Kunjungi 10 Umbul di Klaten yang Menarik untuk Liburan

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Klaten dapat dikatakan sebagai kota seribu umbul, dikarenakan begitu banyaknya mata air yang berada di kota ini. Destinasi wisata di Klaten ini menawarkan kesegaran dari mata air yang masih alami. Mata Air yang bening dan jernih menajdi daya tarik utama destinasi wisata alam ini.

Jika kamu ingin berlibur ke Klaten jangan lupa untuk mengunjungi beberapa umbul yang  menyegarkan berikut ini ya!

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

* sumber: www.nativeindonesia.com

Umbul Ponggok adalah wahana air yang luar biasa terkenal, sebuah wahana kolam renang alam yang menawarkan aktifitas seru bagi para pengunjungnya. Umbul Ponggok terkenal karena memiliki mata air yang sangat jernih. Selain itu kamu akan merasakan sensasi diving dan snorkeling yang berbeda.

Pengelola menyediakan properti untuk ragam tema yang dapat kamu coba untuk foto underwater yang kamu inginkan. Selain itu mereka juga menyediakan jasa foto dan penyewaan kamera underwater jika kamu tidak memilikinya. Jangan lewatkan juga berenang bersama ribuan ikan.

Mata air yang diperkirakan telah ada sejak zaman Belanda ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta.  Perjalanannya memakan waktu sekitar 1 jam dari Kota Yogyakarta. Jika kamu sedang berada di Yogyakarta, kamu bisa singgah di umbul ini.

  • Alamat: Jl. Delanggu-Polanharjo, Ds. Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Website: https://umbulponggok.co.id/
  • Telp: 0823 1438 8880
  • Jam buka: Senin – Sabtu 08.00 – 16.00 WIB, Minggu/Hari Libur 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp15.000

2. Umbul Ingas Cokro

Umbul Ingas Cokro

Umbul yang satu ini memiliki tempat yang unik, selain terkenal karena airnya yang jernih, tetapi bentuk dari  Umbul Ingas Cokro yang berupa saluran irigasi. Dahulu tempat ini adalah tempat mandi bagi masyarakat sekitar, tetapi kini pemerintah juga ikut mengembangkan destiansi wisata ini.

Di Umbul Ingas juga kamu dapat berswafoto di bawah air  yang jernih dan bening. Umbul ingas juga menyediakan beragam aktifitas yang seru dan menantang yang dapat kamu lakukan.  Kamu bisa berenang di kolamnya atau juga melakukan rafting dan water tubing di aliran sungai.

Selain aktifitas di atas ada begitu banyak aktifitas lainnya yang terdapat di umbul ini. Fasilitas di umbul iini juga cukup lengkap untuk kamu menikmati termasuk sebuah Waterboom. Hal yang membedakan waterboom ini dengan yang lain adalah asal airnya yang berasal dari mata air asli, tanpa bahan kimia.

  • Alamat: Area Sawah, Ds. Cokro, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp5.000
  • Parkir: Rp3.000

3. Umbul Sigedang

Umbul Sigedang

Umbul Sigedang adalah destinasi wisata yang berupa mata air yang jernih dan sejuk, yang juga digunakan sebagai bahan baku air mineral kemasan. Di umbul ini kamu dapat melihat sebuah pohon yang besar menghiasi sebuah kolam yang tampak asri. Serta fasilitas di umbul ini juga cukup memadai.

Umbul Sigedang memang tidak begitu luas, tetapi kamu akan melihat air jernih hingga dapat melihat dasar kolam dengan jelas. Umbul Sigedang merupakan umbul yang juga dimanfaatkan untuk diolah menjadi air mineral dalam kemasan. Hal itu karena umbul ini bebas dari bahan-bahan kimia.

  • Alamat: Dukuh Umbulsari, Ds. Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp6.000

4. Umbul Kapiler

Umbul Kapiler

Tidak jauh dari Umbul Sigedang, terdapat sebuah umbul yang bernama umbul Kapiler, umbul ini dipercaya merupakan tempat pemandian putri pada zaman dahulu. Umbul Kapiler memiliki kolam dengan air yang sangat jernih dan bening, dengan dasarnya berupa batu dan pasir.

Disekitaran umbul ini terdapat pohon-pohon besar yang rimbun membuat suasananya tampak asri dan sejuk. Di umbul ini kamu juga dapat berswafoto di bawah yang memperlihatkan airnya yang jernih dan bersih. Umbul ini hingga kini masih digunakan mandi oleh masyarakat setempat.

  • Alamat: Dukuh Umbulsari, Ds. Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

5. Umbul Manten

Umbul Manten

Umbul Manten merupakan sebuah mata air yang ukurannya lebih kecil dari Umbul Ponggok, tetapi memiliki air yang sama jernihnya. Umbul Manten memiliki ukuran panjang 70 meter, lebar 40 meter, dan kedalamannya 1,5 meter. Letaknya berada di Desa Janti Kecamatan Polanharjo.

Disekitara kolam yang jernih dan bening ini terdapat banyak pohon  besar  yang mengelilinginya. Sehingga suasananya terasa asri dan sejuk. Selain karena kejernihan airnya, umbul ini memiliki kisah misterinya yang menyelimutinya. Kisah tentang hilangnya pasangan Pengantin di tempat ini.

Sayangnya fasilitas dasar seperti tempat untuk berganti pakaian masih belum begitu memadai, sehingga kamu akan sedikit kesulitan jika harus berganti pakaian. Tetapi jika kamu lapar, disekitaran Umbul Manten ini terdapat banyak warung untuk sekedar mengganjal perut.

  • Alamat: Jl. Janti Boto, Ds. Wunut, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Jam buka: 06.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Senin – Minggu Rp6.000, Libur Hari Raya/ Padusan Rp10.000

6. Umbul Pelem

Umbul Pelem

Umbul Pelem merupakan destinasi wisata alam yang dibuat secara tradisional juga secara modern. Di Umbul Pelem 3 buah kolam dibuat dengan konsep tradisional dengan alas pasir dan batu. Sedangkan satu kolam utama dibuat dengan konsep modern, dengan beralaskan keramik.

Umbul Pelem telah mengalami renovasi sehingga terdapat fasilitas pendukung bagi pengunjung sehingga berwisata kan lebih nyaman. Kini terdapat toilet, kamar mandi, juga gazebo tempat untuk mengunjung bersantai. Jika kamu lapar, ada warung yang menyediakan makanan di sekitar umbul.

Kejernihan dari mata air ini selalu terjaga karena airnya terus mengalir. Begitu juga dengan kolamnya akan selalu dikuras pada sore hingga malam sehingga airnya akan selalau terjaga kebersihannya. Mata airnya terasa dingin sekalipun di saat cuaca terik, sehingga kamu akan terus merasa segar.

  • Alamat: Jl. Tegalgondo, Ds. Wunut, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp5.000
  • Parkir: Motor Rp3.000, Mobil Rp5.000

7. Umbul Nilo

Umbul Nilo

Jika kamu ingin menyegarkan badan dan mencari ketenangan, maka kamu harus mencoba Umbul Nilo. Mata air ini menawarkan kesegaran dan juga keindahan pemandangan persawahan yang  jauh dari hirup pikuk perkotaan. Airnya yang jernih dan bersih dapat membuat badan kamu kembali segar.

Umbul Nilo memiliki kolam yang berukuran  15 x 10 meter dan kedalamannya 1,5 meter. Tetapi umbul ini juga memiliki kolam yang dangkal untuk anak-anak bermain. Air kolamnya yang berasal dari mata air disalurkan ke sungai yang berada di bawahnya sehingga kerjenihannya akan selalu terjaga.

Fasilitas yang berada di umbul ini memang belum sempurna, diharapkan kedepannya fasilitas di umbul ini akan semakin lengkap dan nyaman. Jika kamu lapar, disekitaran terdapat warung yang menjual makanan untuk mengisi perut yang keroncongan setelah berenang.

  • Alamat: Ds. Daleman, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp6.000
  • Parkir: Motor Rp3.000, Mobil Rp5.000

8. Umbul Brintik

Umbul Brintik

Umbul dengan pemandangan yang eksotis dari persawahan, sehingga cocok untuk orang yang mencari ketenangan. Kolam dari umbul brintik dibiarkan masih alami dengan pasir dan bebatuan. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena airnya tetap akan terlihat jenih dan tidak keruh.

Umbul ini memiliki dua kolam untuk anak-anak juga orang dewasa. Sayangnya umbul ini belum dikelola dengan baik, walau begitu umbul ini telah memiliki fasilitas dasar seperti toilet, kamar ganti , dan juga mushola. Jika kamu lapar, disekitar umbul juga terdapat warung makan yang cukup murah.

  • Alamat: Ds. Malangjiwan, Kec. Kebonarum, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Jam buka: 05.00 – 18.30 WIB
  • HTM: Rp5.000

9. Umbul Gedaren

Umbul Gedaren

Jika kamu memerlukan umbul yang sering digunakan untuk terapi pengobatan, maka Umbul Gedaren adalah tempat yang harus kamu kunjungi.  Umbul ini sering digunakan untuk terapi sakit stroke atau juga sakit syaraf. Umbul ini kerap didatangi oleh orang dari luar Klaten termasuk daerah Boyolali .

Umbul Gedaren juga sering diebut dengan nama Umbul Tirto pawitro, memiliki mata air yang alami. Airnya tampak jernih dan juga menyegarkan. Kolam di umbul ini berukuran 17x 60 meter dengan kedalaman mencapai 2 meter. Umbul ini juga sudah terdapat beberapa fasilitas dasar pendukung.

  • Alamat: Jl. Klaten-Jatinom No 7, Ds. Gendaren, Kec. Jatinom, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Jam buka : 05.00 – 18.30 WIB
  • HTM: Rp5.000
  • Parkir: Rp2.000

10. Umbul Brondong

Umbul Brondong

Umbul Brondong merupakan umbul dengan pemandangan yang eksotis dari persawahan di sekitarnya. Pohon beringin yang berada disekitaran kolam membuat umbul ini semakin terasa asri dan sejuk. Saat ini umbu ini juga telah mengalami pengembangan dengan kolam yang lebih modern.

Umbul Brodong dikembangkan dengan membangun kolam lagi dengan konsep yang lebih modern, dasar kolamnya kini telah menggunakan keramik. Airnya terasa segar karena alami tanpa kaporit. Selain itu fasilitas dasar juga dibangun lagi untuk menambah kenyamanan para pengunjung.

  • Alamat: Ds. Ngrudul, Kec. Kebonarum, Kab. Klaten, Jawa tengah
  • Telepon: 0857 – 0257 – 1040
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Gratis
  • Parkir: Rp2.000

Umbul di Klaten menawarkan kesegaran yang tidak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi kota ini. Kejernihan dari umbul ini akan membuat kamu terpesona, seolah kamu berenang dalam air mineral. Pemandangan yang masih alami dan penuh dengan rimbunnya pepohonan besar menambah asri memberikan suasana tenang.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *