8 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Harus Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kabupaten Banjarnegara ternyata memiliki daya tariknya tersendiri. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu sambangi di sini, lho. Ya, selain Wisata Arung Jeram Sungai Serayu, Gunung Lanang, Curug Muncar, hingga Wadas Tumpang, masih ada lagi tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik.

Kali ini, Keluyuran akan mengulas mengenai 8 tempat wisata di Banjarnegara yang tidak kalah populer dari tempat wisata lainnya yang sudah disebutkan di atas. Tempat wisata mana sajakah itu? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Curug Pitu

tempat wisata di banjarnegara curug pitu

Kabupaten Banjarnegara punya air terjun yang menyuguhkan pemandangan indah nan memanjakan mata. Adalah Curug Pitu, air terjun berundak tujuh yang airnya masih sangat jernih dan suasana sekitarnya masih asri.

Di curug ini, kamu bisa berenang dan bermain air kala musim penghujan belum datang karena debit airnya tidak tinggi. Namun, buat kamu yang nggak suka berenang dan lebih memilih bersantai sambil berfoto ria juga bisa, kok. Apalagi udaranya masih sejuk. Pasti bikin kamu betah, deh. Nah, gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi Curug Pitu?

  • AlamatKemiri, Sigaluh, Kemiri, Banjaranegara
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 6.000,- per orang

2. Pemandian Air Panas Pingit

tempat wisata di banjarnegara pemandian air panas pingit

Tempat wisata di Banjarnegara lainnya yang wajib untuk kamu kunjungi adalah pemandian air panas Piningit. Di pemandian air panas ini, kamu bisa berendam sambil bersantai dan menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar pemandian.

Atau, buat kamu yang ingin melepas penat sehabis jalan-jalan di Banjarnegara, pemandian air panas ini cocok banget, nih. Oh ya, pemandian air panas ini juga pas untuk kamu datangi kalau kamu ingin menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti eksim hingga kutu air.

Untuk bisa memasuki pemandian air panas Pingit dan menikmati semua fasilitas yang ada di sini, kamu tidak akan dikenakan tiket masuk, lho. Hanya saja, kamu boleh memberikan donasi seikhlasnya kepada pihak pengelola.

  • Alamat: Gripis, Gumelem Kulon, Susukan, Banjarnegara
  • Jam Operasional: Buka 24 jam

3. Wisata Sawah Wates

TEMPAT WISATA DI BANJARNEGARA WISATA SAWAH WATES

Wisata di sawah bukan cuma bisa dilakukan di Pulau Dewata saja. Di Banjarnegara juga bisa, kok. Ya, ada wisata sawah Wates yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata unik ini ada di Kecamatan Mandireja, Banjarnegara. Di sini, kamu bisa menyaksikan pemandangan indah dari hamparan sawah yang membentang luas.

Apalagi buat kamu yang tinggal di kawasan perkotaan dan sudah lama tidak melihat pemandangan khas persawahan yang mampu memanjakan mata. Dan tentu, di tempat wisata unik ini ada banyak spot yang bisa kamu pakai untuk berswafoto atau groupie bareng teman dan keluargamu.

For your information, untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp. 5.000,- saja. Murah banget, kan?

  • Alamat: Kaliran, Somawangi, Kec. Mandiraja, Banjarnegara
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000,- per orang

4. Objek Wisata Tampomas

objek wisata tampomas tempat wisata di banjarnegara

Objek wisata Tampomas, danau yang terbentuk akibat aktivitas tambang batu kapur kini disulap menjadi danau wisata yang unik. Di sini, kamu bisa berkeliling di danau besar dengan pinggiran tebing batu menggunakan perahu. Dengan hanya merogoh kocek Rp. 5.000,- saja, kamu sudah bisa menikmati fa

Selain itu, ada banyak spot untuk berswafoto yang bisa ditemukan di tempat wisata ini. Objek wisata Tampomas juga punya fasilitas umum seperti toilet dan tempat makan. Jadi, saat kamu berkunjung kemari, kamu nggak perlu takut kelaparan.

Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 3000,- saja. Tertarik untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini?

  • Alamat: Jaten, Gentansari, Pagedongan, Banjarnegara
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 3.000,- per orang

5. Balai Budaya Banjarnegara

balai budaya banjarnegara

Balai Budaya Banjarnegara yang biasa digunakan sebagai tempat perhelatan acara pentas seni dan acara kebudayaan lainnya hingga acara resepsi pernikahan, ternyata punya suasana yang nyaman dan asri. Tempat ini kerap kali dijadikan tempat bersantai dan berolahraga di pagi dan sore hari.

Beberapa warga bahkan menyebutkan kalau Balai Budaya Banjarnegara ini sangat instagram-able, sehingga tak jarang banyak orang pergi ke sana untuk sekadar berswafoto. Nah, kalau kamu nyari tempat yang cocok untuk berjalan-jalan sore, olahraga atau bahkan bercengkrama bersama teman dan keluarga di tempat yang sejuk nan asri, Balai Budaya Banjarnegara ini bisa dijadikan pilihan.

  • Alamat: Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-21.00 WIB

6. TRMS Serulingmas

TRMS Serulingmas

TRMS Serulingmas adalah kebun binatang di Banjarnegara yang kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Di kebun binatang ini, kamu bisa bertemu dengan berbagai jenis hewan. Mulai dari gajah, unta, harimau, kuda, singa dan lain sebagainya.

Tidak hanya berjumpa dengan para hewan, di sini kamu bisa mengajak anak atau ponakanmu berenang. Ya, TRMS Serulingmas punya fasilitas kolam renang yang terdiri dari 1 kolam renang untuk balita, lalu ada 1 kolam renang dengan kedalaman 50 meter yang aman untuk digunakan oleh anak-anak dan ada lagi 1 kolam untuk dewasa dengan kedalaman 1 hingga 2 meter.

Tiket masuk kolam renangnya juga tergolong murah, lho. Hanya Rp. 20.000,- per orang. Dan harga tiket tersebut sudah termasuk akses ke kebun binatangnya. Sudah pernah mencoba berkunjung ke kebun binatang ini?

  • Alamat: Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara
  • Nomor Telepon(0286) 591933
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-16.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Kebun binatang dan kolam renang Rp. 20.000,- per orang

7. Dataran Tinggi Dieng

dataran tinggi dieng

Siapa yang tidak kenal dengan dataran tinggi Dieng? Ya, kawasan vulkanik aktif yang ada di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara ini tentu saja jadi destinasi wisata yang sangat amat wajib untuk dikunjungi.

Di sini, kamu bisa melihat indahnya pemandangan dari Telaga Warna dan Pengilon yang berair jernih, merebus telur hingga berfoto dengan latar belakang kawah Sikidang dan Candi Dieng. Kamu juga bisa mengunjungi Museum Kaliasa yang menampilkan fosil-fosil serta berbagai macam benda dengan nilai sejarah yang tinggi.

Nah, kalau kamu bertandang ke Provinsi Jawa Tengah, khususnya ke Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, jangan lupa untuk mengunjungi dataran tinggi Dieng, ya!

  • Alamat: Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara

8. Bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman

bendungan panglima besar jenderal sudirman banjarnegara

Bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang terletak di kawasan Tapen Krajan, Banjarnegara memiliki fungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air alias PLTA sekaligus tempat wisata bagi masyarakat sekitar.

Di bendungan ini, kamu juga bisa berfoto-foto ria, lho. Selain itu, bendungan ini juga nyaman untuk dijadikan tempat jogging atau jalan santai sampai menyaksikan pemandangan sunset atau matahari terbenam saat senja tiba.

Udara di sekitar bendungan ini masih sejuk, pemandangannya pun masih sangat asri. Buat kamu yang hobi bermain golf, kamu bisa mengunjungi padang golf yang berada tak jauh dari lokasi Bendungan Panglima Jenderal Sudirman ini. Gimana, mau mencoba berkunjung kemari?

  • Alamat: Tapen Krajan, Karangjambe, Banjarnegara

Nah, itulah kedelapan tempat wisata di Banjarnegara yang populer dan wajib untuk kamu kunjungi. Di antara delapan objek wisata yang masuk dalam daftar, manakah yang menjadi favorit kamu? Atau kamu ingin tahu tempat wisata di kabupaten yang bersebelahan dengan Banjarnegara? Kalau begitu, silakan cek artikel Tempat Wisata di Wonosobo ini, ya.

Oh ya, kalau kamu punya informasi menarik lainnya seputar tempat wisata menarik di Banjarnegara, silakan langsung sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *