10 Tempat Camping di Malang yang Seru untuk Mengisi Liburan

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Kalau lagi traveling, kamu lebih suka menginap di mana? Hotel, hostel, resort, homestay, atau bahkan camping? Seperti apapun tempat menginapnya, traveling selalu jadi hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Gaya liburan dengan keluarga, akan berbeda dengan gaya liburan bersama teman. Biasanya, liburan bersama teman lebih seru kalau camping.

Di Malang, yang identik dengan udara dingin seperti di Bandung, memiliki banyak tempat camping yang seru untuk mengisi liburanmu. Tak hanya di gunung, pantai juga bisa menjadi tempat yang seru untuk camping. Buat kamu yang ada rencana liburan ke Malang, Keluyuran mau kasih tahu nih, tempat yang asyik untuk camping di Malang. Di mana saja sih? Simak artikel ini ya!

1. Bumi Perkemahan Bedengan

Bumi Perkemahan Bedengan (Copy)

* sumber: travel.kompas.com

Camping di tempat sejuk dan mengedukasi, kamu bisa pilih Bumi Perkemahan Bedengan sebagai tujuan liburanmu. Di sini terdapat wisata petik jeruk, cocok jika kamu membawa anak untuk memperkenalkan cara bertani. Pengunjung bisa memetik jeruk sendiri langsung dari kebunnya, dan bisa langsung dimakan.

Bumi Perkemahan Bedengan berada di kaki Gunung Panderman, memiliki udara yang sejuk, pemandangan yang indah, dan terdapat sungai yang jernih. Suasananya masih asri dan alami, karena tempat ini berada jauh dari pusat kota Malang sehingga belum banyak tersentuh pembangunan untuk tempat wisata.

  • Alamat : Jl. Raya Selokerto, Godehan, Selorejo, Dau, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

2. Latar Ombo, Gunung Panderman

Latar Ombo, Gunung Panderman (Copy)

*

Kamu pernah mendaki Gunung Panderman di Kota Batu? Tentu sudah tidak asing dengan tempat yang satu ini. Padang rumput luas yang dijadikan sebagai pos dua pendakian Gunung Panderman ini dinamakan Latar Ombo. Berada di ketinggian 1.604 meter di atas permukaan laut, Latar Ombo cocok dijadikan sebagai tempat camping.

Ketika malam hari, kamu akan disuguhkan pemandangan citylights Kota Batu yang tampak seperti bintang. Letaknya tidak jauh dari puncak Gunung Panderman, di sini kamu bisa melihat pemandangan yang indah. Gunung Arjuno-Welirang yang terlihat gagah dari kejauhan, serta  landscape Kota Batu.

  • Alamat : Kehutanan, Batu, Kota Batu
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000/orang

3. Bumi Perkemahan Coban Rais

Bumi Perkemahan Coban Rais (Copy)

* sumber: jazzyputri.blogspot.com

Malang memiliki banyak air terjun, salah satunya adalah Coban Rais. Air terjun yang sudah banyak dikenal traveler ini bisa dijadikan sebagai tempat camping, karena memiliki lahan yang cukup luas. Jika kamu ingin camping dengan nuansa alam yang masih asri dan dilengkapi dengan suara air terjun, coba saja camping di sini.

Bumi Perkemahan Coban Rais selalu ramai pengunjung terutama pada akhir pekan. Namun, karena di sini terdapat beberapa titik tempat camping, kamu tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat untuk membangun tenda. Kamu juga bisa mencoba wahana seperti flying fox di sini. Membuat liburanmu semakin berkesan.

  • Alamat : Jalur Lingkar Barat No. 8, Oro-Oro Ombo, Batu, Kota Batu
  • Operasional : Setiap hari, 07.00 – 15.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

4. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang (Copy)

* sumber: limakaki.com

Tak hanya gunung, Malang juga memiliki pantai di wilayah Malang Selatan yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk camping. Salah satu pantainya adalah Pantai Balekambang. Disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang, karena terdapat Pura di atas pulau karang. Itulah yang menjadikan pantai ini sangat disukai pengunjung.

Sebagai tempat wisata, di Pantai Balekambang tentu terdapat banyak pilihan penginapan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membangun tenda di sini. Buat kamu yang suka dengan kegiatan camping di alam bebas, coba saja camping di Pantai Balekambang. Pasti mau kan, coba pengalaman melihat sunrise di pantai dari dalam tenda?

  • Alamat : Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Bantur, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

5. Savana Gunung Butak

Savana Gunung Butak (Copy)

* sumber: batumalanghits.wordpress.com

Berkemah di savana yang luas, tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi pendaki gunung. Di Malang, kamu bisa mendaki Gunung Butak dengan ketinggian 2.868 meter di atas permukaan laut. Gunung Butak merupakan kepala dari Pegunungan Putri Tidur, yang di antaranya ada Gunung Kawi, Gunung Panderman, dan Gunung Butak.

Gunung Butak masuk ke dalam wilayah Blitar dan Malang, memiliki savana yang luas dengan pemandangan yang indah. Dari savana, sudah terlihat jelas puncak Gunung Butak. Jadi pagi harinya, kamu bisa memilih untuk summit atau hanya sekadar bersantai menikmati dinginnya embun di padan savana.

  • Alamat : Gunung Butak, Sumber Bendo, Hutan Ngadirenggo, Wlingi, Blitar
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

6. Apache Camp, Coban Talun

Apache Camp, Coban Talun (Copy)

*

Ingin camping dengan suasana yang beda? Apache Camp Malang merupakan tempat camping dengan konsep hidup ala orang Indian. Tenda-tenda berbentuk kerucut tinggi berwarna putih yang unik, dan dilengkapi dengan pernak-pernik khas Indian, kamu akan merasakan suasana hidup seperti orang Indian.

Apache Camp bisa disebut sebagai semi glamour camping. Karena dalam untuk Apache Camp, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp500.000, dan bisa diisi maksimal 4 orang. Dalamnya berukuran 4x4 meter jadi memungkinkan untuk kamu yang ingin camping bersama keluarga di sini.

  • Alamat : Jl. Coban Talun, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu
  • Operasional : Setiap hari, 07.00 – 17.00
  • Tiket Masuk : Rp7.500/orang

7. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina (Copy)

*

Satu lagi pantai di Malang yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi untuk camping. Meski banyak pantai cantik di Malang, salah satu yang menjadi primadona adalah Pantai Goa Cina. Penamaannya berasal dari goa yang terletak di bukit dekat pintu masuk pantai yang dahulu digunakan pemuda Tionghoa untuk bersemedi.

Pantai Goa Cina memiliki pasir putih bersih, air laut yang jernih, dan terdapat batu karang besar di tengah laut. Membuat pantai ini terlihat unik dan memesona. Kamu bisa camping seru bersama teman-teman. Jadi, setelah menempuh perjalanan jauh dari Kota Malang, kamu bisa bersantai sambil menikmati laut dari dalam tenda.

  • Alamat : Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

8. Coban Rondo

Coban Rondo (Copy)

* sumber: irwanmanshur.wordpress.com

Di Malang ada banyak air terjun yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya Coban Rondo. Tidak hanya menikmati pemandangan dan segarnya air terjun, di sini kamu bisa camping juga lho. Terdapat lahan yang luas, kamu bisa mengadakan acara dengan komunitas atau membuat kegiatan seru di sini.

Selain camping, kamu juga bisa menikmati Coban Rondo dengan turun langsung ke kolam dan sungai alaminya. Di sini kamu bisa berenang dan bermain air. Namun tetap hati-hati, karena bebatuan yang ada di sini cukup licin terlebih setelah kena air. Camping di sekitar air terjun, selain seru juga menyegarkan.

  • Alamat : Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

9. Budug Asu Camp

Budug Asu Camp (Copy)

* sumber: www.dakatour.com

Tempat ini memang tidak sepopuler tempat camping lainnya di Malang. Namun saat ini sudah mulai dikenal wisatawan. Berada di lereng Gunung Arjuno, Budug Asu merupakan bukit kecil yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar latihan mendaki gunung. Diberi nama Budug Asu karena di sini masih sering ditemukan anjing liar.

Budug Asu memiliki ketinggian antara 1.500 – 2000 meter di atas permukaan laut. Kamu perlu berjalan kaki selama kurang lebih dua jam. Sesampainya di puncak bukit, terdapat warung dan fasilitas toilet. Kamu bisa camping sambil ngopi cantik di sini.

  • Alamat : Kreweh, Gunungrejo, Singosari, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

10. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

Ranu Kumbolo, Gunung Semeru (Copy)

Siapa yang tidak tahu Ranu Kumbolo? Danau cantik di Gunung Semeru ini selalu menjadi tempat yang asyik untuk camping bagi para pendaki. Setelah melakukan pendakian dari Ranu Pane, biasanya pendaki akan menyempatkan diri camping di Ranu Kumbolo, dan pada pagi harinya melanjutkan perjalanan hingga ke Kalimati.

Sunrise di Ranu Kumbolo yang sangat memesona menjadi alasan tempat ini menjadi tempat favorit bagi pendaki. Tak hanya itu, pada malam hari kamu akan disuguhkan pemandangan kerlip bintang dan milky way. Romantis!

  • Alamat : Tulungrejo, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp17.500/orang/hari

Demikian informasi tentang 10 tempat camping di Malang yang seru untuk mengisi liburanmu. Kalau kamu, paling suka camping dimana? Jangan lupa ajak sahabatmu ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram