi jamblang lainnya. Beberapa lauk yang menjadi favorit pengunjung adalah pedesan entog, yakni bebek yang dimasak dengan bumbu pedas. Selain pedesan entog, masih ada banyak pilihan lauk yang dapat Anda coba sesuai selera. Nasi Jamblang Ibad Otoy berlokasi di Jalan Doktor Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kesambi.

4. Tomodachi Steak & Seafood

Tomodachi Steak & Seafood

* sumber: www.jalanjalankenai.com

Bagi Anda yang suka menyantap steak, ternyata di Cirebon ada sebuah tempat makan steak yang lagi happening, yaitu Tomodachi Steak & Seafood. Tempat makan ini sangat unik karena bangunannya berbentuk seperti kapal. Bangunan restoran ini memang sangat cocok dengan pemandangan laut yang ditawarkan.

Harga beef steak di sini disesuaikan dengan jenis daging yang Anda pilih, lokal maupun impor. Selain steak, Tomodachi juga menawarkan aneka hidangan seafood yang sangat menggugah selera, seperti kepiting saus Padang, kerang hijau saus tiram, dan masih banyak lagi. Lokasi Tomodachi Steak & Seafood ada di Jalan Yos Sudarso No. 1, Lemahwungkuk.

5. Bubur M. Toha

Bubur M. Toha

* sumber: www.pergidulu.com

Mau bubur kacang hijau atau bubur ayam semuanya ada di tempat makan yang satu ini. Adalah Bubur M. Toha yang menjual bubur ayam yang sangat lezat. Meskipun satu mangkuk bubur ayam di sini hanya berisi bubur, suwiran ayam, kacang kedelai, bawang goreng, dan seledri, tapi rasa buburnya sangat gurih.

Setelah puas menyantap bubur ayam jangan lupa untuk memesan bubur kacang hijau atau bubur ketan hitam yang sangat legit. Bubur M. Toha buka 24 jam sehingga Anda bisa mampir kemari kapan saja Anda inginkan. Alamat Bubur M. Toha berada di Jalan Moh. Toha, Kebonbaru, Kejaksan.

6. Gado-gado Ampera

Gado-gado Ampera

* sumber: keluarga-setyolaksono.blogspot.com

Bingung cari tempat makan siang yang enak saat Anda berada di Cirebon? Yuk, mampir saja ke Gado-gado Ampera. Tempat ini menjual menu gado-gado yang sangat enak. Kelezatan gado-gado di sini sudah terkenal hingga seluruh penjuru Cirebon. Bumbu gado-gadonya halus dan rasanya juga sangat pas di lidah.

Usai menyantap gado-gado, Anda bisa memesan tahu gejrot dan hidangan penutup berupa es oyen. Yang menarik, harga makanan di sini cukup terjangkau. Jadi, makan di sini benar-benar puas karena makanannya enak dan murah. Gado-gado Ampera bertempat di Jalan Ampera, Kesambi, Pekiringan.

7. Bakso Tengkleng Mas Bambang

Bakso Tengkleng Mas Bambang

* sumber: eatjogja.com

Bakso campur tengkleng, apakah enak? Tentu saja enak, dong! Kalau lagi ingin makan bakso di Cirebon, kunjungi Bakso Tengkleng Mas Bambang. Warung bakso yang satu ini menjual bakso sapi yang disajikan dengan tengkleng sapi yang gurih dan empuk.

Yang membuat baksonya jadi spesial, bakso di sini dibuat dengan 97% daging sapi asli. Selain itu, baksonya juga disajikan dengan bihun sehingga cita rasanya berbeda dari bakso-bakso lainnya. Kalau Anda tak sabar ingin mencicipi Bakso Tengkleng Mas Bambang, langsung saja datang ke tempatnya di Jalan Kesambi No. 97.

8. H. Moel Seafood

H. Moel Seafood

* sumber: www.mysweetescapediary.com

Tempat makan enak di Cirebon didominasi oleh tempat yang menjual menu empal gentong, nasi jamblang, dan seafood. Oleh karena itu, Keluyuran akan merekomendasikan H. Moel Seafood sebagai salah satu tempat makan yang wajib Anda kunjungi saat berada di Cirebon.

Aneka hidangan seafood yang siap menggoyang lidah bisa Anda pilih sesuai selera. Ada kerang, ikan, kepiting, udang, dan cumi-cumi yang siap diolah dengan bumbu yang Anda inginkan. Lokasi H. Moel Seafood berada di Jalan Kalibaru Selatan No. 39.

9. Bubur Sop Ayam Mang Kapi

Bubur Sop Ayam Mang Kapi

Belum pernah menyantap bubur yang disajikan dengan sop ayam? Di warung kaki lima ini Anda bisa merasakan perpaduan antara bubur kental dengan sop ayam yang gurih, lho. Bubur Sop Ayam Mang Kapi adalah salah satu warung kaki lima yang terkenal menjual menu makanan tersebut.

Kuah sop ayam yang hangat dan gurih bisa menghangatkan tubuh jika Anda menyantapnya saat malam hari. Selain itu, makanan yang satu ini juga cukup mengenyangkan. Bubur Sop Ayam Mang Kapi bisa ditemui di Jalan Tentara Pelajar No. 18.

10. Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko Haji Barno

Satu lagi makanan khas Cirebon yang wajib Anda coba, yaitu nasi lengko. Dari sekian banyak warung nasi lengko yang ada di Cirebon, Nasi Lengko Haji Barno ini yang paling ramai pengunjung.

Sekedar informasi, nasi lengko adalah nasi putih yang disajikan dengan tempe, tahu, tauge, dan bumbu kacang. Supaya lebih kenyang, biasanya pengunjung memesan sate kambing sebagai pendampingnya. Alamat Nasi Lengko Haji Barno ada di Jalan Pagongan No. 15B.

Nah, sejumlah tempat makan enak di Cirebon ini bisa Anda jadikan referensi saat ingin menyantap hidangan yang enak di kota tersebut. Kalau ingin menambahkan rekomendasi tempat makan lain di Cirebon, silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *