10 Destinasi Wisata Alam di Lumajang yang Menakjubkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lumajang merupakan kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Jember. Lumajang masuk ke dalam wilayah Tapal Kuda di Jawa Timur. Kabupaten ini dikelilingi tiga gunung berapi, diantaranya Gunung Bromo, Gunung Lamongan, dan Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Letak geografisnya yang dikelilingi gunung berapi aktif, Lumajang menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang beberapa diantaranya adalah destinasi wisata favorit di Pulau Jawa. Kali ini, Keluyuran akan mengulas 10 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Lumajang. Simak artikelnya ya! Siapa tahu bisa jadi referensi ketika keluyuran ke Jawa Timur.

1. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru

* sumber: www.pegipegi.com

Letak Kabupaten Lumajang dikelilingi gunung berapi aktif, membuat wilayah ini memiliki banyak sekali air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Kapas Biru. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter dengan debit air yang deras. Air Terjun Kapas Biru merupakan air terjun bertingkat dimana tingkat bawah memiliki tinggi 90 meter, dan tingkat atas 10 meter.

Air Terjun Kapas Biru diapit oleh dua tebing yang tinggi dan aliran airnya terbentuk di tepian lembah Sungai Besukbang – Glidik yang berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang. Air terjun ini dapat diakses dengan berjalan kaki sejauh 1 km dari tempat penitipan motor.

  • Alamat : Pronojiwo, Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Operasional : 05.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

2. Puncak B29

Puncak B29

* sumber: ksmtour.com

Lumajang dikenal dengan dataran tinggi yang memesona. Di sini terdapat destinasi yang dikenal dengan “negeri di atas awan” atau Puncak B29. Puncak B29 atau Puncak Argosari berada di ketinggian 2900 meter di atas permukaan laut, yang merupakan puncak tertinggi di kawasan Gunung Bromo.

Puncak B29 Lumajang biasa dijadikan sebagai tempat untuk camping. Pesona matahari terbit dan matahari terbenam yang sangat cantik menjadi salah satu alasannya. Dari Puncak B29 kamu akan disuguhkan pemandangan pegunungan di Jawa Timur. Terlihat jelas Gunung Bromo, Gunung Batok, Cemoro Lawang, hingga Gunung Semeru dari kejauhan.

  • Alamat: Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Lumajang
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

3. Gunung Lemongan

Gunung Lemongan

Sudah tahu dengan gunung yang satu ini? Gunung Lamongan merupakan salah satu gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 1.651 meter di atas permukaan laut. Gunung Lemongan merupakan bagian dari Pegunungan Iyang. Gunung ini berada di dua kabupaten, yaitu Lumajang dan Probolinggo.

Meski Gunung Lemongan disebut sebagai gunung berapi aktif, tetapi statusnya saat ini adalah “istirahat” karena gunung ini terakhir meletus pada tahun 1898. Gunung Lamongan memiliki 60 puncak, dimana puncak tertingginya adalah Puncak Tarub. Di sekitarnya terdapat tiga danau kembar yakni Ranu Bedali, Ranu Klakah, serta Ranu Pakis.

  • Alamat: Area Gunung Sumberpetung, Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

4. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu

Selain Air Terjun Kapas Biru, Lumajang juga memiliki air terjun yang sangat unik dan selalu diminati wisatawan dari dalam hingga luar negeri. Air Terjun Tumpak Sewu namanya. Air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu atau dua aliran air. Sesuai dengan namanya, Tumpak Sewu berarti “air terjun seribu”.

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki aliran air yang melebar dan memiliki banyak titik air terjun, kemudian membentuk aliran sungai yang berhulu di Gunung Semeru. Pesona Air Terjun Tumpak Sewu sangat cantik dan unik. Tak heran jika air terjun yang satu ini dinobatkan sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa.

  • Alamat: Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang
  • Operasional: 07.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp3.000/orang

5. Coban Sriti

Coban Sriti

Satu lagi air terjun memesona di Lumajang. Coban Sriti atau disebut juga Coban Wolu merupakan air terjun dengan ketinggian 120 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Coban Sriti terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan berada di aliran Sungai Besukbang, sehingga debit air yang dihasilkan sangat deras.

Coba Sriti masih sangat sulit diakses. Pengunjung perlu menyeberangi Sungai Sriti sebanyak delapan kali untuk bisa sampai di air terjun ini. Itu pula lah yang membuat Coban Sriti dikenal juga dengan Coban Wolu. Setibanya di Coban Sriti, pengunjung tidak diizinkan untuk mendekat ke air terjun karena debit airnya sangat deras dan cenderung berbahaya.

  • Alamat: Jogokereng, Tamanayu, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

6. Ranu Regulo

Ranu Regulo

* sumber: phinemo.com

Ranu Regulo merupakan salah satu danau di kaki Gunung Semeru yang letaknya berada di Desa Ranu Pani atau desa terakhir sebelum pendakian ke Gunung Semeru. Ranu Regulo biasa menjadi tempat singgah bagi pendaki yang akan mendaki Semeru atau yang baru turun dari Semeru. Danau ini dikenal dengan sunrise yang memesona.

Ranu Regulo dapat dijadikan sebagai tempat camping. Kamu perlu mempersiapkan baju bangat karena suhu di Ranu Regulo sangat dingin, bahkan suhu terdinginnya mencapai -4 derajat celcius. Meski tidak setenar Ranu Pani atau Ranu Kumbolo, danau ini tetap recommended untuk dikunjungi.

  • Alamat: Ranupane Satu, Ranupani, Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

7. Goa Tetes

Goa Tetes

* sumber: travel.detik.com

Goa Tetes merupakan salah satu destinasi wisata unik di Lumajang. Letak Goa Tetes berdekatan dengan Air Terjun Tumpak Sewu. Meski tak setenar Tumpak Sewu, Goa Tetes sangat menarik untuk dikunjungi dan bisa dijadikan sebagai destinasi lanjutan setelah dari Tumpak Sewu.

Goa Tetes merupakan kawasan karst, dimana goa terbentuk secara alami dari aliran air yang menerobos batuan karst. Di sini kamu bisa menikmati segarnya air terjun yang mengalir dari bebatuan yang memesona.

  • Alamat: Besukcuit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Operasional: 07.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

8. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang terletak di empat kabupaten. Diantaranya Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut. Dari sini, pengunjung dapat melihat gagahnya Gunung Semeru dari kejauhan.

Gunung Bromo dianggap sebagai gunung suci oleh masyarakat suku Tengger, yang merupakan suku asli kaki Gunung Bromo. Gunung ini kerap dijadikan sebagai tempat diadakannya upacara adat atau ritual keagamaan. Gunung Bromo sangat dikenal dengan golden sunrise yang mampu membuat siapa saja terpesona akan keindahannya.

  • Alamat: Senduro, Sukapura, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp29.000 – Rp34.000

9. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Puncak Gunung Semeru disebut dengan Mahameru. Gunung Semeru menjadi gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani. Gunung Semeru hingga kini menjadi gunung berapi aktif.

Pendakian menuju Puncak Mahameru di Gunung Semeru membutuhkan waktu 3 hari 2 malam. Gunung Semeru memiliki danau vulkanik yang biasa menjadi tempat istirahat bagi pendaki, yaitu Ranu Kumbolo. Di Gunung Semeru, pendaki akan melihat tanaman edelweiss yang merupakan bunga abadi.

  • Alamat: Ngampo, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp17.500 – Rp22.500

10. Pantai Pandan

Pantai Pandan

Lumajang tak hanya memiliki destinasi wisata di dataran tinggi saja. Di selatan Kabupaten Lumajang, terdapat deretan pantai yang rata-rata memiliki pasir hitam. Salah satu diantaranya ada Pantai Dampar. Pantai ini dapat diakses dari pusat kota Lumajang selama 1 jam perjalanan darat.

Pantai Dampar memiliki hamparan pasir hitam yang bersih dan halus dengan ombak yang tidak terlalu besar. Di sini, bukan hanya bisa menikmati keindahan pantai saja, kamu juga bisa jelajah danau menggunakan sampan yang letaknya persis di sebelah Pantai Dampar.

  • Alamat: Jl. Gondoruso, Kalibendo, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

Sekian ulasan Keluyuran tentang 10 destinasi wisata di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tak perlu jauh-jauh ke luar pulau, di Lumajang saja sudah banyak destinasi wisata yang menarik, bahkan salah satunya ada gunung tertinggi di Pulau Jawa. Yuk, keluyuran ke Kabupaten Lumajang!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *