Nongkrong Seru dan Asyik Depan Rumah di Angkringan Cisitu

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mulanya, angkringan berasal dari daerah Yogyakarta atau mungkin kalau di Solo disebut hik (hidangan istimewa kampung), tempat makan satu ini tidak pernah gagal dalam menyuguhi kita makanan-makanan murah meriah namun tetap terasa nikmat.

Kini, angkringan juga sudah banyak terdapat di kota-kota lain. Terutama di lokasi perkotaan yang dekat dengan daerah kampus. Di Bandung sendiri, angkringan juga sudah cukup merajalela.

Hampir di tiap lokasi dekat kampus-kampus besar di Bandung seperti Unpad, ITB, UPI, UNPAR dan kampus-kampus lainnya pasti terdapat angkringan. Mengingat mahasiswa sangat menyukai tempat makan satu ini karena mereka dapat makan hemat namun tetap nikmat.

Nah, kali ini kami akan mengulas salah satu angkringan yang letaknya ada di daerah Dago, tepatnya di daerah Cisitu yaitu Angkringan Cisitu. Angkringan yang terhitung masih baru ini ternyata sudah memiliki banyak penggemar, lho, baik dari kalangan anak muda, mahasiswa, bahkan warga sekitar. Simak ulasannya ya!

Menu

Seperti kebanyakan angkringan lainnya, Angkringan Cisitu menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman khas angkringan yaitu nasi, sate-satean, bacem, dan gorengan. Sate-satean yang bisa dipilih juga beragam. Ada sate baso, sosis, baso ikan, kornet, sate usus, kulit, telur, kikil dan ati ampela.

Uniknya lagi, angkringan ini juga menyediakan menu makanan yang biasa kamu temui di warkop yaitu mie kuah dan mie goreng instan. Bahkan kamu juga bisa menemukan menu nasi goreng di angkringan ini.

review angkringan cisitu_menu 2 (Copy)

Sayangnya Angkringan Cisitu tidak menyediakan menu nasi kucing yang sebenarnya menjadi salah satu ciri khas yang tak boleh lepas dari sebuah angkringan. Sementara dari deretan minumannya, Angkringan ini menawarkan berbagai minuman khas warkop seperti kopi, susu, teh dan wedang jahe.

review angkringan cisitu_menu (Copy)

Makanan dan minuman yang kami pesan adalah berbagai jenis sate-satean, mie goreng dan mie kuah untuk menemani nongkrong di malam kota Bandung. Tak lupa kami juga memesan minuman yaitu lemon tea dan minuman jeruk instan. Oh iya, selain dibakar, kamu juga bisa request satenya untuk digoreng.

review angkringan cisitu_makanan (Copy)

Saat disajikan, kami juga diberi tambahan sambal dan kecap pelengkap agar sate-satean yang kami pesan bisa semakin terasa nikmat. Sambal yang diberikan ternyata cukup banyak, lho. Sambal ini juga bisa kamu tambahkan pada mie atau nasi yang kamu pesan untuk membuat rasanya semakin kaya.

Meski dibanderol dengan harga-harga terjangkau, sate-satean yang disajikan hampir semuanya memiliki cita rasa yang cukup enak, apalagi bila disantap dengan tambahan sambal dan kecap. Kalau rasa dari mie instannya, tidak perlu ditanya lagi. Pencinta mie instan sangat cocok untuk datang ke sini bila ingin nongkrong bareng teman-teman kala kantong tipis.

Minuman jeruk instan yang kami pilih juga terasa menyegarkan dan dibuat dengan benar. Sedangkan lemon tea yang disajikan hangat juga terasa nikmat dan merupakan pilihan tepat untuk melengkapi suasana dingin daerah Cisitu.

Secara keseluruhan harga menu makanan maupun makanan yang ditawarkan di Angkringan Cisitu berada di kisaran harga Rp 2.000-Rp 16.000. Murah sekali, bukan? Makanya kamu akan berjumpa dengan banyak mahasiswa di sini. Soalnya ramah kantong mahasiswa banget.

Tempat dan Suasana

Nah, yang menjadi salah satu daya tarik Angkringan Cisitu adalah dari segi tempat dan suasananya. Bila biasanya angkringan di Bandung terletak di pinggir jalan-jalan besar, angkringan satu ini terletak di desa pinggir pusat kota. Jadi kamu akan merasakan suasana yang lebih damai dan tidak riuh bila nongkrong di Angkringan Cisitu.

Tak ada suara hilir mudik pusat kota yang sibuk. Hanya keramaian dari orang-orang yang nongkrong di angkringan saja. Kamu juga tidak akan merasakan polusi udara yang tinggi saat nongkrong di sini.

review angkringan cisitu_suasan (Copy)

Uniknya lagi, Angkringan Cisitu ini tepat terletak di pekarangan sebuah rumah. Pekarangan ini cukup luas dan terdapat bagian yang ditumbuhi rumput dan pepohonan jadi membuat suasananya tetap adem. Kalau kamu duduk di bagian ini kamu akan merasa seperti piknik di alam. Seru banget!

review angkringan cisitu_suasan 3 (Copy)

Selain area pekarangan yang ditumbuhi rumput, kamu juga bisa memilih area teras rumah atau meja yang tersedia di dekat gerobak angkringan. Meski demikian, sayangnya angkringan ini tidak memiliki tenda. Jadi kalau turun hujan kala angkringan ramai, kesempatanmu kehujanan akan cukup besar.

Kebetulan saat kami mengunjungi angkringan, cuacanya sedang bersahabat dan belum banyak pengunjung yang datang. Karena masih belum terlalu rama, sebagian pekarangan diisi sebagai parkiran motor.

Namun, semakin malam angkringan ini akan semakin ramai. Lahan parkir pun akan dipindahkan ke depan gerbang rumah. Jadinya lahan untuk nongkrong akan semakin luas.

Lokasi

Seperti telah disebutkan tadi, angkringan ini terletak di desa pinggir pusat kota, di daerah Dago. Jadi tidak tepat berada di jalan besar. Lokasinya terletak di Jalan Cisitu Indah 2 No.16.

Kalau kamu berangkat dari Jalan Dago, kamu bisa melewati Jalan Dago Asri atau Jalan Cisitu Lama untuk sampai di Angkringan ini. Kemudian masuk ke Jalan Cisitu Indah. Angkringan ini tepat berada di pertigaan antara Jalan Cisitu Lama, Jalan Cisitu Indah 2, dan Jalan Cisitu Indah VI.

review angkringan cisitu_2 (Copy)

Untuk lahan parkir, kamu tidak perlu khawatir. Lahan parkir untuk motor cukup luas untuk menampung hingga 20 motor. Tetapi untuk lahan parkir mobil mungkin akan sedikit sulit. Tapi tenang saja, akan ada tukang parkir yang akan membantumu memarkirkan kendaraan, kok.

Angkringan Cisitu buka sejak pukul 6 sore dan bisa kamu pakai nongkrong bareng teman-teman hingga pukul 3 pagi. Semakin malam, angkringan ini akan semakin ramai dan padat pembeli. Kalau kamu ingin suasana yang agak sepi dan damai, kami sarankan datang antara pukul 6 sampai 9 malam.

For your information, letak Angkringan Cisitu berada di dekat kediaman Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975 yaitu Bapak Solihin Gautama Purwanegara atau yang sering disapa Mang Ihin. Terkadang banyak anggota pemerintah yang menyambangi kediaman Mang Ihin. Kalau kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan salah satu dari mereka, lho.

Itulah pengalaman kami mengunjungi Angkringan Cisitu. Bila kamu ingin nongkrong hemat dengan suasana yang adem, Angkringan Cisitu adalah salah satu pilihan yang tepat. Tempat ini juga bisa menjadi alternatif bila kamu kehabisan spot nongkrong di angkringan-angkringan lain yang terletak di jalan-jalan besar kota Bandung.

Gimana? Sudah pernah mencoba nongkrong di angkringan ini? Jangan ragu untuk berbagi pengalaman di kolom komentar ya! Dan kalau kamu mencari tempat nongkrong atau ngopi di daerah Dago, kamu bisa membaca artikel tempat ngopi yang cozy di Dago atau rekomendasi cafe di daerah Dago ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *