15 Oleh-Oleh Khas Korea yang Tidak Boleh Terlewat

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 Juli 2020

Dewasa ini, Korea Selatan menjadi destinasi pariwisata yang menarik bagi wisatawan dari berbagai negara, khususnya Indonesia. Demam K-Pop membuat banyak orang ingin mengunjungi negeri ginseng tersebut. Entah untuk sekedar berjalan-jalan atau memastikan wajah asli idola-idola K-Pop memang semenarik di televisi atau internet.

Korea Selatan memang bukan pusat fashion dunia. Akan tetapi, negera ini menawarkan beberapa tren fashion ala bintang K-Pop yang cukup trendi. Tentu saja Korea Selatan menjadi wishlist wajib untuk Kpopers. Di samping itu, Korea Selatan juga menyediakan berbagai tempat wisata yang menarik, seperti Pulau Nami, Sea Life Busan Aquarium, Istana Kerajaan Korea, Menara Seoul N, Pulau Jeju, dan masih banyak lagi.

Saat sedang asyik mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Korea Selatan, jangan lupa untuk membawakan oleh-oleh khas Korea untuk keluarga dan kerabat di tanah air. Ada begitu banyak benda khas Korea yang bisa dibeli untuk buah tangan, mulai dari oleh-oleh murah hingga yang merogoh kocek cukup dalam. Dan bagi kerabat Anda yang muslim, jangan lupa untuk memberikan oleh-oleh yang halal, ya!

Lalu apa sajakah oleh-oleh khas Negeri Ginseng ini? Yuk, simak ulasan lengkap dari Keluyuran berikut ini.

1. Kosmetik

kosmetik korea Myeongdong

Di Indonesia, kosmetik yang berasal dari Korea memang sedang booming. Jadi, tak ada salahnya jika Anda membawakan oleh-oleh kosmetik untuk keluarga, kekasih, dan teman-teman. Harga kosmetik ini tentu lebih murah dibanding harga ketika sudah masuk di Indonesia.

Myeongdong merupakan salah satu tempat belanja kosmetik di Korea Selatan yang paling ramai dikunjungi. Banyak sekali outlet atau toko yang menjual berbagai macam kosmetik berkualitas dengan harga miring. Bahkan saking banyaknya jenis kosmetik yang ditawarkan, dijamin Anda akan dibuat pusing. Oleh karena itu, agar Anda tidak kebingungan saat berbelanja, ada baiknya Anda telah memiliki daftar kosmetik apa saja yang wajib dibeli di Korea.

Selain membeli kosmetik, Anda juga bisa membuat kosmetik dan skincare sendiri ketika berada di Korea. Anda akan dibimbing langsung oleh ahli kosmetik dalam pembuatannya. Anda bisa mencoba pengalaman ini dengan membeli paketnya melalui Klook di link ini.

2. Ginseng

Ginseng

Seperti namanya, oleh-oleh yang sangat khas dengan Korea adalah ginseng. Di Korea sendiri terdapat 3 jenis ginseng, yakni Susam, Baeksam, dan Hongsam. Namun, harga ginseng ini tidaklah murah meskipun Anda membeli dari negeri asalnya sendiri. Bila Anda ingin menghemat budget, Anda bisa membeli buah tangan berupa makanan, obat, atau minuman yang diolah dari ginseng.

Sedangkan apabila Anda menginginkan pengalaman yang berbeda, Anda juga bisa mencoba memanen ginseng sendiri langsung dari kebunnya. Selain itu Anda juga bisa menikmati berbagai olahan ginseng yang sangat lezat. Paket wisata memanen ginseng ini bisa Anda dapatkan melalui Klook melalui link ini.

3. Magnet

Magnet korea

Ini merupakan pilihan oleh-oleh yang terjangkau dan mudah diperoleh. Magnet yang bertema tentang Korea ini bisa dijual dengan harga sekitar KRW 2.000 atau seharga 20 ribuan rupiah saja. Cukup murah untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat di tanah air.

Motif dan bentuknya bermacam-macam, ada raja-ratu Korea, bangunan yang menjadi landmark di Korea, hingga tempat-tempat wisata seperti Pulau Jeju atau Pulau Nami. Jika Anda membeli cindera mata magnet dalam jumlah banyak di pedagang kaki lima, Anda bisa menawar untuk memperoleh harga yang lebih murah.

4. Hanbok

Hanbok

Nah, oleh-oleh khas Korea yang satu ini terbilang sedikit mahal. Namun, Hanbok merupakan buah tangan yang sangat mencerminkan budaya negeri ginseng tersebut. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila Anda ingin membeli pakaian adat Korea untuk orang-orang terkasih.

Harga pakaian Hanbok untuk wanita ditaksir dengan harga sekitar KRW 150.000 atau sekitar 1,8 juta rupiah. Sementara itu, Hanbok untuk pria dijual dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah. Semakin bagus bahan yang digunakan untuk membuat Hanbok tersebut, harga jualnya juga semakin tinggi.

5. Makanan Ringan Korea

Makanan Ringan Korea

Pernahkah Anda mendengar tentang mi instan yang memiliki rasa sangat pedas dari Korea? Mi instan tersebut banyak dijual di Indonesia. Selain mi instan pedas, ada pula produk susu pisang dari Korea yang sangat ternama. Berbagai online shop beramai-ramai menjual snack atau cemilan khas dari Korea tersebut.

Nah, saat berada di Korea Anda bisa berburu berbagai makanan dan minuman ringan asli negeri gingseng tersebut untuk diberikan kepada kerabat yang ada di tanah air. Selain macamnya yang sangat beragam, harganya pun sangat bersahabat. Dan yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasannya, ya!

6. Hangwa

Hangwa

Selain membeli makanan ringan khas Korea, jangan lupa membawa kue tradisional khas Korea sebagai oleh-oleh. Hangwa adalah kue yang berbahan dasar tepung beras, madu, minyak wijen, gula, dan beberapa jenis bahan yang lainnya.

Yang membuat Hangwa terlihat menarik adalah packaging dan warnanya yang sangat colorful. Di Korea, kue ini biasa disuguhkan pada saat pesta, festival, dan acara-acara penting lainnya. Namun, tak masalah jika Anda ingin membawa Hangwa sebagai oleh-oleh khas Korea untuk keluarga dan sahabat di tanah air. Oleh-oleh yang manis ini bisa menjadi teman yang tepat untuk dinikmati bersama secangkir teh.

7. Figurin Hanbok

oleh-oleh khas korea Figurin Hanbok

Figurin adalah sebuah patung atau boneka yang dapat dijadikan pajangan. Saat berkunjung ke Korea, carilah figurin yang menggunakan Hanbok, pakaian adat dari Korea Selatan. Figurin berhanbok ini sangat pantas untuk dijadikan cindera mata, lho. Selain untuk oleh-oleh, Anda juga bisa memiliki figurin hanbok untuk koleksi pribadi. Figurin khas Korea ini ada yang sendiri maupun berpasangan.

Untuk harga figurin hanbok ini dibanderol mulai dari KRW 25.000 atau sekitar 300 ribu rupiah tergantung dari jenis atau karakter figurin yang Anda pilih.

8. Soju

Soju

Mengingat budaya minum adalah hal yang biasa di masyarakat Korea, Anda akan dengan mudah menemukan soju di banyak toko swalayan di sana. Di Indonesia sendiri, soju biasa dijual di restoran-restoran yang menyajikan hidangan Korea namun dijual dengan harga yang sedikit mahal. Padahal di negara asalnya soju hanya berkisar di harga KRW 1000 sampai KRW 3000 atau masih berharga di bawah 50 ribu rupiah.

Bila sedang berpelesir ke Korea, Anda dapat membeli soju sebagai buah tangan yang unik untuk teman-teman Anda. Namun, jika kerabat dan teman Anda tidak mengkonsumsi alkohol, Anda juga bisa membawakan minuman khas korea lainnya sebagai oleh-oleh.

9. Bantal Tradisional Korea

bantal korea

Selanjutnya, kita menjumpai bantal tradisional ala Korea. Bantal ini hanya bisa Anda temukan di Korea saja. Bantal ini berbentuk balok kecil dan berisi biji gandum. Bantal tradisional ini diklaim sangat baik untuk kesehatan karena biji gandum di dalamnya dapat menopang leher dan kepala lebih baik dari kapuk. Dengan Bantal Korea ini dijamin Anda bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

10. Teh

Teh Korea

Korea memiliki beberapa jenis teh dengan rasa yang sangat unik. Belikan beberapa jenis teh asli Korea ini untuk keluarga dan teman yang ada di Indonesia. Jenis teh khas Korea ini antara lain adalah teh hijau yang asli dari Pulau Jeju, teh lima rasa (omija), dan teh yang diolah dengan beras.

Anda bisa membeli teh tersebut di minimarket atau toko khusus yang menjual aneka teh. Hanya dengan KRW 15.000 atau sekitar 180 ribu rupiah Anda sudah bisa membawa pulang satu paket Teh Korea yang berisi 10 kantung.

11. Peralatan Memasak

Peralatan Memasak

Jika sedang jalan-jalan ke Korea Anda mungkin akan mencicipi segala makanan khas Korea. Namun, makanan tersebut tentu tidak bisa dibawa sebagai oleh-oleh saat pulang ke tanah air. Sebagai gantinya, Anda dapat membeli oleh-oleh berupa peralatan memasak khas Korea yang sangat unik.

Negeri ginseng memang memiliki peralatan makanan yang unik, mulai dari mangkuk kuningan yang biasa dipakai untuk makan ramyun sampai dengan pot batu yang digunakan sebagai wadah bibimbap. Selain itu, Anda juga bisa membeli sumpit dengan ukiran khas Korea. Sebagian peralatan memasak khas Korea memang masih sulit ditemukan di Indonesia.

12. Hanji

Hanji

Ingin cari cindera mata khas Korea Selatan yang cantik tapi harganya bersahabat? Beli saja Hanji. Ini merupaka kertas tradisional Korea yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari menutup jendela agar hangat, membuat boneka kertas, sampai dengan untuk membuat lampu meja tradisional.

Warna yang ditawarkan Hanji bermacam-macam. Anda pun bisa membeli dalam bentuk kertas atau yang sudah dibentuk menjadi sebuah benda. Karena kertas ini sangat rapuh dan tipis, maka Anda harus hati-hati saat membawa Hanji atau menggunakannya untuk membuat kerajinan tangan.

13. Makgeolli

Makgeolli

Selain Soju, Makgeolli juga merupakan salah satu minuman beralkohol khas Korea yang sangat terkenal. Bila Anda bosan berbelanja buah tangan berupa tas khas Korea, kosmetik, dan sebagainya, maka Anda bisa membeli minuman beralkohol yang terbuat dari beras yang dikukus dan difermentasi ini.

Kadar alkohol Makgeolli hanya 6 – 8 persen saja. Ini adalah minuman yang sangat terkenal di kalangan petani. Jika ingin membawa Makgeolli sebagai oleh-oleh, Anda dapat membeli Makgeolli yang sudah dikemas di dalam botol di minimarket yang tersebar di berbagai wilayah Korea Selatan.

14. Buchae

Buchae

Buchae juga merupakan oleh-oleh khas Korea yang murah tapi sangat unik. Ini merupakan kipas tangan handmade yang memadukan berbagai warna menarik khas Korea. Benda ini juga hadir dalam berbagai macam bentuk yang bisa Anda pilih sesuka hati.

Bila Anda merasa kosmetik dari Korea terlalu mahal untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, maka Anda dapat membeli Buchae yang harganya jauh lebih murah. Ada banyak toko oleh-oleh khas Korea yang menjual kipas ini, tetapi Anda dapat menemukannya dengan mudah di Insadong.

15. Dojang

Dojang

Stempel khas Korea ini biasa dipakai oleh masyarakat di sana untuk menandatangani kontrak atau cek bank. Namun, siapa sangka jika Dojang dijual juga sebagai cinderamata. Bahkan, kita bisa request ingin dibuatkan Dojang yang bertuliskan nama kita dengan Hangul Korea.

Stempel murah meriah ini dijual di hampir semua toko souvenir Korea. Selain bisa dibuat dengan nama kita dalam Hangul Korea, Dojang juga hadir dengan berbagai gambar atau bentuk yang sangat menarik. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi snaak saudara di indonesia.

Nah itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Korea dari kami. Pilihlah oleh-oleh yang sesuai dengan dana yang Anda miliki. Selain itu perhatikan juga kapasitas bagasi serta peraturan dari pihak imigrasi di sana. Apakah Anda memiliki rekomendasi oleh-oleh khas Negeri Ginseng lainnya? Yuk, bagikan pada kami dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram