10 Tempat Wisata di Madura Dekat Jembatan Suramadu

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jembatan Nasional Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia, dengan panjang 5.4 km yang menghubungkan Kota Surabaya dan Kota Bangkalan, Madura. Jembatan yang diresmikan pada tahun 2009 ini menyediakan empat jalur dua arah, dimana terdapat jalur khusus sepeda motor pada sisi luar jembatan.

Adanya Jembatan Suramadu memudahkan akses transportasi dari dan ke Pulau Madura dari Surabaya. Dengan begitu, potensi wisata di Madura semakin mudah dikenal dan dijangkau oleh wisatawan.

Bagi kamu yang pertama kali ke Madura, ketahui 10 destinasi wisata di Madura yang tidak jauh dari Jembatan Suramadu. Simak ulasannya berikut ini!

1. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih

Bukit Jaddih merupakan tempat penambangan batu kapur putih yang semula tidak dijadikan sebagai tempat wisata. Bahkan sampai saat ini, aktivitas penambangan kapur masih aktif dilakukan. Namun menurut masyarakat sekitar, Bukit Jaddih memiliki pemandangan yang unik dan cocok dijadikan sebagai tempat wisata.

Jarah Bukit Jaddih dari pintu keluar Jembatan Suramadu hanya sekitar 10 km. Jalur menuju bukit ini terbilang cukup sulit karena jalannya yang terjal. Jika kamu menggunakan motor, maka bisa melewati jalur alternatif yang lebih mudah dan tentunya waktu tempuh lebih cepat. Bukit kapur ini terlihat eksotis dengan kawah biru yang memesona.

  • Alamat : Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000

2. Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya

* sumber: www.pegipegi.com

Bukit Kapur Arosbaya merupakan salah satu bukit kapur yang unik di Madura, tepatnya di Kabupaten Bangkalan. Tempat ini semula digunakan sebagai tempat penambangan batu kapur, dan menyisakan pahatan dengan bentuk yang unik. Setelah tidak menjadi tempat tambang, Bukit Kapur Arosbaya menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Jika Bukit Jaddih dihiasi batu kapur berwarna putih, berbeda dengan yang ada di sini. Bukit Kapur Arosbaya dipenuhi bebatuan berwana kecokelatan. Pada sisi yang lain, terlihat batu kapur berwarna merah yang tampak unik. Bukit ini berjarak 33 km dari pintu keluar Jembatan Suramadu dan dapat ditempuh dalam 1 jam perjalanan.

  • Alamat : Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

3. Pantai Gebang

Pantai Gebang

Ingin melihat sunset di Madura? Pantai Gebang merupakan salah satu spot menarik untuk melihat sunset. Pantai yang berjarak sekitar 23 km dari pintu keluar Jembatan Suramadu ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai Gebang tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, tetapi juga biasa dijadikan sebagai tempat melihat hilal untuk menentukan 1 Ramadan dan 1 Syawal. Pantai yang didominasi oleh batuan di tepi pantai ini memang cocok untuk dijadikan sebagai tempat santai sambil menikmati pesona matahari terbenam.

  • Alamat : Jl. Raya Gebang, Gebang Barat, Gebang, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Bukit Geger

Bukit Geger

* sumber: rotyyu.wordpress.com

Melihat landscape Pulau Madura dari ketinggian, bisa dilakukan di Bukit Geger yang terletak di Kabupaten Bangkalan. Bukit dengan ketinggian 150 – 200 meter di atas permukaan laut ini dilengkapi dengan camping ground dan area climbing. Cocok untuk kamu yang suka dengan aktivitas outdoor.

Tak sekadar menikmati keindahan alam Madura, di Bukit Geger juga terdapat tempat wisata sejarah. Ada Gua Petapan, Hua Adipodai, Gua Potre Koneng, Gua Pelanangan, dan Gua Potre. Bukit Geger berjarak sekitar 33 km dari pintu keluar Jembatan Suramadu, dapat ditempuh selama kurang lebih 45 menit.

  • Alamat : Laok Kunong, Geger, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

Madura, khususnya Bangkalan, memiliki banyak pantai yang dapat dikunjungi. Salah satu diantaranya ada Pantai Rongkang. Pantai ini terletak 8 km dari pintu keluar Jembatan Suramadu ke arah timur, dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit saja. Jika tidak memiliki waktu banyak untuk mengeksplor Bangkalan, pantai ini bisa menjadi pilihan.

Berbeda dengan pantai lain yang dihiasi dengan pasir putih atau kehitaman, Pantai Rongkang terdapat bebatuan yang terhampar di tepi pantai. Tak hanya wisata pantai, di sini juga ada bukit berundak yang bisa kamu daki. Pemandangan dari Pantai Rongkang terlihat Jembatan Suramadu yang membentang dari utara ke selatan.

  • Alamat : Kejawan, Kwanyar Barat, Kwanyar, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Museum Cakraningrat

Museum Cakraningrat

* sumber: www.pulaumadura.com

Tak hanya wisata alam saja yang bisa dikunjungi di Madura. Jika kamu suka dengan wisata sejarah, bisa kunjungi Museum Cakraningrat. Museum ini mengoleksi barang-barang zaman dulu seperti kain batik khas Madura, alas batik, peralatan untuk membuat batik, cucuk sisir, hingga perlengkapan perang anggota Keraton.

Jika kamu penasaran secara detil mengenai museum ini, tak perlu ragu untuk mengunjungi Ruang Informasi museum yang bisa memberikan penjelasan tentang Museum Cakraningrat. Wisata ke sini, kamu bisa mendapatkan informasi baru yang bersejarah dan tentunya mengedukasi.

  • Alamat : Jl. Soekarto Hatta No.35, Mlajah, Bangkalan, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp1.000

7. Bukit Lampion Beramah

Bukit Lampion Beramah

* sumber: ksmtour.com

Satu lagi wisata bukit yang menarik untuk dikunjungi. Bukit Lampion Beramah merupakan destinasi wisata yang masih terbilang batu. Di atas bukit ini, kamu bisa melihat pemandangan perbukitan hijau di Madura dari gardu pandang, ditemani dengan lampion yang ditempel pada pohon yang sudah kering.

Meski masih terbilang baru, Bukit Lampion Beramah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Madura yang ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya dari dalam Madura, pengunjungnya pun datang dari daerah lain seperti Surabaya. Bukit ini berjarak 33 km dari pintu keluar Suramadu dan bisa ditempuh dalam waktu 45 menit.

  • Alamat : Tengginah, Daleman, Galis, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 05.00 – 16.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp2.000
  • Kontak : 0878-5072-2221

8. Mercusuar Bangkalan

Mercusuar Bangkalan

* sumber: www.denubay.com

Perairan Bangkalan merupakan salah satu yang tersibuk karena setiap harinya dilewati oleh kapal laut jarak menengah hingga jarak jauh. Sehingga di sini terdapat Mercusuar yang berfungsi sebagai tempat untuk memantau lalu lintas laut. Tak hanya itu, kamu juga bisa naik ke atas menara untuk melihat pemandangan Laut Jawa dan Kota Surabaya.

Mercusuar Bangkalan memiliki ketinggian 65 meter, dan terdiri dari 17 lantai. Kamu bisa naik ke puncak menara menggunakan anak tangga yang terbuat dari besi. Sesampainya di atas, terlihat dengan jelas pemandangan Laut Jawa yang begitu luas, dan sisi yang lain kamu bisa melihat Pulau Jawa.

  • Alamat : Jl. Sembilangan, Socah, Slempit. Pernajuh, Bangkalan, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000

9. Pantai Batu Malang

Pantai Batu Malang

Selain Pantai Rongkang, ada juga Pantai Batu Malang yang terbilang sangat dekat dari pintu keluar Suramadu. Hanya berjarak sekitar 4 km saja, dan dapat ditempuh selama kurang lebih 10 menit. Tak jauh berbeda dengan Pantai Rongkang, pantai ini juga dipenuhi bebatuan yang terhampar di tepi pantai.

Pemandangan dari Pantai Batu Malang, terlihat dengan jelas Jembatan Suramadu yang begitu panjang. Jika kamu datang pada sore hari, maka bisa melihat sunset di sini, berlatarkan Jembatan Suramadu.

  • Alamat : Sukolilo Timur, Kejawan, Sukolilo Timur, Labang, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Taman Paseban

Taman Paseban

* sumber: renaldiau.wordpress.com

Ingin liburan santai dan hanya menikmati taman kota? Di bangkalan, ada Taman Paseban yang menjadi ikon dari Kabupaten Bangkalan. Taman ini semula belum terorganisir dengan baik dan masih terbilang kurang nyaman untuk dikunjungi. Namun dengan adanya pembangunan, akhirnya tempat ini menjadi salah satu taman rekreasi yang menarik di Bangkalan.

  • Alamat : Jl. Veteran, Kraton, Bangkalan, Demangan, Bangkalan, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Demikian ulasan tentang tempat wisata di dekat Suramadu yang bisa kamu kunjungi. Cocok bagi kamu yang sedang berada di Surabaya dan ingin menikmati wisata dengan suasana baru. Hanya sekitar 2 jam perjalanan dari Surabaya, kamu sudah sampai di Pulau Madura. Jadi, kapan jalan-jalan ke Madura?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Keren sekali blognya mbak. Hebat nih. Kerja via tim ngak yah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *