10 Tempat Wisata di Beijing yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Beijing adalah ibukota Republik Rakyat Tiongkok yang terletak di sebelah utara negara tersebut. Kota yang telah berumur lebih dari 3000 tahun ini merupakan salah satu kota terpadat di dunia dengan lebih dari 20 juta penduduk. Sebelum namanya yang sekarang, Beijing disebut dengan Peking.

Sebagai kota yang memiliki sejarah panjang, Beijing menawarkan banyak hal yang menarik untuk disaksikan, termasuk di dalamnya tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO. Ada rencana untuk liburan ke sana? Yuk, sebaiknya ketahui dulu beberapa tempat wisata di Beijing yang populer di dunia ini.

1. Kota Terlarang

Kota Terlarang

* sumber: commons.wikimedia.org

Belum lengkap rasanya jika Anda liburan di Beijing tapi belum mengunjungi Istana Kekaisaran atau Kota Terlarang. Tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik yang sangat kuat, sehingga selalu menjadi incaran para pelancong yang datang ke kota tersebut. Jadi, pastikan Kota Terlarang ada dalam list perjalanan Anda.

Kota Terlarang sendiri merupakan sebuah kompleks istana yang besar dan megah di mana para pembesar Tiongkok zaman dulu tinggal. Mendapat julukan Kota Terlarang karena tempat tersebut tidak bisa dimasuki oleh warga biasa. Kini, istana dengan segala isinya yang sarat akan sejarah dan menakjubkan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata utama di seluruh Tiongkok.

  • Alamat: 4 Jingshan Front St, Dongcheng, Beijing, Tiongkok, 100009
  • Jam buka: –
  • Telepon: +86 10 8500 7421

2. Tembok Besar Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/jlascar/

Nah, yang ini pasti kita sudah mengenalnya. Bisa dibilang kalau Tembok Besar Tiongkok adalah salah satu bangunan yang paling terkenal di dunia. Situs buatan tangan manusia yang panjangnya mencapai ribuan kilometer ini hanya berjarak sekitar satu jam dari ibukota Beijing.

Bagian tembok yang bisa dikunjungi biasanya selalu ramai dengan pengunjung. Jadi, agar petualangan Anda di sana tetap menyenangkan, Anda harus membuat rencana kunjungan yang tepat. Selain menawarkan kemegahan tembok itu sendiri, kawasan di sekitar tembok juga merupakan pemandangan yang sangat luar biasa indah, terutama saat musim semi dan musim gugur.

  • Alamat: Huairou, Tiongkok
  • Jam buka: Setiap hari (07:30-17:30) | Jam buka bisa berbeda pada Hari Nasional RRT/Minggu Emas)
  • Telepon: –

3. Lapangan Tiananmen

Lapangan Tiananmen

* sumber: pixabay.com

Lapangan Tiananmen adalah alun-alun kota terbesar di dunia, yang dirancang untuk menampung satu juta orang dan dibangun untuk merayakan hari ulang tahun ke 10 Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1958. Alun-alun ini juga merupakan salah satu tujuan utama para pelancong yang berkunjung ke Beijing.

Beberapa hal menarik yang bisa Anda saksikan di tempat wisata ini adalah Monumen Pahlawan Rakyat yang berupa sebuah obelisk setinggi 38 meter yang terdiri dari 17rb keping granit dan marmer, Gerbang Tiananmen, Gerbang Zhengyangmen atau Qianmen, Museum Revolusi Tiongkok, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Dongcheng, Tiongkok
  • Jam buka: –
  • Telepon: –

4. Kuil Surga

Kuil Surga

* sumber: pixabay.com

Kuil Surga atau Tian Tan merupakan sebuah tempat pemujaan agama Khonghucu & Tao yang dibangun pada tahun 1420. Bangunan unik ini adalah salah satu ikon kota Beijing yang banyak dikunjungi wisatawan. Perlu diketahui kalau arsitektur Kuil Surga ini menyimbolkan hubungan bumi dan langit, dalam artian hubungan manusia dan Tuhannya.

Dikelilingi oleh tanaman yang rimbun, situs yang didominasi oleh warna biru dan merah yang indah dan menawan ini ditata dalam dua bagian, yaitu satu bagian persegi panjang yang melambangkan langit dan satu bagian setengah lingkaran yang melambangkan bumi.

  • Alamat: 1 Tiantan E Rd, Dongcheng, Tiongkok, 100061
  • Jam buka: Setiap hari (06:00-20:00) | Jam buka bisa berbeda pada Hari Nasional RRT/Minggu Emas)
  • Telepon: +86 10 6702 8866

5. Istana Musim Panas

Istana Musim Panas

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/kartlasarn/

Tempat wisata yang satu ini hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Beijing. Istana Musim Panas atau Yíhé Yuán adalah sebuah bangunan yang berasal dari abad ke-12. Dengan luas lebih dari 700 hektar, tempat ini menawarkan sejumlah spot wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Beberapa hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Istana Musim Panas adalah Kapal Marmer bergaya barat, Aula Kesejahteraan dan Umur Panjang (Renshou Dian), dan Great Theatre abad ke-19 yang mengesankan, di mana Anda dapat menyaksikan pertunjukan drama dan musik tradisional Tiongkok.

  • Alamat: 19 Xinjiangongmen Rd, Haidian, Tiongkok, 100091
  • Jam buka: –
  • Telepon: –

6. Kuil Yonghe

Kuil Yonghe

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/jlascar/

Bangunan dari pertengahan abad ke-18 ini juga tidak boleh Anda lewatkan saat sedang berwisata di Beijing. Pembangunan kuil ini dilengkapi dengan banyak karya seni yang berharga. Salah satu bagian paling menariknya adalah Aula Para Raja Surga (Tian Wang Dian) dengan patung Budha yang dikelilingi oleh empat raja yang dilengkapi dengan benda-benda simbolis.

Spot lainnya yang bisa Anda jelajahi adalah Paviliun Prasasti Empat Lidah (Yubi Ting), yang memiliki sebuah prasasti yang berasal dari tahun 1792 yang berisi sejarah agama Lama yang ditulis dalam bahasa Mandarin, Manchuria, Tibet, dan Mongolia, Aula Roda Buddha (Falun Dian),dan Paviliun Four Thousand Fortunes (Wangfu Ge) dengan patung cendana setinggi 18 meter.

  • Alamat: 12 Yonghegong St, Dongcheng, Tiongkok, 100007
  • Jam buka: Setiap hari (09:00-17:00) | Jam buka bisa berbeda pada Hari Nasional RRT/Minggu Emas)
  • Telepon: +86 10 8419 1919

7. Museum Capital

10 Tempat Wisata di Beijing yang Menarik untuk Dikunjungi 1

* sumber: commons.wikimedia.org

Jika Anda pecinta seni dan budaya, maka salah satu tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di Beijing adalah Museum Capital. Tempat yang dibuka pada tahun 1981 ini merupakan salah satu museum seni yang paling populer di Tiongkok. Selain memiliki bangunan yang megah, museum ini juga menampilkan banyak koleksi berharga yang menakjubkan.

Beberapa item yang terdapat di Museum Capital adalah kuno barang-barang kuno dari porselen dan perunggu, kaligrafi dan karya seni tradisional, dan lebih dari 200rb artefak budaya penting lainnya. Jangan lupa untuk mengunjungi Pusat Pertunjukan Seni Nasional (Guójia dà jùyuàn), yang juga dijuluki Giant Egg atau Telur Raksasa.

  • Alamat: 16 Fuxingmen Outer St, Xicheng, Tiongkok, 100035
  • Jam buka: Selasa-Minggu (09:00-16:00) | Jam buka bisa berbeda pada Hari Nasional RRT/Minggu Emas)
  • Telepon: +86 10 6339 3339

8. Taman Beihai

Taman Beihai

* sumber: pixabay.com

Objek wisata yang satu ini terletak tidak jauh dari Istana Kekaisaran dan merupakan salah satu taman kekaisaran tertua yang masih ada di Beijing. Nama taman yang indah ini diambil dari Danau Beihai yang berada di kawasan tersebut. Tempat ini cocok dikunjungi setelah Anda melakukan tur kota yang sangat melelahkan (perhatikan juga jam operasional taman).

Beberapa hal yang perlu Anda lihat saat berada di taman adalah Round Fort (dapat diartikan sebagai Benteng Bundar) yang telah berumur lebih dari tujuh abad, Aula Pencerahan atau Hall of Enlightenment yang dibangun pada tahun 1690, vas batu giok hitam besar dari awal abad ke-12, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Alamat: 1 Wenjin St, Xicheng, Tiongkok, 100034
  • Jam buka: Setiap hari (06:30-09:00) | Jam buka bisa berbeda pada Hari Nasional RRT/Minggu Emas)
  • Telepon: +86 10 6403 3225

9. Kebun Binatang Beijing

Kebun Binatang Beijing

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/adam_skowronski/

Panda adalah binatang yang paling melekat dengan Tiongkok, karena dari sana hewan lucu itu berasal. Nah, Anda dapat berkunjung ke Kebun Binatang Beijing atau Bei jing dòng wù yuán jika ingin menyaksikan panda secara langsung di negara asalnya. Selain itu, kebun binatang ini juga menawarkan ribuan koleksi hewan dari berbagai spesies.

Kebun binatang yang luasnya lebih dari 220 hektar ini ditata cukup rapi dan apik khas taman Tiongkok klasik. Sejumlah gazebo dan serambi yang nyaman juga dibangun untuk pengunjung. Tidak hanya binatang darat saja yang ditampilkan, melainkan juga binatang air di dalam akuarium yang lengkap.

  • Alamat: 137 Xizhimen Outer St, Dong Wu Yuan, Xicheng, Beijing, Tiongkok
  • Jam buka: –
  • Telepon: +86 10 6839 0274

10. Museum Nasional Tiongkok

Museum Nasional Tiongkok

* sumber: en.wikipedia.org

Museum nasional sebuah negara biasanya sering menjadi buruan wisatawan asing yang ingin mengenal lebih jauh negara yang mereka kunjungi. Nah, begitu juga dengan Tiongkok. Di ibukota Beijing terdapat Museum Nasional Tiongkok yang disebut-sebut sebagai museum seni yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia setelah Louvre di Paris.

Salah satu artefak yang paling di tempat ini adalah Simuwu Ding raksasa yang merupakan peralatan makan kuno terberat di dunia). Di museum ini juga terdapat koleksi artefak emas, batu giok, dan keramik langka dari berbagai dinasti di Tiongkok. Perlu diingat bahwa Anda tidak diperbolehkan membawa tongsis ke dalam museum.

  • Alamat: 16 E Chang’an Ave, Dongcheng, Tiongkok
  • Jam buka: Selasa-Minggu (09:00-16:30) | Jam buka bisa berbeda pada Hari Nasional RRT/Minggu Emas)
  • Telepon: +86 10 6511 6400

Nah, itulah sejumlah tempat wisata di Beijing yang menarik untuk dikunjungi. Agar perjalanan Anda tetap nyaman, mohon untuk mematuhi segala peraturan yang ada. Tempat-tempat di atas sewaktu-waktu bisa menjadi lautan manusia, jadi pastikan Anda tidak terpisah dengan rombongan.

Oh iya, kalau Anda liburan ke China, jangan lupa untuk berburu makanan khasnya, ya. Ingin tahu makanan khas China yang enak dan lezat? Yuk, cari tahu rekomendasinya di sini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *