Inilah 10 Destinasi Wisata di Pulau Rote yang Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika Sabang adalah sisi paling barat di Indonesia, dan Merauke adalah sisi paling timur. Kamu harus tahu kalau sisi paling selatan di Indonesia adalah Pulau Rote. Pulau ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebenarnya, Rote adalah wilayah kepulauan yang terdiri dari 96 pulau. Enam pulau di antaranya merupakan pulau berpenghuni.

Rote bisa diakses melalui Kupang menggunakan pesawat selama 30 menit, atau kapal laut selama 2 – 4 jam perjalanan. Pulau ini masih belum banyak dikenal, itu sebabnya Rote masih sangat asri dan keindahannya selalu terjaga. Kalau kamu penasaran dengan pulau ini, ketahuilah 10 destinasi paling seru di Pulau Rote berikut ini!

1. Pantai Oesosole

Pantai Oesosole

Pertama, ada pantai yang menghadap ke sisi tenggara dari Pulau Rote. Pantai Oesosole namanya. Pantai ini berjarak 55 km dari pusat kota Ba’a, yang merupakan kota terbesar di Pulau Rote. Pantai Oesosole memiliki pasir putih yang bersih dan lembut, air lautnya sangat jernih dan terdapat batu karang besar di tepi pantai.

Pantai Oesosole menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Pulau Rote. Apalagi jika kamu suka dengan tempat yang sepi dan jauh dari keramaian. Pantai ini masih jarang diketahui wisatawan, sehingga belum ada penduduk sekitar yang berjualan. Liburan ke sini, selayaknya berkunjung ke pantai pribadi.

  • Alamat : Faifua, Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

2. Telaga Nirwana

Telaga Nirwana

Salah satu yang cukup terkenal dari Pulau Rote adalah Telaga Nirwana. Sebuah telaga yang menjadi muara dari sebuah teluk sepanjang 700 meter ini memiliki bentuk yang unik. Jika dilihat dari atas, Telaga Nirwana berbentuk seperti “love”. Pantai yang berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai ini begitu memesona.

Telaga Nirwana bisa dijangkau menggunakan sampan milik nelayan di Pantai Buedale yang disewakan untuk pengunjung. Sekitar 10 menit mendayung, kamu sudah tiba di Telaga Nirwana yang cantik ini.

  • Alamat : Oeseli, Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000
  • Kontak : 0812-3777-0743

3. Pantai Bo’a

Pantai Bo’a

Suka dengan aktivitas surfing? Wajib mengunjungi Pantai Bo’a di Rote Barat. Pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia. Ketinggian ombaknya cukup besar, dan mencapai 7 kali gulungan. Menjadi gulungan ombak terbesar setelah Hawaii.

Pantai Bo’a berjarah sekitar 40 km dari pusat kota Ba’a, dan memerlukan waktu tempuh selama 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani dengan pemandangan yang memesona dengan bukit-bukit, hingga savana yang luas. Setibanya di Pantai Bo’a langsung disambut dengan indahnya biru laut yang luas.

  • Alamat : Bo’a, Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Pantai Dombo

Pantai Dombo

Pantai Dombo merupakan destinasi yang belum lama dikenal wisatawan. Pantai Dombo memiliki gelombang laut yang cukup besar dan berbahaya. Tempat ini terbilang unik karena terdapat batu karang besar yang menjorok ke laut, dan pada bagian bawah batu karang memiliki lubang yang terlihat unik.

Pantai DOmbo berjarak sekitra 20 km dari pusat kota Ba’a. Tidak terlalu jauh dan cukup mudah dijangkau. Menikmati keindahan Pantai Dombo bisa dilakukan di di atas batu karang. Sehingga lebih leluasa dalam melihat pesonanya.

  • Alamat : Kuli, Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Mata Air Oemau

Mata Air Oemau

Tak hanya pantai, Rote juga memiliki sumber air yang dikenal dengan nama Mata Air Oemau. Sumber mata air ini digunakan oleh masyarakat Rote sebagai cadangan air saat musim kemarau, digunakan untuk melakukan aktivitas rutin seperti mandi dan mencuci. Air ini juga digunakan untuk mengairi pesawahan.

Mata Air Oemau memiliki aliran air yang sangat jernih dan masih alami. Meski sering digunakan untuk berenang, mandi, sampai mencuci pakaian, Mata Air Oemau tetap terjaga kebersihan dan kejernihannya. Sumber air ini cocok menjadi salah satu tempat untuk menyegarkan tubuh dari panasnya suhu di musim kemarau.

  • Alamat : Mokdale, Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp20.000

6. Bukit Mando’o

Bukit Mando’o

Sebelumnya sudah membahas tentang Pantai Dombo, sekarang membahas bukit yang letaknya tidak terlalu jauh dari pantai tersebut. Bukit Mando’o namanya. Bukit ini bisa kamu daki melewati tangga yang sudah disediakan. Sebanyak 488 anak tangga akan mengantarmu melihat keindahan Pulau Rote dari ketinggian.

Di sepanjang jalur menuju puncak bukit, terdapat pos yang bisa digunakan untuk beristirahat. Sesampainya di puncak Bukit Mando’o, terlihat cantiknya biru laut di sisi selatan Indonesia, dengan hijaunya pepohonan yang menghiasi tepi pantai. Tampak cantik dan memesona.

  • Alamat : Kuli, Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000

7. Batu Termanu

Batu Termanu

Rote dikelilingi oleh destinasi wisata yang unik dan menarik. Salah satunya Batu Termanu yang merupakan sebuah bukit di Rote Tengah. Batu Termanu sebenarnya terdiri dari dua bukit batu besar. ada Batu Hun dan batu Suelai. Menurut cerita legenda, Batu Hun berjenis kelamin wanita, dan Batu Suelai berjenis kelamin laki-laki.

Semula, batu tersebut berasal dari Vietnam, yang berpindah-pindah ke Maluku, dan akhirnya menetap di Rote Ndao. Batu Termanu merupakan tempat keramat, serta menjadi tempat keramat dan tempat pemujaan bagi masyarakat Rote Tengah.

  • Alamat : Onotali, Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao, Nusa tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Danau Laut Mati

Danau Laut Mati

Destinasi unik lainnya di Pulau Rote adalah Danau Laut Mati. Fenomena alam ini sebelumnya sudah ada di Timur Tengah, tapi ternyata Indonesia juga punya Danau Laut Mati, tepatnya di sisi selatan Nusantara. Air di Danau Laut Mati Rote memiliki kandungan garam yang lebih sedikit dibandingkan laut pada umumnya.

Danau Laut Fisik dihiasi pasir yang berasla dari kulit kerang. Semakin unik tempat ini dibuatnya. Karena airnya yang tidak terlalu asin, di Danau Laut Mati dihidupi oleh ikan air tawar seperti ikan mujair, dan masih banyak ikan lainnya yang hidup di sini.

  • Alamat : Sotimori, Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Pulau Ndana

Pulau Ndana

Rote memang merupakan sisi paling selatan di Indonesia. Namun ternyata, titik selatan yang sebenarnya ada di Pulau Ndana. Ini adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang masih masuk ke dalam wilayah Kabupaten Rote Ndao. Pulau ini hanya bisa diakses dari Oeseli menggunakan perahu nelayan.

Pulau Ndana merupakan pulau tidak berpenghuni, dimana kamu perlu mendapatkan izin dari Satuan Petugas (Satgas) TNI sebelum berkunjung ke sana. Di pulau ini terpampang patung Panglima Besar Jenderal Sudirman yang menjadi ikon ketika berkunjung ke Pulau Ndana. Jika kamu ingin liburan yang berbeda, Pulau Ndana bisa dijadikan sebagai tujuan.

  • Alamat : Oeseli, Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Pantai Tolanamon

Pantai Tolanamon

Rote memang dikelilingi pantai-pantai yang cantik dan sangat memanjakan mata. Seperti halnya Pantai Tolanamon yang terletak di Rote Selatan. Pantai yang satu ini berbentuk teluk yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Namun karena bentuknya seperti teluk, pantai ini cukup aman karena hantaman ombak dihalangi oleh tebing karang yang kokoh.

Pantai yang berpasir putih bersih ini dihiasi oleh pepohonan rindang. Bisa menjadi tempat untuk berteduh dan beristirahat setelah menempuh perjalanan cukup panjang dari Pusat kota Rote Ndao. Jalur menuju ke sini banyak yang masih belum dilapisi aspal, jadi kamu perlu mempersiapkan fisik dan kendaraan.

  • Alamat : Inaoe, Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Gratis

Nusa Tenggara Timur bukan hanya dikenal dengan Kepulauan Komodo saja. Di provinsi ini banyak memiliki destinasi wisata menarik, salah satunya Pulau Rote. Setelah membaca informasi di atas, apakah tertarik untuk liburan ke Pulau Rote? Yuk, ajak teman, keluarga, dan pasanganmu melihat keindahan sisi paling selatan di Indonesia!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *