Yuk, Liburan ke Berbagai Negara Bebas Visa untuk Indonesia!

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Liburan pasti menjadi pilihan efektif bagi banyak orang untuk melepas kepenatan, salah satunya dengan mengunjungi destinasi impian di dalam maupun luar negeri. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk merencanakan liburan ke luar negeri, ada beragam hal yang harus dipertimbangkan dan perlu dipersiapkan secara lebih matang. Karena, jika tidak, bisa saja hal itu justru menjadi hambatan untuk Anda.

Bagi Anda yang sering kali berlibur ke luar negeri pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai keperluan tersebut, mulai dari dana hingga kelengkapan lain seperti dokumen, paspor maupun visa. Namun, selain itu, yang harus diperhatikan adalah syarat dari negara yang akan dituju, apakah mereka meminta visa sebagai syarat atau tidak.

Visa merupakan salah satu syarat untuk bisa masuk ke suatu negara. Ia berbentuk stempel atau stiker yang terdapat pada halaman paspor. Visa juga merupakan tanda izin yang berisikan keterangan lengkap dengan identitas yang dikeluarkan oleh kedutaan besar dari negara yang bersangkutan.

Visa yang Anda peroleh itu menandakan jika pemiliknya (Anda) telah memenuhi syarat dan diperbolehkan untuk masuk ke dalam negara tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Namun, ternyata tidak semua negara mengharuskan warga negara Indonesia untuk memiliki visa sebelum berkunjung. Karena, terdapat beberapa negara yang mempersilahkan pemilik paspor Indonesia untuk masuk secara bebas. Meskipun begitu, bukan berarti visa tidak penting atau tidak perlu diurus.

Pasalnya, terdapat berbagai negara yang masih mewajibkan turis untuk tetap memperoleh visa ketika sampai di perbatasan negara tujuan Indonesia sendiri telah dinyatakan sebagai negara yang terdapat pada daftar paspor terkuat di dunia, lebih tepatnya lagi Indonesia menduduki peringkat ke 73.

Hingga kini, pemilik paspor Indonesia telah memilik akses bebas visa mencapai 85 negara berdasarkan Henley Passport Index. Tak perlu basa basi lagi, berikut daftar negara bebas visa untuk Indonesia secara lengkap yang telah Keluyuran kumpulkan untuk Anda. Apakah negara yang menjadi tujuan favorit adalah salah satunya? Simak lebih lanjut di bawah ini!

1. Negara-negara di Asia

Yuk, Liburan ke Berbagai Negara Bebas Visa untuk Indonesia! 1

Berbagai negara yang terbilang dekat dengan Indonesia, lebih tepatnya negara-negara yang terletak di Asia, banyak yang termasuk dalam negara bebas visa. Mulai dari negara tetangga kita, Brunei Darussalam, maupun Myanmar, kedua negara ini bebas visa selama 14 hari.

Sedangkan, negara-negara yang bebas visa selama 30 hari diantaranya adalah Kamboja, Hong Kong, Vietnam, Laos, Macau, Filipina, Singapura, Sri Lanka, hingga Thailand. Ada pula negara lain yang bebas visa selama 30 hari seperti Kazakhstan, Uzbekistan, Timor Leste, Angola dan Maldives tapi itu untuk visa on arrival.

Lalu, Turki untuk eVisa, Kyrgyzstan untuk eVisa dan visa on arrival ketika mendarat di Bandara Internasional Manas, hingga India untuk eVisa di 24 bandara dan 3 pelabuhan.

Sedangkan, Tajikistan memberi bebas visa selama 45 hari untuk visa on arrival, disusul Malaysia yang bebas visa selama 90 hari dan Nepal dengan jangka waktu sama untuk visa on arrival, lalu Pakistan untuk eVisa dan visa on arrival. Sedangkan negara yang bebas visa tanpa batas waktu antara lain Palestina, Yordania untuk visa on arrival dan Jepang untuk pemilik e-paspor.

2. Negara-negara di Oseania

Yuk, Liburan ke Berbagai Negara Bebas Visa untuk Indonesia! 2

Siapa sangka, negara-negara di Oseania ternyata juga sangat banyak yang memberi kebijakan bebas visa bagi Indonesia. Mari dimulai dari negara yang memberlakukan bebas visa selama 30 hari, yaitu Micronesia. Disusul oleh Tuvalu dan Palau Island untuk visa on arrival.

Ada pula yang bebas visa selama 60 hari, diantaranya Samoa untuk visa on arrival, juga Papua New Guinea untuk eVisa dan visa on arrival. Sedangkan negara Marshall Island membolehkan visa on arrival yang berlaku selama 90 hari dan negara Fiji lebih lama lagi yakni sekitar 120 hari.

3. Negara-negara di Timur Tengah

Yuk, Liburan ke Berbagai Negara Bebas Visa untuk Indonesia! 3

Salah satu kawasan yang sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia adalah Timur Tengah. Beruntung masih ada 5 negara yang mempersilakan pemilik paspor Indonesia masuk ke wilayahnya.

Antara lain Qatar selama 30 hari yang dilengkapi oleh Oman untuk eVisa, Azerbaijan untuk eVisa dan Visa on arrival, hingga Iran untuk eVisa dan visa on arrival. Sedangkan negara bebas visa yang paling lama adalah negara Armenia yaitu selama 120 hari untuk eVisa mau pun visa on arrival.

4. Negara-negara di Amerika

Yuk, Liburan ke Berbagai Negara Bebas Visa untuk Indonesia! 4

Pusat perhatian dunia, yaitu Amerika dengan segala gemerlapnya, ternyata juga memiliki beberapa negara bebas visa yang dapat Anda jadikan pilihan. Mulai dari Nikaragua untuk visa on arrival, lalu Brazil dan Guyana selama 30 hari.

Ada pula yang berlaku selama 90 hari antara lain Chile, Kolombia, Ekuador, Saint Kitts and Nevis, hingga Bolivia untuk eVisa dan Visa on arrival juga Suriname untuk Tourist Card. Sedangkan negara Peru menjadi negara di kawasan Amerika yang memberi bebas visa paling lama, yaitu 180 hari.

5. Negara-Negara di Eropa

Yuk, Liburan ke Berbagai Negara Bebas Visa untuk Indonesia! 5

Sayangnya, berbeda dari negara-negara sebelumnya yang telah disebut di atas, Eropa tidak memiliki banyak negara yang bisa dikunjungi tanpa visa. Jika Anda ingin berlibur menuju kawasan Eropa tak perlu pakai visa, hanya ada dua negara yang memberlakukan bebas visa bagi Indonesia. Negara tersebut adah Serbia dan Belarus yang memberikan izin pemilik paspor Indonesia masuk ke wilayahnya selama 30 hari.

6. Negara-Negara di Carribean

Yuk, Liburan ke Berbagai Negara Bebas Visa untuk Indonesia! 6

Tak kalah sedikit, kawasan di Carribean juga tidak memberi pilihan negara yang banyak untuk bebas visa bagi Indonesia. Terhitung hanya ada 4 negara, di antaranya Dominica selama 21 hari, lalu St. Vincent and the Grenadines selama 30 hari. Sedangkan Barbados dan Haiti memberi izin selama 90 hari.

7. Negara-negara di Afrika

Yuk, Liburan ke Berbagai Negara Bebas Visa untuk Indonesia! 7

Jika Anda mencari banyak pilihan bebas visa, cukup banyak negara yang terletak di kawasan Afrika yang memberi kebijakan tersebut. Mulai dari Togo untuk visa on arrival selama 7 hari dan Lesotho untuk eVisa selama 14 hari.

Ada pula yang berlaku selama 30 hari antara lain Mali dan Namibia lalu Malawi, Mozambique, Somalia, Senegal untuk visa on arrival, Seychelles untuk Visitor’s Permit, lalu terakhir Kuba untuk Tourist Card.

Untuk jangka waktu yang lebih lama, terdapat Comoros Island untuk visa on arrival selama 45 hari, Mauritius untuk visa on arrival selama 60 hari, serta Maroko, Gambia, Madagaskar, Gabon dan Guinea Bissau untuk eVisa mau pun visa on arrival. Dilanjut Rwanda untuk visa on arrival, Kenya dan Guinea untuk eVisa yang semuanya berlaku selama 90 hari lamanya.

Ada pula beberapa negara lain yang tidak memberi batas waktu mulai dari Cape Verde Island, Ghana, Mauritania dan Sierra Leone untuk visa on arrival, lalu Nigeria untuk pre visa on arrival. Selanjutnya, ada negara Tanzania, Zimbabwe, Uganda untuk eVisa dan Visa on arrival.

Tidak lupa juga negara Ethiopia dan Djibouti untuk eVisa, hal itu berlaku pula untuk negara Pantai Gading namun jika mendarat di Bandara Port Bouet.

Ya, itulah beberapa negara bebas visa yang bisa dikunjungi oleh orang Indonesia. Kalaupun negara yang ingin Anda tuju memberi syarat bebas visa, pastikan kembali apakah kebijakan tersebut berlaku untuk penerbangan di semua bandara atau hanya di bandara tertentu saja.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *