"Kopi Djongko", Tempatnya Kopi Enak Untuk Wargi Cimahi

Ditulis oleh Syuri

Halo, anak gaul Cimahi. Author mau tanya, kamu lebih sering nongkrong di kafe-kafe Bandung atau di Cimahi? Kemungkinan besar jawabannya sih di Bandung, ya, kan? Wajar, sih, soalnya kota Bandung memang lebih luas dari Cimahi. Terus, wisata kuliner di Bandung jauh lebih cepat perkembangannya daripada di Cimahi, apalagi untuk kuliner unik, restoran, kafe, dan kedai kopi.

Ngomong-ngomong soal coffee shop, di Cimahi ada satu tempat ngopi yang recommended buat kamu para penikmat kopi, namanya adalah Kopi Djongko. Dengar-dengar sih djongko itu artinya nongkrong dalam Bahasa Sunda. Tapi, author tidak tahu kepastiannya, author tidak fasih berbahasa Sunda, sih. Yang jelas Kopi Djongko merupakan tempat yang cociks banget buat nongki bareng teman-teman sambil ngopi dan ngemil.

Kopi Djongko bulan ini genap 1 tahun usianya. Ya, kedai kopi di Cimahi ini berdiri sejak Desember 2016 lalu. Terletak di Jalan Raya Jenderal H. Amir Machmud membuat kedai ini tidak sulit dicari.

Kebanyakan yang nongkrong di sini adalah anak-anak muda dan usia kantoran. Waktu author mampir ke Kopi Djongko, ada beberapa pasangan yang pacaran (cie), beberapa genk-gonk sekolahan, anak-anak kampus, orang kantoran, dan orang-orang militer.

Pengunjung Kopi Djongko datang dari berbagai kalangan karena memang tempat ini universal banget. Siapapun bisa nongkrong di sini. Jika kamu bertanya-tanya kenapa bisa ada orang militer nongkrong di kedai kopi ini, Kota Cimahi kan memang dikenal karena militernya, jadi jangan kaget kalau melihat ada banyak orang kemiliteran nongki di kafe-kafe Cimahi, ya. Sekarang, mari kita kenali lebih dalam seluk-beluk Kopi Djongko, yuk!

Ambience Outdoor

Ambience Kopi Djongko

Ini penampakan depan Kopi Djongko. Kedai kopi ini agak unik karena tanahnya melandai, tapi setelah sampai di tempat duduk tanahnya stabil, kok. Kamu bisa pilih, mau duduk di dalam atau di luar. Untuk ruangan outdoor sendiri ada dua bagian, yaitu di dekat bar dan di pojok sebelah kiri.

outdoor side Kopi Djongko

Ini dia sudut sebelah kiri bagian outdoor Kopi Djongko. Total ada tiga bangku dengan dua macam kursi, yaitu kursi kayu panjang dan kursi yang dibuat dari bekas drum. Kursi yang dibuat dari bekas drum lucu, loh, motifnya dibuat macam-macam dan tidak ada yang sama satu sama lain. Kreatif, ya?

Tapi, sayangnya, karena Kopi Djongko benar-benar berada di pinggir jalan.. Kalau kamu duduk di sini untuk mencari ketenangan sambil minum kopi pasti tidak akan bisa. Suara klakson mobil, motor, dan kendaraan lainnya akan terdengar jelas.

outdoor side Kopi Djongko

Bagian ini juga dekat sekali dengan parkiran. Iya, parkiran motornya dibagi jadi di depan kedai dan di dalam kedai, dan lebih luas parkiran yang di dalam. Mungkin pemandangan kamu akan sedikit terganggu karena bagian outdoor yang sebelah kiri ini seperti "dikepung" oleh motor-motor.

outdoor

Lain halnya dengan bagian outdoor kiri, bangku di bagian kanan terkesan lebih nyaman. Walaupun, tentu saja suara bising kendaraan dan suara orang-orang dari luar tetap terdengar dengan jelas. Di sini ada dua meja yang muat untuk sekitar 6 orang/meja. Lalu, kamu bisa juga duduk di depan barnya langsung di kursi yang tinggi-tinggi itu.


counter

Lampu di bagian outdoor sebelah kanan jauh lebih terang daripada yang di sisi kiri. Mungkin karena di bagian kanan terdapat bar dan kasa, sehingga sengaja dibuat terang. Sedangkan keseluruhan tempat ini (selain bar) lampunya remang-remang manjah~ Sambil menunggu pesanan jadi, kamu bisa menonton cara penggilingan kopi hingga pembuatan kopi di sini.

counter - kassa

Bagian barnya multifungsi banget. Selain sebagai open kitchen, bar ini merupakan tempat memesan, tempat membayar, sekaligus tempat duduk. Satu meja difungsikan hingga tuntas, boleh juga ya idenya? Sekarang, mari kita intip bagian indoor-nya.

Ambience Indoor

Indoor

Sebelum masuk ke ruangan indoor Kopi Djongko, kamu akan disambut dengan pintu kayu (yang sudah dibuka) dan jendela gelap yang diberi gambar lucu-lucu ini. Dari luar saja kamu sudah bisa melihat kalau lampu-lampu pada ruangan bagian dalam menggunakan yang temaram. Sekarang, mari kita masuk ke dalam.

Kopi Djongko

Ini dia bagian dalam Kopi Djongko. Tersedia satu televisi LCD di tengah atas ruangan, tapi orang-orang tidak ada yang menontonnya, sih. Mungkin tv ini jadi "laku" kalau ada pertandingan sepak bola.

Ada banyak sekali meja yang bisa kamu duduki. Ada meja dengan kursi kayu, meja dengan kursi kayu + sofa yang menempel pada dinding, serta ada juga sofa super lebar dengan meja pendek pada sisi sebelah kiri ruangan.

indoor (5)

Author akan menyisipkan foto sofanya. Tapi, sebelum itu, mari kita menghargai lampu-lampu yang super cantik ini. Indah dan sangat aesthetic.

place

Satu lagi foto bagian indoor (pengambilan foto dari sudut paling belakang). Cantik banget, ya, lampunya?

sofa

So, ya, ini dia sofanya. Sofa ini ada di dead end bagian indoor, jadi tidak akan terlihat dari pintu keluar. Tempat duduk ini terdiri dari tiga sofa lebar yang disatukan. Sofanya sih tidak empuk-empuk banget, tapi jelas lebih nyaman. Apalagi jika kamu datangnya rombongan bersama teman atau keluarga, pilih duduk di sofa untuk kenyamanan ekstra.

Food

all food (2)

Nongkrong tidak seru kalau tidak ada makanannya, betul tidak? Sekarang author akan menjabarkan makanan apa saja yang kami cicipi di Kopi Djongko. Enaknya diurutkan dari makanan berat ke ringan, kali, ya?

  • Nasi Goreng Djongko (IDR 23.5K)

Nasi Goreng Djongko (3)

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram