Pullman Bandung Grand Central, Hotel Mewah, Fasilitas Wah!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 4 Juni 2021

Akhir-akhir ini kita pasti sudah mulai jenuh dengan pekerjaan dan kegiatan yang lumayan menyita waktu meski sebagian besar mengerjakannya di rumah. Rasanya little escape butuh dilakukan nih untuk refresh badan kita lagi supaya tidak penat. Little escape kayak gimana ya yang paling enak? Hmmm… Staycation jawabannya!

Dengan melakukan staycation; selain kalian bisa ‘berlibur’ sebentar, kalian juga masih bisa mengurus pekerjaan atau kegiatan karena masih berada di dalam 1 kota. Jangan sembarang memilih tempat menginap juga ya! Pastikan tempat menginap atau staycation kalian memang punya fasilitas yang oke dan bisa mengakomodir apa yang kalian butuhkan. 

Nah, Keluyuran punya rekomendasi hotel oke nih di Bandung, adalah Pullman Bandung Grand Central. Mau tahu lebih lanjut sebagaimana keren dan nyamannya hotel ini? Terus ikuti Keluyuran ya untuk jalan-jalan dan staycation di hotel beken ini. Let’s go!

Pullman Bandung Grand Central

Pullman Bandung_Hotel (Copy)
*Source: Pullman Bandung Grand Central

Hotel Pullman ini merupakan salah satu member dari jaringan hotel ternama dan terbesar Accor Group. Berdiri di tahun 2020, hotel ini langsung menjadi salah satu hotel dengan banyak peminatnya baik dari tamu lokal maupun luar negeri.

Pasalnya, hotel ini sangat strategis dimana letaknya ada di pusat kota Bandung dan persis diapit oleh ikon kota Bandung yang terkenal; yaitu Gedung sate dan Jalan Layang Pasupati. 

Pullman memiliki total kamar sebanyak 279 unit seluruh 18 lantai yang mereka miliki. Kurang lebih 500 tamu bisa Pullman tampung untuk dilayani dengan super baik. Kamar-kamar tersebut terbagi Deluxe Room Gedung Sate View, Deluxe Room City View, Executive Room, Junior Suite, Pullman Suite dan Pullman Grand Suite yang hanya ada 1 unit di tiap lantai 1 hingga 18. 

Hotel Pullman ini juga berdiri berdampingan dengan Pullman International Convention Center dan Hotel Ibis Styles. Jadi kalau budget kamu lagi oke, kamu bisa nih melakukan staycation di Pullman.

Suasana

Pullman Bandung_Suasana (Copy)
*Source: Pullman Bandung Grand Central

Sebagian besar design hotel mengambil tema campuran antara art-deco dan tema nusantara, khususnya Jawa Barat. Pullman bahkan memakai gambar burung merak sebagai maskotnya.

Bukan sembarang taruh, alasan Pullman memakai burung merak karena burung ini merupakan lambang dari penyambutan. Sesuai dengan misi mereka untuk selalu melayani dan menyambut para tamunya dengan sangat baik

Saat Keluyuran berkunjung untuk melakukan staycation di sana, sudah ada banyak yang menyambut. Mulai dari petugas valet, sekuriti, concierge, petugas resepsionis sampai robot mungil bernama Nano. Lucu kan? Robot ini akan menjadi teman kamu apabila antrian di konter check-in masih mengular.

Mano akan menyapa kamu begitu kamu mendekatinya. Seluruh informasi mengenai hotel dan kota Bandung ada di layar si Mano. Seperti yang sudah Keluyuran bilang, mereka menyambut tamunya dengan baik!

Kamar

Pullman Bandung_Kamar (Copy)
*Source: Pullman Bandung Grand Central

Seperti yang sudah diinformasikan di atas, Pullman Bandung Grand Central punya beberapa jenis kamar yang berbeda, lho. Nah, sekarang kita intip kamar-kamar yang ada disini yuk!

1. Deluxe Room Gedung Sate & City View

Pullman memiliki 6 jenis kamar, yaitu Deluxe Room Gedung Sate View, Deluxe Room City View, Executive Room, Junior Suite, Pullman Suite dan Pullman Grand Suite. Untuk kamar Deluxe, kalian bisa memilih kamar dengan single bed dan double bed. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang stay di kamar eksekutif.

Kamar Deluxe ini menggunakan Kasur King Size yang cukup lega untuk dua orang atau Kasur terpisah yang lumayan besar untuk ditempati sendiri. Luas kamar ini sendiri mencapai 36 meter persegi. Luas bukan? 

Hampir semua kamar dilengkapi dengan walk-in closet, toilet dan kamar mandi terpisah, komplimentari seperti minuman, espresso maker, LCD 55 inch yang penuh dengan tayangan hiburan dari seluruh dunia, alat olahraga seperti timbangan digital, karpet yoga dan 2 buah dumbbell, setrika sekaligus papan setrika dan masih banyak lagi.

2. Executive Room 

Selanjutnya, ada Executive Room. Kamarnya hampir sama dengan kamar tipe Deluxe, perbedaannya hanya di akses menuju Executive Lounge di lantai 16. Sedangkan untuk fasilitas lainnya masih sama. Yang menarik dari tiap kamar adalah desainnya yang terinspirasi dari tanah Pasundan. Tari merak dan batik Sunda, menghiasi separuh kamar kamu.

3. Junior Suite Room

Berbeda dengan Deluxe dan Executive, kamar jenis Junior Suite ini memiliki fasilitas yang agak berbeda. Selain kamarnya yang mencapai 84 meter persegi, kamar tidur kamu juga memiliki living room sendiri. 

Kamu juga akan dibuat nyaman saat mandi! Bathtub yang ada di tiap kamar Junior Suite mengarah ke jendela besar yang memperlihatkan pemandangan kota Bandung. Para tamu kamar ini juga bisa menikmati akses ke Executive Lounge di lantai 16 untuk menikmati afternoon tea atau makan dan minuman yang disediakan secara privat.

4. Pullman Suite

Kamar paling mewah setelah Junior Suite. Kamar ini memiliki 1 kamar di ruangan terpisah dari ruang kerja, living room dengan sofa super empuk dan LED TV 69 inch, mini bar, walk-in closet dan dua kamar mandi. Kaca besar dengan pemandangan Gedung Sate dan gunung Tangkuban Perahu membentang luas menghiasi kamar. 

Pullman Suite ini biasanya dipakai oleh pasangan bulan madu, pebisnis yang ingin menerima tamu secara private atau keluarga yang ingin lebih leluasa bergerak bebas di dalam kamar mengingat kamar ini mempunyai ukuran cukup besar. 

5. Pullman Grand Suite

Kasta paling tinggi dari segala kasta kamar di hotel Pullman Bandung Grand Central ini. Sama seperti Junior Suite, kamar ini hanya ada 1 di tiap lantai dan berada di sayap kanan; menghabiskan lebih besar jumlah ruang dengan fasilitas yang lebih oke dari semua fasilitas yang ada di kamar-kamar lainnya.

Namun saat Keluyuran ke sana, kamar tersebut belum diperuntukan untuk umum. Beberapa bagian kamar masih dikunci rapat dan kemungkinan baru bisa dibuka untuk publik di masa mendatang. Wah, penasaran nih gimana kerennya kamar tersebut; karena mengaca dari Junior Suite saja, fasilitasnya sudah edan.

Fasilitas

Pullman Bandung_Fasilitas (Copy)
*Source: Pullman Bandung Grand Central

Layaknya hotel bintang lima pada umumnya yang menawarkan banyak fasilitas, Pullman Bandung Grand Central ini juga memanjakan para tamunya dengan fasilitas-fasilitas yang oke sekali. Mulai dari lounge hingga business center. Kita mulai dari lantai paling bawah dulu ya! 

1. Lounge & Executive Lounge

Tempat yang akan kamu lihat pertama kali, saat masuk ke dalam hotel ini adalah loungenya yang super mewah. Lounge ini menjadi area tunggu untuk para tamu sebelum melakukan proses check-in.

Kubah kaca dengan besi tempa yang ada di atas loungenya membuat ruangan ini menjadi terang sekali karena membuat cahaya alami masuk menerangi seisi lounge.

Sedangkan untuk Executive Lounge berada di lantai 16 dan hanya merupakan area terbatas. Yang bisa masuk ke sana merupakan para tamu yang stay di Pullman Junior Suite, Pullman Suite dan Pullman Grand Suite.

Konsepnya sama saja seperti lounge di lantai dasar, namun di lounge ini kamu bisa menikmati sarapan disini, kudapan ringan, afternoon tea sampai evening cocktail.

2. Sadrasa Kitchen and Bar

Suntuk seharian di kamar dan butuh makanan atau minuman yang enak dan segar? Kamu bisa mengunjungi Sadrasa Kitchen & Bar. Di sini kamu bisa memesan makanan tradisional maupun internasional yang super lezat. 

Sedangkan untuk kamu yang doyan minum, silakan mampir ke bar yang berada persis di pintu masuk Sadrasa. Mereka menyediakan aneka minuman baik cocktail atau mocktail. Untuk harga, rangenya beragam kok. Sesuaikan dengan budget yang kamu punya ya!

3. Taman Bunga Mawar

Ingin melihat bunga mawar terhampar? Coba datang ke taman mawar bernama Rosalie yang berada persis di samping Sadrasa Kitchen & Bar. Ada banyak sekali bunga yang menghiasi taman dan pastinya oke sekali untuk dijadikan spot foto. Namun saat kita datang ke sana, bunga-bunga mawarnya masih belum mekar.

4. T Box

Selain Sadrasa, tempat yang bisa kamu kunjungi untuk memanjakan diri adalah Tea Box. Di sini kamu bisa hangout bersama teman-teman kamu sambil minum aneka teh yang dijual. Selain teh, kudapan manis dan asin juga tersedia untuk menemani acara minum teh kamu. 

Harga untuk secangkir teh dan kue cukup standar hotel bintang 5, yaitu sekitar Rp150,000 sebelum pajak kamu sudah bisa menikmati satu paket high tea dengan berbagai kudapan ringan dan pilihan teh terbaik dari Dilmah.

Di Tea Box juga kamu bisa mencicipi es krim Turki yang terkenal itu. Eits! Tenang saja, kamu tidak akan harus susah payah mengambil es krim dari tangan penjual yang jahil itu kok. Setelah kamu memesan, ya kamu akan langsung dapat eskrimnya.

5. Grand Staircase

Pullman Bandung Grand Central ini memiliki tangga besar yang ikonik banget, letaknya berada di belakang Tea Box. Berbentuk spiral, tangga ini sering sekali dijadikan tempat untuk foto prewed atau foto-foto para ibu-ibu arisan. 

6. Business Center

Naik ke lantai Mezzanine, tepat di atas lounge, ada business center yang disediakan untuk para on-house guests. Bila kamu menjadi tamu disini dan ada pekerjaan yang harus kamu selesaikan tapi lupa membawa laptop, kamu bisa meminjam PC di business center ini.

Mereka juga menyediakan fax, copy dan printer. Untuk mencetak dokumen, kamu dikenakan biaya per lembarnya. Sisanya? Gratis.

Sebelum masuk ke ruangan ini, kalian bisa menemukan sebuah tulisan sansekerta Sunda yang berupa lirik sebuah lagu berjudul Bandung Selatan di Waktu Malam. Sansekerta tersebut dibuat oleh seniman lokal yang bekerja sama dengan Pullman Bandung Grand Central.

7. Meeting Room

Sebanyak 19 ruangan pertemuan tersebar di hotel ini, mulai dari lantai 1 sampai lantai 2. Untuk lantai 1, seluruh meeting room diberi nama macam-macam teh. Sedangkan untuk di lantai 2 adalah nama-nama kopi. Seperti Toraja, Arabica, Gayo, Robusta dan lainnya. Unik ya?

Ruangan pertemuan yang ada di sini banyak pilihannya; mulai dari yang berkapasitas kecil sampai puluhan orang. Bahkan meeting room yang ada di lantai dua memiliki barnya sendiri untuk coffee break; jadi engga ada cerita lagi peserta berhamburan keluar untuk menikmati kopi yang disediakan jauh dari ruang pertemuan.

Selain itu, setiap meeting room dilengkapi dengan digital flip chart, 5.000 lumens projector, kursi untuk lebih dari 30-50 tamu sesuai layout kursi dan ruangan yang super nyaman dan pasti kedap suara. 

8. Power Fitness

Naik ke lantai 2, kamu akan menemukan fasilitas gym bernama Power Fitness. Di sini kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga, Mulai dari climbing, treadmill, boxing sampai melakukan olahraga menggunakan mesin VR. 

Tidak usah khawatir kebingungan, ada instruktur yang akan menemani kamu kok selama melakukan olahraga di sini. Sebagai catatan, selama masa pandemi, area gym dan kolam renang bisa dinikmati setelah kalian melakukan reservasi sebelumnya ke resepsionis ya. Ingat! Jangan sembarangan langsung masuk tanpa reservasi.

9. Kolam Renang

Kolam renang Pullman terdiri dari 2 kolam, kolam untuk dewasa dan untuk anak-anak. Meski tidak terlalu besar, area kolam renang ini cukup nyaman kok untuk dikunjungi meski hanya untuk merendam kaki saja. Angin sepoi-sepoi dan beberapa pohon membuat area kolam renangnya menjadi semakin sejuk. 

Oh iya, ingat soal reservasi yang sudah disebutkan tadi ya! Hal tersebut dilakukan supaya protokol kesehatan tetap bisa dilakukan. Area gym dan kolam selalu dipantau kebersihannya dan disterilisasi setelah digunakan.

10. Ballroom

Ada dua tipe ballroom yang ada di hotel ini. Ada Junior Ballroom dan Grand Ballroom. Kedua Ballroom tersebut kerap digunakan untuk pesta pernikahan.

Saat pandemi, kapasitas Grand Ballroom hanya boleh diisi 30% dari kapasitas maksimumnya yang bisa menampung lebih dari 3,000 orang. Untuk Junior Ballroom pun serupa. Kalau ditotal, hanya boleh ada 300 orang saja di ruangan sebesar itu. 

Harga

Pullman Bandung_Harga (Copy)

Berapa sih harga untuk menginap di Hotel Pullman Grand Central Bandung? Ini dia sesi yang paling ditunggu! Harga untuk kamar baik Deluxe, Executive dan Junior Suite per malam itu tidak tentu karena bisa berubah mengikuti tinggi atau rendahnya permintaan kamar. 

Namun biasanya harga kamar Deluxe itu sekitar Rp 1,200.000 sudah termasuk sarapan. Untuk Executive Room di sekitar Rp 1,700,000, Junior Suite di sekitar Rp 3,000,000 dan Pullman Suite di sekitar Rp 6,000,000. Mau lebih murah, kita punya tipsnya nih! 

Caranya, kamu tinggal daftar sebagai member dari grup Accor. Saat kamu sudah menjadi member, harga hotel akan turun sebanyak 30%! Tapi ingat, kalau sudah jadi member, pesan kamarnya langsung di website resmi mereka ya jangan di aplikasi online lain.

Wah, lengkap ya? Semuanya sudah tersedia di Pullman Grand Central Bandung. Kalau sudah begini acara staycation jadi bakal super nyaman sekali. Bagaimana? Tertarik menjadi salah satu temannya? Oh iya, untuk video Keluyuran di hotel Pullman Bandung Grand Central, kalian bisa cek langsung di link ini ya! Selamat ber-staycation ria!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram