9 Oleh-Oleh Khas Pemalang yang Mesti Kamu Bawa Pulang

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pemalang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Ibu kota kabupaten ini adalah Kota Pemalang. Kabupaten ini berbatasan dengan Purbalingga, Laut Jawa, Tegal, dan Pekalongan. Daerah wisata di kabupaten ini, antara lain adalah Pantai Widuri, Curug Sibedil, Wisata Joko Tingkir dan masih banyak lagi.

Jika berwisata ke Pemalang, kamu bisa membeli oleh-oleh khas berikut ini saat pulang. Simak daftar oleh-olehnya berikut ini ya!

1. Kerupuk Usek

Kerupuk Usek

Kalau mencari oleh-oleh khas Pemalang, kamu bisa mencoba makanan ringan yang satu ini. Makanan legandaris dari Pemalang ini rasanya gurih dan asin dan teksturnya renyah. Namanya Kerupuk usek. Kerupuk ini banyak diminati oleh wisatawan yang datang ke Pemalang sebagai oleh-oleh.

Oleh-oleh khas Pemalang ini bisa dijadikan sebagai teman makanan supaya lebih seru. Selain itu, kerupuk ini juga bisa jadi teman makan bakso atau dinikmati sebagai camilan pun tak kalah enaknya. Kerupuk ini di daerah Desa Kendal Rejo bahkan menjadi bahan makanan, yaitu usek sambel.

Usek sambel adalah makanan yang dibuat dari kerupuk usek yang kemudian disiram dengan sayur kuah juga tempe. Kalau penasaran ingin merasakan enaknya dan renyahnya kerupuk ini, kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga per bungkusnya hanya sekitar Rp3.000 saja.

2. Bandeng Montok

Bandeng Montok

Kalau ingin oleh-oleh yang bisa jadi teman nasi, mungkin kamu bisa coba makanan yang satu ini. Oleh-oleh khas Pemalang ini berbahan dasar ikan bandeng. Namanya adalah Bandeng Montok. Olahan bandeng ini bisa jadi oleh-oleh yang disukai oleh anggota keluarga di rumah.

Bandeng montok merupakan bandeng yang telah diolah sehingga ikan ini nampak lebih besar penampilannya dibandingkan dengan ikan bandeng umumnya. Prosesnya dimulai dengan membersihkan bandeng dari kotoran juga durinya, lalu diisi campuran daging ikan bandeng serta ayam.

Tahapan selanjutnya yaitu mengukus bandeng dan kemudian dikemas dan siap dijual. Bandeng montok menggunakan ikan bandeng yang didapatkan dari hasil tambak Desa Kaliprau yang berada di daerah Pemalang. Melimpahnya bandeng membuat warga mengolahnya secara kreatif jadi beragam makanan.

Olahan ikan bandeng hasil kreasi masyarakat bentuknya macam-macam, ada bandeng montok, nugget bandeng juga stik duri bandeng. Tak hanya itu, ada juga kerupuk kepala bandeng dan keripik kulit bandeng.

Untuk membeli bandeng montok, kamu bisa mendatangi Bandeng Montok Family. Lokasi toko tersebut ada di Jalan Urip Sumoharjo 127, Pelutan. Harga satu kilogram bandeng montok sekitar Rp75.000. Tak hanya bandeng montok, kamu juga bisa membeli olahan bandeng yang lainnya.

3. Ogel-Ogel

Ogel-Ogel

Perlu camilan saat bersantai atau ngobrol bersama keluarga dan teman? Oleh-oleh khas Pemalang yang satu ini cocok sekali. Namanya mungkin terdengar aneh tapi rasanya mantap. Namanya adalah ogel-ogel. Camilan dari Pemalang ini adalah makanan tradisional dengan cita rasa rasa gurih.

Ogel-ogel adalah makanan ringan yang berasal dari Pemalang. Jajanan ini dibuat  dari tepung ketan yang diberi campuran bumbu, seperti garam, gula dan keju. Saat kamu mengunyah ogel-ogel, sensasi yang akan kamu rasakan adalah krispi dan renyah.

Panganan in disukai beragam kalangan masyarakat, termasuk anak-anak, karena teksturnya yang  krispi dan renyah. Untuk membeli camilan ogel-ogel, kamu tinggal mendatangi toko oleh-oleh. Di sana terdapat banyak ogel-ogel yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh.

Karena ogel-ogel tidak mengandung pengawet, jadi kamu tak perlu khawatir jika anak-anak mengkonsumsi makanan ini. Makanan dari Pemalang ini bisa tahan sampai tiga bulan jika disimpan di tempat tertutup rapat.

4. Tahu Pletok

Tahu Pletok

Masih tertarik untuk menjajal oleh-oleh khas Pemalang lainnya? Kamu mungkin bisa coba jajanan tradisional pasar yang bisa buat kamu jadi kenyang. Di Pemalang ada camilan yang bisa buat kamu kenyang dan enak rasanya, yaitu tahu pletok.


Sebelum disajikan, tahu digoreng terlebih dahulu sampai kering dan berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah matang, kamu akan mencium aroma yang menggugah selera. Untuk cara memakannya, agar lebih mantap, enaknya dicocolkan ke kecap pedas.

Di Pemalang tahu pletok cukup terkenal dan untuk membelinya sebagai camilan atau oleh-oleh, kamu bisa datang ke Desa Karangmocol yang terletak sebelum pertigaan Randudongkal. Penjual tahu pletok yang terkenal di sana adalah Bapak H. Abdullah. Satu beseknya dijual seharga kira-kira Rp10.000.

Sebenarnya tahu pletok ini mirip dengan tahu sumedang tetapi tahunya dibelah sampai bagian dalamnya keluar. Setelah itu diberi adonan sagu, garam, dan bawang putih. Kemudian tahu digoreng kembali hingga kering.

5. Apem Comal

Apem Comal

Kali ini oleh-oleh khas Pemalang yang bisa kamu cicipi adalah berupa panganan dengan rasa yang manis. Bagi warga setempat makanan ini sudah sangat melegenda. Warga Pemalang pasti familiar dengan panganan yang satu ini, yaitu apem comal.

Karena makanan ini sangat terkenal, biasanya warga Pemalang menyebut apem dengan sebutan comal. Sebenarnya keduanya berbeda. Itu karena apem comal hanya bisa ditemukan di Pemalang. Kue khas Pemalang ini dibuat dari tepung beras juga gula jawa.

Cara membuat apem comal ini masih tradisional jadi dipastikan cita rasa tetap terjaga. Kue ini dibuat menggunakan bakaran anglo. Untuk pengemasannya masih tetap memakai daun pisang. Menurut kabar, apem comal ini tidak dibuat di kawasan Comal.

Apem comal dibuat di daerah Kesesi oleh para ibu. Kesesi berada di daerah perbatasan. Walaupun demikian, apem ini tetap diberi nama apem comal. Harga apem comal ini tak mahal, hanya sekitar Rp1.000 – Rp2.000 saja untuk satu buahnya. Apem ini dijual di pasar atau toko kue di sekitar Pemalang.

6. Kamir

Kamir

Setelah mencoba beragam makanan berat khas Pemalang, sekarang kamu bisa coba lagi sebuah kue yang namanya mirip dengan nama orang. Kue ini bernama kamir. Sebenarnya makanan ini kuliner asal Arab yang berada di Pemalang.

Biasa ditulis Khamir, Kamir merupakan makanan ringan yang bisa menjadi oleh-oleh khas Pemalang. Makanan ini cukup melegenda dan banyak disukai orang. Kue yang rasanya manis ini dibuat dari adonan terigu, telur, dan mentega. Ada juga yang menambahkan pisang ambon dan tape ke dalam adonan.

Kue ini memiliki dua jenis, yaitu kamir terigu dan kamir beras. Akan tetapi, di daerah Pemalang kamir terigu lebih banyak dijual. Kue ini harganya sekitar Rp3.000 saja. Kamu bisa membelinya untuk oleh-oleh di pasar atau di daerah sekitar Kelurahan Mulyoharjo.

7. Kue Bongko Mento

Kue Bongko Mento

Cita rasa kue ini manis dan dibuat dari bahan terigu. Sebagai isiannya untuk adonan terigu yang didadar  itu adalah tumisan pepaya muda yang diberi bumbu, lalu ditambahkan suwiran ayam. Sesudahnya, adonan tadi dibungkus daun pisang kemudian diberi kuah santan lalu dikukus.

Tekstur kue bongko mento ini kenyal tapi lembut ketika dimakan. Kamu bisa membeli kue ini sebagai oleh-oleh khas Pemalang. Cukup mendatangi toko-toko oleh-oleh di daerah Pemalang dan kue ini dihargai sekitar Rp3.000 saja.

8. Kepiting Lemuri

Kepiting Lemuri

Biasanya kepiting dikenal memiliki cangkang yang keras. Karenanya saat memakannya orang harus berupaya keras agar bisa mencicipi dagingnya. Umumnya kepiting akan disajikan bersama alat bantu untuk membuka cangkangnya.

Berbeda dengan kepiting umumnya, kepiting lemuri yang menjadi oleh-oleh khas Pemalang ini tidak merepotkan karena kamu tak perlu memecahkan cangkangnya.  Itu karena kepiting lemuri cangkangnya tidak keras. Justru semua bagian kepiting ini, termasuk juga cangkangnya, bisa dimakan dengan mudah.

Kepiting lemburi juga mempunyai sebutan lain yakni kepiting cangkang atau lunak kepiting soka. Salah satu rumah makan yang menjajakan makanan ini adalah Restoran Pringjajar. Di sini kamu akan mendapati kepiting lemburi yang diberi hiasan kremesan khas Pringjajar.

9. Kaos Pemalang

Kaos Pemalang

Tak hanya makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh, baju pun bisa. Kaos yang menjadi oleh-oleh khas Pemalang ini sudah menjadi oleh-oleh favorit. Tentunya saat menggunakannya kamu akan terkenang liburanmu di kota Pemalang.

Kaos produksi dari kota Pemalang mempunyai model yang menarik dengan desain unik. Jahitan kaos dari Pemalang rapi dan nyaman untuk dipakai. Untuk membeli kaos oleh-oleh khas Pemalang ini kamu bisa pergi ke Jl.  Wora Wari 188 Taman Pemalang. Kaos dijual dengan harga sekitar Rp35.000 – Rp65.000.

Pemalang memiliki oleh-oleh berupa makanan tradisional yang menggiurkan untuk dicoba. Kalau kamu berkesempatan singgah di Kota Pemalang, jangan lupa untuk membawa salah satu makanan di atas untuk buah tangan. Selain itu, kamu juga bisa membeli kaos sebagai kenang-kenangan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *