Yuk, Kunjungi 10 Destinasi Wisata Menarik di Pandeglang Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pandeglang merupakan kabupaten di Provinsi Banten yang berbatasan dengan Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, dan Samudera Indonesia. Pandeglang menjadi kabupaten di sisi paling barat Pulau Jawa, dimana areanya mencakup beberapa pulau kecil yang ada di Provinsi Banten. Pandeglang dikenal dengan Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan habitat badak bercula satu.

Banyaknya pulau yang tersebar di sisi barat Banten, membuat Pandeglang kaya akan destinasi wisata yang menarik dan tak kalah dengan yang ada di Jawa Timur. Berikut ini ulasan tentang 10 destinasi wisata di Pandeglang yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Terletak di sisi barat Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, Pandeglang memiliki banyak pantai, salah satunya Pantai Tanjung Lesung. Meski pernah dihadang bencana tsunami, Pantai Tanjung Lesung sangat direkomendasikan untuk dikunjungi karena memiliki pesona yang sangat cantik.

Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Lesung seperti snorkeling, diving, bersantai di atas hammock, dan mengeksplor ke tengah laut menggunakan perahu motor. Pantai Tanjung Lesung menjadi salah satu kawasan penangkaran terumbu karang terbaik di Provinsi Banten.

  • Alamat : Tanjungjaya, Panimbang, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp30.000

2. Sungai Cigenter

Sungai Cigenter

* sumber: www.indonesiakaya.com

Sungai Cigenter merupakan aliran sungai yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Di sini, kamu bisa mencoba sensasi menyusuri sungai menggunakan perahu kayu, dan ditemani dengan pemandangan pepohonan dari hutan bakau yang asri di kiri dan kanan sungai.

Kedalaman Sungai Cigenter mencapai 6 meter, dan permukaannya berlumpur. Arus di Sungai Cigenter terbilang tenang, sehingga aman dan tentunya seru untuk dieksplor. Di ujung sungai terdapat air terjun yang cantik dan memesona.

  • Alamat : Ujungjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

3. Pulau Peucang

Pulau Peucang

Pelesir ke Pandeglang, tak lengkap jika tidak mengunjungi Pulau Peucang yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau Peucang dapat diakses dari Pantai Sumur menggunakan kapal tradisional dengan waktu 3-4 jam perjalanan. Kapal ini dapat menampung hingga 50 orang.

Pulau Peucang merupakan pulau tak berpenghuni dengan luas sekitar 450 hektar. Pulau ini dihuni oleh beragam jenis satwa. Mulai dari kera ekor panjang, babi hutan, rusa, biawak, dan masih banyak satwa lainnya. Meski tidak berpenghuni, pulau ini sudah tersedia penginapan bagi kamu yang berencana menginap di Pulau Peucang.

  • Alamat : Ujungjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

4. Pulau Handeuleum

Pulau Handeuleum

* sumber: indonesiatraveler.id

Pulau Handeuleum merupakan salah satu gugusan pulau di semenanjung Ujung Kulon. Pulau seluas 220 hektar ini dihuni oleh rusa, hingga ular phyton. Pulau Handeuleum merupakan letak dimana Sungai Cigenter berada. Pulau ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang masih asri.

Jika Pulau Peucang dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya, Pulau Handeuleum menarik dengan adanya aliran sungai yang terdapat padang pengembalaan. Jika beruntung, kamu bisa melihat langsung satwa yang ada di Pulau Handeuleum.

  • Alamat : Ujungjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

5. Pulau Tinjil

Pulau Tinjil

* sumber: merahputih.com

Pulau Tinjil merupakan salah satu gugusan pulau di Sunda Besar yang bentuknya memanjang dari barat daya hingga timur laut. Pulau Tinjil dijadikan sebagai lokasi untuk pengembangbiakan monyet ekor panjang sejak tahun 1988, yang dilakukan oleh Pusat Studi Satwa Primata. Makanya di sini kamu akan menemukan banyak monyet ekor panjang yang hidup bebas.

Pulau Tinjil adalah pulau berpenghuni, dimana mayoritas masyarakat berprofesi sebagai nelayan. Pulau ini menjadi salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Provinsi Banten. Mencapai ke sini, perlu melewati jalur darat dan laut yang cukup jauh.

  • Alamat : Cikiruhwetan, Cikeusik, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

6. Pulau Umang

Pulau Umang

* sumber: www.ujung-kulon.com

Salah satu pulau terbaik di Provinsi Banten adalah Pulau Umang. Pulau ini memiliki pasir putih yang bersih, dengan air laut jernih. Ombak di Pulau Umang cenderung tenang, sehingga aman digunakan sebagai tempat bermain air. Pulau Umang memiliki banyak terumbu karang yang masih alami dan terjaga.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Umang, diantaranya memancing, bermain jetski, banana boat, hingga menyaksikan pesona matahari terbenam. jika kamu berencana menginap di Pulau Umang, sudah tersedia resort dengan pemandangan indah khas Pulau Umang.

  • Alamat : Sumberjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Taman Hutan Raya Banten

Taman Hutan Raya Banten

* sumber: jejakpiknik.com

Beralih dari wisata laut, di Pandeglang terdapat Taman Hutan Raya Banten yang menjadi salah satu primadona wisata di Provinsi Banten. Tahura Banten ditumbuhi pepohona yang rimbun, dan yang paling menarik adalah terdapat air terjun yang dikenal dengan nama Curug Putri Pandeglang.

Tahura Banten dalam dijadikan sebagai wisata edukasi, dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Mulai dari toilet, tempat istirahat, mushola, warung makan, hingga penginapan. Biasanya pengunjung datang ke sini untuk mencoba sensasi segarnya berenang di Curug Putri.

  • Alamat : Curug Putri, Carita, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 06.15 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp15.000
  • Kontak : 0819-3212-9246

8. Curug Cinoyong

Curug Cinoyong

Ingin bermain air dengan suasana alam yang sejuk? Pandeglang tak hanya memiliki pantai yang memesona. Ada pula Curug Cinoyong yang merupakan salah satu air terjun tersembunyi di Banten. Curug Cinoyong sering disebut sebagai curug kembar karena terdapat dua aliran air terjun yang jatuh ke kolam alami.

Curug Cinoyong dikelilingi oleh tiga gunung, yaitu Gunung Karang, Gunung Pulosari, dan Gunung Aseupan. Sehingga memiliki udara yang sejuk, alami, dan cocok untuk penyuwa wisata alam. Aliran air di Curug Cinoyong tidak terlalu deras, jadi aman untuk bermain air.

  • Alamat : Cinoyong, Carita, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000
  • Kontak : 0821-1454-3652

9. Gunung Honje

Gunung Honje

Penyuka aktivitas hiking, wajib mencoba untuk mendaki Gunung Honje yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon. Meski tidak terlalu tinggi, hanya 620 meter di atas permukaan laut, Gunung Honje memiliki panorama alam yang memesona dan masih asri karena tak jarang kamu akan menemukan banyak satwa yang hidup liar di sini.

Gunung Honje memiliki luas wilayah sekitar 19.500 hektar, dan menjadi pintu masuk Taman Nasional Ujung Kulon. Di kawasan ini terdapat beberapa air terjun, dan gua yang bisa kamu eksplor. Gunung yang tidak terlalu tinggi ini direkomendasikan untuk dikunjungi ketika liburan ke Ujung Kulon.

  • Alamat : Ujungjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

10. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Destinasi yang wajib dikunjungi ketika pelesir ke Banten, khususnya Pandeglang adalah Taman Nasional Ujung Kulon, yang merupakan titik ujung barat dari Pulau Jawa. Taman nasional ini mencakup gugusan pulau kecil yang tersebar mulai dari semenanjung Ujung Kulon.

Taman Nasional Ujung Kulon adalah taman nasional tertua yang ada di Indonesia dan menjadi habitat bagi hewan langka, yaitu badak bercula satu. Awal mulanya, Ujung Kulon merupakan wilayah pertanian yang sempat hancur, dan penduduknya habis akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Pada akhirnya kawasan ini kembali menjadi hutan yang dilindungi.

  • Alamat : Ujungjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0813-8178-4202

Pelesiran di Pulau Jawa bagian barat sangat sayang jika dilewatkan. Terdapat pulau-pulau kecil, taman hutan raya, hingga taman nasional. Tak heran jika Pandeglang menjadi salah satu destinasi yang banyak disukai wisatawan. Di antara 10 destinasi wisata yang disebutkan di atas, mana yang paling kamu suka? Yuk, ajak sahabatmu untuk liburan ke Pandeglang!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *