10 Macam Souvenir Alat Tulis Khas Jepang untuk Oleh-Oleh

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 September 2021

Jepang tidak hanya terkenal dengan anime, manga, dan makanannya yang unik dan cantik tapi juga dikenal memproduksi alat tulis yang lucu-lucu. Alat tulis yang mereka produksi terkadang bisa benar-benar out of the box. Tak hanya bisa digunakan sehari-hari, alat-alat tulis tersebut juga lucu sehingga menarik untuk dijadikan sebagai souvenir.

Memilih souvenir adalah salah satu aktivitas saat kita bepergian ke sebuah negara. Terkadang aktivitas ini bisa cukup memakan waktu karena kita bingung akan membeli apa.

Alat tulis telah menjadi salah satu souvenir Jepang yang paling terkenal, bersama dengan permen, makanan ringan, dan kosmetik. Kalau kamu mencari oleh-oleh dari Jepang yang unik, coba souvenir alat tulis Jepang berikut ini.

1. FriXion Ball Pens

FriXion Ball Pens

FriXion Ball Pen merupakan pulpen yang tintanya dapat dihapus. Keren bukan? Di ujung pulpen disertakan penghapus karet khusus yang bisa menghapus dan menulis ulang tulisan yang kamu buat. Tak perlu lagi dicorat-coret atau menggunakan correction tape.

Pulpen ini tentunya berguna untuk pelajar dan pekerja kantoran yang sibuk. Tak hanya terkenal di Jepang, pulpen ini juga semakin populer di kalangan wisatawan. Pulpen ini kini hadir dalam bermacam warna dan jenis yang terus bertambah.

Ini akan menarik jika diberikan sebagai souvenir. Oh iya, satu hal yang perlu diingat, karena tinta pena ini bisa dihapus melalui gesekan, menulis nama atau alamat pada surat dan menandatangani kontrak dengan menggunakan ini tampaknya bukan ide yang bagus. 

2. Masking Tape

Masking Tape

Kalau kamu jalan-jalan ke toko alat tulis di Jepang, kamu akan menemukan selotip yang jenisnya banyak sekali, mulai dari selotip sederhana, polos sampai yang bergaya dengan pola tercetak pada permukaannya. Beragam selotip ini bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda.

Yang unik dari selotip-selotip dari Jepang ini yaitu bisa dilepas dan ditulisi. Selain itu, selotip ini bisa dirobek menggunakan tangan. Kegunaannya juga macam-macam, bisa untuk menghias catatan, bisa juga untuk membungkus pegangan payung atau mengemas barang.

Karena selotip ini dapat ditulisi, maka bisa juga berfungsi sebagai label. Ada juga selotip yang bisa digunakan sebagai stiker. Selotip dengan dengan desain dan pola tradisional Jepang sudah menjadi souvenir populer.

3. Double Ring Green Note

Notebook ini merupakan hasil produksi dari Ax Corporation. Tak berbeda dari namanya, Double Ring Green Note merupakan notebook yang dilengkapi dengan kertas berwarna hijau.

Menanggapi postingan di sosial media yang mengatakan bahwa dia hipersensitif jadi tidak ingin menggunakan notebook dengan kertas berwarna putih karena pantulan cahaya menyakiti mata, maka perusahaan tersebut akhirnya menawarkan notebook ini ke seluruh negeri.

Green Note dibuat khusus untuk orang yang memiliki kondisi visual seperti oxyopia. Orang dengan oxyopia susah melihat tulisan pada kertas putih karena reflektifitas kertas. Notebook dengan kertas warna hijau pucat lebih lembut di mata.

Warna hijau pucat ini mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan kembali. Ini dapat membantu pengguna melihat tulisan mereka dengan lebih jelas.

Kehadiran notebook ini tentunya akan sangat membantu mereka dengan kondisi visual juga siapa saja yang merasakan ketegangan mata ketika menggunakan kertas putih. Terdapat empat ukuran notebook, yaitu B5, A5, B7, dan A7.

Notebook ini memiliki banyak kegunaan. Kamu bisa menggunakannya untuk mencatat memo sampai digunakan dalam bisnis. Green Note dengan kertas yang mengurangi pantulan cahaya ini nyaman di mata serta terkenal di kalangan pria dan wanita juga tua dan muda.

4. Nakabayashi Lifestyle Tool Box

Nakabayashi Lifestyle Tool Box ini merupakan kotak praktis yang dapat digunakan untuk membantu mengatur semua barang di meja, seperti pena, gunting, penggaris, dan lem. Yang keren dari kotak ini yaitu bentuknya yang terlihat lucu.

Selain itu, sesudah selesai menggunakannya, kotak ini bisa dilipat ke dalam kotak penyimpanannya sendiri sehingga membuatnya rapi serta mudah digunakan. Terdapat beragam gaya dan warna yang bisa dipilih. Jadi, kamu tak perlu bingung apakah kotak ini akan cocok dengan ruanganmu atau tidak.

Selain untuk alat tulis, kotak ini juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan kosmetik dan barang-barang kecil lainnya. Kegunaan kotak ini hanya bisa dibatasi oleh imajinasimu. Tentunya kotak ini juga bisa jadi souvenir yang lucu, ya.

5. Washi

Washi

Washi adalah kertas Jepang yang terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak benda UNESCO. Kertas ini bisa jadi souvenir yang menarik sebagai oleh-oleh dari Jepang. Kertas yang cantik ini bisa sebagai alat tulis atau bisa juga untuk menghias rumahmu.

Kertas washi dibuat dari bahan serat pohon murbei. Karena kertas ini dibuat secara handmade, maka setiap produk mempunyai penampilan yang unik. Kertas ini juga lebih kuat dari kelihatannya sehingga cocok untuk digunakan sebagai origami, kertas kado atau dekorasi.

6. Penghapus Bertema

 Penghapus Bertema

Alat tulis Jepang lainnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu penghapus berbentuk unik yang bisa dijumpai di Jepang. Ada penghapus berbentuk permen yang terlihat seperti permen asli sampai sushi dan maneki neko, kucing pemanggil yang dipajang di toko-toko.

Mungkin kamu tidak akan bisa menemukan beragam jenis penghapus seperti yang ada di Jepang. Ada salah satu merek penghapus yang bagus untuk dijadikan souvenir alat tulis Jepang, yaitu penghapus merk IWAKO. Penghapus ini tersedia dalam banyak warna dan variasi.

Produk ini memiliki kualitas yang tinggi dan dijual dalam set di toko-toko alat tulis di seluruh Jepang. Harganya hanya beberapa ratus yen. Ini bisa jadi souvenir yang unik untuk anak-anak atau remaja.

7. FriXion Light

 FriXion Light

FriXion Light merupakan highlighter yang sempurna untuk digunakan ketika kamu ingin menandai buku referensi dan notebook. Tersedia dalam tiga warna, yaitu "fluorescent" yang menghasilkan warna yang solid, "soft" yang terasa nyaman di mata, serta "natural" dengan warna yang terang.

Warna natural adalah produk baru yang mulai dipasarkan pada Februari 2020. Yang membedakan produk terbaru ini yaitu rona lembut warnanya yang tidak terlalu tajam tapi memungkinkan tulisan yang disorot tetap terlihat jelas. Direkomendasikan untuk pewarnaan grafik serta ilustrasi kecil.

8. Dr. Grip CL PlayBorder 0.3 mm

8. Dr. Grip CL PlayBorder 0.3 mm

Kamu pasti sudah biasa menggunakan pensil mekanik, kan? Produk alat tulis Jepang yang satu ini berupa pensil mekanik yang bisa sesuaikan. Contohnya, kamu bisa melepas ban pada pegangan dan menggantinya dengan ban warna apa pun yang kamu suka.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cat kuku, stiker, dan selotip pada tutupnya agar pensil mekanikmu terlihat unik. Yang unik lainnya adalah isi pensil dapat didorong keluar dengan cara menggoyangkan pensil. Selain pensil mekanik, tersedia juga dalam bentuk pulpen.

9. Hobonichi Planner

 Hobonichi Planner

Ingin bisa mengatur jadwal harian kamu dengan cara yang menyenangkan? Mungkin alat tulis Jepang yang satu ini cocok untukmu. Hobonichi Planner merupakan jurnal yang memungkinkan penggunanya untuk mencatat rencana harian mereka, melacak tujuan, dan menuliskan pemikiran lainnya.

Selain untuk menuliskan jadwal, ada juga orang yang menempelkan potongan dari koran serta bahan belajar lainnya di dalam planner ini karena halamannya ringan tapi berkualitas tinggi.

Buku planner ini tersedia dalam bermacam warna, ukuran, dan gaya. Tersedia juga sampul yang bisa kamu beli untuk planner ini agar bisa disesuaikan dengan jurnalnya. Untuk kamu yang tak biasa menulis jadwal atau membuat jurnal, planner ini bisa digunakan dengan mudah dan menyenangkan.

10. Kokuyo Stapleless Stapler

 Kokuyo Stapleless Stapler

Tema dari produk Jepang ini yaitu 'lingkungan', 'keamanan' serta 'efisiensi'. Seperti namanya, stapler ini tidak membutuhkan staple logam. Tentu ini merupakan alat ramah lingkungan dan sangat aman untuk anak-anak serta orang tua.

Alat ini terasa sangat nyaman ketika digunakan untuk menjepit lembaran kertas. Ada dua jenis stapler yang digunakan untuk menyatukan lembaran kertas. Yang pertama yaitu yang paling dasar. Stapler ini membuat sayatan kemudian melipat lembaran kertas yang lain ke dalam potongan.

Jenis kedua yaitu press. Stapler ini tidak memotong kertas tapi hanya 'menekan' untuk merekatkan. Hal paling keren dari stapler kedua ini yaitu bagian yang terikat bisa dengan mudah dilepas dan juga karena tidak menggunakan staple logam, jadi ketebalan kertas berkurang sampai 60%.

Alat-alat tulis dari negeri Jepang memang terkenal unik dan lucu, selain tentunya sangat bermanfaat. Orang-orang bisa “kalap” saat berbelanja alat tulis di Jepang. Selain bisa digunakan untu keperluan di kantor atau di sekolah, barang-barang ini bisa jadi oleh-oleh. Souvenir alat tulis Jepang pasti disukai penerimanya.

Bagaimana menurutmu? Apakah ide souvenir alat tulis Jepang dapat dijadikan pilihan saat akan membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman? Coba tuliskan komentarmu di bawah, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram