15 Tempat Wisata di Wonosobo yang Harus Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di Jawa Tengah, ada sebuah kabupaten yang bernama Wonosobo. Kabupaten ini diapit oleh dua gunung, yakni Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Jadi sudah dapat dipastikan jika udara di sekitar Wonosobo terasa sangat sejuk.

Kabupaten yang kental akan budaya dan adat istiadatnya ini memiliki suatu wilayah bernama Dieng Wonosobo. Di Dieng Wonosobo ini ada banyak tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi jika sedang berada di Wonosobo.

Baik Dieng dan tempat wisata di Wonosobo lainnya akan kami ulas di tulisan ini. Ya, kali ini tim Keluyuran akan mengajak Anda untuk berkeliling menjelajahi objek wisata yang ada di Wonosobo sebagai referensi bagi Anda yang ingin berlibur dalam waktu dekat ini.

1. Kawah Dieng

Kawah Dieng tempat wisata di wonosobo

Dieng Wonosobo adalah tempat di mana terdapat beberapa objek wisata alam yang indah dan mempesona. Salah satu objek wisata alam tersebut adalah Kawang Dieng. Lokasi kawah ini berada di Dieng Timur. Panorama yang bisa Anda peroleh di Kawah Dieng ini adalah bukit hijau yang menyejukkan mata dipadukan dengan tanah kapur yang jika dilihat dari kejauhan warnanya seperti emas.

Di kawasan ini terdapat tiga kawah yang aktif, yakni Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka dan Kawah Sileri. Salah satu kawah di sini, yakni Kawah Candradimuka, merupakan sebuah tempat yang sering disinggung dalam cerita perwayangan. Dikisahkan bahwa Gatotkaca dimandikan di Kawah Candradimuka ini sehingga ia menjadi sakti.

2. Telaga Warna

Telaga Warna

Sesuai dengan namanya, telaga ini memiliki air yang konon dapat berubah-ubah warnanya. Keajaiban ini terjadi karena pada jaman dahulu kala ada seorang bangsawan yang tidak sengaja menjatuhkan cincinnya ke telaga ini. Sejak saat itulah air di telaga ini dapat berubah menjadi warna hijau, biru laut, hingga putih kekuningan.

Namun, ada penjelasan ilmiah mengenai perubahan warna yang terjadi pada telaga ini. Warna telaga dapat berubah-ubah karena terjadi pembiasan cahaya pada endapan belerang yang berada tepat di dasar telaga.

Apabila Anda ingin menikmati keindahan dari Telaga Warna secara menyeluruh, cobalah untuk naik ke puncak bukit yang berada di sekitar telaga. Tempat ini juga dikelola menjadi objek wisata, ini terbukti dari sebuah balkon yang dibangun di tepi telaga. Balkon ini ditujukan untuk pengunjung yang ingin bersantai sambil melihat keindahan Telaga Warna dari dekat.

3. Telaga Merdada

Telaga Merdada

Selanjutnya, ada sebuah telaga yang keindahannya tak terkalahkan dengan Telaga Warna. Telaga Merdada berada di kawasan Dieng. Telaga ini terbentuk karena letusan gunung berapi. Merdada merupakan telaga yang terluas di Dieng. Telaga ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang semakin menambah keindahan dari objek wisata alam ini.

Wisatawan yang datang ke Telaga Merdada ini bisa duduk di tepi telaga sembari memandang ke bukit-bukit kokoh yang tampak seperti membentengi telaga ini. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menenangkan hati dan pikiran.

4. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim

Masih berada di Kawasan Dieng, Air Terjun Sikarim sangat worth it. Mengapa? Karena untuk mencapai air terjun ini Anda harus melalui perjalanan yang sangat panjang. Adapun Anda harus melewati jalan setapak yang berada di tengah hutan. Akan tetapi, sesampainya di muka air terjun, Anda akan merasa bahwa perjalanan panjang Anda tidak sia-sia.

Air terjun setinggi 100 meter berdiri dengan ramping dan tegak. Air terjun yang cukup tinggi ini mengaliri bukit batu yang datar. Selain itu, udara segar di sekitar air terjun membuat suasana hati kita menjadi lebih adem dan tentram.

5. Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi

Di Wonosobo, ada hamparan kebuh teh yang sangat luas di kaki pegunungan. Adalah Kebun Teh Tambi yang selalu dijadikan sebagai destinasi wisata favorit bagi turis yang datang ke Wonosobo. Tentu saja kawasan Agrowisata Tambi ini menawarkan suasana yang tenang serta bebas polusi.

Udara segar akan langsung terasa ketika Anda sampai di kawasan Kebun Teh Tambi ini. Suhu udara di sini minimal 15 derajat celcius, sedangkan maksimal 24 derajat celcius. Lokasi tempat wisata di Wonosobo yang satu ini berada di Kecamatan Garung, yang pastinya Anda akan melewati kecamatan ini ketika hendak menuju ke Dieng.

6. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang

Keluyuran menyebut Waduk Wadaslintang sebagai waduk kebanggaan bagi masyarakat Wonosobo. Mengapa? Karena faktanya Wadung Wadaslintang merupakan waduk terbesar yang ada di Asia Tenggara. Bayangkan saja, luas dari waduk ini sekitar 3.000 hektar. Lokasi waduk ini berada persis di perbatasan antara Wonosobo dan Kebumen.

Waduk di sini memiliki air yang cukup jernih dibanding waduk-waduk kebanyakan yang airnya berwarna coklat keruh. Waduk ini dijadikan sebagai sumber untuk membangkitkan tenaga listrik, sarana untuk jalur transportasi air, hingga objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

7. Arung Jeram Serayu

Arung Jeram Serayu

Mari uji adrenalin Anda dengan berwisata di Arung Jeram Serayu. Ini adalah kawasan wisata arung jeram yang populer di Wonosobo dan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menguji nyalinya dengan melakukan olahraga ekstrem ini. Sungai Serayu yang letaknya berada di pertengahan Wonosobo dan Banjarnegara ini memiliki arus yang cukup deras dan menantang untuk segera ditaklukan.

Pemandangan hijau di sekitar jalur arung jeram ini memang sangat menyejukkan mata. Akan tetapi, tentunya Anda tidak sempat memandangi pemandangan hijau di sekitar Anda ketika sedang berarung jeram. Buktikan keberanian dan nyali Anda dengan segera mengunjungi kawasan wisata Arung Jeram Serayu.

8. Candi Dieng

Candi Dieng

Ini merupakan sebuah komplek yang terdiri dari beberapa candi. Uniknya, candi-candi di sini memiliki nama yang sama dengan Pandawa Lima dan tokoh wayang lainnya. Diperkirakan candi-candi yang ada di sini dibangun pada awal abad ke-9.

Di kawasan Candi Dieng terdapat tiga kelompok candi, yakni Kelompok Arjuna, Kelompok Gatotkaca, dan Kelompok Dwarawati. Di setiap komplek terdapat beberapa candi yang masih berdiri dengan kokoh meskipun sudah puluhan ribu tahun berlalu. Udara di sekitar Candi Dieng ini terasa sejuk, sehingga tempat ini sangat tepat bagi Anda yang ingin refreshing.

9. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda

Sejatinya, ini bukanlah sumur yang digunakan untuk menimba air. Sumur Jalatunda ini ialah ceruk rekahan kawah yang digenangi oleh air. Curuk ini memiliki diameter sepanjang 90 meter serta kedalaman mencapai 200 meter.

Ada 257 anak tangga yang harus dilewati untuk dapat sampai ke sumur ini. Berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat, siapa pun yang dapat melempar batu dari seberang sumur ke arah yang berlawanan, maka seluruh harapannya akan terkabul.

10. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir adalah bukit yang berada di atas ketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut. Bukit yang berada di Desa Sembungan ini selalu menarik perhatian wisatawan. Bahkan, bukit ini menjadi landmark tempat wisata di Wonosobo.

Salah satu daya tarik dari bukit ini ialah pemandangan matahari terbit (sunrise) yang sangat mempesona. Banyak wisatawan yang jauh-jauh datang ke sini, menginap di penginapan sekitar, dan bangun pada pagi-pagi buta hanya untuk menyaksikan keindahan sunrise di antara beberapa gunung yang ada di sekitar bukit.

Dari atas Bukit Sikunir kita dapat melihat Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, dan gunung-gunung lainnya. Tempat ini sangat tepat bagi Anda yang gemar fotografi. Spot yang ada Bukit Sikunir ini menawarkan keindahan yang harus segera diabadikan ke dalam kamera pribadi Anda.

11. Pemandian Air Hangat Kalianget

Pemandian Air Hangat Kalianget

4 kilometer dari Alun-Alun Wonosobo adalah sebuah tempat wisata yang cocok banget untuk relaksasi, yaitu Pemandian Air Hangat Kalianget. Kolam pemandian ini diisi dengan air hangat sehingga kita bisa menghangatkan tubuh di tengah-tengah udara dingin Wonosobo.

Kolam pemandian di tempat ini cukup luas sehingga Anda tidak perlu berdesakan dengan pengunjung saat berendam. Badan yang pegal-pegal akan jadi lebih ringan setelah Anda berendam di Pemandian Air Hangat Kalianget ini.

12. Curug Winong

Curug Winong

Tempat wisata di Wonosobo yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Curug Winong. Air terjun ini memiliki keistimewaan tersendiri, di mana bebatuan di samping air terjun tertata sangat rapi sehingga mirip dengan jalan setapak atau tangga menurun.

Walaupun tidak terlalu tinggi, Curug Winong tetap menjadi destinasi wisata yang cukup favorit, apalagi jika kita ingin berwisata ke tempat yang menyatu dengan alam dan hemat biaya. Medan yang dilalui untuk mencapai air terjun ini juga tidak terlalu berat sehingga friendly untuk wisatawan yang tidak terbiasa hiking.

13. Telaga Cebong

Telaga Cebong

Yang satu ini adalah tempat wisata di Wonosobo yang cukup dekat dengan Bukit Sikunir, yaitu Telaga Cebong. Telaga indah nan asri ini selalu disinggahi oleh wisatawan yang baru saja berkunjung ke Bukit Sikunir. Selain itu, di tepi telaga juga biasa dijadikan sebagai tempat campinglho.

Telaga Cebong mendapat julukan sebagai telaga di atas awan karena lokasinya berada di ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut. Dapat dipastikan bahwa udara di sekitar telaga sangat sejuk dan segar. Singkatnya, Telaga Cebong bisa menjadi destinasi wisata yang tepat untuk melepas penat dan menghirup udara segar.

14. Lubang Sewu

Lubang Sewu

Kalau sudah mampir ke Waduk Wadaslintang, sekalian saja singgah ke Lubang Sewu. Ini merupakan tempat wisata di Wonosobo yang berupa tebing-tebing yang tersusun rapi bak Grand Canyon di Amerika Serikat.

Daya tarik tempat ini adalah Lubang Sewu hanya bisa dikunjungi saat musim kemarau. Pasalnya, saat musim hujan tempat ini akan tergenang air. Tempat ini benar-benar layak untuk dikunjungi, apalagi tempatnya Instagrammable banget untuk foto-foto.

15. Kebun Teh dan Kolam Renang Tanjungsari

Kebun Teh dan Kolam Renang Tanjungsari

Terakhir, ada sebuah tempat wisata di Wonosobo yang menawarkan dua spot menarik, yakni kebun teh dan kolam renang. Kawasan Wisata Tanjungsari ini merupakan paket lengkap untuk rekreasi dengan keluarga, terutama bagi Anda yang membawa anak-anak.

Menyusuri kebun teh hijau sambil menghirup udara segar di sana bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks. Usai berjalan-jalan menyusuri kebun teh, kita dapat mengajak anak-anak untuk menyegarkan tubuh dengan berenang di kolam renang yang lokasinya tidak jauh dari kebun teh tersebut.

Daftar tempat wisata di Wonosobo ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berlibur di sana, lho. Punya rekomendasi tempat wisata lainnya yang ada di Wonosobo? Yuk, ceritakan kepada kami melalui kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *