Istirahat Makan Siang di "Pawon Pitoe" Bandung, Yuk!

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 11 April 2020

Biasanya Lembang, Dago dan Riau menjadi destinasi turis luar kota Bandung untuk kulineran. Padahal, selain di tiga daerah tersebut, masih banyak tempat makan yang enak di Bandung. Untuk yang hidup atau sedang berada di daerah kota Bandungnya, Keluyuran punya satu tempat makan yang recommended, yaitu Pawon Pitoe.

Pawon Pitoe diambil dari bahasa Jawa yang artinya adalah Dapur Tujuh. Pawon Pitoe mengusung tema kafe-resto yang cocok untuk anak muda atau pun orang dewasa. Pawon Pitoe sudah berdiri selama sekitar 4 tahun lamanya. Restoran yang terletak di Jalan Talaga Bodas ini memiliki menu tradisional sebagai menu andalannya, seperti sop iga bakar, lidah sapi goreng, dan masih banyak lagi.

Kalau menurut author sendiri, Pawon Pitoe ini lebih mirip seperti pujasera, karena menunya sangat banyak. Lalu, saat terakhir author ke sana, ada menu dengan nama restoran terpisah yang menjajakkan kopi dan aneka minuman lainnya. Tapi, tetap memesannya di satu tempat, yaitu di kafe resto Pawon Pitoe.

Lokasi

Pawon Pitoe

Kafe dan Restoran Pawon Pitoe ini terletak di Jalan Talaga Bodas No. 48, Burangrang, Lengkong, Kota Bandung. Waktu operasinya dimulai dari pagi sekali hingga malam sekali, yaitu dari jam 7 pagi - 11 malam. Walaupun namanya diambil dari bahasa Jawa, di sini tidak hanya tersedia aneka kuliner khas Jawa.

Pawon Pitoe

Waktu itu, author Keluyuran datangnya pada saat istirahan makan siang kantor. Karena lokasi Pawon Pitoe dekat dengan sekolah dan kantor, maka pada jam-jam siang tempat makan ini penuh dengan orang kantoran yang sedang istirahat dan orang tua serta anak yang baru menjemput pulang sekolah.

Menu

menu Pawon Pitoe

Bisa dibilang kalau Pawon Pitoe menyediakan aneka kuliner khas nusantara. Karena, ada banyak sekali pilihan menu makanan dan minuman dari beberapa daerah Indonesia. Untuk Main Course-nya, Pawon Pitoe menyediakan Nasi Ayam Ungkep, Nasi Tongseng Kambing/Sapi, Nasi Sop Ikan Gurame, Nasi Goreng Seafood, Nasi Campur Bali, Nasi Iga Bakar Coet (hot plate 'coet'), dan masih banyak lagi.

menu Pawon Pitoe

Kalau Anda sedang ingin makan masakan internasional seperti steak dan pasta, di sini juga ada, kok! Untuk menu steak, di Pawon Pitoe ada menu Chicken Schnitzel, Sirloin Dhabu-dhabu, Tenderloin Steak, Dori Fish Steak, Salmon Steak, Wagyu Steak, dan Sirloin Steak. Lalu, untuk menu pastanya, di Pawon Pitoe tersedia cukup banyak pilihan. Mulai dari Spaghetti Aglio Olio, Bolognaise, Carbonara, hingga saus Cream with Grilled Chicken.

menu Pawon Pitoe

Kalau Anda datangnya rame-rame beserta rombongan dari kampus, kantor, atau keluarga, Join Dishes Menu merupakan pilihan yang terbaik.

Porsi menu ini banyak dan besar. Sebut saja Ayam Goreng Rempah (ayam pejantan dimasak dengan bumbu rempah khas Pawon Pitoe, lalu disajikan dengan sambel dadak), Udang Goreng Sambal Mangga (udang goreng tepung + sambal mangga asam pedas), Cumi Tabur Bawang Putih, dan masih banyak lagi.

menu Pawon Pitoe

Selain menu-menu yang sudah Keluyuran sebutkan di atas, masih banyak pilihan menu makanan lainnya seperti aneka sate. Ada Sate Lilit Khas Bali, Sate Sapi bumbu Bali, Sate Kambing, Sate Maranggi (Sapi dan Kambing) hingga Sate Wagyu. Anda sedang diet? Butuh makan serat yang banyak? Nih, ada menu sayuran seperti Urap Bali, Tumis Keciwis, Tumis Genjer, Capcay, Tahu Semarang, dan masih banyak lagi.

menu Pawon Pitoe

Kalau Anda datang ke Pawon Pitoe pada jam-jam sarapan, Anda bisa memesan aneka Nasi Uduk dan Nasi Goang. Lalu, jika Anda ingin cemal-cemil saja, di sini ada Mashed Potato, French Fries, Scrambled Egg, Calamary Fritos, Tahu Gedjrot, Tempe Mendoan, Singkong Santan, Tahu Tegal, dan lain-lain.

menu Pawon Pitoe

Seperti yang author Keluyuran sebutkan di atas, di Pawon Pitoe ada menu 'terpisah' dengan nama "Nyariost Coffee" yang menjajakkan aneka minuman berbahan dasar kopi, teh dan cokelat. Untuk menu Premium Java Preanger Hot Black Coffee, ada pilihan Romo Luwak Fench Press, Lanang Coffee (Vietnam Drip), lalu aneka kopi khas daerah seperti Cikuray, Majalaya dan Ciwidey.

menu Pawon Pitoe

Menu minuman cokelatnya lebih kepada blended, seperti Caramel Chocolate Latte. Lalu, untuk menu tehnya tersedia dalam lebih banyak pilihan, ada Nyariost Healthy Tea, Green Tea Latte, Fresh Mint Tea, hingga Strawberry Tea Latte. Untuk menu Latte available juga untuk kopi. Dan, Anda harus mencoba aneka menu kopi tradisional seperti Hot Kopi Telur, Hot Kopi Tubruk, dan Hot Kopi Susu.

menu Pawon Pitoe

Kalau Anda mau nongki-nongki cantik sambil mendengarkan live music, Anda bisa memesan minuman di Barista seperti Iced Almond Coffee, Hot Kopi Madu, Iced Orange Coffee, Iced Hazelnut Macchiato, dan masih banyak lagi menu blended lainnya.

menu Pawon Pitoe

Tidak sampai di situ saja, Pawon Pitoe juga menyediakan makanan lainnya seperti Roti Bakar, Dimsum satuan dan paketan, Surabi, Rujak, Sup, Dessert, Pisang Bakar, Camilan seperti Seblak, Cilok dan Cireng Rujak, Yoghurt, Squash, Milk Shake, Smoothies, serta aneka Pempek.

Harga

Harga makanan dan minuman di sini termasuk wajar, kok. Untuk makanan beratnya, kisaran harganya dimulai dari Rp 20 ribuan (porsian) dan Rp 70 ribuan (Dimsum Paket Lengkap). Lalu, untuk minumannya, dimulai dari Rp 7 ribu - 30 ribuan.

Pawon Pitoe

Kafe yang terletak di Jalan Talaga Bodas No. 48 ini sering mengadakan event musik live, loh. Pas banget buat Anda yang mau nongkrong malam-malam bersama pacar atau teman-teman. Di sini juga ada TV yang cukup besar untuk nobar pertandingan olahraga.

Jika Anda mau booking atau mau menanyakan sesuatu, Anda bisa menelepon Pawon Pitoe di nomor telepon (022)-7305417. Overall, Pawon Pitoe merupakan tempat yang seru untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Tempatnya pun luas dan muat banyak orang. Apalagi dengan konsep kayunya, membuat interior kafe resto ini enak dilihat dan membuat pengunjung jadi betah berlama-lama di sana.

Pawon Pitoe

Jika Anda seorang muslim, Anda tidak perlu khawatir karena di sini tersedia tempat sholat dan wudhu yang bersih dan cozy. Selesai sudah cerita pengalaman author Keluyuran sewaktu mencoba makan di Pawon Pitoe. Jadi, setelah membaca artikel ini, apakah Anda mau mencoba aneka kuliner di Pawon Pitoe?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram