7 Tempat Pemancingan di Bandung Ini Punya Spot Unik dan Nyaman

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Januari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pada masa dulu, memancing adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari makan. Orang-orang pergi ke danau, kolam atau sungai untuk memancing. Namun, di masa sekarang memancing bukan sekedar kegiatan mencari makan. 

Sekarang ini banyak kolam pemancingan buatan yang sengaja dibangun untuk mengakomodasi kebutuhan para pemancingan. Bahkan di Bandung, kolam pemancingan hadir sebagai sarana pelengkap bagi hotel atau penginapan. Wargi Bandung tak perlu keluar kota untuk memancing karena di sini ada beberapa kolam pemancingan yang menarik untuk dikunjungi. 

Ingin tahu tempat pemancingan di Bandung yang menarik untuk dikunjungi? Simak daftar tempatnya berikut ini.

1. Pemancingan Saung Wargi

Pemancingan Saung Wargi

* sumber: tempatwisatadibandung.info

  • Alamat: Jl Jayagiri, Lembang, West Bandung Regency, West Java 40391
  • Jam buka: Senin-Jumat 09.00-22.00 Sabtu-Minggu 08.00-22.00
  • Tarif mancing: Rp35.000/kg
  • Sewa kail: Rp10.000
  • Harga umpan: Rp5.000/mangkuk
  • Harga masak ikan: Rp300.000
  • Telpon: (022) 2787768

Ingin pemancingan yang nyaman dan terlindung dari panas? Ini lah tempatnya. Saung Wargi menyediakan tempat yang nyaman untuk para pemancing. Bukan hanya kolam-kolam pemancingan yang luas namun tempat mancingnya pun dibuat senyaman mungkin. 

Pemilik Saung Wargi membuat saung-saung berukuran cukup besar di atas kolam. Dari saung-saung kecil ini para pemancing dapat duduk dengan nyaman sambil memperhatikan jorannya masing-masing. Saung-saung ini mirip tempat makan di atas kolam yang biasa terdapat di restaurant Sunda. 

Dengan adanya saung mancing yang dibangun para pemancing tak perlu berlelah-lelah kepanasan atau terkena hujan. Ada pula gazebo yang dibangun di atas kolam dibuat dari bambu dan beratap jerami Pengunjung bisa fokus memancing di kolam seluas 1,3 hektar ini. 

Ikan yang terdapat di kolam pemancingan saung wargi bermacam-macam. Ada ikan jaer, ikan bawal, ikan mas dan gurame. Ikan yang diperoleh dapat kamu jadikan makan siang. Jadi kamu bebas memilih ikan yang sesuai selera.

Ada menu lain yang tersaji di saung wargi ini untuk menemai santap makan siangmu seperti olahan buntut cola, dan buntut karamel bakar yang sedap. Saung wargi juga mempunyai minuman signature, yakni minuman yang diracik dengan menggunakan 14 jenis buah yang dicampur es krim buah durian mentong. 

Tidak hanya orang yang hobi mancing saja kok yang datang ke tempat ini. Karena terdapat banyak wahana permainan menarik, banyak yang membawa keluarga untuk berwisata. Ada arena outbond yang didalamnya terdapat macam-macam permainan seperti flying fox, arena bermain anak, kebun binatang mini dan saung-saung istirahat. Nyaman deh pokoknya!

2. Imah Seniman

Imah Seniman

* sumber: www.klikhotel.com

  • Alamat: Jalan Kolonel Masturi No.8 Gudang kahuripan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • Jam buka: Senin-Jumat 11.00-21.00 Sabtu Minggu 09.00-21.00
  • Sewa alat pancing: Rp10.000
  • Telpon: (022) 2787768

Masih berada di kawasan Lembang. Namanya Imah Seniman. Sebenarnya Iman Seniman bukanlah tempat khusus pemancingan. Namun, ini merupakan sebuah kampung wisata yang terbuka untuk umum. Siapa saja boleh bermain di sini, gratis pula masuknya. 

Imah Seniman melengkapi area wisatanya dengan arena permainan outbond, kafe, tempat spa, kolam renang penginapan dan tentu saja kolam pemancingan yang nyaman. Pengunjung tak perlu repot membawa peralatan dari rumah. Imah Seniman menyediakan sewa peralatan mancing di sini. 

Ikan hasil tangkapannya dapat kamu bawa pulang. Namun, untuk dapat membawa pulang ikannya kamu harus bayar terlebih dahulu sesuai dengan berat ikannya. 

3. Pemancingan Situ Umar

Pemancingan Situ Umar

  • Alamat: Jl. Raya Lembang Bandung
  • Jam buka: Selasa-Kamis 13.00-17.00 Minggu (lomba) 09.00-16.00
  • Tarif Mancing: Rp30.000/kg
  • Telpon: 022-2786770

Ada dua jenis kolam mancing di pemancingan situ umar, yakni kolam umum yang buka setiap hari dan kolam galatama yang ekslusif. Disebut demikian sebab kolam galatama adalah kolam yang hanya digunakan untuk kompetisi atau event tertentu. 

Event yang diselenggarakan oleh pemilik Situ Umar berhadiah besar loh. Hadiahnya menarik. Ada motor dan mobil untuk para juara. Tiket kompetisinya mulai dari Rp350.000-Rp1.000.000. Sebanding dengan hadiah yang ditawarkan oleh pemilik Situ Umar. 

kolam pancing harian Situ Umar kerap dipenuhi oleh pemancing dari berbagai wilayah. saung dibangun di pinggir-pinggir kolam untuk para pemancing. Dengan adanya saung mancing ini mereka dapat dengan tengan dan aman memancing di kolam sambil menikmati pemandangan alam di tengah udara sejuk. 

4. Kolam Pemancingan di Brigif 15 Kujang

Kolam Pemancingan di Brigif 15 Kujang

* sumber: www.bebeja.com

  • Alamat: Baros Cimahi Tengah Kota Cimahi Jawa Barat 40521
  • Jam buka: Senin-Minggu 06.00-18.00

Kolam pemancingan yang lebar memanjang 100 m x 25 m ini berada di kawasan Brigif milik TNI AD. Kolam ini menggunakan air limbah dari penduduk. Sebelum air dialirkan ke kolam air diendapkan terlebih dahulu lalu disaring di kolam yang berukuran 50 meter x 25 meter. 

Di kolam penampungan tersebut ditanami eceng gondok agar air bersih. Kolam yang telah beroperasi sejak tahun 2012 ini pernah menjadi lokasi kompetisi mancing yang diadakan oleh salah satu stasiun TV swasta nasional. 

5. Pemancingan Cipaku

Pemancingan Cipaku

* sumber: www.kompasiana.com

  • Alamat: Jl. Cipaku Indah X No.2-4, Ledeng, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40143
  • Jam buka: 24 jam
  • Tarif Mancing: Rp25.000/kg
  • Telpon: (022) 2010221

Letak kolam pemancingan ini berada di kawasan hotel Grand Cipaku. Letaknya memang agak tersembunyi dan cukup jauh dari jalan raya. Namun, tidak sulit kok mencari lokasinya sebab kondisi jalan menuju Grand Hotel Cipaku sudah bagus dan lebar. 

Kolam pemancingan kepunyaan hotel Grand Cipaku ini dibuka untuk umum. Dengan membayar Rp5.000 untuk sewa alat pancing dan Rp3.000 untuk umpannya, kamu dapat menikmati kenyamanan memancing dengan view indah hotel. 

Di kolam pemancingan ini pihak hotel menyediakan jasa memasak ikan hasil tangkapan dari kolam pemancingan. Setiap 1 kg ikan yang dimasak oleh koki hotel dihargai Rp25.000. 

6. Pemancingan Mengger

Pemancingan Mengger

* sumber: www.infobdg.com

  • Alamat: Jl. Mengger Bandung Selatan 
  • Jam buka: Senin-Minggu 08.00-18.00
  • Tarif mancing: Rp30.000/kg

Daerah Mengger di daerah Bandung Selatan memang terkenal sebagai kawasan pemancingan. Orang-orang yang hobi mancing pasti tahu tempat ini. lokasinya tepat berada di belakang kampus Universitas Telkom.

Kamu dapat mengakses tempat ini dari berbagai arah seperti lewat Jl. Sukaati di Jl Soekarno-Hatta. Dari sini kamu akan melewati perkampungan penduduk. 

7. Waduk Saguling

Waduk Saguling

* sumber: metropuncaknews.com

  • Alamat: Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam 

Memancing di kolam buatan dan di waduk yang areanya lebih luar tentu mempunyai sensasi yang berbeda. Perlu teknik dan trik khusus agar menghasilkan ikan yang banyak. Salah satu bendungan yang menjadi favorit wargi Bandung dan sekitarnya untuk memancing adalah waduk Saguling. 

Waduk atau bendungan yang diperuntukan demi memenuhi kebutuhan listrik area Jawa Barat ini  dimanfaatkan pula untuk budidaya ikan. Para petani ikan yang ada di sekitar waduk membuat petak-petak tambak untuk memelihara ikannya. 

Dari kejauhan terlihat petak-petak tambak tersebut mengapung di permukaan air waduk. Di antara tambak-tambak milik para petani ada juga yang dimanfaatkan sebagai spot memancing. Ada banyak macam-macam spot yang tersedia di waduk saguling. 

Lokasi memancing ini ada yang harus dicapai dengan perahu alias berada di tengah waduk, ada pula yang berada di pinggir-pinggir waduk. Uniknya, para petani ikan ini menamai spot memancing dengan nama pemiliknya. 

Ada lapak Ci Kadal Bah Ateng, Cimariuk Pak Odong, Lapak Yudi, Sukaguna, Ci Gagak dan banyak lagi. Setiap lapak mempunyai fasilitas yang berbeda. Untuk spot yang berada di tengah waduk, para pemancing harus menyewa rakit dengan biaya sewa rata-rata Rp5.000. 

Di Saguling terdapat banyak sekali ikan air tawar seperti ikan nila, ikan mas, patin, dan hampala. Ikan-ikan ini menjadi favorit para pemancing. Hasil tangkapan ikan dapat dibawa pulang. Harga perkilogram ikan bervariasi tergantung dari tarif yang dipasang pemilik lapak. 

Bagi para pelaku hobi mancing menjajal tempat pemancingan satu dan yang lainnya tentu menjadi sebuah cara agar kegiatan memancing tidak membosankan, sebab setiap pemancingan pasti menyuguhkan hal baru yang tidak dipunyai di tempat lain. Kamu bisa lebih semangat memancingnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *