Keluyuran / Lombok / Ini Dia 10 Pantai di Lombok yang Cantik dan Wajib Dikunjungi

Ini Dia 10 Pantai di Lombok yang Cantik dan Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Lombok tak pernah ada habisnya untuk di-explore. Meski diguncang gempa pada pertengahan tahun 2018, Lombok kini sudah sangat aman dan selalu siap menyambut traveler yang datang untuk dikunjungi. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini menyimpan banyak sekali keindahan alam yang sayang jika dilewatkan.

Gunung Rinjani dan Gili Trawangan, selalu menjadi incaran para pendaki. Bagaimana dengan tempat wisata lainnya? Di Lombok, selain gili, banyak sekali pantai yang cantik dan memesona. Buat sampai ke sini, kamu tidak perlu menyeberang pulau, cukup menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Daripada penasaran, ini nih 10 pantai di Lombok yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Kuta

pantai kuta

Tak hanya di Bali, Lombok juga punya Pantai Kuta yang tak kalah cantik dengan yang ada di Pulau Bali. Kini, Pantai Kuta pun menjadi icon Lombok semenjak diresmikannya Kuta Mandalika. Maka dari itu, buat kamu yang berencana explore Lombok, wajib mengunjungi pantai yang satu ini.

Pantai Kuta berpasir putih bersih, dengan garis pantai yang cukup panjang, dikelilingi bukit di kiri dan kanan, serta air laut yang jernih. Jika kamu datang bukan pada hari libur, Pantai Kuta cukup sepi pengunjung. Sehingga kamu akan merasa seperti berada di pantai pribadi. Di sini juga terdapat gazebo yang bisa kamu gunakan untuk istirahat.

  • Alamat : Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

2. Pantai Mawun

pantai mawun

Pantai berpasir putih dan sangat cantik ini bernama Pantai Mawun. Letaknya berada di selatan Pulau Lombok. Jika kamu berangkat dari arah Pantai Kuta, kamu perlu menuju ke arah barat untuk sampai di sini. Jarak dari Pantai Kuta ke Pantai Mawun 10 km dengan waktu tempuh 20 menit menggunakan kendaraan.

Pantai Mawun wajib masuk ke dalam list perjalananmu di Pulau Lombok. Ombaknya cukup tenang, sehingga kamu bisa berenang di tepi Pantai Mawun. Namun, tetap berhati-hati, ya! Pesona Pantai Mawun begitu lengkap dengan adanya bukit di kiri dan kanan. Keadaannya yang cukup sepi dibanding Pantai Kuta, kamu bisa menyepi dan me time di sini!

  • Alamat : Desa Tumpak, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

3. Pantai Senggigi

pantai senggigi

Anak pantai dan anak senja, wajib nih datang ke Pantai Senggigi. Pantai ini terkenal dengan sunsetnya yang cantik. Jadi, disarankan untuk datang pada sore hari sehingga bisa melihat golden sunset di sini. Pantai Senggigi juga menjadi salah satu titik point bagi kamu yang hendak menyeberang ke Gili Trawangan, Gili Air, serta Gili Meno.

Ada yang unik dari Pantai Senggigi. Jika dilihat dari atas, jembatan dan gubuk yang berada di atas laut, berbentuk seperti tokek. Kamu bisa melihat dengan jelas jika kamu membawa drone untuk memotret dari atas. Pemandangan di Pantai Senggigi, menjadi lebih cantik karena kamu bisa melihat gagahnya Gunung Agung Bali dari kejauhan.

  • Alamat : Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

4. Pantai Tanjung Aan

pantai tanjung aan

Pantai Tanjung Aan merupakan pantai berpasir putih yang sangat bersih dan cantik. Kamu bisa melihat Bukit Merese, air laut yang bersih dan jernih, dan menikmati keindahan pantai dengan duduk di ayunan tepi pantai. Jika air laut sedang surut, kamu dapat melihat batu karang yang terhampar di tepi Pantai Tanjung Aan, menambah estetika saat difoto.

Saat tiba di Pantai Tanjung Aan, kamu akan langsung disambut dengan indahnya pantai dan gazebo yang berjajar dan bisa kamu gunakan untuk beristirahat secara gratis. Air lautnya pun cukup tenang. Sekali datang ke Pantai Tanjung Aan, kamu pasti ingin kembali ke sini lagi. Pantainya benar-benar cantik dan bikin betah!

  •  Alamat : Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  •  Harga Tiket Masuk : Rp5.000
  •  Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

5. Pantai Tangsi

pantai tangsi

Pantai Tangsi, biasa disebut dengan Pantai Pink, merupakan surga di Lombok Timur yang menyajikan keindahan selayaknya di Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur. Karena pantai ini mengandung pasir-pasir halus berwarna merah muda, mirip seperti di Flores. Letaknya yang cukup jauh dari Kota Mataram, lelahmu akan terbayar dengan keindahan Pantai Tangsi.

Jalur menuju ke Pantai Tangsi masih terbilang rusak. Diperlukan sekitar 45 – 60 menit yang kamu perlukan untuk melewati jalur yang rusak. Maka dari itu, perlu mempersiapkan fisik dan kondisi kendaraan yang prima. Di sini kamu bisa berenang, karena air lautnya tenang dan aman untuk bermain air, dan jangan lupa ya untuk berfoto dengan pasir pink yang unik!

  • Alamat : Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket Masuk : Rp10.000
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

6. Pantai Selong Belanak

pantai selong belanak

Selain Pantai Kuta dan Tanjung Aan, Lombok juga terkenal dengan Pantai Selong Belanak. Letaknya cukup dekat dengan Pantai Mawun, hanya 10.5 km dan dari Mataram berjarak kurang lebih 47 km. Cantiknya Pantai Selong Belanak dengan garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit, wajib dimasukkan ke dalam list perjalananmu.

Bagi kamu yang suka dengan suasana sepi, Pantai Selong Belanak sangat tepat untuk dikunjungi karena pantai ini masih sepi pengunjung terutama pada hari biasa. Perjalanan menuju ke Pantai Selong Belanak tidak terdapat tanda ataupun penunjuk jalan, jadi kamu tak perlu sungkan untuk bertanya pada warga sekitar.

  • Alamat : Desa Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

7. Pantai Pandanan

pantai pandanan

Pantai Pandanan secara administratif terletak di Lombok Utara, namun secara geografis berada di Pulau Lombok bagian barat. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Senggigi, hanya sekitar 12km. Pantai Pandanan memiliki pasir yang putih dan bersih. Di tepi pantainya terdapat gazebo dan pepohonan yang memberikan kesan teduh.

Jika kamu datang dari arah Mataram, di sepanjang jalur menuju Pantai Pandanan, kamu akan disuguhkan pemandangan laut yang cantik dan kamu bisa melihat Gunung Agung dari kejauhan. Belum sampai di lokasi pun, jalan yang dilewati sudah berhasil menarik perhatian kamu. Oh ya, dari Pantai Pandanan juga ada kapal yang bisa mengantarmu ke 3 Gili, lho.

  • Alamat : Jalan Raya Malimbu, Malaka, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

8. Pantai Seger

pantai seger

Sudah tahu legenda Putri Mandalika dari Lombok Tengah? Menurut masyarakat Sasak, Pantai Seger merupakan lokasi dimana Putri Mandalika menenggelamkan diri. Hingga kini cerita tersebut dilestarikan melalui event tahunan Festival Bau Nyale yang diadakan pada hari ke-20, bulan 10 dalam penanggalan tradisional Sasak.

Pantai Seger masih berada di satu garis pantai dengan Pantai Kuta, hanya saja dibatasi oleh bukit kecil, sehingga kamu perlu menggunakan kendaraan dengan jarak sekitar 2 km dari Pantai Kuta. Jadi, Pantai Seger bisa kamu jadikan sebagai destinasi kedua setelah Pantai Kuta, lalu lanjut ke Pantai Tanjung Aan. Dalam satu hari, kamu bisa datang ke banyak pantai!

  • Alamat : Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

9. Pantai Nambung

pantai nambung

Pantai Nambung masuk ke dalam wilayah Sekotong Timur yang masih terbilang sangat sepi. Padahal, pantai ini memiliki panorama yang berbeda dengan pantai lain yang disebutkan di atas. Di Pantai Nambung terdapat bebatuan cadas yang menjulang di tepi pantai. Saat ombak sedang kencang, air akan naik ke atas batu cadas dan tumpah selayaknya air terjun.

Jika kamu datang ke Lombok menggunakan kapal laut dari Bali maupun dari Surabaya, kamu bisa langsung menuju ke arah Sekotong untuk sampai di Pantai Nambung. Jarak dari Pelabuhan Lembar sekitar 33 km, dengan waktu tempuh 1 jam. Lokasi Pantai Nambung dekat dengan Pantai Selong Belanak. Kamu bisa mengunjungi dua tempat ini dalam satu waktu.

  • Alamat : Nambung, Montong Ajan, Praya Barat Daya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

10. Pantai Semeti

pantai semeti

Pantai Semeti memiliki pasir yang putih bersih dan air laut yang sangat jernih. Uniknya, di sini terdapat deretan batu karang besar yang unik dan sangat memukau. Struktur batu karang di sini runting dan berlapis-lapis, hingga berbentuk seperti Planet Krypton di film Superman. Karena itu, banyak yang menyebut Pantai Semeti sebagai Pantai Krypton.

Kamu bisa berfoto di atas batu karang yang unik bisa juga menikmati panorama bawah laut dengan snorkeling. Ombak di Pantai Semeti terbilang cukup tenang. Namun, tetap berhati-hati ya. Pantai Semeti juga dilengkapi kolam alami yang terbentuk dari dinding batu karang. Kamu bisa lho menikmati matahari terbenam sambil bersantai di kolam alami ini.

  •  Alamat : Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  •  Harga Tiket Masuk : Rp5.000
  •  Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Sekian informasi dari Keluyuran. Sebenarnya, Pulau Lombok tentunya memiliki lebih dari 10 pantai yang disebutkan di atas, namun deretan pantai yang Keluyuran rekomendasikan cukup dijadikan sebagai referensi bagi kamu yang berencana liburan ke Lombok.

Selain banyak Pantai yang super cantik, Lombok juga memiliki wisata alam menarik lainnya seperti air terjun. Yuk, simak juga artikel tentang Air Terjun di Lombok yang Wajib Dikunjungi Pelancong. Selamat berlibur, travelers!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar