10 Pantai di Kebumen yang Indah Berlatar Alam Nan Eksotis

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kebumen merupakan daerah di Jawa Tengah yang langsung menghadap ke samudera Hindia yang luas. Kebumen juga memiliki pantai yang berbaur dengan kecantikan alam yang unik nan eksotis, yang sayang jika kamu lewatkan.

Kalau kamu penasaran dengan pantai di Kebumen, simak ulasan beberapa pantai cantik yang ada di Kebumen berikut ini!

1. Pantai Menganti

Pantai Menganti

Selama perjalanan menuju pantai Menganti kamu kan disuguhi pemandangan yang memanjakan mata. Selain itu kamu kan ditemani hawa sejuk yang menenangkan. Hamparan pasir putih menjadi satu daya tarik yang ditawarkan pantai ini. Selain itu ombak pantainya cocok untuk orang yang senang surfing.

Pemandangan di sekitar pantai ini juga tak kalah indahnya. Pantai berpasir putih ini berpadu dengan tebing dan perbukitan yang indah sebagai latarnya. Bukit yang hijau menambah kesan yang berbeda pada pantai Menganti. Selain itu juga terdapat tebing Bidadari di bagian barat dari Pantai Menganti.

Pantai ini juga memiliki spot-spot cantik untuk befoto. Kamu bisa berfoto di atas bukit dengan latar laut yang kebiruan. Ada juga jembatan merah  tempat untuk kamu melihat keindahan pantai. Selain itu juga ada gazebo yang tersebar di perbukitan, dan masih banyak yang lainnya.

  • Alamat: Ds. Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000 (+ Parkir)

2. Pantai Lampon

Pantai Lampon

Pantai Lampon merupakan pantai kecil yang garis pantainya hanya sekitar 100 meter. Pantai ini juga memiliki pasir pantai yang dipadu dengan perbukitan disekitarnya. Pemandangan di Pantai ini cukup menarik karena lautannya berbatasan langsung dengan perbukitan yang hijau nan asri.

Kamu juga bisa mengabadikan keindahan Pantai Lampon di spot-spot yang cantik yang telah disediakan oleh pengelola. Kamu bisa befoto di atas bukit dengan laut lepas sebagai latarnya.  Pantai Lampon juga adalah tempat yang bagus untuk melihat keindahan matahari yang sedang tenggelam.

  • Alamat: Ds. Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • Telepon: 0856 – 4772 – 3710
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000

3. Pantai Bopong

Pantai Bopong

Pantai Bopong tidak memiliki pasir pantai yang putih, tetapi memiliki panai yang berpadu dengan sebuah laguna. Laguna tersebut terletak di sebelah timur dari Pantai Bopong. Laguna itu dhiasi dengan sungai yang berkelok-kelok dan juga bukit-bukit kecil.

Pantai Bopong memliki ombak yang cukup besar, sehingga kamu tidak bisa berenang di pantai ini. Disekitar pantai terdapat bukit-bukit yang tinggi, tempat kamu dapat melihat laut lepas. Satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan adalah melihat keindahan matahari tenggelam yang menawan.

  • Alamat: Ds. Surorejan, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

4. Pantai Wedi Putih

Pantai Wedi Putih

Pantai Wedi Putih adalah pantai yang berbatu dengan warna putih yang berpadu dengan karang-karang besar disekitarnya. Karang-karang ini menjulang dengan tinggi memberikan keindahan tersendiri. Kamu bisa berenang diantara karang-karang dengan air lautnya yang jernih.

Suasana pantainya sangat tenang, pas untuk orang yang sedang mencari ketenangan. Pantai ini biasanya hanya dikunjungi oleh pemacing. Pantai Wedi Putih  memiliki ukuran yang cukup mungil hanya sekitar 100 meter panjangnya. Ada juga sebuah air terjun diantara gugusan karang-karangnya.

Perjalanan menuju pantai ini harus kamu tempuh dengan menyusuri jalan setapak yang melewati hutan jati. Perjalanannya dapat ditempuh selama 30 menit dengan berjalan kaki. Perjalananya menuju pantai ini cukup ekstrem, dan sayangnya belum terdapat fasilitas dasar yang lengkap di pantai ini.

  • Alamat: Ds. Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

5. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron

* sumber: www.iqbalkautsar.com

Pantai Pecaron merupakan pantai yang masih asri, karena belum terlalu banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Pantai ini memiliki latar yang benar-benar memukai, perpaduan antara tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan pohon-pohon kelapa, serta pantai yang tenang.

Pantai di sini masih terbilang bersih karena tak banyak pengunjung, pasirnya berwarna abu-abu dengan beberapa karang yang bertebaran di pinggiran pantai. Kamu bisa mengabadikan pantai Pecaron yang masih alami dengan tebing-tebing kehijauan yang cantik sebagai latarnya.

  • Alamat: Ds. Srati, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

6. Pantai Gebyuran

Pantai Gebyuran

* sumber: www.iqbalkautsar.com

Pantai mungil ini kurang begitu populer dikarenakan memiliki akses yang cukup sulit, tetapi kamu akan mendapatkan keindahan yang tidak biasa. Pantai eksotis ini berada di pegunungan karst, dan kamu dapat melihat sebuah goa yang terletak pada tebingnya yang masih alami, dan memanjakan mata.

Letak Pantai ini yang letaknya yang terjepit sehingga membuat pantai ini sedikit terlupakan. Tetapi pantai ini menawarkan pesona yang tidak kalah indahnya. Pantainya yang unik dengan karang-karang dan tebing yang menjulang tinggi sebagai latarnya memberikan kesan sebagai pantai milik pribadi.

  • Alamat: Ds. Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • Telpon: 0821 – 3396 – 7674
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

7. Pantai Pedalen

Pantai Pedalen

* sumber: www.iqbalkautsar.com

Pedalen adalah pantai dengan pemandangan yang menarik, tempat yang basa dijadikan untuk melihat hilal. Tempat ini cocok untuk kamu yang berburu sunset untuk dibadikan dengan kamera. Pantai ini memiliki bebatuan karang sehingga tidak cocok untuk kamu gunakan untuk berenang.

Pantai ini juga masih didominasi oleh batuan karst yang telah berusia ratusan tahun. Pantai telah memiliki fasilitas dasar yang cukup memadai, seperti tempat ibadah, toilet, dan juga warung makan untuk sekedar menghilangkan rasa lapar dan haus setelah bermain di pantai.

  • Alamat: Ds. Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis
  • Parkir: Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

8. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale

* sumber: resnufebri.blogspot.com

Daya tarik dari pantai ini adalah satu spot foto yang unik, yaitu Bukit Titanic. Di bukit yang terdapat di pantai Watu bale dibangun sebuah bangunan yang menyerupai kapal yang terbuat dari kayu dan bambu. Di sini kamu dapat melihat keindahan dari Pantai watu Bale dan hamparan dari lautan luas.

Pasir pantainya yang berwarna kecoklatan dan lembut di jadikan tempat bermain oleh anak-anak. Tebing-tebing yang membentuk perbukitan juga menghiasi latar dari pantai Watu Bale ini. Selain Spot Bukit Titanic, masih banyak spot yang menarik untuk kamu mengabadikan keindahan dari Watu Bale.

  • Alamat: Ds. Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp5.000
  • Wahana: Rp5.000 (Rumah Pohon, Jembatan Segitiga, dan Bukit Titanic)
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

9. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung

* sumber: fotoaasli.blogspot.com

Jika kamu butuh tempat untuk menenangkan saraf yang tegang, pantai karang Agung merupakan pilihan yang tepat. Pantai ini terbilang cukup sepi, karena lokasinya yang bersembunyi dibalik perbukitan karst. Jalan menuju pantai ini juga terbilang cukup menantang, butuh fisik yang prima.

Tak seperti pantai umumnya yang memiliki pasir, pantai ini didominasi oleh batuan karang. Sekalipun medannya sulit, kamu akan disuguhi dengan pantai yang cantik. Sebuah batu karang besar tinggi menjulang yang dihiasi dengan tumbuhan hijau berdiri tak jauh dari bibir pantai.

Saat yang paling indah adalah saat kamu melihat matahari tenggelam dari tempat ini. Kamu akan dihadiahi pemandangan yang menawan, dengan langit yang berwarna jingga, dan siluet dari batu karang yang berdiri tegak. Perjalanan yang melelahkan akan dibayar dengan pesona yang luar biasa.

  • Alamat: Ds. Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • HTM : Rp5.000

10. Pantai Logending

Pantai Logending

Pantai Logending dikenal juga dengan nama Pantai Ayah, pantai ini berbatasan dengan daerah Cilacap. Pantai ini juga kental dengan mitos Nyi Roro Kidulnya. Pantai ini memiliki perpaduan antara pantai dengan hutan sebagai latarnya. Hutan ini dahulunya merupakan tempat persembunyian zaman penajajahan.

Pantai ini merupakan pantai yang sering ramai dikunjungi oleh wisatawan disaat liburan. Mitosnya ada bagian pantai yang dianggap sebagai pintu gebang menuju istana Nyi Roro Kidul. Sebuah batu karang yang tampak seperti beruang sedang minum dipercaya masyarakat sebagai pintu gerbangnya.

  • Alamat: Ds. Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam buka: 05.00 – 22.00
  • HTM: Rp5.000

Pantai-pantai di Kebumen memiliki latar yang unik, dengan tebing-tebing karst dan juga perbukitan yang hijau. Pemandangan di sekitar pantai benar-benar akan memanjakan mata kamu saat memandangnya. Selain sebagian pantai masih belum ramai dikunjungi sehingga memberikan ketenangan bagi orang yang mengunjunginya. Manakah pantai yang ingin kamu kunjungi nanti?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *