Wisata ke Wonosobo? Jangan Lupa Beli 8 Oleh-Oleh Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wonosobo bisa menjadi daerah wisata yang bisa kamu kunjungi. Salah satu andalan kota di Jawa Tengah itu adalah dataran Dieng. Dan bila kamu selesai piknik di sini, kami sarankan jangan langsung pulang ke kampung halaman begitu saja. Cobalah untuk membeli oleh-oleh di kota satu ini. Wonosobo sendiri punya sejumlah buah tangan khas yang sebaiknya kamu beli saat pulang nanti.

Masih bingung mencari buah tangan dari Wonosobo? Cek rekomendasi oleh-oleh khas Wonosobo dari Keluyuran ini, ya!

1. Sagon

Youtube

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=tQ5Jy5aQ0Jk

Oleh-oleh pertama yang bisa kamu bawa adalah Sagon. Ini adalah kue yang terbuat dari sagu yang dicampur dengan parutan kelapa, dan gula. Setelah itu, kue ini dipanggang di atas bara api dari arang kayu. Cara pemanggangan tersebut membuat cita rasa kue ini begitu lezat lagi khas.

Di Wonosobo, kue ini kini sudah terbilang langka. Walau begitu, kamu tak usah khawatir. Adapun salah satu tempat yang masih menjualnya adalah Pasar Induk Wonosobo yang ada di Wonosobo Barat, Kecamatan Wonosobo, Sumberan Barat, Wonosobo, Jawa Tengah.

2. Manisan Carica

Youtube

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=EXblc1xm07o

Di daerah dataran Dieng, Wonosobo, ada sebuah buah istimewa yang hanya tumbuh di sana. Buah tersebut bernama buah Carica. Buah bernama lain Pepaya Dieng ini mempunyai bentuk bulat telur agak sungsang dengan cita rasa agak masam.

Di Wonosobo, buah ini sering diolah lagi menjadi buah tangan. Manisan Carica adalah salah satunya. Manisan ini terbilang mudah untuk ditemui. Adapun salah satu penjualnya adalah toko Carica Sumbing Segar Factory yang ada di Yososari, Reco, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

3. Opak Singkong Dieng Wonosobo

Opak Singkong Dieng

Tak hanya di Jawa Barat, Opak juga ternyata ada di Wonosobo. Tak seperti Opak di Jabar yang berbahan dasar tepung beras, Opak Wonosobo justru terbuat dari singkong. Pada Opak Wonosobo, singkong yang dipakai direbus dulu, lalu ditambah daun kucai dan garam. Sesudah itu, baru ditumbuk halus, dibentuk pipih, dan kemudian dijemur hingga kering. Barulah sesudahnya digoreng hingga matang.

Kalau mau membeli Opak ini, kamu bisa datang ke Sentra Opak Singkong yang ada di Jolontoro, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Di tempat tersebut, kamu bisa membeli Opak khas Wonosobo dalam keadaan matang, setengah matang, dan bahkan mentah.

4. Purwaceng

Purwaceng

Selain Carica, daerah Dieng di Wonosobo juga punya satu tumbuhan khas lainnya. Tumbuhan tersebut adalah Purwaceng atau yang biasa disebut Purwoceng. Berbeda dengan Carica, tanaman satu ini lazim sekali dipakai sebagai obat-obatan herbal oleh masyarakat Wonosobo. Ini tak lepas dari manfaat dan nutrisi yang ada di dalamnya.

Purwaceng sendiri kini sudah dibuat menjadi sejumlah olahan herbal. Jika ingin membelinya, kamu bisa datang ke Purwaceng Dieng Purba di Jalan Raya Parajan, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

5. Dendeng Gepuk

Dendeng Gepuk

* sumber: www.wisataku.id

sama seperti di daerah Pulau Jawa lainnya, Wonosobo juga punya kudapan berupa Dendeng Gepuk. Tak seperti dendeng di daerah lain, Dendeng Gepuk di Wonosobo punya cita rasa yang lebih khas, Dendeng Gepuk khas Wonosobo punya cita rasa manis, bercampur dengan cita rasa rempah yang kaya. Dendeng Gepuk Wonosobo sangat cocok disantap bersama dengan sepiring nasi hangat,

Di Wonosobo, Dendeng Gepuk bisa kamu dapatkan di Toko Dendeng Tivi. Toko ini letaknya ada di Jalan Bismo Sumberan No. 21, Sumberan Utara, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

6. Terong Belanda

Terong Belanda

* sumber: www.honestdocs.id

Ada satu buah lainnya yang bisa kamu beli saat di Wonosobo nanti. Terong Belanda adalah buah tersebut. Terong Belanda bentuknya tidak terlalu panjang, agak oval, dan bercita rasa manis. Di Wonosobo, buah bernama lain Buah Kemar ini sering dijadikan sejumlah olahan. Mulai dari jus, manisan, hingga sirop Terong Belanda.

Untuk membeli Terong Belanda (terutama yang sudah diolah), kamu bisa datang ke Terong Belanda Arjuna di Jalan Parakan – Wonosobo No. 69, Garung, Reco, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Di toko ini, olahan Terong Belanda yang bisa kamu beli adalah: manisan, jus, dan juga sirop.

7. Kacang Dieng

Kacang Dieng

* sumber: filosotripcom.blogspot.com

Kacang bernama lain Kacang Babi ini merupakan sejenis kacang yang bentuknya mirip buncis, namun lebih pendek dan besar ukuran kacangnya. Ciri khas lainnya dari kacang ini adalah bagian salah satu ujung kacangnya yang serupa pantat babi. Itulah mengapa kacang ini lazim disebut “Kacang Babi” oleh warga Wonosobo.

Oleh masyarakat Wonosobo, kacang ini diolah lagi dengan cara dicampur dengan tepung, kemudian digoreng. Setelah itu, diberi taburan bumbu beragam rasa di atasnya. Kacang ini punya tekstur yang gurih dan cocok disantap bersama secangkir teh atau kopi.

Bila ingin membelinya, kamu bisa datang ke toko Candi Dieng Snack. Toko ini letaknya persis di Jalan Sambek No. 427, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

8. Mi Ongklok

Mi Ongklok

* sumber: traveltodayindonesia.com

Oleh-oleh terakhir yang bisa kamu bawa sepulang dari Wonosobo nanti adalah Mi Ongklok. Ini adalah sebuah mi kuah khas Wonosobo yang terbuat dari mi kuning yang direbus dengan sayur-sayuran.

Mi dan sayur-sayur tersebut direbus bersama kuah “Loh” di dalam sebuah wadah berbahan anyaman bambu yang bernama “ongklok”. Penggunaan wadah itulah yang menyebabkan mi ini bernama Mi Ongklok.

Sesudah matang, sajian mi tersebut disajikan di atas mangkok ataupun piring. Terkadang, sajian mi ini juga dilengkapi dengan sate sapi, tempe kemul, keripik tahu, dan bawang goreng.

Kalau mau membawa mi ini sebagai oleh-oleh, maka kami sarankan untuk membelinya dalam keadaan mentah. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa membawanya dengan mudah, serta agar mi-nya tidak mudah basi saat kamu membawanya nanti.

Kalau kamu mau mencobanya dulu, maka kamu bisa mengunjungi tiga tempat makan di bawah ini:

  • Mi Ongklok Longkrang, Jalan Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang, Wonosobo Timur, Kecamaan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
  • Mi Ongklok Pak Muhadi, Jalan T. Jogonegoro Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 1, Tosari, Jaraksari, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
  • Mi Ongklok Bu Umi, Jalan Masjid No. 11, Kauman Utara, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Wonosobo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan spot untuk traveling. Ini tak lepas dari keindahan gunung Dieng yang tersimpan di daerah kabupaten satu ini. Setelah kamu puas berwisata di sini, kami sarankan jangan langsung bergegas pulang. Cobalah membeli salah satu atau semua oleh-oleh khas Wonosobo yang sudah kami share di atas.

Oh ya, di antara kedelapan oleh-oleh di atas, mana yang menarik buatmu? Yuk, share via kolom komentar! Baca juga artikel tempat wisata di Wonosobo ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *