10 Pantai Terkenal di Dubai dengan Keindahan yang Memesona

Begitu menyebut kata Dubai, orang pasti akan langsung teringat dengan Burj Khalifa, bangungan paling tinggi di dunia. Selain itu, Dubai terkenal dengan hotel-hotelnya yang mewah dan restoran kelas dunia.

Namun selain itu, Dubai juga memiliki pantai yang indah yang umumnya gratis. Pantai terkenal di Dubai menawarkan banyak kesenangan tak hanya untuk orang dewasa juga anak-anak.

Untuk menikmati pantai terkenal di Dubai, waktu terbaik untuk berkunjung adalah Oktober sampai Mei. Garis pantai Dubai yang masih asli menawarkan tempat beristirahat yang hangat, maka tak heran jika tiap tahunnya pantai di Dubai jadi tempat berkumpulnya turis-turis bule. Yuk, kita intip deretan pantai terkenal di Dubai berikut ini!

Baca juga: 10 Makanan Khas Dubai yang Kaya Rasa dan Penuh Rempah

1. JBR Open Beach

JBR Open Beach
  • Alamat: Dubai Marina, Dubai
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Pantai terkenal di Dubai ini adalah salah satu yang terbesar dan masih merupakan pantai yang terbaik. JBR (Jumeirah Beach Residence) Open Beach ini sangat besar dengan luas meliputi seluruh area JBR.

Walaupun beberapa bagian area ini diperuntukkan untuk hotel, sebagian besar areanya terbuka lebar. Setiap beberapa ratus meter terdapat fasilitas lengkap serta terjaga kebersihannya. Di sini pengunjung akan menemukan tempat untuk membeli makanan berat dan ringan.

JBR Open Beach memiliki pasir putih yang halus dan lembut bak tepung. Selain itu, airnya hangat dengan warna biru-kehijauan yang indah. Terdapat penjaga pantai yang siap menjalankan tugasnya. Untuk area berenang dibatasi dengan pelampung.

2. Al Sufouh Beach

Al Sufouh Beach
  • Alamat: Al Sufouh 1, Dubai, Uni Emirat Arab
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Pantai ini dikenal juga dengan sebutan Black Palace Beach. Hal ini karena letaknya yang berdekatan dengan pulau pribadi serta istana milik Perdana Menteri serta Wakil Presiden UEA, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, yang berada di Pulau Logo.

Kalau melihat ke arah kanan, kamu akan melihat Burj Al Arab Jumeirah, sedangkan ke arah kiri akan melihat matahari terbenam di atas Palm Jumeirah. Hamparan pasir yang tersembunyi ini cukup sulit ditemukan sehingga sering disebut sebagai "hidden gem" oleh orang-orang yang tahu keberadaan pantai ini.

Pantai terkenal di Dubai ini merupakan tempat ini sangat indah dan sering kali sepi. Pantai ini memiliki perairan yang dangkal sehingga sangat bagus untuk dijelajahi anak-anak.

Namun kamu harus tetap waspada akan gelombang pasang karena pantai ini tidak ada penjaga pantainya. Karena letaknya yang terpencil, di sini tak ada fasilitas pendukung, jadi kamu harus membawa semua keperluanmu.

3. Sunset Beach

Sunset Beach
  • Alamat: Jumeirah Beach Road, di belakang Umm Suqeim Park, Dubai
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Pantai terkenal di Dubai ini memiliki latar bangunan Burj Al Arab yang berbentuk layar. Sunset Beach terletak di antara Teluk Arab dan Taman Umm Suqeim yang juga dikenal dengan nama Pantai Umm Suqeim. Pantai dengan pasirnya yang putih ini masih asli ini dan merupakan tempat yang populer untuk keluarga. Jangan lewatkan pemandangan saat matahari terbenam di sini.

Sunset Beach memiliki fasilitas pendukung seperti kamar kecil, bilik ganti, dan pancuran. Selain itu adal juga Smart Palms yang menyediakan Wi-Fi gratis untuk pengunjung pantai. Untuk yang senang berselancar, pantai ini merupakan satu-satunya pantai selancar yang sesungguhnya di Dubai. Ombaknya mulai dari kecil hingga sedang yang ideal untuk pemula.

4. Kite Beach

  • Alamat: Di daerah Umm Suqeim di Dubai, tepat di sebelah selatan Jumeirah
  • Jam buka: 10.00-22.00
  • HTM: Gratis

Kite Beach memiliki hamparan pasir putih yang panjang dan sangat bersih. Pantai ini juga mempunyai banyak kegiatan, seperti tenis pantai, kitesurfing, kayak dan voli pantai. Di sini juga terdapat banyak fasilitas pendukung, seperti pancuran, toilet, wi-fi dan ruang ganti.

Pada hari Jumat dan Sabtu di tepi pantai dipenuhi pasar truk makanan, kafe, dan toko pop-up yang mengundang banyak orang untuk datang. Jika kamu suka berenang di malam hari, kamu bisa berenang sesudah matahari terbenam di sepanjang bentangan barat daya Kite Beach.

Jangan khawatir soal penerangan karena ada lampu sorot bertenaga angin dan matahari setinggi 40 kaki dan kamu akan aman karena ada penjaga pantai.

5. Al Mamzar Beach Park

Al Mamzar Beach Park
  • Alamat: Al Mamzar St, Al Mamzar, Dubai, Uni Emirat Arab
  • Jam buka: 08.00-23.00
  • HTM: AED 5-AED 30

Pantai terkenal di Dubai ini bernama Al Mamzar Beach Park yang meliputi area seluas kira-kira 106 Ha. Areanya meliputi hamparan luas area teluk pantai yang terlindung, kolam renang, tempat piknik berumput, amfiteater, area bermain anak-anak, laguna, dan tempat barbekyu dan makanan.

Karakteristik utama taman ini salah satunya adalah lima pantai terbentang yang lengkap dengan penjaga pantai, ruang ganti, menara pengawas, dan tempat berteduh untuk berjemur.

Banyak pintu masuk untuk mencapai taman ini, tapi gerbang dibedakan untuk individu dan mobil. Baru-baru ini, pantai ini dianugerahi sertifikasi Blue Flag karena sudah mengikuti standar internasional yang ketat.

6. Jumeirah Beach Park

Jumeirah Beach Park
  • Alamat: di seberang menara Jumeirah Beach Residence, dekat dengan sektor Rimal dan Amwaj
  • Jam buka: 08.00-22.00
  • HTM: 5 AED-20 AED

Jumeirah Beach Park namanya mungkin membuat kamu tertukar dengan JBR Open Beach. Pantai terkenal di Dubai ini merupakan taman tepi pantai dan area rekreasi yang sangat dekat dengan pusat Kota Dubai. Pantai ini juga mempunyai banyak area, seperti untuk makan, piknik serta bermain. Tempat ini juga diakses oleh pengunjung berkebutuhan khusus.

Jika dibandingkan dengan pantai lain, Jumeirah Beach Park lebih sempit serta jarak dari garis air ke trotoar cukup dekat. Di sini juga terdapat area pohon palem yang berada di antara trotoar dan pantai.

Ada yang harus diperhatikan oleh pengunjung ketika akan berkunjung ke pantai ini, di antaranya ada biaya masuk. Namun itu sesuai dengan fasilitas yang ada seperti, loker, kamar mandi, dan ruang ganti.

7. La Mer Beach

La Mer Beach
  • Alamat: 2 A St, Jumeirah, Jumeirah 1, Dubai, Uni Emirat Arab
  • HTM: Gratis

La Mer merupakan salah satu distrik pantai yang terpenting di Jumeirah, Dubai. Daerah ini terbentang hingga ke laut dan menawarkan tempat yang sempurna untuk wisatawan yang ingin bersantai dan beristirahat. Pantai La Mer dihiasi oleh pohon palem yang menawarkan keteduhan bagi para wisatawan.

Pantai ini merupakan tempat berkembangnya mural, instalasi seni juga beragam jenis aktivitas komersial. Selain berbelanja, wisatawan juga bisa datang ke La Mer untuk melakukan beragam aktivitas olahraga atau bisa juga hanya sekedar berjemur dan tidur sampai matahari terbenam di bawah sinar matahari yang indah.

Di sepanjang pantai terdapat sejumlah bar dan restoran yang menarik untuk memuaskan perut yang lapar dengan bermacam jenis masakan dari setiap negara.

Untuk anak-anak, mereka bisa merasakan sensasi Lagoon Waterpark, mesin ombak untuk simulasi selancar, taman air yang terbuat dari seluncuran, dan serangkaian atraksi yang bisa memacu adrenalin yang bisa dinikmati seluruh keluarga.

8. Marina Beach

Marina Beach
  • Alamat: Marina Dubai
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Pantai Marina merupakan pantai distrik baru Dubai. Dalam beberapa tahun terakhir, pantai ini sudah menjadi magnet bagi wisatawan. Pantai Marina berada tidak jauh dari Jumeirah Beach Park dan menawarkan pantai dengan pasir putih serta pohon-pohon palem yang besar yang memberikan keteduhan bagi wisatawan yang duduk-duduk di bar sambil menikmati minuman. 

Lautnya memiliki air yang bersih dan mandi di sini bisa menjadi sebuah kesenangan. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain karena pantai ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti menikmati resor dengan spa, atau memanjakan diri dengan permainan golf. Selain itu, wisatawan bisa juga mengajak anak-anak berjalan-jalan di kebun binatang.

9.  Al Khan Beach, Sharjah

Al Khan Beach, SharjahSumber: youtube.com
  • Alamat: Terletak di lingkungan Al Khan dekat dengan kota Sharjah
  • HTM: Gratis

Al Kahn Beach berada di Emirat Sharjah, tepat di utara Dubai. Tempat wisata ini merupakan pantai umum yang tak boleh dilewatkan oleh para pencari sinar matahari dan penyuka olahraga yang memicu adrenalin. Wisatawan bisa mengikuti kursus selancar layang, ski air, parasailing, jet boarding, juga selancar.

Anak-anak yang datang ke pantai ini akan menyukai Aquapark beserta taman bermainnya yang terapung. Pengunjung dari segala usia akan menyukai fasilitas di sini seperti kursi berjemur, kamar mandi, dan kafe, yang membuat waktu bersantai di pantai jadi nyaman.

10. Jebel Ali Beach

Jebel Ali Beach
  • Alamat: Public Beach, Mina Jebel Ali, Dubai, Uni Emirat Arab
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Jarak Pantai Jebel Ali sekitar 30 menit dari arah selatan pusat kota Dubai dan area pengembangan rekreasi terbaru Emirat. Pantai ini sudah dikenal sebagai zona industri yang memiliki pelabuhan buatan terbesar di dunia. Area ini merupakan rumah untuk banyak pantai berpasir yang panjang.

Tidak hanya pantai, area ini juga merupakan tempat menyelam yang populer. Area Jebel Ali Beach yang luas dan datar terletak tepat di depan pulau kedua dari tiga pulau yang berbentuk palem, yaitu Palm Jebel Ali.

Deretan 10 pantai terkenal di Dubai seperti membukakan mata bagi mereka yang belum pernah menjejakkan kaki di Dubai. Mungkin banyak orang berpikir kalau Dubai hanya berisi gedung-gedung tinggi dan gurun pasir. Ternyata Dubai memiliki pantai-pantai yang indah.

Hampir seluruh pantai terkenal di Dubai memiliki pasir berwarna putih dan lembut. Kebanyakan pantainya juga tidak memungut bayaran. Tertarik untuk menjejakkan kaki di pantai-pantai yang ada di Dubai?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram