Inilah 10 Tempat Wisata Murah Dekat Stasiun Lempuyangan

Ditulis oleh Ismi Aisah - Diperbaharui 24 September 2020

Siapa yang tidak tahu dengan stasiun Lempuyangan, stasiun yang berada di kota Yogyakarta yang didirikan pada tahun 1872 dan masih beroperasi hingga saat ini. Lempuyangan sendiri mengandung arti sebagai tanaman umbi-umbian untuk bumbu masakan, yang telah lama menjadi ikon transportasi Yogyakarta karena letaknya yang strategis dan menjadi penguat keberadaan stasiun utama yakni stasiun Tugu.

Stasiun Lempuyangan saat ini menjadi pemberhentian seluruh kereta ekonomi yang melewati Yogyakarta, jadi gak salah kalau stasiun lempuyangan menjadi tempat pemberhentian bagi para pelancong yang ingin merasakan wisata murah di Yogyakarta.

Nah, bagi para pelancong yang ingin berwisata murah di sekitar stasiun lempuyangan, inilah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di dekat Stasiun Lempuyangan.

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

 Siapa yang tak kenal tempat ini, jalan malioboro yang berada di jantung kota Yogyakarta yang bermakna karangan bunga dan sering dikaitkan dengan dengan tiga tempat sakral yakni Gunung Merapi, Kraton dan Pantai Selatan. Banyak sekali objek wisata yang bisa kita datangi dan nikmati disini, mulai dari wisata belanja hingga wisata kuliner.

Jarak dari stasiun Lempuyangan ke Jalan Malioboro pun terbilang dekat, hanya sekitar 500 meter. Kamu bisa jalan kaki kalau tidak merasa capek, tapi kalau takut nyasar bisa coba menggunakan becak atau andong. Tarif rata-rata becak dari stasiun Lempuyangan ke jalan Malioboro sekitar Rp10.000 sedangkan tarif andong sekitar Rp20.000.

  • Alamat : Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : gratis

2. Tamansari

Tamansari

Tempat yang tak kalah hits adalah Tamansari, pada mulanya merupakan sebuah taman atau kebun Istana Keraton Yogyakarta dan dibangun pertama kali pada tahun 1758 M. Memiliki bentuk bangunan arsitektur ala Portugis-Jawa merupakan daya tarik utama dari istana Tamansari, menjadikan Tamansari menjadi landmark bagi kota gudeg ini dan belum lengkap rasanya apabila belum mengunjungi tempat ini.

Tempat yang dijuluki sebagai “Istana Air Jogja” telah banyak dikunjungi wisatawan domestik ataupun asing yang beramai-ramai datang untuk hunting foto disini, yang tak kalah unik ada sumur gumuling yang memiliki fungsi sebagai mesjid bawah tanah.Kamu wajib nih berkunjung kesini kalau nanti ke Yogyakarta.

  • Alamat : Jl. Tamanan, Patehan, Kec.Kraton, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 09.00 – 15.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000

3. Taman Pintar

Taman Pintar

* sumber: destinasiwisatadomestik.blogspot.com

Taman Pintar Yogyakarta atau disingkat TPY merupakan salah satu wisata pendidikan yang wajib kamu kunjungi, Taman Pintar memiliki arena bermain dan sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona dengan target memperkenalkan science kepada siswa mulai dari dini, dan mengasah kreatifitas anak yang bisa diasah sambil rekreasi.

Saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif. Salah satu wahana yang terkenal adalah gedung oval, gedung ini didedikasikan untuk menumbuhkan minat pengunjung terhadap sains fisika, geologi, astronomi dan biologi, tentu menjadi tempat wisata menyenangkan bagi untuk hati kamu.

  • Alamat : Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Ngupasa, Kec Gondomanan, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 08.00 – 15.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000 (anak-anak), Rp18.000 (dewasa)
  • Nomor telepon : 0274 583631

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo menjadi salah satu tempat populer di Yogyakarta untuk berbelanja oleh-oleh atau kebutuhan pokok, dari namanya sendiri yang memiliki arti hutan pohon yang diharapkan mampu memberika kesejahteraan untuk masyarakat Yogyakarta. Pasar yang sudah ada sejak tahun 1758 pasti akan menarik perhatian karena merupakan bagian dari malioboro yang terletak di bagian selatan.

Untuk kamu yang ingin merasakan jajanan pasar khas Yogyakarta bisa banget pergi ke bagian depan dan belakang pasar Beringharjo tepatnya di bagian pasar sebelah barat, apalagi kalau kamu ingin belanja batik tempat ini paling tepat karena koleksi batiknya yang lengkap dan murah yang bisa kamu temui di los pasar bagian barat dan sebelah utara.

  • Alamat : Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondoman, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 08.30-21.00 WIB
  • Tiket masuk : gratis

5. Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta

Tempat selanjutnya yang tidak jauh dari Stasiun Lempuyangan adalah Kraton Yogyakarta yang tidak pernah sepi pengunjung, kita disini bisa melihat dan merasakan suasana di dalam keraton yang berfungsi sebagai penjaga nyala kebudayaan Jawa.

Ketika masuk, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam kesenian, seperti pertunjukan wayang, gamelan, seni tari, tembang macapat dan masih banyak lagi. Istimewanya pertunjukan kesenian yang ditampilkan akan berbeda setiap harinya.

  • Alamat : Jl. Rotowijayan Blok No, 1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 08.00 – 14.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp7.000

6. Tugu Jogja

Tugu Jogja

Siapa yang tidak tahu dengan ikon Kota Jogja ini, ya Tugu Jogja yang didirikan setahun setelah Kraton Yogyakarta. Tugu ini dipercaya sering digunakan oleh Sultan untuk menentukan arah Gunung Merapi saat sedang semedi.

Banyak renovasi pada Tugu Jogja salah satunya karena gempa dan sekarang fungsi tugu sudah beralih menjadi simbol dari pariwisata Yogyakarta, bahkan di malam hari suasana akan semakin ramai ditambah dengan banyaknya angkringan yang dijadikan tempat nongkrong.

  • Alamat : Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : gratis

7. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Selain wisata budaya dan kuliner, di Kota Yogyakarta juga kita bisa berwisata sambal menambah wawasan sejarah di Indonesia yaitu di Museum Benteng Vrederburg yang dulunya merupakan banteng pertahanan dan pada tahun 1985 beralih fungsi menjadi museum.

Kalau kamu kesini akan terasa inovasi-inovasi yang dilakukan, salah satunya pengunjung bisa menjelajahi diorama ke diorama sambal scan koleksi yang bisa diunduh di aplikasi artefak. Selain itu ada kegiatan jelajah malam dimana dibentuk game berkelompok sambal belajar sejarah bangsa Indonesia dan tentunya sambal menikmati suasana malam di gedung ini.

  • Alamat : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 07.30 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 3.000
  • Nomor telepon : 0274 586934

8. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul

Tempat selanjutnya adalah yang tidak jauh dari Stasiun Lempuyangan adalah Alun-Alun Kidul yang berada dibelakang Keraton Yogyakarta dan lebih dikenal sebagai Alkid. Tempat ini selalu ramai pengunjung karena selain tempatnya yang gratis juga bisa wisata kuliner dan banyak spot foto yang cukup bagus.

Selain itu banyak aktifitas yang bisa dilakukan disini, salah satunya adalah Masangin yang merupakan ritual berjalan melewati dua beringin dengan mata tertutup. Kita juga bisa berkeliling alun-alun kidul dengan menggunakan kereta hias.

  • Alamat : Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : gratis

9. Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta

Satu lagi tempat yang memperkenalkan keseluruhan budaya Yogyakarta adalah Taman Budaya Yogyakarta yang berada di kawasan kilometer nol. Bangunan ini memiliki gaya arsitektur dari Belanda dengan pilar-pilar yang megah dan dibalut cat putih yang membuat semakin elegan.

Tempat ini sering digunakan untuk pagelaran budaya dan pameran dimana fasilitas yang tersedia terdiri dari gedung kesenian, concert hall, ruang seminar dan amphiteater dan bagian luar gedung biasa dipakai untuk acara musik.

  • Alamat : Jl. Sriwedani No.1, Ngupasa, Kec Gondomanan, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 07.30 – 16.00
  • Tiket masuk : gratis

10. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Tempat terakhir adalah Museum Sonobudoyo yang wajib kamu kunjungi dan lokasinya sangat dekat dengan alun-alun utara dan tentunya dekat dengan Stasiun Lempuyangan. Museum ini memiliki dua unit, unit pertama terletak di sisi utara Alun-Alun Utara dan unit kedua berada di Jalan Wijilan.

Museum Sonobudoyo termasuk museum yang paling lengkap di Indonesia setelah Museum Nasional di Jakarta, koleksinya mencapai 63.000 buah dari berbagai jenis yaitu mata uang kono, arkeologi, geologi, hingga biologi. Cocok buat kamu yang ingin lebih tahu tentang sejarah Indonesia.

  • Alamat : Jl. Pangarukan No. 6, Ngupasan, Kec, Gondomanan, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 08.00 – 16.00
  • Tiket masuk : Rp 3.000
  • Nomor telepon : 0274 385664

 Itulah 10 tempat wisata yang dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan beberapa bisa ditempuh dengan jalan kaki lho. Apabila kamu ingin mendapatkan foto-foto yang instagramable bisa datang ke Tamansari, dijamin kamu akan mendapatkan hasil foto yang keren, jadi kapan mau ke Yogyakarta?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram