Yuk, Cari Tau Perbedaan Hotel, Hostel, Motel dan Penginapan!

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sekarang ini, travelling sudah seperti menjadi gaya hidup atau lifestyle. Bukan hanya untuk pemuda saja, namun semua kalangan menyukai travelling. Travelling sendiri juga menjadi salah satu cara yang tepat untuk menghilangkan penat dari kesibukan dan rutinitas sehari-hari.

Salah satu bagian yang penting dalam travelling selain destinasi wisata tentunya adalah tempat yang nyaman untuk menginap. Ada berbagai jenis penginapan yang tersedia untuk para pelancong. Mulai dari rumah kerabat atau saudara, hingga hotel dengan berbagai fasilitas.

Dari banyaknya jenis penginapan yang tersedia, tidak sedikit juga banyak orang yang belum mengetahui atau tidak paham perbedaan diantara berbagai jenis penginapan tersebut. Oleh karena itu, Keluyuran akan memberikan penjelasan dari berbagai jenis penginapan yang sering kita jumpai, supaya kamu tidak bingung lagi membedakannya. Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Hotel

Hotel

Hotel mungkin merupakan salah satu penginapan yang paling sering mudah dijumpai baik di kota besar maupun di kota kecil. Hotel adalah sebuah penginapan yang tidak hanya menyediakan tempat tidur sebagai tempat istirahat, namun juga menyediakan makan untuk para tamunya. Selain hanya menginap, para kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan oleh masing-masing hotel.

Selain itu fasilitas dan jenis hotel tersedia juga berbeda-beda tergantung dengan jenis hotelnya. Jenis hotel sendiri terdiri dari hotel berbintang dan hotel non bintang. Yang membedakan antara hotel bintang dan non bintang adalah fasilitas yang disediakan.

Jika hotel berbintang, biasanya memiliki fasilitas yang lebih bagus dan lebih lengkap seperti sarapan hingga fasilitas kolam renang. Semakin banyak bintangnya maka semakin bagus juga fasilitas yang di sediakan. Sebaliknya, jika hotel non bintang biasanya memiliki fasilitas yang biasa saja namun juga tetap nyaman untuk menginap.

2. Boutique Hotel

Boutique Hotel

Sesuai dengan namanya, penginapan jenis ini tidak jauh berbeda dengan hotel yaitu sebuah penginapan yang menyediakan berbagai fasilitas di dalamnya. Fasilitas yang diberikan juga tidak kalah lengkap dibandingkan dengan hotel berbintang sekalipun. Yang membedakan antara boutique hotel dengan hotel adalah jenis bangunannya.

Jika hotel terdiri dari banyak kamar, maka boutique hotel dibangun dengan jumlah kamar yang terbatas. Selain itu, bentuk bangunannya juga jauh lebih mewah daripada hotel. Karena boutique hotel memiliki bangunan yang lebih mewah, maka harga sewanya pun juga jauh lebih mahal dibandingkan hotel meskipun fasilitas yang diberikan tidak jauh berbeda dengan hotel pada umumnya.

3. Resort

Resort

Resort merupakan jenis penginapan dengan banyak kamar yang dibangun atau terdapat pada tempat yang memiliki pemandangan alam yang bagus, misalnya saja di daerah pegunungan atau di pantai. Penginapan jenis ini biasanya diincar oleh para pelancong yang sedang mengunjungi daerah tempat wisata tertentu.

Selain hanya tempat istirahat saja, resort juga menyediakan berbagai fasilitas untuk tamunya. Antara lain tempat untuk bermain anak, sarana hiburan, atau bahkan tempat untuk olahraga. Karena resort terdapat di tempat dengan pemandangan alam yang bagus, maka penginapan jenis ini biasanya mengutamakan unsur rekreasi di dalamnya sehingga pengunjung tidak merasa bosan.

4. Cottage/ Bungalow

Cottage/ Bungalow

Serupa dengan resort, cottage atau bungalow juga merupakan penginapan yang banyak terdapat di tempat yang memiliki pemandangan alam yang indah. Hanya saja, bangunan cottage atau bungalow bukanlah berupa kamar-kamar seperti halnya resort.

Cottage atau bungalow sendiri memiliki bangunan yang terpisah satu sama lain. Bangunannya juga lebih menyerupai pondok atau rumah biasa yang terletak terpisah. Dan penginapan jenis ini sangat cocok disewakan untuk keluarga atau sekelompok orang.

5. Villa

Villa

Villa merupakan jenis penginapan yang biasanya juga tersedia di tempat wisata atau di pegunungan. Yang membedakan antara villa dengan penginapan lain yang ada di tempat wisata adalah penginapan jenis ini biasanya digunakan untuk jangka waktu yang lumayan lama. Bukan hanya sekedar untuk tempat istirahat atau transit saja.

Penginapan ini biasanya juga dibangun di tempat yang jauh dari keramaian. Villa paling mudah ditemui di daerah pegunungan. Villa juga memiliki bangunan yang serupa dengan rumah hunian, dengan fasilitas lengkap sehingga cocok untuk digunakan dalam waktu yang cukup lama.

6. Losmen

Losmen

Losmen merupakan salah satu jenis penginapan yang benar-benar hanya menyediakan tempat untuk istirahat atau menginap saja tanpa ada fasilitas untuk makan atau fasilitas lain selain menginap.

Losmen mungkin salah satu penginapan yang paling cocok untuk kamu yang hanya mempunyai waktu liburan dalam jangka waktu pendek. Losmen biasanya digunakan oleh para pelancong yang benar-benar hanya membutuhkan tempat untuk istirahat ataupun menginap untuk sementara waktu.

Penginapan jenis ini juga biasanya memiliki tarif yang terjangkau dan cenderung murah mengingat fasilitas yang dimiliki tidaklah banyak. Oleh karena itu, Losmen cocok untuk kamu yang ingin menghemat budget saat liburan.

7. Motel

Motel

Motel merupakan sebuah penginapan yang lokasinya berada di pinggir jalan raya dengan akses yang mudah. Istilah Motel sendiri merupakan singkatan dari Motor Hotel. Sesuai dengan namanya, penginapan jenis ini biasanya menjadi pilihan yang tepat bagi para pengendara yang sedang melakukan perjalanan jauh dan membutuhkan tempat untuk istirahat.

Berbeda dengan hotel, motel memiliki tempat parkir yang dekat dengan masing-masing kamar. Sehingga, para pengunjung tidak perlu jauh jauh berjalan dari kamar ke tempar parkir. Fasilitas yang disediakan di motel tidaklah banyak mengingat tujuan dari penginapan ini adalah hanya untuk tempat istirahat sementara saja. Dan harga sewanya pun juga relatif murah.

8. Guest House

Guest House

Guest house adalah jenis penginapan yang berupa rumah dengan jumlah kamar yang banyak. Dengan adanya jumlah kamar yang banyak, maka penginapan jenis ini seringkali di manfaatkan oleh para rombongan atau keluarga dengan jumlah anggota keluarga yang banyak untuk tempat menginap saat liburan.

Fasilitas yang disediakan oleh guest house dibuat sedemikian rupa seperti rumah hunian. Yang membedakan biasanya adalah jenis kamarnya. Ada tipe kamar single, double atau bahkan dormitory yaitu satu kamar yang bisa digunakan oleh banyak orang.

Harga sewa guest house bisa dibilang lebih murah jika dibandingkan dengan hotel. Hal ini disesuaikan dengan fasilitas yang ada. Oleh karena itu, penginapan ini seringkali di pilih saat liburan.

9. Hostel

Hostel

Hostel merupakan penginapan yang memiliki bentuk bangunan yang hampir sama dengan asrama yaitu dalam sebuah kamar terdapat beberapa tempat tidur. Jadi, apabila di hotel para tamu bisa memiliki sebuah kamar selama waktu sewa, sedangkan di hostel para tamu hanya memiliki satu kasur saja.

Fasilitas yang disediakan hostel tidaklah jauh berbeda dengan hotel. Meskipun tidak selengkap hotel, para tamu akan tetap mendapatkan makan walaupun hanya makanan ringan atau sekedar roti dan teh hangat. Disini juga para tamu diminta untuk mandiri, karena staf yang ada di hostel terbatas jumlahnya.

Hostel cocok untuk para backpacker atau solo traveller karena harga sewanya murah. Kelebihan lain dari hostel adalah mudahnya para tamu untuk berinteraksi satu sama lain. Meskipun hostel memiliki tempat tidur yang banyak dalam satu kamar, para tamu bisa memilih tempat tidur sesuai dengan gender mereka.

Diatas tadi adalah penjelasan mengenai beberapa jenis penginapan yang sering kita jumpai. Penginapan-penginapan tersebut juga dibedakan berdasakan fungsi dan budget yang kamu sediakan.

Sekarang sudah tidak pusing lagi kan untuk memilih penginapan mana yang cocok untuk liburanmu. Oleh karena itu, pilih penginapan yang nyaman untukmu agar liburanmu juga menyenangkan. Selamat berlibur ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *