Keluyuran / Manado / 15 Souvenir Khas dari Manado untuk Orang Tersayang

15 Souvenir Khas dari Manado untuk Orang Tersayang

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Februari 2020

Bunaken adalah salah satu tempat wisata pantai yang paling diminati di Manado. Tak hanya itu, ada juga Pulau Siladen, Pulau Manadotua, sampai Patung Yesus. Ibu kota Sulawesi Utara ini memang menawarkan pesona kecantikan pemandangan alam. Kota ini berada di ujung Teluk Manado dan dikelilingi dengan pegunungan.

Nah, kalau sudah puas menikmati keindahan alam di Manado, jangan lupa membawakan souvenir atau oleh-oleh untuk buah tangan orang di rumah. Selain keindahan alam, Manado juga memiliki souvenir khas yang wajib dibeli untuk dibawa pulang. Nih, 15 rekomendasi oleh-oleh khas Manado versi Keluyuran.

1. Sambal Roa

Sambal Roa

Salah satu souvenir atau oleh-oleh dari Manado yang dicari untuk memberikan kepada orang tersayang adalah Sambal Roa. Makanan ini berbahan dasar ikan roa. Ikan roa diasap lalu dibuat sambal dengan menghancurkan ikan tersebut sampai halus. Jika sudah halus, dimasak dengan minyak dan bumbu.

Dengan proses tersebut, Sambal Roa ini bisa tahan selama enam bulan dalam suhu ruangan, lho. Bila disimpan di lemari pendingin bisa tahan sampai satu tahun! Namun, bila orang yang kamu kasih adalah pencinta sambal, setidaknya bertahan selama dua minggu di rumah karena selalu dimakan.

2. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

* sumber: www.gotravelly.com

Tak hanya Roa, ikan Cakalang juga cukup banyak kehadirannya di Manado. Kebetulan juga hanya ada di kawasan ini. Sudah pasti tepat bila kamu memberikan Cakalang Fufu sebagai souvenir khas Manado.

Cakalang Fufu adalah makanan khas Manado yang dibuat dari ikan Cakalang. Ikan ini dibumbui lalu diasap. Setelah itu dijepit pada kerangka bambu. Sebenarnya, Cakalang Fufu khas dari Minahasa tapi peminatnya cukup banyak sehingga dipasarkan sampai Manado

3. Dodol Amurang

Dodol Amurang

Dodol tak hanya dimiliki Betawi atau Garut. Manado pun memiliki dodol yang bernama Dodol Amurang. Dodol Amurang dibuat dari beras ketan, kacang, minyak kelapa, gula aren, kayu manis, dan sebagainya. Yang khas dari Dodol Amurang adalah kemasannya. Dodolnya dibungkus daun kelapa kering lalu dibentuk seperti permen.

4. Halua Kenari

Halua Kenari

* sumber: www.gotravelly.com

Jika menyukai kacang, coba deh beli Halua Kenari. Halua Kenari adalah makanan berbentuk gula-gula kacang dari Manado. Rasanya manis dan gurih, sanggup membuat lidah menari. Bahan utamanya adalah kenari kupas. Terbayang kan lezatnya kacang kenari ini di lidah ditambah aroma dari kacang ini sangat wangi.

5. Panada

Panada

Sekilas Panada mirip dengan Pastel. Namun ternyata berbeda. Bahan permbuatannya serta rasanya  berbeda. Kue khas Manado ini memiliki isian parutan pepaya muda yang dicampur dengan ikan cakalang. Biasanya rasa yang dimiliki adalah pedas.

Kamu bisa memilih Panada sebagai souvenir untuk dibawa pulang. Lebihkan sedikit untuk dimakan selama di perjalanan, ya. Ini karena Panado bisa mengganjal saat perutmu sedang lapar.

6. Kacang Goyang

Kacang Goyang

* sumber: www.gotravelly.com

Dari namanya saja sudah bisa dipastikan bahwa makanan ini terbuat dari kacang tanah. Menariknya kacang goyang memiliki bentuk khas dengan warna yang berbeda. Bisa jadi kamu ikut kepincut dengan keunikannya. Apalagi harganya tidak terlalu mahal untuk satu bungkus kacang goyang, sebesar Rp10.000 sampai Rp30.000.

7. Klapertaart

Klapertaart

* sumber: www.pegipegi.com

Klapertaart adalah salah satu panganan manis atau dessert khas Manado. Sebenarnya klapertaart beradal dari Belanda. Namun, resepnya sudah diadopsi agar sesuai dengan lidah nusantara. Kue ini memiliki tekstur lembut, rasa yang manis, serta paling sedap dimakan saat dingin.

8. Pala Manis

Pala Manis

* sumber: www.masakandapurku.com

Pala manis atau manisan pala mungkin sudah sering kamu dengar dan lihat. Bahkan mungkin juga salah satu favorit makananmu. Ternyata pala manis adalah cemilan untuk orang Manado bila sedang berkumpul dengan keluarga ataupun teman.

Kalau kamu lupa membelinya di toko oleh-oleh. Tenang saja, di Bandara Sam Ratulangi Manado atau Pelabuhan Bitung tersedia makanan manis ini. Bisa dijadikan souvenir saat teman atau keluarga berkunjung ke rumah. Sajikan saat kalian akan memulai sebuah percakapan.

9. Bentenan

Bentenan

Bila kamu tak ingin memberikan makanan khas Manado sebagai oleh-oleh, bisa kok memberikan souvenir lain yang juga memberikan karakater maupun nuansa Manado. Salah satunya adalah Bentenan.

Sekilas Bentenan terlihat seperti batik padahal bukan. Bentenan merupakan kain tenun khas Manado yang dibuat oleh masyarakat Minahasa. Motif tiap kain berbeda-beda dan memiliki penggambaran tersendiri.

Pewarna dari kain Bentenan pun masih alami. Rata-rata diambil dari alam, misalnya saja diambil dari serat kulit kayu pohon Sawukuow dan Lahendong. Selain itu diambil juga dari serat nanas,  bambu, serta pisang. Kamu bisa membelikan kain Bentenan untuk orang tua sebagai kenang-kenangan.

10. Batik

Batik

Bisa dibilang Batik Manado merupakan souvenir baru dari ibu kota Sulawesi Utara ini. Biasanya corak dari batik Manado meliputi corak coral reef ataupun sea shell. Corak ini memiliki makna akan keanekaragaman hayati di Manado. Motif lainnya adalah motif lilin. Motif lilin merupakan simbol kehidupan masyarakat yang rukun satu sama lain.

Corak terakhir adalah garis zig zag. Corak ini memiliki arti kehidupan bermasyarakat yang penuh semangat dan dinamis. Tak hanya itu, motif zig zag juga memberikan ilustrasi bahwa Manado adalah kota pantai. Kamu bisa membeli batik Manado untuk souvenir bagi keluarga atau teman pencinta batik.

11. Kaos

Kaos

Salah satu souvenir yang hampir pasti tiap wilayah ada adalah kaos. Kaos bertuliskan I love Manado memang bisa dijadikan pilihan. Bisa dibilang kaos adalah souvenir yang banyak disukai dan lebih mudah mendapatkan hati. Tak hanya itu, harganya pun cukup terjangkau.

Tak hanya tulisan, kaos khas Manado biasanya bergambar pemandangan, corak bentenan, corak kipas karawang, kabasaran, sampai tulisan lucu. Nah, kamu bisa membelinya di tempat oleh-oleh dengan desain menarik untuk diberikan sebagai souvenir.

12. Oli

Oli

Oli di sini bukanlah oli sebagai pelumas untuk kendaraan melainkan alat musik tradisional khas Sulawesi Utara. Alat musik ini terbuat dari bambu. Kamu bisa membeli ini untuk diberikan kepada orang tersayang. Nah, biasanya oli dijadikan pajangan untuk di rumah sehingga nuansa Manado bisa terasa.

13. Miniatur Rumah Adat

Miniatur Rumah Adat

Indonesia memiliki 34 provinsi terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tiap provinsi memiliki rumah adatnya masing-masing. Seperti Sulawesi Utara yang memiliki rumah adat bernama Walewangko dan Mongondow. Nah, di toko oleh-oleh Manado ada yang menjual miniatur rumah adat.

Miniatur rumah adat bisa dijadikan pilihan bila ingin memberikan souvenir khas Manado. Tak hanya itu, souvenir ini juga bisa dijadikan alat edukasi pengenalan kebudayaan untuk anak, lho. Ingat juga bahwa bentuknya yang cantik bisa membuat sudut rumah monoton terlihat lebih hidup.

14. Anyaman Bambu

Anyaman Bambu

Anyaman bambu adalah salah satu kerajinan tangan khas Manado yang cukup diminati. Peminatnya tak hanya dari kalangan lokal tapi juga mancanegara, lho. Bahkan eksistensinya sejajar dengan kain Bentenan.

Kamu bisa memilih anyaman bambu khas Manado dalam bentuk lampion, tutup saji, tapian beras, keranjang buah, dan masih banyak lagi. Untuk membelinya pun mudah. Ini karena kerajinan anyaman tanah liat ini berada di sepanjangan jalan Manado-Tomohon, bahkan di tempat jual oleh-oleh.

Kalau kamu ingat ada anggota keluarga atau teman yang memiliki rumah dengan tema rustic atau tradisional, cocok sekali memberikan kerajinan anyaman bambu sebagai souvenir sekaligus hadiah. Menarik, bukan?

15. Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan Tanah Liat

Tak hanya kerajinan anyaman bambu, kamu pun bisa memberikan souvenir khas Manado berupa kerajinan tanah liat. Ada banyak barang yang bisa kamu pilih. Mulai dari vas bunga, guci, ulekan, tungku, pot bunga, dan sebagainya. Kamu pun hanya perlu mengunjungi Jalan Manado-Tomohon untuk mendapatkannya.

Jadi, manakah souvenir khas Manado yang paling tepat untuk kamu beli dan berikan sebagai oleh-oleh. Kalau kamu punya pengalaman membeli souvenir khas Manado, boleh diceritakan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *