Keluyuran / Malaysia / 8 Destinasi Wisata di Malaysia yang Asyik untuk Dikunjungi

8 Destinasi Wisata di Malaysia yang Asyik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Malaysia merupakan negara tetangga yang juga populer dikalangan para pelancong, termasuk dari Indonesia. Negara ini menjadi tujuan destinasi wisata yang terkenal karena memiliki keberagaman jenis wisata, dari mulai cagar budaya, pantai hingga pusat kota-kota besarnya seperti Kuala Lumpur.

Begitu banyaknya tempat yang bisa dikunjungi di Malaysia, terkadang membuat para pengunjung menjadi kebingungan dan akhirnya hanya berakhir di Kuala Lumpur saja. Padahal masih banyak tempat yang tak kalah menariknya dari Kuala Lumpur. Sangat disayangkan jika tak mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Malaysia juga ramah untuk budget ditambah makanannya tak jauh beda dari makanan Indonesia sehingga memudahkan bagi para pelancong yang berasal dari Indonesia. Jika kamu perlu rekomendasi tempat-tempat di Malaysia yang layak untuk dikunjungi, simak informasi Keluyuran mengenai 8 destinasi wisata menarik di Malaysia.

1. Kepulauan Perhentian

Kepulauan Perhentian

* sumber: anekatempatwisata.com

Para pelancong dan para backpacker sangat suka dengan Kepulauan Perhentian Malaysia, khususnya Perhentian Kecil, yaitu pulau terkecil dari kedua pulau tersebut. Tempat ini memiliki pasir yang halus dan spot snorkeling dan menyelam yang luar biasa juga pesta yang meriah di malam hari.

Di Perhentian Besar, yang merupakan pulau dengan ukuran yang lebih besar, biasanya lebih banyak dikunjungi turis yang datang bersama keluarga atau pasangan. Di sini mereka bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk  menikmati air laut yang biru dan menikmati beberapa pesta. Pulau mana pun yang kamu pilih, untuk sampai ke Perhentian perlu naik speedboat.

Wisata di Kepulauan Perhentian bergantung musim. Pada bulan Juli, bulan puncak liburan, akomodasi mungkin sulit ditemukan di Perhentian Kecil, tetapi pulau-pulau sebagian besar kosong selama bulan-bulan musim dingin karena hujan dan badai.

Lokasi kepulauan ini berada di negara bagian Terengganu, tidak jauh dari perbatasan Thailand. Untuk sampai ke Kepulauan Perhentian dari Kuala Lumpur bisa naik pesawat ke Kuala Terengganu atau Kota Bharu (45 menit). Setelah tiba di bandara, naik bis atau taksi ke dermaga Kuala Besut.

2. Melaka

Melaka

* sumber: www.ourglobaltrek.com

Melaka adalah satu dari beberapa situs Situs Warisan Dunia UNESCO. Melaka terletak agak jauh di selatan Penang. Kota Melaka adalah tujuan wisata populer dengan keunikannya sendiri. Kota ini terkenal akan situs-situs bersejarah, seperti Benteng A Famosa dan Gereja Kristus.

Selain itu, daya tarik kota ini juga terletak pada wisata kulinernya. Di sini tempat kuliner yang menyediakan hidangan lezat seperti sate celup, bola nasi ayam, dan masakan Nyonya. Setelah menjadi pelabuhan perdagangan yang penting selama era kolonial Malaysia, di kota ini kamu juga akan menemukan sisa-sisa masa lalu, seperti Permukiman Portugis dan Dutch Heritage Trail.

Jika kamu penggemar pasar malam, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Jonker Street Night Market sebagai tempat wisata kuliner dan belanja terkenal. Kamu bisa mencicipi beragam kuliner dari kuliner khas Malaysia hingga negara lain seperti Korea, Cina dan Jepang. Sekedar informasi, jika kamu membeli makanan dari para penjual dengan gerobak di pinggir jalan, harga akan lebih murah.

Ingin belanja oleh-oleh untuk keluarga, kamu juga bisa belanja suvenir di sini. Beragam suvenir dari gantungan kunci hingga magnet kulkas ditawarkan para penjual di sini. Melaka terletak di barat daya Semenanjung Malaysia, sekitar 150 km dari Kuala Lumpur. Untuk sampai ke Melaka dari Jakarta bisa menggunakan pesawat yang terbang langsung ke Melaka.

3. Penang

Penang

* sumber: antholagroup.com

Kota Warisan Dunia UNESCO lainnya di Malaysia adalah Penang George Town. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan arsitektur dan budaya yang unik. Kota ini mempertahankan banyak bangunan era kolonial hingga hari ini. Perlu waktu yang agak lama untuk bisa menjelajahi tempat-tempat bersejarah di sini karena jumlahnya banyak.

Adapun tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi dalam perjalananmu di Penang adalah Bukit Penang, Kuil Kek Lok Si, Kuil Ular, War Chaiyanabgalaram, Kuil Burma Dhammikarma, Gurney Drive, dan Batu Feringgi.

Selain kota bersejarah, Penang juga dikenal sebagai surganya makanan. Selama berkunjung ke Penang, manfaatkan kesempatanmu untuk mencicipi hidangan lokal yang populer seperti Penang Rojak, Char Kway Teow, Pasembur, Nasi Kandar Asam Laksa, dan masih banyak lagi.

Penang terletak di pantai barat laut Semenanjung Malaysia, dekat Selat Malaka. Calon pengunjung bisa menggunakan pesawat yang langsung terbang ke Penang dari Jakarta.

4. Lembah Danum, Sabah

Lembah Danum

* sumber: www.lokalocal.com

Untuk penggemar ekowisata dan wisata ke hutan-hutan yang masih belum tersentuh, Lembah Danum merupakan tempat terbaik untuk dikunjungi di Malaysia. Kawasan konservasi yang terletak jauh di dalam hutan dipterokarp dataran rendah berusia 130 juta tahun ini menawarkan keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Di dalam area yang memiliki luas sekitar 438 kilometer persegi ini terdapat ratusan mungkin ribuan, spesies fauna, dan beragam flora yang bahkan lebih besar jumlahnya yang menjadikan tempat ini sebagai rumah bagi mereka.

Para pengunjung yang beruntung mungkin bisa melihat orang utan, macan tutul mendung, dan gajah kerdil. Yang menjadi daya tarik terbesar di Lembah Danum ini adalah kurangnya pemukiman manusia sehingga menyediakan lingkungan yang lebih alami.

Habitat di seluruh Sabah hancur oleh penebangan dan deforestasi, tetapi tidak di dalam kawasan lindung ini. Kegiatannya meliputi trekking di hutan dengan pemandu yang berpengalaman, safari malam dan mengunjungi situs pemakaman kuno Kadazan-Dusun.

Lembah Danum terletak di Lahad Datu, Sabah. Untuk tiba di Lembah Danum dari kota terdekat Lahad batu bisa dengan mengemudi sendiri atau naik bus antar-jemput. Yang datang dengan menggunakan mobil memerlukan izin dari Kantor Lahad Datu.

5. Taman Nasional Taman Negara

Taman Nasional Taman Negara

* sumber: www.packist.com

Terletak di jantung Semenanjung Melayu, Taman Negara adalah permata hijau yang luas. Luas taman ini meliputi 4.300 kilometer persegi, membentang melintasi hutan hujan purba, menurut orang-orang merupakan beberapa dari hutan tertua yang ada di dunia, dan sungai-sungai yang berkelak-kelok dengan pemandangan gajah yang terlihat berjemur di tepian berlumpur.

Taman Negara saat ini diangkat sebagai Mekkah-nya ekowisata Malaysia. Para pelancong dari tempat jauh datang untuk berjalan di jembatan tali yang berayun, mendaki jalan setapak yang diselimuti pohon dan mencari hewan-hewan, seperti kera liar yang nakal, harimau Melayu yang sulit ditangkap, galumphing guars, gajah India, dan masih banyak lagi.

Taman Negara beralamat di Kuala Tahan, Pahang. Cara tercepat dan termurah menuju lokasi ini dengan naik bus dari Kuala Lumpur ke kota Jerantut di Pahang. Setelah itu bisa naik bus ke markas Taman Kuala Tahan, berlayar menyusuri sungai atau naik kereta ke pintu masuk utara di Merapoh.

6. Tanah Tinggi Cameron

Tanah Tinggi Cameron

* sumber: www.libur.com.my

Orang-orang Malaysia biasanya akan pergi ke Tanah Tinggi Cameron Highlands jika mereka sudah penat dengan kehidupan kota di Kuala Lumpur dan panas di ketinggian yang lebih rendah. Mengapa orang Malaysia senang berkunjung ke daerah tersebut?  Ternyata alasannya sangat mudah sekali dipahami.

Terletak tinggi di perbukitan dengan perkebunan teh, museum Dataran, tempat ibadah, dan masih banyak lagi tempat menarik lainnya, Tanah Tinggi Cameron merupakan destinasi wisata yang indah. Daerah ini juga menjadi rumah bagi titik tertinggi di Malaysia, yaitu Gunung Brinchang serta banyak jalur hiking yang indah.

Ketinggian yang lebih tinggi menjadikan Tanah Tinggi Cameron tempat yang tepat untuk bersantai di Malaysia yang tropis. Di sini juga terdapat banyak tempat untuk makan, minum, dan menginap sesuai dengan semua budget pengunjung sehingga menjadikannya sebagai tempat yang bagus untuk melihat di Malaysia.

Dataran tinggi ini berada di daerah Pahang berjarak sekitar 250 km dari Bandara Internasional Kuala Lumpur 2. Cara terbaik untuk mencapai Tanah Tinggi Cameron adalah dengan bus atau menyewa mobil. Destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi adalah Perkebunan Teh Boh.

7. Kuala Kangsar

Kuala Kangsar

* sumber: traveltriangle.com

Sebagai ibu kota kerajaan, Kuala Kangsar memiliki beberapa arsitektur yang menakjubkan untuk dilihat dan dijelajahi. Keadaan di kota ini cukup tenang. Tempat ini bisa disebut sebagai kota istana-istana. Ada banyak istana yang bisa dikunjungi, seperti Istana Iskandariah, Galeri Sultan Azlan Shah, dan Istana Kenangan yang dibangun dari kayu.

Yang menjadi atraksi utama kota ini sudah pasti arsitekturnya yang cantik. Meskipun kota ini tidak memiliki banyak atraksi, namun kota ini merupakan tujuan wisata Malaysia yang bagus untuk wisata satu hari.

Untuk menuju Kuala Kangsar kamu bisa menggunakan mobil, kereta api, dan bus. Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam dari Ipoh. Objek wisata yang terbaik adalah Masjid Ubudiah.

Kuala Kangsar berada di Negara Bagian Perak, distrik Kuala Kangsar. Untuk sampai di Kuala Kangsar, pengunjung bisa menggunakan mobil, kereta api atau bus. Jika menggunakan mobil dari Kuala Lumpur, berjalan ke arah utara menuju Ipoh. Kuala Kangsar hanya berjarak sekitar 30 km di utara Ipoh.

8. Gua Batu, Selangor

Gua Batu

* sumber: skift.com

Gua Batu di Selangor adalah salah satu situs keagamaan terpenting di Malaysia. Selama perayaan Hindu di Thaipusam setiap tahunnya ribuan pengikut agama Hindu mengunjungi lokasi dan naik ke kuil dan tempat pemujaan yang didedikasikan untuk dewa Hindu, Dewa Murugan. Patung Dewa Murugan berdiri tegak di kompleks utama kuil.

Jaringan gua batu kapur merupakan bagian dalam dari Gua Batu. Gua ini pernah dihuni oleh suku-suku asli di daerah tersebut. Tempat ini buka sepanjang tahun dan ketika tidak diramaikan oleh festival keagamaan, Gua Batu adalah situs untuk panjat tebing dan eksplorasi gua, dengan banyak spesies tumbuhan dan hewan gua.

Gua Batu ini berada di distrik Gombak, 68100 Batu Caves, Selangor. Dari kota Kuala Lumpur berjarak sekitar 13 kilometer. Pengunjung bisa datang dengan menggunakan angkutan umum.

Nah, itulah destinasi wisata di Malaysia yang menarik untuk kamu kunjungi jika kamu memutuskan untuk melancong ke Negeri Jiran tersebut. Destinasi wisata mana yang paling membuatmu tertarik?

Bila kamu ingin berwisata secara backpacker, simak artikel tips backpacker ke Malaysia ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar