Keluyuran / Wisata Korea / 6 Tempat Asyik untuk Menikmati Musim Semi di Korea

6 Tempat Asyik untuk Menikmati Musim Semi di Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Musim semi adalah waktunya bunga sakura atau beotkkot bermekaran. Salah satu negara tujuan wisata musim semi adalah Korea Selatan. Turis lokal atau wisatawan asing berbondong-bondong datang ke Korea untuk menikmati indahnya pemandangan bunga sakura yang bermekaran.

Tak hanya bunga sakura, wisatawan juga dapat menikmati keindahan bunga lain, seperti canola atau azalea. Untuk bisa menikmati musim semi di Korea, banyak kota maupun pulau yang bisa dikunjungi. Jika kamu membutuhkan referensi tempat yang asyik untuk didatangi, cek daftar dari Keluyuran berikut.

1. Ilsan Lake Park

Ilsan Lake Park

* sumber: koreandramaland.com

Terletak di distrik Ilsan, kota Goyang Provinsi Gyeonggi, Ilsan Lake Park adalah sebuah taman yang dihiasi banyak pohon sakura atau beotkkot dalam bahasa Korea. Letaknya tak jauh dari kota Seoul. Dengan menaiki subway, kurang dari satu jam kamu sudah bisa sampai di distrik Ilsan.

Taman Ilsan dipenuhi dengan pohon-pohon yang berdiri mengelilingi danau. Di musim semi, ribuan pohon sakura tersebut menciptakan warna pink muda yang indah yang terlihat kontras dengan warna rumput yang hijau. Saat matahari mulai tenggelam, lampu-lampu taman dinyalakan. Pantulan cahaya lampu dan bunga sakura di danau membuat suasana menjadi romantis.

Ketika bunga sakura bermekaran, orang-orang di Jepang menikmati piknik di bawah pohon sakura. Begitu juga di Korea, saat beotkkot mekar dengan indahnya, orang-orang senang menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman di bawah pohon beotkkot yang bermekaran.

Kamu juga bisa melihat pameran bunga di International Horticulture Goyang. Tahun ini pameran akan diselenggarakan dari tanggal 26 April sampai 12 Mei 2019. Lokasinya di Ilsan Lake Park dan Wondang Flower Complex. Harga tiket masuk untuk orang asing 8.000 won.

2. Yeouido Park

Kota Seoul memiliki banyak tempat untuk menikmati bunga sakura atau dikenal juga dengan nama cherry blossoms, atau juga beotkkot versi orang Korea. Jika pergi ke Jepang terlalu mahal, mungkin kamu bisa mampir ke Korea untuk menikmati bunga sakura. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi di Seoul  adalah Taman Hangang Yeouido.

Di sekitaran awal bulan April, sebanyak 1.700 pohon sakura bermekaran di Pulau Yeouido.  Jika ingin melihat bunga sakura, kamu harus datang di saat yang tepat karena bunga ini hanya mekar sebentar saja.  Pastikan untuk mengecek tanggal mekarnya bunga tersebut di kota Seoul. Waktu mekar sakura berbeda-beda di beberapa wilayah. Cek situs-situs yang memberikan prediksi waktu tersebut.

Jika kamu tak memiliki banyak waktu untuk jalan-jalan dan budget kamu terbatas, cukup singgah di Hangang Yeouido dan kamu akan menikmati keindahan bunga sakura. Bunga-bunga warna pink yang berguguran tersebut akan membuat harimu indah.

3. Pulau Cheongsando

Pulau Cheongsando

* sumber: www.seoulfulfamily.com

Pulau Cheongsan terletak di Provinsi Jeollanam. Untuk mencapai pulau ini dari kota Seoul, kamu bisa menaiki bus dan berhenti di Terminal Wando. Perjalanan selanjutnya akan diteruskan dengan bus lain. Waktu tempuh dari Seoul hingga Pulau Cheongsan sekitar 5 jam.

Apa yang terkenal di pulau ini? Alamnya. Pulau Cheongsan dikenal karena keindahan alamnya. Kehidupan di Cheongsan berbeda dengan di kota Seoul yang serba cepat. Di sini kehidupan berjalan lambat sehingga pulau ini menjadi pulau di Asia pertama yang menjadi slow city. Maka tak heran di musim semi pulau ini menjadi tuan rumah untuk Slow Walking Festival yang diadakan tiap tahun.

Dengan adanya festival tersebut, pada bulan April pulau ini dikunjungi banyak turis yang ingin menikmati keindahan pemandangan musim semi, seperti hamparan bunga canola yang berwarna kuning, selain tentu saja bunga sakura.

Pulau yang dihiasi dengan hamparan sawah dan laut yang indah ini terkenal juga sebagai salah satu lokasi syuting drama, contohnya drama Pinocchio di tahun 2016 dan Scent of a Woman di tahun 2011.

4. Seopjikoji

Seopjikoji

* sumber: www.toyayatra.com

Karena letaknya berada di paling selatan, maka Pulau Jeju adalah tempat yang pertama yang menikmati keindahan musim semi. Apakah kamu sudah mendengar kabar bahagia dari pulau yang sering dijadikan tempat bulan madu ini? Pulau Jeju bebas visa, tapi hanya pulau ini saja. Jika ingin mengunjungi Seoul dan tempat lain, tetap harus memiliki visa.

Dari kota Seoul menuju Pulau Jeju bisa ditempuh dengan dua alat transportasi, pesawat terbang yang membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih sedikit, atau kapal laut tetapi harus pergi dari kota pelabuhan terlebih dahulu.

Sama halnya seperti di wilayah-wilayah lain, daya tarik musim semi di Pulau Jeju adalah keindahan warna-warni bunga, seperti bunga canola dan sakura. Salah satu daerah yang populer untuk menikmati hamparan bunga canola di pulau ini adalah di daerah Seopjikoji, di kota Seogwipo. Seopjikoji juga merupakan lokasi syuting terkenal baik drama maupun film, seperti Warm and Cozy.

5. Istana Gyeongbok

Istana Gyeongbok

* sumber: www.pond5.com

Terletak di pusat kota Seoul, Istana Gyeongbok adalah istana terbesar pertama yang dibangun di jaman Dinasti Joseon. Istana ini salah satu istana terkenal di kota Seoul. Tempat ini tak pernah sepi dari kunjungan turis, baik lokal maupun internasional, dari mulai murid sekolah sampai rombongan ibu-ibu dan bapak-bapak.

Di musim semi, Istana Gyeongbok tampak indah dengan bunga sakura yang bermekaran. Kamu bisa berjalan-jalan mengelilingi komplek istana yang luas ini sambil berfoto. Jika ingin merasakan suasana kerajaan, kamu bisa menyewa hanbok dan berjalan-jalan di sekitar istana bergaya ala penduduk Hanyang, nama kota Seoul jaman dulu.

Untuk masuk ke komplek istana ini, kamu akan dipungut tiket seharga 3.000 won untuk umum dewasa dan 2.400 won jika datang berkelompok antara 10 orang atau lebih.

6. Festival Bunga Sakura Jinhae

Festival Bunga Sakura Jinhae

* sumber: sjitour.co.kr

Kota Jinhae yang terletak di Provinsi Gyeongsangnam terkenal sebagai tempat festival bunga sakura. Untuk sampai ke kota ini, kamu bisa naik kereta atau bus dengan waktu tempuh sekitar 4,5 sampai 5 jam. Di musim semi, kota ini dipenuhi oleh para turis yang datang untuk menikmati indahnya bunga sakura.

Ada dua lokasi yang paling terkenal untuk menikmati bunga sakura di Jinhae, yaitu Yeojwacheon dan gyeonghwayeok beotkkotgil atau Gyeonghwa Train Station Road. Di Yeojwacheon terdapat Romance Bridge. Jembatan ini menjadi terkenal karena drama “Romance”. Di sinilah salah satu adegan ikonik dari drama Romance dilakukan.

Keindahan bunga sakura di kota Jinhae berhasil menarik sekitar satu juta pengunjung ke kota ini. Diperkirakan sekitar 340.000 pohon sakura bermekaran menjadikan lautan warna pink muda di kota Jinhae. Dikatakan bahwa jumlah pohon sakura di Jinhae merupakan yang terbesar di dunia. Baca juga artikel tempat wisata di Korea untuk musim dingin ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *