10 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh di Manado yang Super Lengkap

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Heyhooo! Ayo ikut Keluyuran pesiar ke Manado, ke kota yang berada di paling ujung Utara Indonesia. Tepatnya ada di pulau Sulawesi. Selain terkenal dengan wisata baharinya yang oke banget, Manado sendiri dikenal juga dengan makanan-makanannya yang super enak dan bikin nagih! Contohnya saja sambal roa yang maknyus banget, kacang kenari buat nemenin kamu nonton Netflix, sampai si bandel Cap Tikus!

Kalau kalian dalam waktu dekat ini ada rencana main ke Manado, sini ikut Keluyuran! Kita sama-sama cari oleh-oleh buat buah tangan pulang ke kampung halaman lagi. Dijamin! Selain super lengkap, harga bersaing dan pastinya kualitas makanannya oke punya, 10 tempat oleh-oleh di Manado yang akan kita singgahi dijamin terkenal dan sudah banyak pelanggannya dari seluruh Indonesia!

1. Grand Merciful Building

Manado_Grand Merciful Building (Copy)

  • Alamat: Wanea Plaza, Jl. Wanea, Manado
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: 0431-845892
  • Kisaran Harga: Rp 15.000 - Rp 320.000

Grand Merciful building ini merupakan pusat penjualan oleh-oleh khas Manado paling lengkap dan menjadi salah satu objek wisata disana. Mulai dari makanan hingga souvenir seperti tas, baju dan barang-barang khas Manado bisa kalian temukan di Grand Merciful Building ini.

Harga yang ditawarkan relatif murah sesuai dengan apa yang kita beli, apabila makanan, kita masih bisa merogoh kocek sebesar Rp 15.000 untuk keripik dan ratusan ribu untuk souvenir

Letak Grand Merciful Building ini tidak jauh dari pusat kota. Apabila kalian menginap di sekitaran Wanea Plaza atau Jl. Wanea, kalian bisa dengan mudah menemukan tempat ini. Gedung ini ikonik sekali dengan warna plat kaca gedung yang beragam seperti pelangi membuat siapapun sudah tahu kalau gedung tersebut adalah Grand Mercifu Building. Jangan lupa untuk berkunjung ya!

2. Toko Manado Souvenir

Manado_Manado Souvenir (Copy)

  • Alamat: Jl. B.W. Lapian No. 25, Tikala Kumaraka
  • Jam Operasional: 08:00 WITA - 21.00 WITA
  • Nomor Telepon: 0431-850680 / 0813 4027 1299
  • Kisaran Harga: Rp 16.000 - Rp 150.000

Masih terletak di pusat kota, Toko Manado Souvenir ini berdampingan dengan toko fotokopi legendaris Pelita. Kalau kalian bingung letak Toko Manado Souvenir dimana, cari saja atau beritahu saja driver kalian Toko Buku Pelita.

Pasti semua orang Manado tahu. Toko Manado Souvenir sendiri menjual banyak sekali oleh-oleh khas Manado khususnya makanan seperti Klapertaart, Buah Pala, Bagea Kenari, Kacang Goyang, Halua, Kukis Koa dan masih banyak lagi.

Kalau kalian datang kemari, toko ini selalu dipenuhi oleh turis lokal dan turis dari luar. Selain makanan, kalian juga bisa melihat-lihat kain tenun khas Manado, baju-baju, gantungan kunci dan lainnya.

Pelayanannya yang ramah membuat kita betah berlama-lama di sini. Apabila kalian membeli dalam jumlah banyak, mereka pun siap untuk membungkus semua belanjaan kalian dalam satu kardus rapi yang sudah ada stempel, nama kalian dan tali pegangan

3. UD Kawanua

Manado_UD Kawanua (Copy)

  • Alamat: Jl. B.W. Lapian No. 33, Tikala Kumaraka
  • Jam Operasional: 08:00 WITA - 21.00 WITA
  • Nomor Telepon: 0431-866659
  • Kisaran Harga: Rp 16.000 - Rp 200.000

UD Kawanua terletak persis beberapa baris dari Toko Manado Souvenir, meski berdampingan, toko ini tetap saja penuh dan tidak kehilangan pelanggan karena setiap toko memiliki ciri khasnya masing-masing. Masih sama seperti toko oleh-oleh lainnya yang sudah disebutkan di atas, UD Kawanua menjual makanan dan beberapa barang souvenir khas Manado seperti kain tenun dan kipas warna-warni.

Sedangkan untuk makanan, UD Kawanua terkenal dengan pala manisnya dan klapertaart. Apabila kalian tidak sempat ke Manado dan tetap ingin belanja oleh-oleh di sini, mereka tetap melayani kok! Meski ya sudah pasti ongkos kirimnya pasti lumayan besar. Oh iya, selain makanan dan barang-barang souvenir, UD Kawanua juga menjual minyak kayu putih asli! Wanginya itu seger banget!

4. Miens Souvenir

Manado_Miens Manado (Copy)

*Source: Azila's Travel

  • Alamat: Ruko Miens Market, Jl. B.W. Lapian, Tikala Kumaraka
  • Jam Operasional: 07:00 WITA - 23:00 WITA
  • Nomor Telepon: 0853 4353 1188
  • Kisaran Harga: Rp 18.000 - Rp 230.000

Lagi-lagi terletak di Jl. B.W. Lapian, Tikala Kumaraka. Kini ada Miens Souvenir. Toko oleh-oleh ini selain menjual makanan mereka juga menjual souvenir lokal. Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, setiap toko memiliki ciri khasnya masing-masing.

Nah, Miens Souvenir ini lebih mengedepankan barang-barang souvenirnya. Hampir seluruh baju, kain, gelas, gantungan kunci dan kerajinan tangan lainnya di design langsung oleh warga lokal.

Saya sendiri ketika mampir kesini sempat membeli sambal ikan roa dan rasanya cukup enak. Harga yang dipatok untuk 1 botol kecil sambal ikan roa sekitar Rp 30.000. Meski kecil, isi sambalnya padat dan bisa menjadi teman makan nasi panas meski tanpa lauk lainnya lagi.

Pokoknya nagih banget! Overall, untuk kalian yang memang pengen membeli literary souvenir daripada makanan, lebih baik datang ke sini.

5. Lenso Manado

Manado_Lenso Manado (Copy)

  • Alamat: jl. Sam Ratulangi No. 317, Tanjung Batu
  • Jam Operasional: 08:00 WITA - 21:00 WITA
  • Nomor Telepon: 0811 240 7956
  • Kisaran Harga: Rp 20.000 - Rp 150.000

Lenso Manado sendiri terlihat seperti toko kue daripada toko oleh-oleh. Namun saat kalian masuk kedalam, kalian bisa menemukan banyak barang-barang yang bagus khas Sulawesi Utara berikut kudapan-kudapan ringan yang wenak banget.

Sang pemilik, yaiut Gracia Indri menggunakan tagline 'Marijo Torang Bawa Pulang Oleh-oleh Khas Dari Manado' yang berarti Mari Kita Bawa Pulang Oleh-oleh Khas dari Manado untuk menarik minat pelanggannya.

Kalian bisa cek juga barang-barang atau makanan yang ingin kalian beli di akun instagram official mereka di @lensomanado. Disana kalian bisa memilih apa saja yang akan dibeli sebelum datang ke toko, atau kalian bisa pesan dan minta diantar/dipaketkan ke alamat kalian. Makanan keringnya mampu bertahan berbulan-bulan kok jadi tidak usah takut rusak ya.

6. Cakalang Asap Jembatan Sario

Manado_Cakalang Sario (Copy)

  • Alamat: Jl. Ahmad Yani, Sario
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Rp 35.000 - Rp 60.000

Jangan heran kalau kalian jalan-jalan di Manado akan banyak melihat asap disana-sini. Itu bukan kebakaran ya! Tapi itu asap dari pembakaran ikan cakalang atau roa.

Memang banyak tempat untuk membelinya, tapi saya sarankan membelinya di dekat Jembatan Sario saja, di jalan Ahmad Yani. Selain berjejer, harga yang ditawarkan oleh para pedagang pun kompetitif tergantung besar dan banyak ikan yang akan dibeli.

Mereka menyebutnya dengan Cakalang Fufu, meski penampilannya mengerikan karena habis diasap dan menjadi hitam. Rasa khas ikan ini yang jadi primadona buat seluruh pecintanya. Baik ikan cakalang dan ikan roa akan diapit oleh dua bilah bambu setelah diasap. Ini membuat ikan tetap utuh dan ketika kalian membeli untuk dibungkus pun jadi ringkas dan mudah dibawa.

7. Manado Baswara

Manado_Manado Baswara (Copy)

  • Alamat: Jl. Sam Ratulangi No. 383, Ruko Wanea Plaza
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Rp 14.000 - Rp 180.000

Manado Baswara dan Grand Merciful Building letaknya berdampingan juga ya. Jadi jangan bingung membedakannya. Disini kalian akan menemukan banyak makanan yang disajikan sebagai oleh-oleh atau makan di tempat. Kuliner asyik dari Manado bisa kalian santap disini langsung dan kalau kurang kalian bisa membawanya sebagai buah tangan.

Sebut saja Dodol Nanas khas Manado, Dodol kenari, Pia, Schotel, Kacang Tore (Garing), Koa, Abon Ikan Cakalang/Ikan Roa, Sambal Ikan Cakalang/Ikan Roa, Keripik Nike (semacam ikan kecil air tawar menyerupai teri), minyak cengkeh, Sambal Bakasang dan lainnya.

Sedangkan untuk makanan yang bisa langsung disantap ada Bubur Manado (Tinutuan), Mie Cakalang, Es Brenebon (Kacang Merah) dan masih banyak lagi! Puas deh!

8. Christine Klapertaart

Manado_Christine Klapertaart (Copy)

*source: Kompas Money

  • Alamat: Jl. A.A. Maramis No. 16
  • Jam Operasional: 08:00 WITA - 20:00 WITA
  • Nomor Telepon: 0852 4068 1660
  • Kisaran Harga: Rp 15.000 - Rp 200.000

Kuliner lain yang bisa jadi oleh-oleh dari Manado adalah Klapertaart. Kalau kalian belum tahu apa itu klapertaart, ini adalah makanan khas Belanda yang dibuat dengan bahan baku kelapa. Rasanya manis dan gurih.

Apabila kalian senang dengan rum, ada klapertaart yang menjualnya namun apabila kalian tidak bisa menghirup atau bahkan mencicipi rum, Christine Klapertaart juga sudah menyediakannya. Klapertaart yang dijual di sini pun beragam rasanya. Ada yang original, nutella, Durian, Mocca, Cokelat, Bluberry, Keju dan lainnya.

Untuk yang ukuran kecil, Christine sang pemilik mematok harga sekitar Rp 15.000, sedangkan untuk yang sedang bervariasi; ada yang Rp 45.000 - Rp 70.000 tergantung rasa yang dipilih. Nah untuk yang super besar bisa sampai Rp 200.000. Mahal? Tidak! Ukurannya yang jumbo dan rasanya yang yahud sesuai dengan harga

9. Oma Yuli

Manado_Oma Yuli (Copy)

  • Alamat: Jl. A.A. Maramis, Paniki Bawah
  • Jam Operasional: 07:00 WITA - 22:00 WITA
  • Nomor Telepon: 0885 2567 80670
  • Kisaran Harga: Rp 16.000 - Rp 100.000

Toko oleh-oleh selanjutnya adalah toko Oma Yuli. Tempat ini cocok banget buat kalian yang memang sudah mepet banget dengan waktu keberangkatan pesawat. Terletak hanya 5 menit dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, Toko Oma Yuli menyediakan oleh-oleh makanan cukup lengkap meski tokonya tidak terlalu besar, namun apa yang kalian mau soal makanan khas Manado, sudah pasti ada disini.

Rica roa dan Klapertaart di Toko Oma Yuli ini yang sering sekali dibabat habis oleh para pendatang. Rasa sambal Roa yang kelewat enak membuat orang kembali memesan dari kota mereka masing-masing!

Sebagai catatan, di Toko Oma Yuli ini kebanyakan makanan ya yang dijual, memang sih beberapa souvenir tersedia juga seperti kaos dan lainnya, namun tidak selengkap seperti di toko-toko oleh-oleh lainnya.

10. Maengket Souvenir

Manado_Maengket Souvenir (Copy)

  • Alamat: Jl. Yos Sudarso, Kairagi Weru
  • Jam Operasional: 08:00 WITA - 21:00 WITA
  • Nomor Telepon: 0852 9986 9323
  • Kisaran Harga: Rp 40.000 - Rp 70.000

Maengket Souvenir merupakan toko oleh-oleh Manado terakhir yang dimuat dalam artikel ini. Toko ini terletak di daerah Kairagi, tidak jauh juga dari bandara. Spesialis toko ini adalah kudapan dan sambal.

Mereka bisa memproduksi sambal khas dengan label Lyvia ini sebanyak 150 botol per hari nya. Rasa sambal roa atau cakalang yang dibuat memang menggoyang lidah. Banyak sekali para pelancong dari luar yang hobi beli sambal disini.

Produksinya pun rumahan dan bersih. Membantu para UKM lain untuk memasok bahan sambal selain ikan roa dan cakalang seperti ikan nike atau tuna. Sambal yang mereka jual pun sudah divakum dan dikemas dengan baik sehingga masa kadaluwarsanya bisa enam bulan atau dua pekan ketika sambal dibuka dan ditaruh di lemari es. Tidak ada bahan pengawet dan fresh!

Itu dia 10 toko oleh-oleh khas Manado yang bisa kalian kunjungi saat kalian pesiar ke negeri Pogidon. Oh iya, selain beli oleh-oleh, kalian juga wajib ya untuk kulineran di sana. Dijamin mantap deh! Harganya juga tidak terlalu mahal, seperti kalian bisa mendapatkan 1 full paket makan ikan sebesar telapak tangan kalian hanya dengan Rp 35.000 atau makan ragey yang terkenal itu! Wah! WAJIB DICOBA!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram