10 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Paling Populer 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain kaya akan makanan khas dan oleh-oleh khasnya, Palangkaraya juga kaya akan tempat wisatanya. Dari tempat wisata alam hingga buatan, semua ada di ibu kota Kalimantan Tengah tersebut. Jadi, tidak ada salahnya bila kamu melakukan kegiatan wisata di sana.

Di antara banyaknya tempat wisata di sana, beberapa di antaranya bakal kami rekomendasikan di sini. Beberapa rekomendasi itu kami tampilkan agar kamu tahu tempat wisata Palangkaraya mana saja yang mesti kamu kunjungi. Mau tahu apa saja rekomendasi dari kami? Yuk simak saja langsung daftarnya di bawah ini!

1. Bundaran Palangkaraya

Bundaran Palangkaraya

Kalau Jakarta punya Bundaran HI, maka Palangkaraya punya Bundaran Palangkaraya. Bundaran ini berbentuk lapangan bundar yang luas, serta berada di tengah perkotaan. Bila hari Minggu tiba, tempat wisata ini selalu dijadikan area car free day sekaligus area berolahraga.

Selain sebagai tempat wisata, bundaran ini juga merupakan jantung sekaligus ikon Palangkaraya. Tempat ini juga lazim dijadikan tempat ritual pembersihan kota oleh beberapa agama tertentu. Kalau kamu tertarik ke sini, langsung saja datang ke alamat lengkapnya di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Yos Sudarso, Palangka, Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah 74874.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 07.00-22.00.

2. Tugu Soekarno

Tugu Soekarno

Seperti kota-kota lainnya, Palangkaraya juga punya tempat wisata bersejarah. Tugu Soekarno adalah salah satunya. Tempat wisata ini letaknya tak terlalu jauh dari Bundaran Palangkaraya. Tempat wisata ini sendiri sudah ada di Palangkaraya sejak 17 Juli 1957 lalu.

Penamaan Tugu Soekarno ini tak lepas dari rencana Presiden Pertama Indonesia itu yang pernah ingin menjadikan Palangkaraya sebagai ibu kota yang baru. Kalau kamu ingin ke sini, pastikan untuk datang di kala sore ataupun malam. Di dua waktu tersebut, pemandangan tugu ini akan sangat indah dipandang. Langsung saja datang ke alamat berikut, bila kamu tertarik ke tugu ini:

  • Alamat : Langkai, Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah 74874.
  • Jam Buka : Setiap hari.

3. Museum Balanga

Museum Balanga

Ini adalah tempat wisata sejarah lainnya di Palangkaraya. Museum yang diresmikan sejak 1990 ini adalah tempat yang tepat untuk mengenal Suku Dayak. Ini tak lepas dari interior ruangannya yang kental nuansa khas Suku Dayak.

Beragam  hal yang berkaitan dengan Suku Dayak tersedia di sini. Mulai dari koleksi senjata, alat upacara adat, miniatur Rumah Betang khas Suku Dayak, hingga gambaran fase hidup Suku Dayak. Kalau kamu berminat, sila datang saja ke alamatnya yang ada di sini:

  • Alamat : Jalan Tijilik Riwut No.KM 2, Palangka, Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 73112.
  • Jam Buka : Senin s.d. Jumat pukul 08.00-15.00.
  • HTM : Sekitar Rp. 2.500/orang.

4. Rumah Adat Betang

Rumah Adat Betang

Serupa Museum Balanga, tempat ini juga cocok untuk mengenal lebih dekat Suku Dayak. Rumah adat ini sendiri merupakan rumah adat asli Suku Dayak. Secara bentuk, rumah ini rupanya serupa rumah panggung, hanya saja bentuknya lebih memanjang.

Adapun bahan utama rumah adat ini adalah kayu ulin yang terkenal keras. Saat kamu memasuki bagian tengah rumah ini, kamu bakal menemukan sebuah anak tangga yang memiliki dua sisi. Bila kamu tertarik, silakan datang ke alamat ini:

  • Alamat : Palangka, Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 74874.

5. Taman Kota Palangkaraya

Taman Kota Palangkaraya

Serupa dengan Bundaran Palangkaraya, tempat wisata ini juga ada di pusat kota Palangkaraya. Kamu bakal menemukan sesuatu yang menarik kala kamu ke taman ini. Sesuatu yang menarik itu tak lain adalah benteng yang didesain serupa relief.

Desain relief pada benteng tersebut menggambarkan lima pemuda yang saling berangkulan; simbol dari lima orang yang berbeda suku demi perjuangan Sumpah Pemuda. Tempat ini amat cocok untuk bersantai, baik sendiri maupun bareng keluarga. Adapun alamat taman ini adalah:

  • Alamat : Jalan Yos Sudarso, Menteng, Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah 74874.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.

6. Arboretum Nyaru Menteng Palangkaraya

Arboretum Nyaru Menteng Palangkaraya

Tempat wisata ini cocok buatmu yang ingin melihat flora dan fauna di Palangkaraya. Selain tempat wisata, tempat ini juga merupakan tempat penangkaran beragam jenis flora dan fauna, baik di Kalimantan maupun bukan.

Kamu bisa melihat penangkaran Orangutan dan beragam hewan serta tumbuhan kala di sini. Selain itu, kamu pun juga bisa belajar soal konservasi Orangutan, serta mengenal lebih dekat ekosistem rawa gambut. Tempat wisata ini sendiri letaknya persis di:

  • Alamat : Jalan Tjilik Riwut KM 28, Tumbang Tahai, Bukit Batu, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 73111.
  • Jam Buka : Sabtu s.d. Kamis pukul 08.00-15.00.

7. Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau

Sama seperti tempat wisata sebelumnya, tempat wisata ini juga tak hanya berfungsi sebagai tempat wisata. Tempat ini juga merupakan kawasan pelestarian alam yang juga bisa dipakai untuk kepentingan penelitian.

Ada sejumlah objek menarik di tempat wisata ini. Salah satunya adalah Sungai Koran. Ini merupakan sungai yang berwarna hitam jernih dan mengandung tannin yang tinggi. Bila kamu ke taman wisata ini, kamu bakal merasakan sensasi menyusuri sungai ini dengan memakai speedboat. Kalau kamu tertarik, kamu bisa mendatangi alamat langsungnya di bawah ini:

  • Alamat : Jalan MAhir Mahar KM 1,2, Paduran Sabangau Kuala, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 74874.
  • No. Telepon : 081105233-525.
  • Jam Buka : Setiap hari.
  • HTM : Rp5 ribu.

8. Taman Wisata Bukit Tangkiling

Taman Wisata Bukit Tangkiling

34 kilometer dari pusat kota Palangkaraya, ada satu tempat wisata alam yang laik dikunjungi. tempat wisata itu adalah Taman Wisata Bukit Tangkling. Di tempat ini, kamu bisa melihat keindahan kota Palangkaraya dari ketinggian.

Untuk bisa menikmati sensasi tersebut, kamu harus menaiki sebongkah batu besar di puncak bukit ini. akan lebih baik bila kamu melakukannya saat pagi hari, terutama di interval pukul 7-8 pagi. Datang di waktu-waktu tersebut bakal membuatmu merasakan sensasi udara pagi yang segar. Tempat wisata ini letaknya berada di:

  • Alamat : Banturung, Bukit Batu, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 73112.
  • Jam Buka : Setiap hari.

9. Danau Tahai

Danau Tahai

Selain wisata bukit, kamu juga bisa berwisata danau kala di Palangkaraya. Untuk melakukannya, kamu bisa datang ke Danau Tahai. Ini adalah sebuah danau yang terbentuk dari galian pasir yang lama kelamaan tergenang air.

Danau ini memiliki air berwarna kemerahan. Warna merah pada air danau ini konon terbentuk dari akar pohon gambut yang ada di dekat danau ini. Danau ini juga memiliki rumah-rumah terapung di sekitarnya, yang merupakan rumah milik penduduk sekitar. Danau indah satu ini berlokasi di alamat berikut:

  • Alamat : Tumbang Tahai, Bukit Batu, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 73112.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 06.00-16.00.
  • HTM : Rp. 5 ribu/orang (belum termasuk biaya parkir).

10. Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan

Bila Palembang punya Jembatan Ampera, maka Palangkaraya punya Jembatan Kahayan. Serupa dengan Jembatan Ampera, jembatan ini juga merupakan ikon bagi kota di mana jembatan ini berada. Jembatan ini sendiri letaknya persis di Sungai Kahayan dengan panjang 640 meter dan lebar 9 meter.

Sayangnya, kamu tak boleh berdiri persis di pinggir jembatannya. Hal ini dilakukan demi keamanan masyarakat yang melintas di jembatan ini. sebagai gantinya, kamu bisa berwisata di bagian bawah jembatan satu ini. Adapun alamat jembatan ini adalah sebagai berikut:

  • Alamat : Jalan Kapten Piere Tendean, Palangka, Pahandut, Palangka, Jalan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 74874.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.

Itulah beberapa tempat wisata di Palangkaraya yang bisa kamu kunjungi nanti. Pernah mengunjungi salah satunya? Atau punya saran tempat wisata yang bagus lainnya di Palangkaraya? Jangan sungkan menambahkannya di kolom komentar, ya. Selamat liburan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *