10 Tempat Bersejarah di Maroko yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Oktober 2021

Maroko menawarkan banyak hal unik dan menarik dalam pariwisata mereka, terutama keindahan yang datang dari  bangunan-bangunan bersejarahnya. Setiap sudutnya memperlihatkan kemegahan dan juga cita rasa yang unik pada budaya yang mereka miliki. Mereka memiliki budaya yang jadi perpaduan dari gaya Afrika dan juga Timur Tengah.

Arsitektur bangunan yang mereka miliki akan selalu membuat orang yang memandangnya terpesona. Tempat ini sayang jika kamu melewatakannya begitu saja. Berikut ini adalah beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi di Maroko. Sebuah tempat wisata yang cantik nan eksotis menunggu untuk dieksplorasi.

Baca juga: Tempat Bersejarah di Pakistan

1. Medina of Marrakesh

Medina of Marrakesh
  • Lokasi: Marrakesh-Safi, Maroko

Marrakesh merupakan kota ketiga terbesar di Maroko dan juga kota yang populer sebagai destinasi wisata. Marrakesh terbagi menjadi dua, yaitu bagian yang penuh sejarah yang bisa disebut Medina, dan juga bagian yang lebih modern bergaya Eropa yang biasa disebut dengan Gueliz. Medina Marrakesh merupakan tempat yang kaya akan aristektur bangunan bersejarahnya.

Kota Marrakesh sendiri didirikan pada sekitar tahun 1070 oleh Emir Abu Bakr ibn Umar dan menjadi ibu kota dari Kerajaan Almoravid. Ada banyak bangunan indah yang dapat kamu kunjungi di kota Marrakesh, satu landmark yang sangat identik dengan Marrakesh adalah pasar tradisionalnya. Pasar tradisionalnya ini menjadi satu pasar tradisional yang paling besar di Maroko.

2. Chefchaouen Medina

Chefchaouen Medina
  • Lokasi: Provinsi Chefcahouen, Maroko

Chefcahouen merupakan sebuah kota yang terkenal karena hunian masyarakatnya yang berwarna biru. Chefcahouen sendiri merupakan ibuha ibu kota dari provinsi yang  namanya sama dengan ibu kotanya. Kota ini didirikan pada sekitar tahun 1471 oleh Moulay ali ibn Rashid al-Alami sebagai sebuah benteng. Tujuan pembuatan benteng ini  merupakan usaha untuk melawan invasi Portugis.

Chefchouen terkenal sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi karena area perumahannya yang berwarna biru. Kamu dapat menjelajahi setiap jalanannya yang dipenuhi dengan warna biru. Alam pegunungan di sekitarnya pun membuat kotanya terasa semakin indah. Selain itu kehidupan disini jauh lebih tenang dibandingkan dengan kota besar seperti Marrakesh ataupun Fez.

3. Kota Bersejarah Meknes

Kota Bersejarah Meknes
  • Lokasi: Fès-Meknès, Meknes, Maroko

Kota Meknes merupakan kota yang didirikan oleh Dinasti Almoravid pada sekitar abad ke-11 masehi. Meknes pernah menjadi ibu kota dari Maroko  pada masa pemerintahan Sultan Moulay  Ismail. Pada masa itu Meknes juga berfungsi sebagai tempat militer. Saat ini tempat kota ini menjadi satu destinasi wisata yang menarik terutama dengan sisa-sisa bangunan dari masa lalu yang luar biasa.

Satu bangunan yang paling menonjol tentunya adalah benteng dengan gerbangnya yang sangat menawan. Satu di antaranya adalah gerbang El-Mansour yang didekorasi oleh pola Almohad dan juga mosaik Zellij. Selain dari bangunan gerbang-gerbangnya masih banyak lagi bangunan di Maroko yang bersejarah dan juga kaya akan ciri khas dari mesjid, madrasah dan juga istana-istananya.

4. Hassan Tower

Hassan Tower
  • Lokasi: Boulevard Mohamed Lyazidi, Rabat, Maroko
  • HTM: Gratis

Hassan Tower merupakan sebuah abangunan menara yang terbuat dari bata merah dengan tinggi sekitar 140 kaki. Bangunan ini didirikan semasa pemerintahan Yacoub El Mansour, seorang sultan yang memerintah dari tahun 1184 Masehi. Yacoub merupakan bagian dari dinasti Almohad. Bangunan menaranya berdiri dengan megah di kota Rabat Maroko.

Hassan Tower merupakan bagian dari sebuah mesjid yang tidak pernah rampung. Pembangunan mesjidnya sendiri diperkirakan berasal dari tahun 1195. Pembangunan mesjid ini terhenti setelah empat tahun berjalan, hal ini karena sang inisiator telah meninggal sebelum mesjid selesai dibangun.

5. Kasbah de Oudaias

Kasbah de Oudaias
  • Alamat: Lot Abtal Numero 37 Temara, Rabat, Maroko
  • Jam Operasional: 06.00-24.00
  • HTM: Gratis

Maroko yang kaya akan kawasan kota tuanya menjadi satu tempat menarik untuk dikunjungi. Satu di antaranya adalah Oudaias Kasbah. Kawasan kota tua ini memiliki lingkungan yang tenang karena daerahnya tidak terlalu banyak di kunjungi wisatawan seperti pada kota kuno lainnya yang terdapat di Fez ataupun di Marrakesh.

Sama halnya seperti kawasan kota tua lainnya, Oudaias Kasbah merupakan bangunan yang memiliki benteng dan terdapat gerbang masuknya yang diberi nama Bab Oudaia. Gerbang dari kasbah Oudaias terlihat cantik dengan arsitektur khas dinasti Almohad dipadu dengan gaya Maroko. Selain itu mereka juga memiliki hunian yang cantik berwarna putih dan biru.

6. Chellah

Chellah
  • Alamat: Ave Yaacoub Al Mansour & Bvld Moussa Ibn Nassair, Maroko
  • Jam Operasional: 09.00-18.00
  • HTM: 10 DH-70 DH

Chellah merupakan satu bangunan bersejarah yang masuk ke dalam Situs Warisa Dunia oleh UNESCO. Saat ini tempat ini menjadi objek wisata yang cukup populer di Rabat. Situs bersejarah ini terdiri dari reruntuhan dari bangsa Romawi dan juga tempat pemakaman umat muslim dari abad pertengahan. Kondisinya saat ini cukup rusak dampak dari gempa yang terjadi di tahun 1755 di Lisbon.

Awalnya Chellah didirikan oleh bangsa Romawi sekitar tahun 40 Masehi sebagai kota pelabuhan. Saat bangsa Romawi hilang kendali atas kotanya, kota ini digunakan oleh bangsa muslim sebagai pemakaman. Lalu pada sekitar abad ke-14 di bangunan sebuah tembok dengan menara pertahanan dengan tinggi 6 meter oleh dinasti Marinid.

7. Istana El Badi

Istana El Badi
  • Alamat: Ksibat Nhass, Marrakech 40000, Maroko
  • Jam Operasional: 09.00-17.00
  • HTM: 70 DH

Istana El Badi merupakan kediaman keluarga kerajaan dari Sultan Ahmad al-Mansur dari dinasti Saadi. Istana yang mewah ini didirikan disekitar abad ke-16 dan memerlukan waktu sekitar 25 tahun untuk membangun sekitar 350 kamar, taman, halaman, serta sebuah kolam besar. Dahulu istana ini terkenal sebagai istana yang amat mewah dengan dekorasinya.

Dahulu istana terlihat megah karena dinding istananya dihiasi dengan marmer dan juga emas karena itulah Sultan Al Mansour dikenal dengan “Raja Emas”. Sayangnya keberadaan emas itu tak nampak lagi menghiasi istana setalah dihancurkan oleh Sultan Moulay Ismail  yang terkenal sering menghancurkan bangunan dan menggunakan materialnya untuk kepentingannya sendiri.

8. Situs Arkeologi Volubilis

Situs Arkeologi Volubilis
  • Alamat: Meknès Prefecture, Fès-Meknès, Maroko
  • Jam Operasional: 08.30-19.30
  • HTM: 70 DH

Volubilis merupakan sebuah peninggalan dari bangsa Romawi yang letaknya dekat dengan kota Meknes. Situs ini juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Volubilis merupakan sebuah kota yang telah berkembang  disekitar tahun 25 sebelum masehi. Kotanya sendiri dipimpin oleh penguasa yang ditunjuk oleh Kaisar Romawi Augustus, dia adalah Juba II.

Pada reruntuhan situs ini terdapat fasilitas umum yang berupa pabrik zaitun, pemandian air panas, kuil dan juga sebuah pertahanan yang dihias dengan mozaik yang cukup rumit. Satu bangunan yang terkenal di Voubilis adalah Thriumphal Arch of Caracalla yang dibangun disekitar tahun 217 masehi.  Saat ini kondisi dari Thriumpal Arch of Caralla cukup terpelihara dengan baik.

9. Benteng Ait Ben Hadou

Benteng Ait Ben Hadou
  • Alamat: Provinsi Ouarzazate , Maroko
  • Jam Operasional: 09.30-16.00
  • HTM: 10 DH

Benteng Ait Ben Hadou merupakan bangunan dengan struktur yang unik, karena mereka menggunakan material berupa bata lumpur dan bahan alam lainnya. Ait Ben Hadou sendiri merupakan sebuah kota yang terdapat dalam sebuah benteng. Benteng ini merupakan tempat favorit dijadikan latar dalam film Holywood, seperti Prince of Persia.

Sayangnya karena bahan alam yang digunakan untuk pembangunan hunian ini mudah sekali rusak sehingga memerlukan pemeliharaan yang rutin agar tidak mudah rusak. Tempat ini masih dihuni oleh masyarakat walaupun masih dalam proses perbaikan. Saat berjalan di tempat ini tanpa turis, maka kamu serasa dibawa kembali ke masa lalu.

10. Fez Medina

Fez Medina
  • Lokasi: Fez Medina, Maroko

Fez  Medina merupakan kota yang didirikan pada sekitar abad ke-9, kotanya dipenuhi dengan bangunan-bangunan dari sekitar abad ke-12 dan 13 di saat pemerintahan di kotanya mulai berkembang. Arsitektur bangunan masa lalu masih dipertahankan seperti aslinya, kamu dapat melihat dari detail pada dinding bangunannya.

Ada banyak bangunan indah yang bersejarah terdapat di Medina Fez, di antaranya adalah mesjid, istana, bangunan perumahan, dan juga air mancur. Saat ini banyak bangunan kuno ini telah direnovasi dan dapat disewa sehingga orang-orang dapat merasakan kembali hidup pada abd ke-9. Kamu tertarik untuk menyewa?

Nah itulah beberapa tempat menarik untuk kamu kunjungi di Maroko. Perjalan menusuri jalan-jalan di kota nan sempit seolah membawa kamu ke masa jaya dari tempat ini di masa lalu. Keunikan dari beberapa tempatnya menjadikannya tempat favorit sineas film untuk menjadikannya latar dalam film mereka.

Maroko juga merupakan negara yang kaya akan nilai-nilai budayanya yang menarik untuk kamu lihat saat berjalan-jalan di pasarnya tradisionalnya yang terkenal. Atau saat berjalan-jalan di jalan sempit dan berkelok-kelok dan penuh warna nan cantik. Semua ini tentunya menarik untuk kamu coba, kira-kira tempat manakah yang ingin kamu coba jelajahi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram